Risol Bihun

Dipos pada February 10, 2022

Risol Bihun

Anda sedang mencari inspirasi resep Risol Bihun yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Risol Bihun yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Risol Bihun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Risol Bihun enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Risol Bihun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Risol Bihun memakai 17 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kudapan asin untuk misi kelima Ramadan camp. Gorengan yang di sukai banyak orang baik muda maupun tua. Paling lengkap jika di makan dengan sambal kacang. Dulu bikin kulit risol sering gagal banyak yang sobek, pernah berhasil tapi gak di catat resepnya 😭 alhamdulilah setelah bergabung dengan Cookpad Premium bikin apa saja jadi mudah, karena semua resepnya telah teruji . Gagal, sudah menjadi cerita 😁😁. Resep asli mengunakan sambal kacang. Untuk resep ini saya tidak memakai sambal kacang. Source : Devina Marcia. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi5

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Risol Bihun:

  1. Bahan kulit
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 2 Sdm tepung tapioka
  4. 1/4 sdt garam
  5. 600 ml air matang
  6. Susu bubuk Dancow
  7. Isian
  8. 1 keping bihun
  9. 1 buah wortel
  10. 1 batang daun bawang
  11. 3/4 bawang bombai
  12. 4 siung bawang putih
  13. 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1/4 sdt gula pasir
  16. 1/2 bungkus lada Hitam bubuk
  17. Minyak goreng untuk menumis bumbu, dan menggoreng risol

Langkah-langkah untuk membuat Risol Bihun

1
Siapkan wadah masukkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, susu bubuk Dancow, minyak goreng dan air,
Risol Bihun - Step 1
Risol Bihun - Step 1
Risol Bihun - Step 1
2
Aduk hingga tercampur rata. Tuang ke dalam teflon buat dadar tipis-tipis, lakukan hingga semua adonan habis.
Risol Bihun - Step 2
Risol Bihun - Step 2
Risol Bihun - Step 2
3
Masak bihun hingga matang, tiriskan, potong tipis wortel menggunakan serutan sayuran, potong tipis daun bawang
Risol Bihun - Step 3
Risol Bihun - Step 3
Risol Bihun - Step 3
4
Potong tipis bawang putih dan bawang bombai, kemudian masukkan ke dalam teflon lalu tumis bawang hingga harum.
Risol Bihun - Step 4
Risol Bihun - Step 4
5
Masukkan bihun, wortel, daun bawang, saos tiram, garam, kaldu ayam bubuk, gula pasir, lada bubuk. Masak hingga matang
Risol Bihun - Step 5
Risol Bihun - Step 5
Risol Bihun - Step 5
6
Siapkan dadar, letak kan isian risol di atas nya, lipat bagian bawah kiri dan kanannya.
Risol Bihun - Step 6
Risol Bihun - Step 6
Risol Bihun - Step 6
7
Lalu gulung, beri sedikit adonan di kulitnya agar kulit tidak lepas ketika menggoreng nanti. lakukan hingga semua adonan habis
Risol Bihun - Step 7
Risol Bihun - Step 7
Risol Bihun - Step 7
8
Siapkan wajan, masukkan minyak goreng panaskan. Masukkan risol goreng hingga warnanya berubah kuning kecoklatan, kemudian angkat, tiriskan minyak nya
Risol Bihun - Step 8
Risol Bihun - Step 8
9
Risol Bihun sudah siap untuk di nikmati
Risol Bihun - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risoles/lumpiaπŸ˜‡

