Cireng Kriuk

Dipos pada February 5, 2022

Cireng Kriuk

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng Kriuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng Kriuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng Kriuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng Kriuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng Kriuk adalah 7 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cireng Kriuk diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Kriuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Kriuk memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Makanan orang Sunda identik dengan per-aci-an, mulai dari cilok, cilung, cibay, cipuk, termasuk cireng ini๐Ÿ˜ Kali ini, aku bikin cireng dengan bumbu rujak sebagai cocolannya. Rasa gurih, crispy di luar, sekaligus chewy di dalam berpadu dengan bumbu rujak yang pedas, manis, dan asam sekaligus. Hidangan ini cocok banget dijadikan cemilan, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini๐Ÿคญ Ohiya, resep ini juga kutulis dalam rangka reshare resep arisan cooksnap Teh @karlina_nurjanah . Hanya saja, kali ini aku tambahkan aromatik, merica, dan cocolan dan sesuai porsi sejumlah orang yang ada di rumahku (jadi agak banyakan dari resep yg sebenarnya. #BandungCooksnap5_KarlinaNurjanah #RamadanCamp_Misi6 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Kriuk:

  1. ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Bahan Utama
  2. 3 sdm tepung tapioka (adonan basah)
  3. 200 ml air
  4. 7 sdm tepung tapioka (adonan kering)
  5. Secukupnya minyak untuk menggoreng
  6. ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Bumbu Halus
  7. 3 siung bawang putih
  8. ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Seasoning
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt lada bubuk (aku pakai yang utuh)
  11. ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Aromatik
  12. 1 batang seledri (dirajang halus)
  13. 1 batang daun bawang (dirajang halus)
  14. ๐Ÿ‘‰๐Ÿฟ Cocolan
  15. Bumbu Rujak

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Kriuk

1
Mise en place bahanยฒ yang akan dimasak.
Cireng Kriuk - Step 1
Cireng Kriuk - Step 1
2
Haluskan bawang putih dan lada.
Cireng Kriuk - Step 2
3
Tuangkan air, bumbu halus, garam, 3 sdm tepung tapioka, dan aromatik sambil diadukยฒ hingga merata dan mengental.
Cireng Kriuk - Step 3
Cireng Kriuk - Step 3
4
Tuangkan adonan mengental tersebut ke atas tepung tapioka (kering). Taburkan tepung tapioka ke seluruh permukaan adonan sampai tertutupi (tidak mengadonnya sampai kalis ya)
Cireng Kriuk - Step 4
Cireng Kriuk - Step 4
5
Bentuk cireng sesuai kebutuhan
Cireng Kriuk - Step 5
6
Panaskan minyak, kemudian goreng cireng. Jika bagian bawah telah kering maka balikan ke permukaan sebaliknya hingga matang dan garing.
Cireng Kriuk - Step 6
Cireng Kriuk - Step 6
Cireng Kriuk - Step 6
7
Angkat, tiriskan, lalu hidangkan cireng dengan bumbu rujak.
Cireng Kriuk - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Resep Pangsit Cireng Nasi

Resep Pangsit Cireng Nasi

Hai Bunda , Bunda sudah coba resep Pangsit Cireng Nasi yang rasanya enak sekali? Jika belum yuk eksekusi resep pangsit yang dikreasikan dengan cireng nasi berikut ini! Rasanya gurih dengan tekstur kenyal di dalam dan renyah khas kulit pangsit di luar, dijamin semua keluarga pasti doyan. Cara membuat Pangsit Cireng Nasi ini juga sangat praktis, lho pakai Kobe Tepung Bumbu Putih yang memiliki formula untuk mengenyalkan jadi mempermudah proses memasak camilan cireng ini. Punya kulit pangsit dan nasi sisa di rumah? Yuk coba resep camilan praktis yang lezat ini pas banget Nih untuk menu tahjilan puasa . Silakan Bunda.

10 porsi
25 menit
Cireng Tahu

Cireng Tahu

Buat yang punya stok tahu dan bingung mau dimasak apa, ini boleh dicoba deh ๐Ÿ‘ Tepiannya crunchy dan dalamnya empuk, tapi crunchynya nggak awet banget ya jadi paling oke dikonsumsi selagi hangat. Dicocol dengan sausnya so yummy ๐Ÿ˜ Source yackikuka #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalbar

Tahu Tempe Telur Gulung Saos Bakso

Tahu Tempe Telur Gulung Saos Bakso

Memeriahkan posbar spesial ramadhan Warna Warni Colam. Yuk dicobain resep simple untuk menu sahur. Tapi ini versi tidak pedas ya biar anakยฒ bisa makan. Kalau mau pedas tinggal tambah irisan cabe rawit dan saus cabe. #WarnaWarniColam #WarnaWarni_TelurTahuTempe #MasakSahurSimple #CookpadCommunity_Malang

3 orang
Resep Tahu Isi Nasi | Yubuchobap

Resep Tahu Isi Nasi | Yubuchobap

Resep ini sangat cocok di buat untuk bekal sekolah atau kerja karena sangat simple dan bahannya mudah didapatkan.

