Kue Lapis Singkong

Dipos pada February 5, 2022

Kue Lapis Singkong

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Lapis Singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Lapis Singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Lapis Singkong, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Lapis Singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Lapis Singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Lapis Singkong memakai 10 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : @suci_mariyah82 Ini pertama kalinya aku bikin kue lapis singkong setelah ada request dari paksu yg minta dibikinin kue ini. Daaann setelah sekian lama aku juga baru tau kalo paksu suka kue ini 🙈😜 Kue2 traditional yang manis2 gini bukan favoritku tapi kalo ada yg request pasti aku bikinin 👌 #CookpadCommunity_Tangerang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Lapis Singkong:

  1. 1 kg singkong
  2. 1 sachet agar2 swallow
  3. 250 ml santan
  4. 200 gr gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. secukupnya Pewarna hijau
  7. Minyak untuk olesan loyang
  8. Pelengkap :
  9. Kelapa parut
  10. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kue Lapis Singkong

1
Siapkan bahan. Kupas, cuci bersih singkong lalu parut.
2
Dalam sebuah wadah, campur singkong parut, gula garam dan agar2. Aduk rata
3
Masukkan santan, aduk rata hingga gulanya larut.
4
Bagi 2 adonan. Satu bagian kasi warna hijau. Aduk rata. Satu bagian lagi biarkan tanpa warna.
5
Panaskan kukusan, jangan lupa tutupnya dialasin serbet bersih. Oles loyang dengan minyak. Tuang adonan putih, ratakan. Tuang dan ratakan adonan hijau. Kukus sekitar 20 menitan.
6
Untuk bahan pelengkapnya, dalam sebuah wada, campur dan aduk rata kelapa parut dengan garam lalu kukus bersama kue lapis.
7
Kalau sudah matang, dinginkan kue. Baru keluarkan dan potong2 kue. Lalu guling2 di kelapa parut

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Fluffy Donut

Fluffy Donut

Tiap bikin donat biasanya aku pakai kentang. Nah tapi kemaren ini, aku nonton resep video donat yang tanpa kentang hasilnya keliatanya Oke banget. Teksturnya bisa ringan & empuk, kaya J*O punya. Akhirnya karena penasaran, aku coba bikin. Eeh kok malah ketagihan, seenak itu ternyata. Jadi deh ini kali kedua aku bikin. Source: Tasyi Athasyia (dg modifikasi) #PejuangGoldenBatikApron

Bakwan Udang

Bakwan Udang

Assalamualaikum.. Selamat berbuka puasa teman-teman..siapa coba yang bisa menghindari gorengan saat tiba waktu berbuka ? Saya tidakkk 🤣🤣..sebagai bagian dari tim asin gorengan wajib ada..meski judulnya tetap gorengan..tapi rasanya lebih aman kalau bikin sendiri #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #BakwanUdang #KudapanAsin

13-15 buah
30 menit
Donat Gula No Ribet Ribet Club

Donat Gula No Ribet Ribet Club

Anakku tiba2 minta donat, wah udah lama juga ngga bikin 😂 cari2 resep simpel dan nemu resep ini. Cocok banget buat ibu2 yg no ribet ribet club 🥰

12 buah
60 menit
Lumpia Isi Ragout Kentang

Lumpia Isi Ragout Kentang

Assalamu'alaikum, teman-teman.. Annyeonghaseyo, chingu-deul 😃 Bikin cemilan buka puasa rikuesnya mas bojo 😁 Kapan hari sebelum bulan ramadhan, kita berdua Sunmor-an di GOR Kudus. Pas saya beli roti maryam, mas bojo pengen samosa. Ketika makan mas bojo tanya, "Bisa bikin kaya' gini nggak?", terus saya jawab, "Bisa, asal ada bahannya." Ya udah, pas ada ibu tukang sayur lewat saya beli kulit lumpia sama kentang. Walaupun hasil masakannya nggak jadi samosa, malah jadinya lumpia, tapi kata mas bojo rasanya enak 😂 Awalnya pengen dibentuk segitiga gitu, biar mirip samosa, tapi kulit lumpianya kurang lebar. Akhirnya saya lipat seperti lumpia biasa. Itupun kalau dilihat malah kaya' gulungan risoles karena agak kotak 😅 Untuk resep isian ragout kentangnya, saya nyontek dari YouTube mbak Dido Wardah (The Hasan Video) #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #semangcook_asinmanis #semangcookhokyahokye #cookpadcommunity_semarang #IdeMasak #CeritaDapurHariIni

10 buah
Sambal Petis (Untuk Cocolan Gorengan)

Sambal Petis (Untuk Cocolan Gorengan)

Ceritanya lagi pingin bikin martabak bihun madura, yang khasnya memang di makan sama cocolan sambal petis ini. Tapi sambal petis ini cocok juga untuk cocolan gorengan dll. 🥰Minggu ke 10 Golden Batik Apron (4 - 10 April 2022)😍 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia #IdeMasak Source: @de_dibabake

Crispy Spring Roll

Crispy Spring Roll

Isi toples yang simple dan gampil dibikinnya. Meja udah sesak dgn toples kue lebaran klasik seperti nastar dan kaastengels juga kuker kekinian red velvet kukis, choco cornflake, choco cheese (semua ada di list resepku niiy 😁). Anak-anak udah bosen juga nyemilin tiap buka n sahur. Biasanya kalau silaturrahim juga kue yg disuguhkan sama aja.. jadi jarang nyomot. Justru kalau ada suguhan jadoel seperti peyek kacang ijo, kue bawang atau rengginang, malah lupa brenti ngunyah.. (kl gak malu 🤭). Jadi, ini si penghuni baru toples pasti jadi rebutan.. Resepnya byk sliweran di reel ig n tiktok. Sekalian jawaban utk RamadanCamp_Misi7 aja deh. #RamadanCamp_Misi7 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

setoples
1 jam
Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Makanan cemilan yang biasa dibuat mama ku

