Kue Putu Ayu

Dipos pada February 8, 2022

Kue Putu Ayu

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Putu Ayu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Putu Ayu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Putu Ayu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Putu Ayu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kue Putu Ayu adalah 24 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Kue Putu Ayu diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Putu Ayu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Putu Ayu memakai 9 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kue lembut manis dan disukai semua anggota keluarga Bikin banyak untuk acara selamatan 1 tahun kepergian ibunda mertua Memanfaatkan sisa santan dari bumbu memasak daging ayam Jadilah bikin kue ini biar tidak mubadzir ๐Ÿ˜Š

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Putu Ayu:

  1. 1/2 kg terigu protein sedang
  2. 1/2 kg gula pasir
  3. 5 butir telur ayam
  4. 1 sdm tbm/sp
  5. 1 bks vanili
  6. 1/2 sdt garam
  7. 2 gelas santan matang
  8. Beberapa tetes pewarna
  9. Minyak / margarin untuk pengoles cetakan

Langkah-langkah untuk membuat Kue Putu Ayu

1
Mixer telur, gula, sp, garam dan vanili sampai putih mengembang dan kental berjejak
2
Tambahkan santan sedikit-sedikit, bergantian dengan tepung terigu Jangan tuang sekaligus Mixer dengan kecepatan rendah, aduk sampai rata
3
Bagi dalam beberapa wadah untuk ditambahkan pewarna sesuai selera, aduk rata Tuang ke cetakan yang sudah dioles margarin/minyak, dengan warna berselang seling
Kue Putu Ayu - Step 3
4
Kukus selama 20 menit dengan api besar dalam klakat yang sudah mendidih airnya Bungkus tutupnya dengan kain supaya air tidak menetes di permukaan kue Kue putu ayu siap disajikan
Kue Putu Ayu - Step 4
Kue Putu Ayu - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Sayuran

Bakwan Sayuran

14 Orang
45 menit
Martabak telur kulit lumpia mini

Martabak telur kulit lumpia mini

Udah lama banget kepengen bikin ini, dan selagi libur mari kita eksekusi. Resep simple cocok untuk camilan ataupun menu buka puasa

5 - 7 orang
45 menit
Tahu Isi (GeHu)

Tahu Isi (GeHu)

#PejuangGoldenBatikApron

Mini Lumpia Rebung

Mini Lumpia Rebung

Pengen banget makan lumpia, bisa bikin isiannya, tapi belum berhasil bikin kulit lumpia yang lentur. Tiap bikin kulit, pasti robek ketika dibentuk. Butuh belajar lagi.... Tapi gak pa pa...bikin lumpia menggunakan kulit instant aja...kalo kata orang jawa "tombo pengen" alias "obat pengen".... Ini cemilan yg simple untuk berbuka. Karena kulitnya juga pake kulit yg instant. Jadi, hanya perlu tumis-tumis isian lumpianya aja. Cuzzz eksekusi.... Happy cooking... #slaluadaceritadisetiapmasakanmps #MPS #Ramadancampmisi5 #Ramadancamp #misi5

Kue sus mudah

Kue sus mudah

Saya lihat dari youtube Lina Foody

Risol canapis

Risol canapis

Bismillah Bosan dengan risol yg digulung bisa dibentuk segitiga juga #kue kesukaan anak-anak di rumah

Kulit lumpia isi daging sapi

Kulit lumpia isi daging sapi

โ˜˜๏ธ18042022โ˜˜๏ธ Hasil plesiran grand opening minggu lalu ke super**** yg lumayan panjang antriannya..tp ya gk masalah selama emak dapet kulit lumpia &diskonan daging sapi giling, krn anakq request minta dibikinin lumpia utk menu buka puasa,cucok lah ini.. Cuzz resep yaa.. Selamat menjalankan ibadah puasa๐Ÿ™๐Ÿ˜‡ Sumber resep : @Phie999 #PejuangGoldenBatikApron #week12

