Siomay Ala Abang-abang

Dipos pada February 1, 2022

Siomay Ala Abang-abang

Anda sedang mencari inspirasi resep Siomay Ala Abang-abang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Siomay Ala Abang-abang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Siomay Ala Abang-abang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Siomay Ala Abang-abang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay Ala Abang-abang adalah sekeluarga. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Siomay Ala Abang-abang diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay Ala Abang-abang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay Ala Abang-abang memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Yogyakarta, April 2022. Buka puasa hampir tiap hari pakai gorengan. Jadi cari-cari resep rebusan dan ketemulah dengan resep siomay ini. Rasanya yang gurih, pedas manis dari saosnya, lengkap deh pokoke. Semua kebutuhan gizinya juga terpenuhi. Ada karbonya, protein hewani dan nabati, juga sayurnya (walau minim banget 😅). Pokoke mantaplah buka puasa dengan sigurih ini. #RamadanCamp_misi5 #CeritaDapurHariIni #posbar #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #idemasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay Ala Abang-abang:

  1. Siomay :
  2. 250 gr daging ayam giling
  3. 175 gr tepung tapioka/sagu
  4. 80 gr tepung terigu
  5. 1 butir telur
  6. 1 batang daun bawang
  7. 1 sdm bawang goreng
  8. 2 siung bawang putih
  9. 1/2 buah labu siam (me: ukuran besar)
  10. 1 sdm bubuk udang/ kaldu bubuk(optional)
  11. secukupnya Garam
  12. secukupnya Lada
  13. Sambel kacang :
  14. 2 pack bumbu pecel siap pakai
  15. secukupnya Air panas
  16. Pelengkap :
  17. Kentang
  18. Kubis
  19. Kulit pangsit
  20. Tahu putih
  21. Telur tebus

Langkah-langkah untuk membuat Siomay Ala Abang-abang

1
🐾parut labu siam. 🐾blender daging ayam giling, labu siam, bubuk udang, telur, bawang putih dan bawang goreng hingga tercampur rata.
Siomay Ala Abang-abang - Step 1
Siomay Ala Abang-abang - Step 1
Siomay Ala Abang-abang - Step 1
2
🐾Jika sudah tercampur rata, pindahkan ke dalam wadah. 🐾Masukkan tepung terigu, tepung kanji, daun bawang dan garam. Aduk rata.
Siomay Ala Abang-abang - Step 2
Siomay Ala Abang-abang - Step 2
Siomay Ala Abang-abang - Step 2
3
🐾Setelah tercampur rata adonan siap di bentuk dengan menggunakan sendok. 🐾panaskan air dalam panci. Jika air sudah ada gelembung kecil dipinggirnya, masukkan adonan dan rebus hingga mengapung. Angkat dan masukkan dalam kukusan.
Siomay Ala Abang-abang - Step 3
Siomay Ala Abang-abang - Step 3
Siomay Ala Abang-abang - Step 3
4
Untuk membuat siomay tahu. Buat lobang pada tahu dan masukkan adonan. Kukus bersama siomay yang sudah direbus tadi dan bahan pelengkap lainnya.
Siomay Ala Abang-abang - Step 4
Siomay Ala Abang-abang - Step 4
Siomay Ala Abang-abang - Step 4
5
Bumbu kacang. Blender bumbu pecel jadi dengan air panas hingga halus. Kemudian masak hingga bumbu kacang mendidih dan mengental.
Siomay Ala Abang-abang - Step 5
Siomay Ala Abang-abang - Step 5
Siomay Ala Abang-abang - Step 5
6
Siomay siap disajikan bersama pelengkapnya dan sambal kacang.
Siomay Ala Abang-abang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus buatanku ini rasanya Ngejuuuu banget, hampir seperti cheese stick. Kue Telur Gabus ini bisa dijadikan sebagai salah satu kue lebaran, apalagi sudah blenger sama kue yg manis-manis, cocok deh. Bahannya sedikit dan cara membuatnya juga mudah sekali, yang gak punya oven, boleh banget bikin kue telur gabus ini buat isi toples 🤭 #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi7 #CocomtangPost_KuKer #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Tangerang

Martabak isi bihun+baso+ayam untuk berbuka puasa

Martabak isi bihun+baso+ayam untuk berbuka puasa

rasanya gimana gitu klo berbuka gaada gorengan, dan akhirnya buat ini, simpel, dan bahan" selalu stok dirumah. buat temen" yang ga suka ribet ini cocok ya buat kita, dan pastinya cocok dg yg suka lowbadget hehehe

4 orang
1 jam
Kue kering 🐛

Kue kering 🐛

35menit
Bakwan kimchi

Bakwan kimchi

Unik banget ya.. kimchi dibikin bakwan Bisa untuk alternatif bikin gorengan saat berbuka Cooksnap dari @EFC_639 https://cookpad.com/id/r/15968366 #CookpadCommunity_Tangerang