Risoles/lumpiaπŸ˜‡

Sebenernya sih hanya iseng,ya ada bahan bikin aja dah buat cemilan dimusim hujan

3-4orang/lebih
40menit
Bala-Bala (Bakwan Sayur) Renyah

Bala-Bala (Bakwan Sayur) Renyah

Bismillah.. Ramadhan telah tiba.. alhamdulillah Cung..siapa yang kalau buka puasa harus dengan yang asin2 ? Tim asin mana suaranyaaa.. 😁 Saya salah satu orang yang kalau buka puasa harus pake gorengan. Walaupun sekarang minyak mahal tapi tetep bala-bala mah harus selalu ada. Dimakan pake cabe rawit hijau atau bumbu kacang makin enak. Kepingin banget bikin bala-bala yang renyah ga cepat melempem. Cari-cari resep nya di Cookpad akhirnya ketemu lah dgn resep nya mbak Shirley Wijaya. Dan setelah dicoba alhamdulillah renyah.. Suka banget πŸ’ž Coba yuk bun.. #PejuangGoldenBatikApron #week10 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Punya nasi sisa..? Jangan dibuang ya moms.. bisa dimakan loh. Selain bikin nasi goreng kita coba buaat lagi yang lain yuuk. Ini #IdeMasak ku hari ini.. nasinyaa kita buat Cemilan aja.. dibuaat Cireng Nasi.. terus dicocolin sambal rujaak.. dududu serius enaak moms.. buatnyaa juga mudah loh cuma beberapa bahan. Yuks intip resepnyaa Source : @dapurkobe #PejuangGoldenBatikApron #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Malang #CirengNasiKobe

30 menit
93. Gehu Pedas

93. Gehu Pedas

Biasanya kalau buka puasa, takjilnya cukup dengan teh manis anget dan kurma. Tapi gorengan juga wajib ada. Duh susah pisan lepas dari gorengan yang gurih2. πŸ™ˆ Kemarin request dari pak suami pengen dibikinin gehu pedas. Beberapa kali pernah bikin tapi masih belum dapet rasa yang pas. Akhirnya cari2 resep lagi di cookpad. Ketemulah sama resep dari Mba @agnes_emilia yang bikin auto ngiler. Langsung recook deh.. Alhamdulillah kali ini mantapp rasanya πŸ‘πŸ‘ Ada beberapa yang aku tambahin, sesuai selera. Resep asli bisa dilihat disini ya : https://cookpad.com/id/r/15988857 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #MingguKe10 #CocomtangPost_IniTakjilku #CookpadCommunity_Tangerang

Camilan enak ubi kriuk

Camilan enak ubi kriuk

Cocok utk camilan anak dan keluarga.

1-2 porsi
30 menit
Kue kering bawang goreng

Kue kering bawang goreng

Pertama kali nyoba dikasi tetangga. Enak gurih renyah. Penasaran resepnya dikasi juga tapi saat eksekusi hasilnya tidak sesuai harapan. Ujung2nya browsing sana sini utak atik resep....dan Taraaaa!! akhirnya dapet resep sesuai selera.

Donat Ubi Kuning

Donat Ubi Kuning

Dapat pencerahan abis nonton masak tv edisi donat ungu akhirnya aku bikin juga. Cuma bedanya pakai ubi kuning karena itu yang ada di kulkas. Hasilnya juga banyak banget bisa buat stok camilan dirumah. Source YouTube Masak Tv #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID

Cireng nasi

Cireng nasi

Nasi di bikin cireng enak bangeeet lohh simak yaa #PejuangGoldenBatikApron #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_kalsel

Cireng Nasi Kobe Bumbu Pecel

Cireng Nasi Kobe Bumbu Pecel

Source: @dapurkobe Modified by: Corrie Permadi Camilan darurat cepat dan hemat kali ini dipersembahkan dari @dapurkobe Selain mengenyangkan, membuatnya pun praktis dan cepat. Mengurangi food waste karena bisa menggunakan nasi sisa untuk bahan dasarnya. Berikut resepnya saya share ya... #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Tangerang #CirengNasiKobe #PejuangGoldenBatikApron #CorriePermadi #Cookadoodledo #CookingTresnoJalaranSokoKuliner

4 orang
30 menit
Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Bismillaah Meski bulan puasa yang namanya anak-anak kalau udah masuk buka puasa pasti penginnya jajan/ngemil2. Jadilah emak coba buatkan salah satu jajanan kesukaannya. Ternyata buatnya pun ga terlalu ribet & resep cimol ini beneran anti meledak. Awalnya udah was-was aja takut pas goreng meledak-ledak. Alhamdulillah aman, tanpa drama. Sumber : Nony Queeny #IdeMasak #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Bakwan sayur

Bakwan sayur

Tekstur dari bakwan ini, renyah diluar lembut di dalam. Dsini aku banyakin sayurnya, untuk sayur sesuai selera ya! bisa pake wortel, tauge, kol, jagung dll

