Bakwan

Dipos pada February 8, 2022

Bakwan

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakwan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakwan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakwan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakwan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakwan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan memakai 15 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bakwan sayur ini garing ketika digigit. Kalo makan bakwan gini lebih enak dengan rawit hijau, dijamin mau mau lagi (sampai lupa udah masuk berapa potong bakwannya πŸ˜…). #olahanansayur#bakwansayur #kulinernusantara

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakwan:

  1. 4-5 sendok sayur tepung terigu
  2. 2 sdm tepung beras
  3. 200-300 ml air matang
  4. Secukupnya garam
  5. Secukupnya kaldu bubuk
  6. Secukupnya lada bubuk
  7. 1/4 bulat kol (iris kasar)
  8. 1 buah wortel (parut)
  9. 1 batang daun bawang (iris halus)
  10. 1 batang seledri (iris halus)
  11. Secukupnya minyak untuk menggoreng
  12. Bumbu halus
  13. 1 siung bawang putih
  14. 2 siung bawang merah
  15. 1 butir kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Bakwan

1
Dalam wadah, masukkan sayuran yg sudah di iris, lalu masukkan tepung, bumbu halus, garam, lada, kaldu bubuk. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai kekentalan sedang. Sisihkan
2
Panaskan minyak, lalu masukkan cetakan bakwan. Jika sudah panas. Ambil 1 sendok sayur adonan letakkan dalam cetakan, lalu tekan tengahnya dengan sendok sayur (agar pinggirannya kriuk) 😊. Goreng hingga agak kecokelatan (nanti bakwan akan lepas sendiri dari cetakan), tetap goreng hingga bagian bawahnya kecokelatan. Jika sudah kecokelatan. Angkat. Sajikan dengan cabe rawit hijau πŸ₯°πŸ₯°

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risoles Mayo

Risoles Mayo

4 orang
1 jam
Adonan dasar kue kering (basic cookie dough)

Adonan dasar kue kering (basic cookie dough)

Adonan ini saya pake buat bikin palm cheese cookie, thumprint, nastar wafer, putri salju, kukis coklat kacang, jadi 1 adonan bisa macem2 rasa. Adonan ini rasanya lumer manisnya pas #PejuangGoldenBatikApron

374. Kulit Pastel tanpa telur

374. Kulit Pastel tanpa telur

#RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia Source Isnawati

20 pcs
35 menit
Karoket (lumpia bihun)

Karoket (lumpia bihun)

#PejuangGoldenApronBatik #marhabanyaaramadhan #takjil

Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll)

Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll)

Bumbu kacang ini cocok untuk teman makan lontong, atau gorengan bakwan (ote2), biasa kalau di Jakarta, buka puasa pakai gorengan dan lontong, bumbu kacang, pasti laris manis. O ya... Selera pedas dan manisnya bumbu kacang ini disesuaikan dengan kebiasaan/kesukaan keluarga masing2 ya... Source: Andin's kitchen

sekeluarga
Bolu Donat Pisang Ambon (Bodo Pisan)

Bolu Donat Pisang Ambon (Bodo Pisan)

Bikin bolu pisang pakai resepnya Pak Sahak dengan metode all in one, hasil teksturnya lebih lembut. Untuk bahanΒ² disesuaikan dengan stok yang ada jadi sdh dimodifikasi sedikit. Karena pakai cetakan tulban kecilΒ² diameter 8 cm jadi bentuknya spt donat. #PejuangGodenBatikApron #Mingguke_10

24 pcs
Donat/Roti Resep Uti

Donat/Roti Resep Uti

Bismillah.. Donat favorit anak-anak pastinya donat buatan uti,, lembut tahan lama 😊, enak juga dipanggang jadi roti..karena minyak sedang mihil saat ini 😁 dan sy masih belajar membuatnya.. #PejuangGoldenBatikApron

25 buah
1 jam 30 menit
Bakwan Bayam

Bakwan Bayam

Bayam, favorite nya Popeye ternyata gak cuma enak dibikin lauk sayur berkuah loh. Dibikin jadi bakwan enak juga. Biar camilan gorengan anak2 tetep mengandung sayuran 😊