Donat Empuk Eggless

Donat Empuk Eggless

Pertama kali bikin pakai resep ini pas bikinin snack utk kerja bakti di wilayah RT.. pas kebetulan si bpk gak bs ikut serta, jd emaknya inisiatif deh bikin camilan yg bs dikonsumsi semua kalangan (maklum, anak2 pun pasti juga ikut kumpul๐Ÿคฃ), nah ketemu sm resepnya mb Vitha ini.. yg simple tanpa telur tp ttp empuk sehari stlhnya.. Bahagianya yg pd kerja bakti pun suka loh๐Ÿ˜๐Ÿ˜... dan kali ini bikin lg dan br smpet smbil foto2 ya.. krn bocils minta buatin donat๐Ÿ˜€ Dan resep ini pun jd andalan bakulan saya d kampung Source: @cook_13606048 #PejuangGoldenBatikApron #KopijosRamadhan #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #CamilanNabHit

Risoles roti tawar

Risoles roti tawar

Memanfaatkan sisa roti yg udh 3 hari g ada yg nyentuh sama sekali,, giliran di bikin beginian mah pada doyan๐Ÿคญ alhmdulilah bisa buat tambahan menu tak'jil..

Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Makanan cemilan yang biasa dibuat mama ku

2 orang
30 menit
Kue Cantik Manis Pandan

Kue Cantik Manis Pandan

Bismillah... Assalamu'alaikum... . Saatnya setoran kembali buat @komunitaspaders tema kali ini takjil non gorengan. Sudah dari lama pengen bikin kue ini gara2 liat cookmark an di cookpad nongol resep kue cantik manisnya umi @lennysetiawan1980 dengan sedikit modifikasi . Penasaran rasanya kaya apa, ternyata mirip ma kue lapis. Cuz resep dan stepnya... . #GoDaInRamSay_2 #GoDaPaders_2022 #GoDaRamadhan #KomunitasPaders #CookpadIndonesia #PejuangGoldenBatikApron

Donat kentang sederhana

Donat kentang sederhana

Karna suka jajan donat,nah manfaatin kentang dirumah untuk dioleh jd cemilan..lebih hemat dan higienis ..semoga bermanfaat

20 bh
2 jam
Seblak otak-otak baso

Seblak otak-otak baso

Gagal ikutan golden batik apron gara2 hp nyemplung ke akuarium.. ๐Ÿ˜ข Tahun depan ya mudah2an bisa ikut lagi.. ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

1 porsi
30 menit
Pastel kentang tutup

Pastel kentang tutup

#pejuanggoldenbatikapron

Cilok sambal goang pedas gobyos

Cilok sambal goang pedas gobyos

Pengen makan yang super pedes. Kebetulan uda lama ndak bikin cilok. Jadinya bikin cilok sambal goang super pedas. Alhamdulillh enak banget. Dimakan panan2. Ciloknya empuk & tahan lama. Beda lho ama cilok2 lainnya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜„

5 orang
1 jam 30 menit
Melting Moment (Kue Kering Corn Flakes)

Melting Moment (Kue Kering Corn Flakes)

Berawal dari mau mengkaryakan mentega putih tadinya dpt dikasih ama sodara, sempet nanya2 warga cocomba, binun jg mau di apain, ehh @eyangbima nyaranin bikin melting moment aja katanya, resepnya se dah di bintangin dari minggu2 lalu cuma baru sempet di bikin kemaren karena cornflakesnya baru beli dan nyaris abis itu juga klo gk keburu di amanin mah๐Ÿคญ Wajib di coba loh, ini enak bngt se. Pas nyobain pertama kali rasanya manis asin gurihnya balance bikin nagih, duhhh nyaris kebablasan klo gk inget blm di fotoin mah๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Aku bikin setengah resep dari resepnya eyang, karena stok terigunya tinggal segitu๐Ÿ˜ฌ Source: @eyangbima Week 12 #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #Pais_KukisKreatif #RamadanCamp_Misi7 #CookpadCommunity_Bandung

Lumpia Basah

Lumpia Basah

Bismillaah Jajanan khas Bandung, udah lama ga beli ini, jadi bikin aja di rumah. Ini buat versi tidak pedas, jadi yang mau pedas pakai bon cabe aja, hihi.. Bahannya disesuaikan dengan yang tersedia di rumah Source : ibu @giacinta Makasih resepnya ya bu๐Ÿ˜๐Ÿ™ Link resep asli https://cookpad.com/id/r/4451325 #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba #Minggu10