Martabak telur abang-abang

Dipos pada February 8, 2022

Martabak telur abang-abang

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak telur abang-abang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak telur abang-abang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak telur abang-abang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak telur abang-abang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak telur abang-abang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak telur abang-abang memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : @fitrisasmaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak telur abang-abang:

  1. Bahan dough
  2. 125 gr tepung terigu protein tinggi
  3. 1/4 sdt garam
  4. 1 1/2 sdm minyak canola (bisa pake minyak goreng yg lain)
  5. 70 ml air
  6. Bahan rendaman
  7. 400 ml minyak goreng (sampai adonan terendam semua)
  8. Bahan isian
  9. 150 gr daging sapi giling
  10. 3 siung bawang putih cincang
  11. 1/2 buah bawang bombai cincang
  12. Secukupnya gula garam kaldu bubuk
  13. 5 batang daun bawang, potong-potong
  14. 5 butir telur
  15. 1/2-3/4 sdt kari bubuk
  16. Secukupnya margarin untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Martabak telur abang-abang

1
KULIT : campur semua bahan kulit, uleni sampai kalis. Tidak lengket di wadah.
Martabak telur abang-abang - Step 1
Martabak telur abang-abang - Step 1
Martabak telur abang-abang - Step 1
2
Bagi menjadi 4 bagian sekitar @50-52 gram, bulatkan, lalu beri minyak goreng sampai menutupi permukaan adonan. Diamkan kurang lebih 1-2 jam (semakin lama semakin lentur).
Martabak telur abang-abang - Step 2
Martabak telur abang-abang - Step 2
3
ISIAN : 1. panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum. 2. Tambahkan daging giling, masak sampai matang. 3. Biarkan dingin, sisihkan.
Martabak telur abang-abang - Step 3
Martabak telur abang-abang - Step 3
Martabak telur abang-abang - Step 3
4
Setelah 2 jam, ambil satu buah adonan kulit, gilas dengan rolling pin sampai lebar, tipis tp g gampang sobek
Martabak telur abang-abang - Step 4
5
Siapkan wadah kocok telur dan beri semua bumbu (kari, kaldu bubuk, garam, garam). Masukkan tumisan daging + daun bawang, aduk rata
Martabak telur abang-abang - Step 5
Martabak telur abang-abang - Step 5
6
Panaskan teflon yang telah diberi minyak, kecilkan api kompor, bentangkan kulit martabak diatas teflon beberapa kali maju mundur. Tuang secukupnya tumisan daging dan telur kocok tadi, lipat.
Martabak telur abang-abang - Step 6
Martabak telur abang-abang - Step 6
Martabak telur abang-abang - Step 6
7
Naikkan api menjadi sedang. Siram-siram dengan minyak ke atasnya sehingga adonan dalamnya mengembang. Goreng sampai permukaannya kecoklatan, lalu balik, goreng lagi sampai kedua permukaan kecoklatan. Tiriskan.
Martabak telur abang-abang - Step 7
Martabak telur abang-abang - Step 7
8
Potong-potong sesuai selera. Siap disajikan dengan acar bila suka.
Martabak telur abang-abang - Step 8
Martabak telur abang-abang - Step 8
Martabak telur abang-abang - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak Telur Lumpia isi Ayam Praktis

Martabak Telur Lumpia isi Ayam Praktis

Menuu buka puasaaa hari ini gegara ada sisa kulit lumpiaa mau diolahh biar gak kebuang dan kepikiran martabak lumpia isi daging ayam ini... yokk cobaiinn.. #ramadancamp_misi7 #cookpadcommunity_palembang #pejuanggoldenbatikapron #idemasakhariini #resepwongkito

Bakwan Jagung Pedas

Bakwan Jagung Pedas

Temen berbuka yg pas yaitu gorengan! Bikin sendiri lebih higienis ya. #PekanPosbar #CeritaDapurHariIni #Semangcook_AsinManis #SemangcookHokyaHokye #CookpadCommunity_Semarang

