Martabak mie

Dipos pada February 3, 2022

Martabak mie

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak mie yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak mie yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak mie, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak mie enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak mie adalah 25 bj. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak mie sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak mie memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cocok banget buat yg suka gorengan saat buka puasa, Yg penting ada cocolan petis dan cabe ijo / cabe lalapnya, gk bakalan bosen dg martabak mie ini,,,,

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak mie:

  1. 200 gr tep terigu
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/2 sdt kaldu bubuk
  4. 1 sdm minyak goreng
  5. 120 ml air / Air secukupnya sampai adonan kalis. (di kira2 saja)
  6. 5 sdm minyak (untuk merendam adonan)
  7. Isian ;
  8. 1 keping bihun jagung
  9. 2 siung bawang putih
  10. 3 siung bawang merah
  11. 1/4 sdt lada butiran
  12. 1/2 sdt Garam / secukupnya
  13. 1/2 sdt Kaldu bubuk / secukupnya
  14. secukupnya Daun seledri
  15. Sambel petis;
  16. 100 gr petis udang
  17. 1 siung bawang putih
  18. 1 siung bawang merah
  19. 5 biji cabe rawit (optional)
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1 sdt gula pasir
  22. 150 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Martabak mie

1
Untuk kulit; Siapkan wadah masukkan tepung, garam, kaldu bubuk, minyak dan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis, kemudian rendam dlm minyak goreng diamkan 1 jam dg tutup serbet.
2
Untuk isian ; Rendam mie jagung dg air panas sampe mengembang dan tiriskan.
3
Haluskan bumbu isian, kemudian tumis sampai wangi, masukkan bihun, aduk smpai rata dg spatula, koreksi rasa jika sdh pas tambahkan taburan daun seledri aduk rata, matikan api.
4
Sambel petis; Goreng bawang merah, bawang putih dan cabe sbntar saja, kemudian haluskan di cobek, kemudian tumis dlm wajan/ kuali sbtar masukkan petis dan tambahkan air aduk sampai rata, tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Aduk terus sampai petis larut dan mendidih,
5
Buat martabak ; Siapkan piring stanliss dan plastik, gunakan pantat piring untuk mipihkan adonan, kemudian isi dg isian bihun, dan lipat kanan kiri membentuk segitiga,
Martabak mie - Step 5
Martabak mie - Step 5
Martabak mie - Step 5
6
Panaskan sedikit minyak (1 sdm makan saja) kemudian goreng martabak, (me; gorengnya satu2 saja, jika minyak habis tmbh 1 sdm lg, begitu seterusnya sampai adonan habis.)
Martabak mie - Step 6
7
Tarraaaa,,,,,Martabak mie siap di sajikan.
Martabak mie - Step 7
Martabak mie - Step 7
Martabak mie - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan

Bakwan

Bakwan sayur ini garing ketika digigit. Kalo makan bakwan gini lebih enak dengan rawit hijau, dijamin mau mau lagi (sampai lupa udah masuk berapa potong bakwannya πŸ˜…). #olahanansayur#bakwansayur #kulinernusantara

Bakwan Jagung Kriuk Kriuk

Bakwan Jagung Kriuk Kriuk

Menunggu bedug , mencari aktifitas biar gak sia2 puasanya .. wahh. Drpd beli di luar macet ,ada sisa jagung mari kita bikin deh .. Sebenarnya udh sering buat bakwan sayur ,jagung . Baru sempet Corat coret di cp πŸ˜… maklum mamak2 kadang suka lupa moto,kdg mager Corat coretnya eh. πŸ˜… #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasakHariIni

Cireng nasi

Cireng nasi

Camilan ga pake ribet ya cireng nasi ini,, tinggal cemplung cemplung wess jadi dehh.. πŸ˜‰ #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenBatikApron

20 biji
35 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

#week10 Ada nasi sisa? Bosen dibikin nasi goreng terus? Daripada dibuang Cireng-in aja yuuuk. #PejuangGoldenBatikApron

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Cireng nasi, suami dan anak juga suka. Alhamdulillah 😍 tekstur cireng nasi lebih lembut daripada cireng aci biasa. Yuk cobain masak πŸ€— #PejuangGoldenBatikApron

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Jika punya sisa nasi yang tidak terpakai Jangan terburu untuk dibuang ya, bisa dijadikan makanan yang enak, gurih dan tentunya sehat. seperti resep dibawah ini, resep spesial dari @dapurkobe *cireng nasi Kobe". Selamat mencoba #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #CirengNasiKobe

