Donat Santan

Dipos pada February 5, 2022

Donat Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Santan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Santan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Santan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Santan adalah 14 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Santan memakai 10 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bikin donat ini request anak bungsu saya. Bikinnya juga dibantuin sama bocil. Karena kemaren ngaduknya ngga pakai mikser, jadi saya ngulenin manual selama 30 menit, ngga sampai kalis elastis, efek lagi puasa ngga mau cape 🀭. Cari resep donat yang belum pernah saya bikin dan disesuaikan sama bahan yang ada di rumah. Akhirnya pilihan jatuh pada donat santan, karena Alhamdulillah di rumah selalu ada santan 😊. Resep ini cooksnap dari resepnya mba @Agstnnrhsnh. Resep asli bisa klik linknya: https://cookpad.com/id/r/14480632 Ok, di bawah ini resepnya Selamat mencoba... #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_Bekasi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Santan:

  1. 250 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 1 sdt ragi instan
  4. 1 btr kuning telur
  5. 1 bks santan instan (65 ml)
  6. 80 ml air es
  7. 1 sdm margarin
  8. Sejumput garam
  9. Secukupnya minyak sayur untuk menggoreng
  10. Secukupnya meisis atau gula halus untuk topping (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Donat Santan

1
Siapkan bahan-bahan, timbang bahan sesuai takaran resep.
Donat Santan - Step 1
2
Dalam wadah campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan, aduk rata. Setelah itu masukkan kuning telur dan santan, uleni hingga rata.
Donat Santan - Step 2
Donat Santan - Step 2
3
Kemudian tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis. Lalu tambahkan margarin dan garam, uleni lagi hingga kalis elastis. Saya ulen manual selama 30 menit (tidak sampai kalis elastis). Karena adonan agak lengket jadi saya tambahkan sedikit tepung terigu.
Donat Santan - Step 3
Donat Santan - Step 3
4
Setelah itu bulatkan adonan. Diamkan selama 45 menit atau hingga mengembang 2x lipat. Tutup menggunakan serbet/kain.
Donat Santan - Step 4
5
Setelah mengembang 2x lipat, tinju/kempiskan adonan. Lalu potong-potong adonan menjadi beberapa bagian. Saya jadi 14 pcs @35 gr
Donat Santan - Step 5
Donat Santan - Step 5
Donat Santan - Step 5
6
Setelah itu bulatkan/rounding adonan lalu pipihkan dan lubangi. Tata di atas baking paper yang ditaburi tepung terigu tipis2. Istirahatkan lagi adonan donat selama 15 menit. Tutup menggunakan serbet atau plastik supaya tidak kering.
Donat Santan - Step 6
Donat Santan - Step 6
Donat Santan - Step 6
7
Setelah 15 menit panaskan minyak sayur. Lalu goreng donat hingga kuning kecoklatan. Balik hingga kedua sisinya matang. Sekali balik saja supaya tidak menyerap banyak minyak.
Donat Santan - Step 7
8
Setelah matang angkat dan tiriskan. Dinginkan terlebih dahulu baru diberi topping sesuai selera. Sajikan
Donat Santan - Step 8
Donat Santan - Step 8
Donat Santan - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Isi

Tahu Isi

Gorengan kesukaan suami yaitu tahu isi. Sebenarnya kalau aku buka puasa tanpa gorengan tidak masalah. Tapi untuk suami belum bisa. Berhubung harga gorengan naik, 10ribu cuma dapet sedikit, ya udah deh sekarang jadi sering bikin sendiri, selain lebih hemat dengan budget yang sama, gorengan yang dihasilkan pun lebih banyak 😁 #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_yogyakarta

Kue Lumpur Pisang Biskuit Telang

Kue Lumpur Pisang Biskuit Telang

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Kue lumpur....kue yg teksturnya mirip lumpur...lembut dan lumerπŸ˜„πŸ˜„ Tapi kue lumpur yg satu ini pun warnanya mirip lumpur... Wkwkwkk.... Kenapaaa...???karna ada campuran pisang dan telangnya.... Jadi mirip lumpur banget kan.... πŸ˜„πŸ˜„ Resep yang saya modif ndri.... Aromanya wangiii...dan enag pastiii... Yug coba bikin jugaπŸ₯°πŸ™ #RamadanCamp_misi5 #semangcook_Asinmanis #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_semarang #ceritaDapurHaariIni #pejuangGoldenBatikApron

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Memang sich minyak goreng msh langkah dan sekalinya ada di jual harganya itu mahal bangat, tapi gak menutup kemungkinan untuk berhenti makan gorengan😁. Daripada beli mending buat sendiri aja. Bahannya gak ribet di tambah dgn sayuran yg bny jd sambil makan gorengan dapat jg sayuran yg sehatπŸ˜πŸ€— #PejuangGoldenBatikApron #PGBA 11

5 org
45 menit
Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Ada sisa nasi tidak jadi masalah karena bisa diolah jadi camilan yg enak dan pasti disukai anak anak. Bikinnyapun mudah banget. Yoook cusss bikin πŸ˜€ Source : Dapur Kobe #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenBatikApron

Donut Pic

Donut Pic

di ramadhan ini kekalkan semangat mencuba. buat donut yang tak macam bulat umum dan berlubang di tengah. Kalau donut ni leper sikit, tengah tak berlubang, macam pic bentuk donut. kelakar, jom. cubalah. #PejuangGoldenBatikApron

5 orang
20 minit
Siomay Udang Frozen

Siomay Udang Frozen

Menu sederhana untuk sahur. Bikin frozen food ajah. #WarnaWarniColam #WarnaWarni_TelurTahuTempe #MasakSahurSimple #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi6 #CeritaDapurHariIni

1 keluarga
Martabak tahu

Martabak tahu

#idemasak #stayathome #sayanganak #makindisayangsuami #pejuanggoldenaproan #cookpadcomunity_sumut

Risoles roti tawar

Risoles roti tawar

Memanfaatkan sisa roti yg udh 3 hari g ada yg nyentuh sama sekali,, giliran di bikin beginian mah pada doyan🀭 alhmdulilah bisa buat tambahan menu tak'jil..