2 orang
30 menit
Bakwan ala Chef (Garing di luar, Lembut di dalam ๐Ÿ˜‹)

Bakwan ala Chef (Garing di luar, Lembut di dalam ๐Ÿ˜‹)

Ceritanya kmren lagi liatยฒ resep di yt, eh nemu resepnya chef Luvita Ho yg bikin bakwan level up krna ditambahi sama sosis kanzler. Nah berhubung gaada kanzler dsini.. kita pakai yg ada aja lah ya๐Ÿ˜

10-15 pcs
Donat Kentang Awet Empuknya

Donat Kentang Awet Empuknya

NOTE: Pemakaian air hangat untuk bahan biang tergantung dari tekstur kentang, jika kentang lembek maka air hangat dikurangi ya begitupun sebaliknya. Dan jika adonan terasa lembek bisa ditambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai tekstur adonan pas. Source mba @fitrisasmaya ๐Ÿ™๐Ÿฅฐ https://cookpad.com/id/r/5734307 #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Kue sus mudah

Kue sus mudah

Saya lihat dari youtube Lina Foody

Siomay Bandung ala Kang Siomay (Ide Frozen Food Ramadhan)

Siomay Bandung ala Kang Siomay (Ide Frozen Food Ramadhan)

Mau di gubuk undangan gedung apa di gerobak abang-abang pinggir jalan, siomay itu makanan #antigagal banget menurutku, jaraang nemu siomay yang gaenak.. karena anakku udh seminggu sakit dan ngidam jajanan yang gurih2, yaudah deh sengaja bikin ini di rumah. Ternyata enak banget lho๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Sekalian stok buat buka puasa di rumah nnti, taro freezer tinggal kukus kukus ajaa, lbh hemat minyak krn ga goreng2๐Ÿ˜ #PejuangGoldenBatikApron #Minggu11 #Pekan11 #FrozenFoodRamadhan UPDATE: Disimpen di freezer masih tahan selama seminggu. Bumbu kacangnya selama disimpan di kulkas dan ditutup pk plastic wrap jg aman sih 3-4 hari, asal ga jorok ngambilnya๐Ÿ˜ Kalau mau dimakan, bumbu kacangnya dikeluarin dulu taro suhu ruang kurleb 15 menit. Trs siomay frozennya dikukus lagi 10 menit๐Ÿค—

50+ pcs
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Jika punya sisa nasi yang tidak terpakai Jangan terburu untuk dibuang ya, bisa dijadikan makanan yang enak, gurih dan tentunya sehat. seperti resep dibawah ini, resep spesial dari @dapurkobe *cireng nasi Kobe". Selamat mencoba #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #CirengNasiKobe

Risol Mayo Roti Tawar

Risol Mayo Roti Tawar

Karena suami suka nyemil, ditambah di rumah ada roti tawar yg 3 hari lagi expired, auto punya ide buat cemilan dari roti tawar biar cepet habis rotinya. Yuk bun dicoba..

4 orang
15 menit
Resep Minggu ke-10 : MARTABAK MINI

Resep Minggu ke-10 : MARTABAK MINI

Punya kulit pangsit frozen entah sudah berapa lama. Padahal beli cuma sebungkus, sudah kepake untuk bikin siomay ayam sama pangsit isi pisang cokelat. Tapi masih banyaaaakkk. Kepikiran deh bikin martabak karena semalam goreng sosis buat cemilan anak bujang kok gak dihabisin, masih ada sisa beberapa potong. Ya sudah, makin mantab bikin martabak. Memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Ada 2 potong daging sapi juga. Sip deh. Yuk, gaskeun bestie. Lumayan untuk cemilan buka puasa. Padahal niat kurangin makan gorengan, tapi buka puasa tanpa gorengan sudah macam sayur tanpa garam. Eaaa....aaa ๐Ÿ˜€ #PejuangGoldenBatikApron