1 porsi
30 menit
Cireng simple

Cireng simple

soreΒ² enak nya ngemil nihh, jadi mari kita buat cireng simple, anti meletus dan ga keras bunda #PejuangGoldenBatikApron

3orang
30menit
169. Cireng Nasi

169. Cireng Nasi

Akhir2 ini sering bgt ada sisa nasi dirumah πŸ€” ampe bosen dibikin nasgor trs. Eh kepikiran bikin cireng nasi, tp ga mau ribet jadilah pake tepung bumbu jadi yg cocok buat cireng 😍 #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Depok #PejuangGoldenBatikApron #CirengNasiKobe

Kulit Risol Anti Sobek (Tips anti gagal)

Kulit Risol Anti Sobek (Tips anti gagal)

Terakhir kali bikin risol tuh 2 thn lalu, jadi sebelumnya udah pernah 2x bikin risol tapi gagal di kulitnya. πŸ™„ Entah ketebelan yg jadinya gede hasil akhir risolnya, atau malah pas mau digulung malah sobek, akhirnya males deh bikin lagi selain karena ribet juga karena trauma kegagalan 🀭 Nah setelah belajar dari kegagalan akhirnya tau dimana kesalahannya, nah disimak ya tips anti gagalnya. 😊 1. Teflon yg di gunakan harus yg benar benar anti lengket, karena ini berpengaruh banget, kalo pake teflon yg biasa dulu berkali kali gagal bikin perkulitan karena nempel. 2. Olesi merata teflonnya dengan margarin atau minyak sebelum digunakan, biasanya jika sudah beberapa kali dipakai membuat kulit risol maka akan berkurang kelembaban teflonnya, jadi bisa diulangi untuk mengoles teflonnya kembali ya. 3. Adonan yang akan di cetak jadi kulit risol konsistensi adonannya harus encer ya, tapi tidak begitu encer juga, dan tidak boleh terlalu kental karena akan mudah sobek saat digulung 4. Saat menuang adonan diperkirakan ya, jangan terlalu banyak nuangnya biar gak ketebelan dan juga jangan terlalu sedikit karena kalo ketipisan akan kering kulitnya. 5. Saat meratakan adonan dgn cara menggoyang teflon dan memutarnya, lakukanlah dengan cepat karena teflon sudah panas jadi tidak keburu mateng kulitnya. Selamat Mencoba 😊 Sumber : @SangSimbok dgn sedikit modifikasi #Semangcookhokyahokye #Cookpadcommunity_semarang #PejuangGoldenBatikApron week 10 #Semangcook_AsinManis

Martabak Teplon anti gagal

Martabak Teplon anti gagal

3 orang
5 mnt 60 dtk
Cilor (Aci telor)

Cilor (Aci telor)

1 orang
30 menit
Wajik Ketan Gula Merah

Wajik Ketan Gula Merah

Source : channel YT Hobi Masak Waaah setor resep waktunya mepet mepet gini ya sudah la ga sempet masak lain keluarin tabungan resep aja 😁 #PejuangGoldenBatikApron #week9 #Cookpadcommunity_Sumut

18 potong
Kue kering kulkas

Kue kering kulkas

Mudah dan praktis.. resep kuker kulkas dari mama Naura.. #CookpadIndonesia

Kue Nastar Klasik

Kue Nastar Klasik

Bismillaah Assalaamualaikum Semua pasti kenal dengan kue imut satu ini. Bentuknya yang kecil dengan tampilan menggoda , bikin siapa aja gak tahan lihatnya.. pengen langsung hap aja ^_^.. Yup.. kue nastar... kue imut dengan isian selai nanas aroma cengkih dan kayu manis... Rasanya sungguh nikmat... maa syaa Allaah.. .. πŸ’žπŸŒΉ Penasaran dengan rasanya... ?? Yuuk mari kita membuat.. #kuenastar #nastarlembutlumer #PejuangGoldenBatikApron #Bakeasy_Nastar #Dapoer_Santi @lovetocook_121076

77 pcs nastar