Donat Pisang

Donat Pisang

• 10-04-2022 • *minggu ke-10 #PejuangGoldenBatikApron Ada pisang yang udah kematengan, dibikin bolu udah pernah, olahan lain yg memang berbahan dasar pisang juga udah pernah. Bikin yang anti mainstream aja, donat ditambahin pisang. Jadinya nanti donat ada rasa pisangnya. Keponakan saya yang masih balita yang memang suka sekali dengan donat, suka juga dengan donat pisang ini. Lebih enak kasih topping gula donat aja, kalau pakai meises menurut saya terlalu eneq. Kebetulan gak ada gula donat, jadi ya hias pakai meises aja dah supaya pas difoto, gak gundul donatnya 😅 Setelah cukup terbantu dengan penggunaan mixer, tanpa harus ngulen dengan kekuatan hulk 😂 akhirnya kalau mau membuat donat udah gak ragu2 lagi. Dulu kalau mau bikin donat yang diulen lagi itu maju mundur males 😅 Source : mba @fitrisasmaya #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Surabaya

Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Makanan cemilan yang biasa dibuat mama ku

2 orang
30 menit
Cilung Papeda

Cilung Papeda

Cilunggg🤤 #PejuangGoldenBatikApron

Tahu Isi

Tahu Isi

Gorengan kesukaan suami yaitu tahu isi. Sebenarnya kalau aku buka puasa tanpa gorengan tidak masalah. Tapi untuk suami belum bisa. Berhubung harga gorengan naik, 10ribu cuma dapet sedikit, ya udah deh sekarang jadi sering bikin sendiri, selain lebih hemat dengan budget yang sama, gorengan yang dihasilkan pun lebih banyak 😁 #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_yogyakarta

Sempol Tahu Wortel

Sempol Tahu Wortel

Ada stok tahu putih neh...mikir keras mau diapain biar anak-anak lahap makannya. Dah lah dibikin sempol aja... biasanya kan pakai daging ayam ya, tapi pakai tahu ga kalah enaknya loh. Selain itu bisa awet simpan di freezer jg .. Cocok dengan tema Kombes Minggu ini...Frozen food... Eh bukan hanya Kombes deh...tapi juga Komunitas Cookpad Se-jabodetabek NEH kompakan temanya sama.... Note: Tahu yang saya pakai ukurannya besar, sehingga pemakaian tepung sagu dan bahan lainnya sy sesuaikan lagi. Memang ukuran tahu ditiap daerah berbeda beda ya. Dibawah ini Sy cantumkan takaran bahan sesuai resep sumbernya. 🥰Minggu ke 9 Golden Batik Apron (28 Maret - 3 April 2022)😍 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia #JabodetabekBikinYuk_FrozenFood #IdeMasak Source: @fania_91

Tahu bulat wobi

Tahu bulat wobi

takjil untuk buka puasa suami

3 orang
1 jam
Donat tanpa telur, susu, ga perlu di mixer, cuma 1x proofing. Ekonomis. Bisa untuk jualan

Donat tanpa telur, susu, ga perlu di mixer, cuma 1x proofing. Ekonomis. Bisa untuk jualan

Saya lihat dari youtube Vinastar. Selamat mencoba juga ya teman2.

348.Kue Nona Manis Ubi Ungu

348.Kue Nona Manis Ubi Ungu

Bismillaah ,,, Berbukalah dengan yang manis , jangan lupa menyajikannya pun dengan senyuman yang paling manis meskipun dibalik semua itu ada kaki yang gemetaran😂Ah engga kok becanda aja ,, meskipun puasa harus tetap bunyikan "alarm dapurnya" ya biar suami makin cinta dan anak2 juga makin ceria🤭 Diramadan camp ke 5 ini emak pilih kudapan manis untuk menjawab tantangan mamah kali ini ,, Sc : Mommy Anna Channel #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10

Kue Semprit

Kue Semprit

Assalamualaikum. Lebaran sebentar lagi siap2 dong bikin kuker😊😊bikin satu adonan 2 jenis asekkk kan. Biar praktis aza itu ceritaku hari ini mana cerita kalian😁😁 #RamadanCamp_Misi7 #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel

Telur gulung

Telur gulung

Telur gulung kerap di jajakan di sekolah. Bahkan kini jajanan ini bisa di temukan di mall. Siapa bisa tahan dengan enaknya telur gulung. Daripada jajan, padahal bahannya pasti ada di dapur, lebih hemat kalau bikin sendiri untuk di santap di rumah. Yuk, simak resepnya berikut ini..