+- 20 potong
1 jam
Telur Gulung ala Korea

Telur Gulung ala Korea

Bismilah.. Siapa yang Ramadhan ini yg pernah telat bangun sahur padahal belom masak dr malem๐Ÿ™ˆ. Karena biasa buka gada yg makan nasi, jadi masak nasi pas mau tidur.. masak lauknya pas bangun jam 3. Alarm bunyi masi males2an malah pules lagi, hasilnya jam 4kurang baru bangun. Krn 25menitan lagi imsyak jd masak yg cepet, mau digorengin ayam ungkep stok pd minta telur goreng. Karena biar semangat sahurnya jadi deh dibikin fancy ala2 Gyeran Mari. Maem pake ini aja 3F udh seneng. Kebetulan kan telur tinggi protein, biar kuat puasa seharian... Inilah #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi6 #PejuangGoldenBatikApron #Batik_Mimi (week 11) #KopijosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta

Martabak Kulit Lumpia (Isi Tahu dan Pentol)

Martabak Kulit Lumpia (Isi Tahu dan Pentol)

Bikin cemilan untuk buka puasa yuk! Pilih yang mudah dibuat aja karena pas sore-sore udah agak lemes ya kaan... Salah satu pilihannya yaitu Martabak Tahu ini. Awalnya cuma cari resep berbahan tahu untuk dijadiin cemilan buka puasa. Tapi ga pingin yg ribet, pengennya campur,aduk rata, tinggal digoreng. Ga perlu ngeluarin kukusan atau oven. Pilah pilih ketemulah resep dari Mba @Hrjodie_94, simpel bangeet dan enaak. #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni

Kue Semprit Gluten Free

Kue Semprit Gluten Free

Anak pertama ku punya alergi berat dingin dan debu, jadi mau coba diet gluten free. Kue semprit ini dibuat atas request dia dan ku coba ganti terigu dengan tepung mocaf. Alhamdulillah rasanya enak dan tidak berbeda dengan kue semprit berbahan dasar terigu. ๐Ÿ˜Š

1 Toples 500g
Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Dulu waktu alm bapak masih sering bolak2 ke Semarang pasti pulangnya bawa oleh2 lumpia. Itu favorit banget. Sekarang mau beli juga susah dan kalau ada harganya sampai 20rb. Akhirnya Coba bikin berdasarkan rasa yg masih kuingat, sambil bismillah juga ๐Ÿ˜ #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang

Tahu Aci Kukus Sambal Kacang

Tahu Aci Kukus Sambal Kacang

Repost Resep Cooksnap Arisan teh @karlina_nurjanah ... Sekalian ini untuk menu berbuka puasa... Sesuai dengan tema#RamadanCamp_misi5 Di cocol dengan sambel kacang... Jadi makin nikmat... Alhamdulillah Dari resep asli .. ada bahan yg saya tambahkan jumlahnya... Agar isian Tahu nya jadi lebih banyak... Karna minyak lagi ganti harga... Ini menu pilihan untuk di santap karna tanpa menggunakan minyak utk menggoreng... Tapi cukup di Kukus.. #CookpadCommunity_Bandung #CookpadCommunity #Cookpad_id #PejuangGoldenBatikApron #BandungCooksnap5_KarlinaNurjanah #RamadanCamp_misi5 #CeritaDapurHariini #IdeMemasak #Pais_BukaPuasa #TahuAciKukus #SambelKacang

Ide Cemilan : Klepon Ubi Kuning

Ide Cemilan : Klepon Ubi Kuning

Punya sisa bahan Ubi + Kelapa parut enaknya dibuat apa ya ? ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” Cuss lah kita olah jadi Klepon Ubi Kuning. Utk isian pakai potongan gula merah ya. Jadi saat di Masukkan dlm mulut ada sensasi meletussss nya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #PejuangGoldenBatikApron #kleponUbi #kreasiubikuning

Bakwan panggang dengan tepung singkong

Bakwan panggang dengan tepung singkong

Yuk #masaktanpaminyak Saya membuat bakwan sayur panggang. Saya menggunakan tepung bakwan gluten free. Saya tambahkan parutan wortel, daun bawang sedikit irisan sosis , telur dan air. Kemudian saya panggang dengan cetakan kue lumpur. Rasanya tetap enak dan lembut. Resep ini ga ribet , ga perlu ngulek bumbu, karena tepung bakwannya sudah mengandung rempah dan bumbu. Bisa buat takjil ataupun pendamping lauk di meja makan. Semoga menginspirasi untuk #idemasak hari ini ya..

10pc
30 menit
Kue Pie Susu

Kue Pie Susu

Anak gadis kocil utulutul suka banget mamaknya masak ini kue.. Katanya.. Enak mama.. Wkwkwkkw ntah kenapa.. Kalo anak ngomong gitu rasanya makin semngat buat masaaak.. Ahhh yg penting kamu bahagiaaa nak Resep diadaptasi yaa.. Makasihmbaak https://cookpad.com/id/resep/6814917-kue-pie-susu Week 11

3 orang
60 menit