Sambal kacang untuk cilok/siomay

Dipos pada February 2, 2022

Sambal kacang untuk cilok/siomay

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal kacang untuk cilok/siomay yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal kacang untuk cilok/siomay yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal kacang untuk cilok/siomay, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal kacang untuk cilok/siomay enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal kacang untuk cilok/siomay sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal kacang untuk cilok/siomay memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Cocok untuk cocolan cilok atau siomay/otak" batagor. Awal bikin iseng karena mau bikin cilok tapi malah ujungnya bikin sambelnya 😂. Ini sambelnya dulu minggu depan siomaynya ya Source yt resep wina #pejuanggoldenbatikapron #cookpadcommunity_solo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal kacang untuk cilok/siomay:

  1. 3 genggam kacang tanah
  2. 2 sdm air asam jawa
  3. Secukupnya air
  4. Secukupnya garam,gula merah,penyedap rasa, kecap
  5. 4 lembar daun jeruk
  6. Bumbu halus
  7. 6 siung bawang merah
  8. 3 siung bawang putih
  9. 4 buah cabe rawit
  10. 5 buah cabe merah

Langkah-langkah untuk membuat Sambal kacang untuk cilok/siomay

1
Goreng bumbu sampai layu dan kacang sampai matang. Tiriskan tunggu dingin.
Sambal kacang untuk cilok/siomay - Step 1
Sambal kacang untuk cilok/siomay - Step 1
2
Blender kacang dan bumbu halus. Panaskan minyak, masak sebentar kemudian tambahkan air. Kemudian garam, gula jawa, air asam jawa,daun jeruk, penyedap rasa. Setelah agak menyusut tambahkan kecap manis
Sambal kacang untuk cilok/siomay - Step 2
Sambal kacang untuk cilok/siomay - Step 2
3
Koreksi rasa dan tunggu sampai keluar minyak. Dan siap buat cocolan siomay/ cilok..
Sambal kacang untuk cilok/siomay - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Janda Genit

Kue Janda Genit

Nama kue yang satu ini emang unik karena kuenya diselimuti tepung panir yang tebal seperti bedak. Nah... Kue yang terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung beras ini sangat cocok untuk dijadikan snack sambil minum teh saat berbuka puasa. Penasaran? Langsung coba bikin yuk! 🤗

500 gr
1 jam 30 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Rabu, 23 Maret 2022.....Kangen kampung halaman, sudah pasti kangen makanan khas nya ya. Nah cireng bumbu rujak salah satu yang saya kangeni. Namun kali ini, saya buat cirengnya dari nasi. Alhamdulillah ternyata enak, anak anak juga suka. Rasanya agak agak mirip uli/ulen kenyil kenyil ( kenyal). pokoknya mah enak deh👍 #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenBatikApron #resepserunipuspaindah

Bakso Tahu Khas Tegal | Bakso Aci Tahu

Bakso Tahu Khas Tegal | Bakso Aci Tahu

Bakso tahu untuk persediaan takjil, bisa di freeze. Hasilnya jumbo dan isiannya banyak, padet, sesuai deh sama selera keluarga di rumah. Sudah berkali-kali dibuat. Kalau kegedean tinggal potong jadi segitiga. Sebenarnya ini bakso aci, tapi saran teman yang asli dari Tegal isian acinya diisi tahu juga supaya ada tesksturnya. Jadilah bakso tahu Tegal aci ala-ala saya 😋🤭 tentu saja tetap endeus mantul 🤤 sekarang sih sudah ludes. Yuk mari dipraktekin. #PejuangGoldenBatikApron

20 buah
1 jam 20 menit
Kue Mangkok (Pakai Tape)

Kue Mangkok (Pakai Tape)

Ramadhan sebentar lagiiii..., Musim unggahan atau megengan klo didesaku ..untuk ganti kue apem jadul yg menurutku kering dan agak bantat jd ku bikin kue mangkok aja 🤭 Semoks mekrok cantik , bikin berselera banget makannya hihihi #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang #kuemangkokmekar

12 cup
Isian Pastel Goreng (Ayam Wortel)

Isian Pastel Goreng (Ayam Wortel)

Assalamu'alaikum... Cek stok frozen food udah bnyk yg berkurang 🤭 kita refill lagi ya.. Bikin yg gurih-gurih renyah enak.. apa itu...? Pastel goreng donk.. share resep isian pastelnya dlu ya, utk adonan kulitnya nanti menyusul. #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #mrsferdi2022 #mrsferdigoldenbatikapron #PekanPosbar #IdeMasak #RamadanCamp #mrsferdiidetakjil