2 orang
30 menit
Bakwan sayur

Bakwan sayur

Bakwan sayur itu dicocol sambel kacang nikmat banget Mak.. hehe Cuuuss bikin #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
25 menit
10. Kue Nona Manis Ubi Ungu

10. Kue Nona Manis Ubi Ungu

Dalam rangka mengolah ubi ungu, ketemu resep di youtube Resep Erlita, saya modifikasi sedikit untuk mengurangi takaran santan-nya. Rasanya enak, masih empuk meskipun sudah diinapkan di kulkas. Tapi bentuknya masih belum 'manis', harus latihan lagi 😄 #PejuangGoldenBatikApron

30-35 pcs
40 menit
111. Donat Pandan

111. Donat Pandan

Bismillahirrahmanirrahiim.. Ubrek² amunisi tepung²an di dapur semalam, Alhamdulillah masih banyak stok tepung dan perkawanannya. Akhirnya sy buat donat untuk bekal anak² sekolah hari ini. Anak² sy hepi karna donatnya warna warni. hihiihiii.. 😁 Yuk buat bun.. #CookpadCommunity_Aceh

12 bh
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Memang sich minyak goreng msh langkah dan sekalinya ada di jual harganya itu mahal bangat, tapi gak menutup kemungkinan untuk berhenti makan gorengan😁. Daripada beli mending buat sendiri aja. Bahannya gak ribet di tambah dgn sayuran yg bny jd sambil makan gorengan dapat jg sayuran yg sehat😁🤗 #PejuangGoldenBatikApron #PGBA 11

5 org
45 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Ini dia nih cara ngabisin nasi sisa selain dibikin nasgor. Asli nggak nyangka ternyata rasanya nggak kalah enak sama cireng aci, cus bikin.. #CirengNasiKobe #DapurKobe #RecookSeruKobe #PejuangGoldenBatikApron #Dowelicious_Recipe #CookpadCommunity_Sumut

920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

#Week10 Assalamualaikum sahabat dapur ... Alhamdulillah akhirnya kelar juga nulis resep ini, satu pekerjaan yang perlu ekstra energi untuk menyelesaikan proyek besar, hehehe 💪😄 Oiya, resep ini sebenarnya hanya modifikasi dari resep-resep saya yang sudah tayang sebelumnya. Hanya saya tambahkan kismis dalam sentuhan akhirnya. Hasilnya sudah tampak beda. Ok, selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang sedang menjalankannya, semoga Allah menjaga dan menerima puasa kita, aamiin 🤲💯🌹🥰 (2023-075). *** #ResepdeBloom #PejuangGoldenBatikApron #EmakNusantaraKreatif #CoodpadCommunity_Malang #RamadanCamp_Misi5 #KueKamir #KueKhamir

4 porsi
60 menit
Kulit Lumpia Goreng

Kulit Lumpia Goreng

Punya 3 anak, masing2 dapet 1 toples kecil 😁 Mayanlah cemilan murmer.. #CookpdCommunity_Bandung

Kue Jaring Kuah Kinca

Kue Jaring Kuah Kinca

Untuk #PejuangGoldenBatikApron kali ini aku bikin kue jaring. Sebenarnya kalau dicetak bulat jadi kue serabi hihi.

10 porsi
70 menit
Bakwan Sayur Crispy Gluten Free (No Oil) 👩‍🍳

Bakwan Sayur Crispy Gluten Free (No Oil) 👩‍🍳

05.04.22....Kali ini masak menu sehat persiapan untuk takjilnya ya moms. Bakwan sayur crispynya pake tepung bumbu probiotik serbaguna gluten free yang rasa seaweed😋huum...kebayang rasanya sudah menggugah selera. Tepung serbaguna GF japanese cruncy seaweed ini sangat praktis y moms, karena sudah lengkap dengan bumbu2 rempahnya, jadi moms tinggal menambahkan sayur sesuai selera dan air secukupnya. Masaknya pun no oil y moms, di sini saya coba panggang dengan cetakan martabak mini kemudian di air fryer biar makin cruncy😍jadi ga ada minyak goreng pun bisa tetap makan bakwan y crispy y moms, plus uda pasti jauh lebih sehat dan penuh nutrisi donk👍Alhamdulillah anak2pun tetap doyan dan langsung lahap makannya💖🤲Yuuk moms cobain buat👩‍🍳 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost_IniTakjilKu #PekanPosbar #IdeMasak #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron

15 bakwan
30 menit
Tahu Walik Aci

Tahu Walik Aci

Misi ke-5 Ramadan Camp..aku pilih tim Asin. Gorengan selalu menggugah selera dikala puasa... Source: @ihdanas #RamadanCamp_Misi5 #CocomtangPost_IniTakjilKu #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Tangerang #IdeMasak #CocomtangPost #Minggu10 #OlahanTahu

10 pcs
30 menit
Kue kacang jadul

Kue kacang jadul

4 toples
Ide jualan baso aci/cilok bandung

Ide jualan baso aci/cilok bandung

Ini resep jualan cilok/baso aci saya.. Saya jual 3000/bungkus nya

4 orang