Cilok keju

Dipos pada February 1, 2022

Cilok keju

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok keju yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cilok keju yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilok keju, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok keju enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilok keju adalah 4 orang x 2 por. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilok keju diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok keju sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok keju memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep Cilok yang dulu dalamnya ada isinya, tetapi cilok kali ini simpel aja dengan resep dan bahan agak berbeda. Lebih empuk dengan ukuran kecil, tanpa isi. Keju sudah terangkum didalamnya, rasa lebih gurih. Lembut di mulut dan ringan dikunyah, karena terdiri tepung tapioka dan tepung maizena pkus telur ayam. Yuk disimak... #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Kalsel

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok keju:

  1. 450 gr tepung tapioka
  2. 90 gr tepung maizena
  3. 40 gr tepung bumbu putih (Kobe)
  4. 150 gr keju parut (cheddar)
  5. 1/2 sachet merica bubuk
  6. 40 gr fiber creme (santan bubuk)
  7. 1 sm kaldu rasa jamur
  8. 1,5 st saus tiram
  9. 1 butir telur ayam
  10. 5 batang daun bawang, iris
  11. 1 buah wortel, potong dadu lembut
  12. 3 buah sosis, iris kecil
  13. 100 ml (secukupnya) air matang, gunakan sedikit demi sedikit
  14. 1,5 liter air mendidih
  15. 3 sm minyak goreng
  16. Bumbu halus :
  17. 5 siung bawang putih
  18. 4 butir bawang merah
  19. 1 sm gula pasir
  20. 2/3 st garam

Langkah-langkah untuk membuat Cilok keju

1
Siapkan bahannya. Uleg bumbu halus dan iris sayuran dan sosis.
Cilok keju - Step 1
Cilok keju - Step 1
2
Masukkan bumbu halus dan telur ke dalam wadah adonan, kocok rata. Tambahkan merica, kaldu jamur dan fiber creme, aduk rata. Tambahkan tepung tapioka dan maizena, aduk rata.
Cilok keju - Step 2
Cilok keju - Step 2
Cilok keju - Step 2
3
Tambahkan sayuran, keju parut, dan sosis, aduk rata. Air matang sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk, jika lengket, tangan dapat diusap dengan minyak goreng.
Cilok keju - Step 3
Cilok keju - Step 3
Cilok keju - Step 3
4
Didihkan air, tambahkan sedikit minyak goreng agar cilok tidak lengket satu sama lainnya. Dengan api paling kecil, bulatkan adonan cilok dan langsung masuk ke air, demikian sampai cilok habis. Saya bertahap, secukupnya saja, sisanya simpan di kulkas. Jika menginginkan, rebus lagi sesuai keinginan.
Cilok keju - Step 4
Cilok keju - Step 4
5
Sajikan panas dengan taburan keju parut dan daun bawang. Cocolannya saus kacang atau saus sambal & tomat, bisa dilengkapi dengan acar. Empuk.... hmmm.
Cilok keju - Step 5
Cilok keju - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risoles roti tawar

Risoles roti tawar

Memanfaatkan sisa roti yg udh 3 hari g ada yg nyentuh sama sekali,, giliran di bikin beginian mah pada doyan🤭 alhmdulilah bisa buat tambahan menu tak'jil..

Lumpia isi pisang coklat

Lumpia isi pisang coklat

Lumpia pisang coklat ini bisa dijadikan selingan untuk menu berbuka puasa nih, mah 😁 #PejuangGoldenBatikApron

20 menit
Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

Salah satu menu gorengan praktis untuk berbuka puasa, ala martabak telur tapi menggunakan kulit lumpia. Edisi irit tapi tetap nikmat 😅😋 #pejuanggoldenbatikapron

Martabak

Martabak

Hayo siapa yang seneng sama jajanan satu ini? Mau di makan bareng acar atau cocol saus sambal rasanya enak. Apalagi dimakan bareng nasi kaya mamak dan anak mamak🤣🤣🤣🤣 jalan ninja ketika malas masak.. Tema takjil kali ini datangnya dari mbak @GriyaSyariKitchen . Semoga berkenan ya mbak 🥰🥰🥰🥰😚😚 #GA_TakjilRamadan #Semarak_GATakjilRamadan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_TanahBumbu #PejuangGoldenBatikApron #Weekly_10

KuCang (Kue Kacang)

KuCang (Kue Kacang)