388. Kue lapis tepung beras

388. Kue lapis tepung beras

Source : @butien_6001774 kenyal kenyal, lembut dan manis.. itulah lapis.. hihi krna ga ada loyang 20x9x7 jd aku seadanya wadah aja.. terimakasih @butien_6001774 udah sabar digangguin selama proses pembuatan dg hasil mulus memuaskanπŸ’•πŸ’•πŸ’• #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi

-+25-35potong
2-4jam
Bakso Cilok Ikan Kakap

Bakso Cilok Ikan Kakap

Pekan ke-11 Ceritanya mau bikin bakso ikan, eh malah bakso cilok. Efek kebanyakan tapioka ini. Xixixi #cookpadcommunity_depok #pejuanggoldenbatikapron #idemasak

20 menit
Cireng frozen homed tdk meledak

Cireng frozen homed tdk meledak

#RamadanCamp_Misi5

Sempol ayam wortel empuk & sempol crispy

Sempol ayam wortel empuk & sempol crispy

Anak² suka banget sama sempolan, kalo saya belum sempet bikin suka beli dan pasti pada kurang kalo beli🀭 kebetulan ada waktu bikin sendiri lah.. Sekalian buat stok di freezer 😁 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi4

Cilok Freezy Sambal Bawang

Cilok Freezy Sambal Bawang

Frozen Food? Aku suka bikin cilok atau pentol tahu. Karena menghangatkannya tanpa minyak. Hehehe #PejuangGoldenBatikApron #Week9 #RamadanCamp_Misi4

4 orang
1 jam
Jajanan: Lumpia Tahu Sosis Praktis

Jajanan: Lumpia Tahu Sosis Praktis

Berawal dari keisengan buat lumpia tapi isi tahu dan sosis ternyata lumayan juga. Alhamdulillah suami juga suka. Apalagi buatnya mudah dan praktis. Cocok juga untuk takjil buka puasa lho~ Selamat mencoba juga ya bund :) #PejuangGoldenBatikApron

3-5 orang
20 menit
Kulit Lumpia/Risol Kenyal Gak Gampang Sobek

Kulit Lumpia/Risol Kenyal Gak Gampang Sobek

Siapa nih yang kalo bikin kulit lumpia masis sering sobek saat dilipat?? Atau kering saat digoreng?? Hmmm... yuk cobaik deh resep 1 ini...πŸ₯° #PejuangGoldenBatikApron #kulitLumpia #ummiAlfa #alfakitchen #ideMasak

40 - 45 pcs
Donat empuk no mixer no telur

Donat empuk no mixer no telur

Lagi pengen makan donat dan paling suka makan donat yg masih hangat terus ditaburi gula bubuk yg dingin. Simple dan enakkkk...πŸ˜‹

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Kebetulan ada nasi sisa semalam, bosen juga ya di buatkan nasi goreng terus nah aku bikin cemilan enak dan praktis tinggal cemplang cemplung, goreng lgsg jadi deh di makan bersama bumbu rujak. Beneran ga berenti ngemil deh πŸ˜†πŸ˜πŸ˜ #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron

Puree Buah Naga Mix Biskuit Milna (Snack MPASI 6 Bulan+)

Puree Buah Naga Mix Biskuit Milna (Snack MPASI 6 Bulan+)

Assalamu'alaikum...πŸ˜‡ Gimana kabar hari ini...😊 Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan selama bulan Ramadhan. Amien...🀲🏻 Tetap semangat πŸ’— πŸ’Minggu Ke - 12πŸ’ #PejuangGoldenBatikApron

2 Porsi
30 Menit
Jemblem ubi ungu

Jemblem ubi ungu

#PejuangGoldenBatikApron

Martabak Mesir Kulit Lumpia

Martabak Mesir Kulit Lumpia

Bismillah, Satu lagi frozen2 an yg memenuhi freezer dalam rangka Ramadhan... Ya ya ya.. emang kurang afdol berbuka tanpa gorengan hehehe Sy team asin yaaa Dan team no ribet ribet xixixix MaasyaaAllah Tabarokallah #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni

10 pcs
30 menit
Cimol Kentang

Cimol Kentang

Bosan dengan olahan kentang yang gituΒ² aja? Cobain deeeh.. uenaaaak poool..

2 orang
1 jam