10 tusuk
30 menit
Pastel Isi Abon

Pastel Isi Abon

Bismillahirrahmanirrahim..... 10 Ramadhan 1443 H Cemilan murah meriah tapi rasanya enak banget, cemilan favorite hubby, kalau sudah bikin ini...bakalan ndak berhenti ngunyah, tapi juga paling rajin dan paling rapi kalau bantu bikinnya 😁 makanya kalau mau bikin, saya selalu tanya hubby dulu, kalau pas beliau tidak sibuk baru bikin 😍 Kali ini resepnya saya tambahin tapioka, jadinya super renyah, ndak nyesel deh dengan rasa dan teksturnya....ini beneran loh, dengan penambahan tapioka rasanya lebih renyah di banding kalau full terigu aja..... Yuuuk di coba 💕 . . . . #MasakanBundaPashalenko #KueKering #PastelIsiAbon #PastelMini #PastelKering #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Selai Nanas Isian Kue Nastar

Selai Nanas Isian Kue Nastar

Bismillaah Assalaamualaikum Salah satu sajian kue lebaran yang tidak pernah absen dalam keluarga kami , adalah kue nastar klasik. Aroma buah nanas dengan rempah cengkih dan kayu manis nya sungguh menjadi ciri khas suasana 'Iedul Fitri. Sebelum kita membuat kuker nastar, kita buat isiannya dulu yuuk. In syaa Allaah bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga cepat dan simpel. 💞🌹 Thank's to my lovely mother for the recipe. I love U mom ❤❤❤ (Big big big Hug). Yuuk mari kita membuat... #selainastar #selainanas #isiankuenastar #PejuangGoldenBatikApron #Bakeasy_Nastar #Dapoer_Santi @lovetocook_121076

1 porsi
120 menit
Kue Cubit

Kue Cubit

Yuk bikin Kue Cubit sendiri di rumah!

Kue Lumpur Surga

Kue Lumpur Surga

Kue legit asal Banjarmasin ini selalu ada dibulan puasa menu manis andalan keluarga kami. Paling enak makan ini dingin, baru keluar kulkas rasany manis, lumer banget dimulut. #Cookpadcommunity_kalteng #PejuangGoldenBatikApron #mingguke11

4 porsi
1 jam
Kue kering jahe original sehat

Kue kering jahe original sehat

Bulan Ramadhan yang penuh berkah mauanya makan cemilan praktis dan sehat jadi aku bikin kue kering jahe sehat

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Stock mepet dikulkas, berhubung menjelang sore saat berbuka masih diguyur hujan terus jadi mager untuk berburu takjil. Jadi masak seadanya yang dikulkas saja. #PejuangGoldenApronBatik #GBA_week10 #RamdanCamp_Misi5 #menuberbukapuasa

Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur Gula Merah

05.04.22 Bismillah, salah satu cemilan favorit. Tiap ke pasar ga absen beli ini, kdg nungguin di depan org yg bakulan masak si cucur ini. Keliatannya gampaang, ternyata ga semudah itu. Ini sudah coba berkali2, sampai akhirnya dpt yg dimau bentuknya seperti yg dijual (not bad). Rasanya enakk, legit, garing, empuk. Biarpun agak capek berdiri di depan kompor, terbayarlah dgn seratnya yg ayu. Ini salah satu resep yg lolos uji coba, krn sering bikin pake resep mba @adityadamayanti ❤️ . Pokoke seru bikin cucur sendiri, buka puasa jd berkesan karena hasil perjuangan 😁. #CocomtangPost_IniTakjilku #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Tangerang

±12 pcs
70 menit