Kue Dadar Gulung Mawar

Kue Dadar Gulung Mawar

Sudah lama ingin membuat kue berbentuk mawar ini tapi baru sempat saat puasa, mumpung tidak perlu menyiapkan menu makan siang. Untuk kelopak Mawar bisa dibuat menjadi 5 atau 6 kelopak sesuai selera. Kalau ingin tekstur kue dadar yang berpori besar bisa menggunakan api yang sedang cenderung besar dan loyang harus panas sekali. tetapi bila ingin menghasilkan pori yang kecil-kecil maka gunakan panas sedang dengan api kecil. Happy cooking ❤

18 porsi
Cireng Bumbu Rujak

Cireng Bumbu Rujak

#pejuanggoldenbatikapron Selamat berpuasa cookpaders Bisa nih buat cemilan pas buka, kriuk kriuk heem MasyaAllah 🌼🌼🌼

Resep donat kapas tanpa ulen

Resep donat kapas tanpa ulen

Donat ini tetep lembut sampai ke esokan harinya dan juga tidak berminyak

22 porsi
1 jam
Cimol Anti Meledak 🍡

Cimol Anti Meledak 🍡

11/52 Pertama kali buat cimol nie Alhamdulillah jadi dan gk meledak dong ahahaha 😅😅 Resep dapat dari youtube Yuk langsung ke resep 👇 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang

Bakwan bayam

Bakwan bayam

Cara membuat bakwan bayam simple dan cepat serta hemat untuk lauk keluarga

4 orang
45 menit
12. Lumpia Indomie

12. Lumpia Indomie

#PejuangGoldenBatikApron

Cilok ~

Cilok ~

Cilok adalah salah satu andalan saat kangen olahan aci yang mudah dan enak tentunya. Cilok bisa dimakan langsung, dengan tambahan saos kacang, saos cabe, mayonaise dll. Atau dikasih kuah dan tambah berbagai jenis keringan seperti cuanki lidah, pilus maka jadi baso aci dengan bubuk cabe dan jeruk nipis di kuahnya segarr, dijadikan pelengkap seblak pun tak kalah enak. Cilok bisa disimpan di kulkas biar awet, dikukus lagi saat mau dimakan. Ini resep cilok tipe lembut, tidak kenyal banget. Kalau mau yang lebih kenyal tinggal perbandingan aci nya diperbesar ya. #PejuangGoldenBatikApron

37 buah
Bakwan

Bakwan

Bakwan sayur ini garing ketika digigit. Kalo makan bakwan gini lebih enak dengan rawit hijau, dijamin mau mau lagi (sampai lupa udah masuk berapa potong bakwannya 😅). #olahanansayur#bakwansayur #kulinernusantara

Saus cocol untuk berbagai gorengan

Saus cocol untuk berbagai gorengan

#IdeMasak #RamadanCamp_Misi5

738.Madu Mongso Pandan (aneka kue lebaran)

738.Madu Mongso Pandan (aneka kue lebaran)

Cirikas suguhan daerah jawa timuran jika lebaran tiba yaitu Madu Mongso Butuh kesabaran tiap step pembuatannya.dari bikin tape hingga memasaknya jadi dodol dan pembungkusannya, karena butuh waktu lama dan kesabaran itulah...untuk jenis kue ini harganya lumayan dan hanya tersedia di hari lebaran saja. ( kecuali di toko oleh² ada ya ) *late post tabungan resep* Kue penghuni toples, suguhan lebaran bukan yg klasik. 😁🙏 Kreasi pawonku M12_GBA'22 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi7 #OlahanTapeKetan_MaduMongso #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity. Bismilah.

Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bismillahirrahmanirrahim Belum move on dari gorengan🤭 menu berbuka hari ini dengan bakwan sayuran, si gorengan sederhana yang melegenda, bedanya hanya terletak pada kombinasi sayurannya saja. Kali ini saya gunakan wortel, baby labu siam dan daun kucai s bagai kombinasi sayurannya sedangkan tepungnya saya mix tepung terigu dengan Kobe tepung tempe, sengaja gak pake tepung bakwan karena pingin tahu gimana hasil akhirnya. Dan ternyata alhamdulillah.... Kriuk dan gurih. #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_SumUt #MasakItuIndahDanIbadah