14 buah
25 menit
Bakwan Sayuran Kriuk Tahan Lama

Bakwan Sayuran Kriuk Tahan Lama

Afdhol dan Sunnahnya kalau berbuka itu dengan kurma atau air putih. Tapiii berhubung lidah kita Indonesia banget kayaknya gak afdhol banget kalau berbuka tanpa gorengan. Dan ini dia yg sering jadi gorengan wajib dikala berbuka sebelum makan besar, karena bikinnya bisa dari sayuran apa aja yg ada di kulkas 🤭 Menurut saya, suami dan anak sholeh bakwan kali ini rasanya pas banget asin dan gurihnya, kriuknya juga tahan lama loh, tadi gorengnya dari ashar tapi sampe isya masih kriuk. 😍 Nah kali ini saya mau berbagi tips biar bakwannya kriuk, diantaranya : 1. Beri sedikit campuran tepung beras 2. Pakailah Margarin/ mentega yg di cairkan 3. Gunakanlah air dingin atau es, konon katanya bikin bakwan jadi kriuk saat di goreng 4. Saat menggoreng gunakanlah minyak yg banyak 5. Goreng hingga 1 sisi mulai kokoh kekuningan baru di balik dan angkat bila 1 sisinya lagi sudah garing #Cookpadcommunity_semarang #Semangcookhokyahokye #PejuangGoldenBatikApron week 12

Kue angku/kue ku

Kue angku/kue ku

#PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bogor #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi6 Source: ibu Endah Ini resep bakulanku ,rasanya enak tidak alot lembut ,manisnya pun pas

Cilok keju

Cilok keju

Resep Cilok yang dulu dalamnya ada isinya, tetapi cilok kali ini simpel aja dengan resep dan bahan agak berbeda. Lebih empuk dengan ukuran kecil, tanpa isi. Keju sudah terangkum didalamnya, rasa lebih gurih. Lembut di mulut dan ringan dikunyah, karena terdiri tepung tapioka dan tepung maizena pkus telur ayam. Yuk disimak... #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Kalsel

4 orang x 2 por
1 jam
Bakwan Sayur Simpel (Tanpa Cetakan)

Bakwan Sayur Simpel (Tanpa Cetakan)

Memanfaatkan sayuran yg tersimpan di kulkas supaya ga mubazir. Dibumbui simpel dan digoreng tanpa drama lengket di centong sayur 😀😀

Resep donat kapas tanpa ulen

Resep donat kapas tanpa ulen

Donat ini tetep lembut sampai ke esokan harinya dan juga tidak berminyak

22 porsi
1 jam
920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

#Week10 Assalamualaikum sahabat dapur ... Alhamdulillah akhirnya kelar juga nulis resep ini, satu pekerjaan yang perlu ekstra energi untuk menyelesaikan proyek besar, hehehe 💪😄 Oiya, resep ini sebenarnya hanya modifikasi dari resep-resep saya yang sudah tayang sebelumnya. Hanya saya tambahkan kismis dalam sentuhan akhirnya. Hasilnya sudah tampak beda. Ok, selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang sedang menjalankannya, semoga Allah menjaga dan menerima puasa kita, aamiin 🤲💯🌹🥰 (2023-075). *** #ResepdeBloom #PejuangGoldenBatikApron #EmakNusantaraKreatif #CoodpadCommunity_Malang #RamadanCamp_Misi5 #KueKamir #KueKhamir

4 porsi
60 menit
Bakwan sayur

Bakwan sayur

Bakwan sayur itu dicocol sambel kacang nikmat banget Mak.. hehe Cuuuss bikin #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
25 menit
Risol Isi Sayur dan Telur

Risol Isi Sayur dan Telur

Kesukaan dirumah...tetep ya berbuka dengan gorengan.Porsinya aja yang gak sebanyak biasanya 😅😅 semenjak minyak mehong #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron

24 pcs
1 30 menit
Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bismillahirrahmanirrahim Belum move on dari gorengan🤭 menu berbuka hari ini dengan bakwan sayuran, si gorengan sederhana yang melegenda, bedanya hanya terletak pada kombinasi sayurannya saja. Kali ini saya gunakan wortel, baby labu siam dan daun kucai s bagai kombinasi sayurannya sedangkan tepungnya saya mix tepung terigu dengan Kobe tepung tempe, sengaja gak pake tepung bakwan karena pingin tahu gimana hasil akhirnya. Dan ternyata alhamdulillah.... Kriuk dan gurih. #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_SumUt #MasakItuIndahDanIbadah

Lumpia Bihun

Lumpia Bihun

Gorengan gorengan permisii numpang lewat 🤭😋 #PekanPosbar #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #IdeTakjilDariMamah #RamadanCamp_Misi5 #Semangcook_AsinManis #SemangcookHokyaHokye #CookpadCommunity_Semarang

10 pcs
Kue Kering Coklat Koin dan Mente Coklat (dari 1 adonan)

Kue Kering Coklat Koin dan Mente Coklat (dari 1 adonan)

Bismillah.. Tiba" ngidam ingin makan kue kering, tanya" di penjual kue rata" pada PO untuk lebaran, ya sudah buat sendiri saja. Lebih bersih dan lebih terjamin kan yaak...😁 Resep ini bisa jadi inspirasi untuk buat cookie lebaran tanpa ribet. Cukup bikin adonan sekali aja buat beberapa jenis kukernya yaa moom... Happy Cooking😉 #Kue kering lebaran #PejuangGoldenBatikApron