Bakwan daun selada, jagung makaroni

Bakwan daun selada, jagung makaroni

Kudapan satu ini berbahan dari apa yg ada dikulkas semua bahan adalah sisa dari jualan, kl dibuang nanti mubazir toh juga masih layak banget buat dikonsumsiπŸ˜‡πŸ˜‡, ada daun selada, jagung manis kukus, makaroni rebus,,, sayang banget kan kalo dibuang pamalik buang buang makanan, diluar sana saudara kita yg g seberuntung kita ada yg msh susah buat makan sehari hari. #PejuangGoldenBatikApron #MengolahSisaMakanan #IdeMasak #DibuangSayang

Kue Pie Susu

Kue Pie Susu

Anak gadis kocil utulutul suka banget mamaknya masak ini kue.. Katanya.. Enak mama.. Wkwkwkkw ntah kenapa.. Kalo anak ngomong gitu rasanya makin semngat buat masaaak.. Ahhh yg penting kamu bahagiaaa nak Resep diadaptasi yaa.. Makasihmbaak https://cookpad.com/id/resep/6814917-kue-pie-susu Week 11

3 orang
60 menit
Pastel Bihun

Pastel Bihun

Rabu, 23 maret 2022 (week 8) Bismilah Masih untuk #OlahanBihunWongKito Kali ini liat resep mba @anda_rani , buat 1/2 Resep .. Resep Asli : https://cookpad.com/id/r/15809062 Untuk Sarapan pagi kemarin ❀ untuk banyaknya isian tergantung selera & diameter kulit ya moms. Hasilnya enak πŸ‘ kulitnya lembut.. dicoba ya moms πŸ€— #WongKitGalo #ResepWongKito #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_palembang #Cookpadcommunity_id #berbagiinspirasi #IdeMasak #FoodWaste udang #masakitusaya #cookpadindonesia #Temansetiapmomen #stayathome #dirumahaja #kedapuraja

16 bh
Donat Kentang Empuk

Donat Kentang Empuk

Asal dari resep bu guru cooking anak2 waktu praktek cooking class. πŸ₯°

Telur Gulung Sosis

Telur Gulung Sosis

Pagi….pingin sarapan telur tapi bukan sekedar telur goreng tapi saya akan bikin ditambahin bagan yang lain,kebetulan liat di kulkas masih ada sisa 3 sosis sapi yang dikombinasi dengan tepung gluten free, langsung deh kueksekusi menjadi hidangan yang simple tapi enakπŸ‘Œ Telur Gulung Sosis By : @divaerlinda_02012001 #telurgulungsosis #olahantelur #RamadanCamp_Misi6 #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #cookpad_id #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_borneo

Vietnam spring roll

Vietnam spring roll

Dulu makan di pinggir jalan buat bfast Karena sudah di indo Buat sendiri rasanya juga oke Saya kasi bonus saus simple ala viet ya πŸ₯°

1-2 orang
30 menit
Risol Mayo Roti Tawar

Risol Mayo Roti Tawar

Cemilan simple yg cocok untuk takjil~

8 Pcs
60 menit
Kue Semprit Gluten Free

Kue Semprit Gluten Free

Anak pertama ku punya alergi berat dingin dan debu, jadi mau coba diet gluten free. Kue semprit ini dibuat atas request dia dan ku coba ganti terigu dengan tepung mocaf. Alhamdulillah rasanya enak dan tidak berbeda dengan kue semprit berbahan dasar terigu. 😊

1 Toples 500g
540) Wajik Bihun

540) Wajik Bihun

Bosan kan bihun digoreng atau direbus aja. Cari deh ide di Cookpad, tinggal ketik nama bahan yg kita mau olah saja, muncul deh aneka resep berbahan bihun 😁. Kali ini bihunnya saya jadikan wajik saja. Pakai resep dari @dapoermbakyul_90 yg simple banget. Bisa jadi menu buka puasa lho. Manis gurih, enaklah pokoknya πŸ‘πŸ˜‹. Bikinnya gak sulit kok. Saya pakai pewarna saja ya. Tapi maafkan pembagian yg tidak adil, jadinya yg lapisan putih lebih dikit πŸ˜‚. Bihunnya saya pakai bihun jagung ya tapi pakai bihun biasa juga bisa kok. Yuk, dicobain teman-teman πŸ˜‰. (08/04/2022) https://cookpad.com/id/r/5140016 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CocomtangPost_IniTakjilKu #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #Minggu-10/04-10Apr22 #IdeMasak

8 cup
35 menit
Otak2 bites

Otak2 bites

#IdeMasak

Gorengan dari tepung beras

Gorengan dari tepung beras

bikin cemilan murah meriah moms😍 #IdeMasak