Mendekati LEBARan nih gaaeess.. udh bikin cookies apa nih?? Bikin apa beli? Bikin doooongg... masa beli 🤭 Selama ada aplikasi cookpad, ga ada yang ga mungkin dibikin kaaaann.. semua bisa dan banyak pilihan. Punya stock kacang yang sudah di blend, jadiii deh bikin kucang kesukaan suamikk.. Dan ini ennaaaaakkkk bgt!!! Sumpah dah 🤭 Yuk marriii di recook zheyeennkk 😘😘

1.254 gram
120 menit
Risol Mayo Roti Tawar

Risol Mayo Roti Tawar

Cemilan simple yg cocok untuk takjil~

8 Pcs
60 menit
Pastel renyah

Pastel renyah

18 buah
Martabak Tempe

Martabak Tempe

Assalammu'alaikum wr.wb Ngemil yukk..!! Walau minyak mehong, telurpun ikutan ganti harga tapi gak bikin emak2 gentar ngedapur pokoke tetep singsingkan baju dahh demi orang tercintah 😅😅!! Tempe pun juga, sekarang mah bikinnya kecil2 atau dikurangi karna dikampung saya maunya harga tetep minta tempe seperti biasa, tentu gak bisa karna kedelainya juga mehong🤭(produksi tempe juga hrs bisa mengikuti pasaran agar bisa tetep berjalan) Walau serba mehong yuk kita bikin lauk skalian ngemil 🥰🥰 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya #Minggu9 #IdeMasak #GenkPejuangDapur

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Bismillahirrahmanirrahim Masih semangat uprek perdapuran, masih semangat jg puasanya dong....🙂 Menunya masih seputaran gorengan, entahlah... padahal harga minyak goreng makin menjulang tapi blm juga bisa move on dari si Krenyes Krenyes ini. Menu kali ini bisa jg dijadikan menu takjil lho... (Takjil berat ceritanya 😄) tapi tak apa karena memang para pasukan sukanya makanan yg gurih nan kriuk, apalagi bila disajikan hangat hangat, sdh makan 3 cireng pun msh kurang🤭😄 Yuk kita bikin, Bunda... Source: @DapurKobe #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #Horas_MiGomakTakjilRamadan #CookpadCommunity_SumUt #CeritaDapurHariIni #TepungKobe #CirengNasiKobe #kobetepungbumbuputih #DapurKobe #RecookSeruKobe #IdeMasak #MasakItuIndahDanIbadah

387. Kue Nona Manis (Santan Kara)

387. Kue Nona Manis (Santan Kara)

Bismillaah, Source : @BundaMelvySofia masih jd tim manis, biar tambah manis 💚... dimakan dingin dari kulkas rasanya enak, cmn tekstur jd lebih padet.. dimakan anget jg enak.. yg ga enak bagian nyuci perabotannya nih.. hihihi mager dot com #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi

25-30pcs
45-75menit
24. Bakwan Sayur (bala-bala)

24. Bakwan Sayur (bala-bala)

Kudapan asin yang kupilih untuk sharing resep kali ini, yaitu bakwan sayur alias bala-bala, bala (bhs sunda: berantakan). #PejuangGoldenBatikApron #Pekan-10 #RamadanCamp_misi5

4 orang
1 jam
Cireng isi ayam giling🥟

Cireng isi ayam giling🥟

Selamat siang,ikutan #MISIke-4 di Ramadan Camp dengan challenges #PekanPosbar_Frozenfood #BancakanOnline kali ini bikin cireng isi ayam giling,krn biasanya di bulan puasa menu wajib untuk takjil ngga afdol tanpa gorengan & minuman segar²,biar hemat waktu & tenaga bikin stok cireng isi untuk disimpan dlm freezer,spy adonan tdk rusak sebaiknya sblm disimpan digoreng dl 1/2 matang. #CookpadCommunity_Depok #SemangatMenyambutRamadan

Tahu aci Crispy

Tahu aci Crispy

Lagi kepengen banget makan ini , pas pula di kulkas ada sisa tahu kemarin. Langsung aja sikattt 😄 Yg mau coba bikin juga bisa ya cek resep aku. Gampang banget kok !

3 orang
25 menit
Donat empuk no mixer no telur

Donat empuk no mixer no telur

Lagi pengen makan donat dan paling suka makan donat yg masih hangat terus ditaburi gula bubuk yg dingin. Simple dan enakkkk...😋