Donat mini eggless 1x proofing

Donat mini eggless 1x proofing

Bismillah... Manfaatin stok terigu dan fermipan yang tinggal sak'uprit jadilah donat mini eggless ini lumayan buat takjil iftar 😊 #AnekaDonatBundaMelvy #RamadanCamp_Misi5 #Takjil #Kudapan #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke10 #IdeMasak #IdeMasakSetiapHari

11 buah
Cottage Pie/ Shepherd's Pie (Pastel Tutup)

Cottage Pie/ Shepherd's Pie (Pastel Tutup)

Minggu ke 8 #PejuangGoldenBatikApron Bismillaahirrahmaanirrahiim.. Di kulkas ada sisa daging sapi, gak nyampe 100 gr dan bingung dikreasikan untuk apa. Terus kebetulan juga beberapa waktu lalu abis bikin bolognese sauce buat lasagna dan masih ada sisa saus delmonte. Jadilah kepikiran untuk bikin cottage pie ini memanfaatkan bahan yang sudah ada. Karena bahan2nya emang sisa2, jadi hasilnya juga gak banyak2 banget, gak sampai 1 loyang full πŸ˜… Tapi gak masalah ya, daripada jajan di luar yang kita gak bisa jamin kehigienisannya, lebih baik masak sendiri 😊

Cireng Isi Sosis Pedas

Cireng Isi Sosis Pedas

#PejuangGoldenBatikApron #bukanmenudiet #camilan #RamadhanCamp_Misi4 #CeritaDapurHariIni #FrozenFood #CookpadCommunityBandung Hai bunda, sedikit cerita. Anak-anak dan suamiku senang sekali dengan cireng isi buatanku. Mereka sampai rebutan saat memakannya. Senang bisa membahagiakan orang tersayang walaupun dengan hal sederhana. Apalagi, resep cireng ini bisa aku simpan didalam lemari es yang kapan saja bisa aku goreng. Mudah dan simple sekali bukan.

4 - 5 orang
1 jam
Kue kering bawang

Kue kering bawang

Mau bikin makanan buat lebaran, yg gurih2 tapi ga digoreng, jadilah kue kering asin ini 🀭

Kue Bawang Khas Minang

Kue Bawang Khas Minang

Kue bawang legendaris ini rapuh dan enak sekali boleh dikatakan ini kue jadul ya, dlu sewaktu sy masih kecil alm nenek sering banget bikin kue bawang ini, dan setiap lebaran wajib ada di toples kami. Alhamdulillah ketemu resep hampir sama seperti yg di buat alm nenek, akhirnya berkat resep ini lepas sejenak kerinduan ku sm masakan nenek. πŸ’• Ini sangat cocok ya pengisi toples untuk lebaran nanti 😍😍 Trik nya biar rapuh - cukup memakai kuning telur saja - pakai mentega biar adonan gampang kalis - pas menggoreng jangan lupa masukan 1 sdm mentega kedalam minyak biar adonan rapuh - saat menggoreng hrs sering di cek ya biar ga coklat duluan diluar sdgkn di dalam msih putih. Sebaiknya aduk nya pelan saja biar kue bawang nya ga hancur. Trimakasih mba @chikahaznifah resep nya dan tips nya. Beneran anti gagal 😍😘 Source : @chikahaznifah #Maminang_CemilanMinang #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak

Siomay Mentok 10.9

Siomay Mentok 10.9

Inspirasi resep ini berasal dari sebuah tempat makan (mie kob*r) yg punya siomay dengan rasa endul bgt, jd penasaran resepnya dan ngira2 komposisinya,and taraaa here it is.. Siomay Mentok 10.9 ✨

5 orang
1 jam
Ide Cemilan : Klepon Ubi Kuning

Ide Cemilan : Klepon Ubi Kuning

Punya sisa bahan Ubi + Kelapa parut enaknya dibuat apa ya ? πŸ€”πŸ€”πŸ€” Cuss lah kita olah jadi Klepon Ubi Kuning. Utk isian pakai potongan gula merah ya. Jadi saat di Masukkan dlm mulut ada sensasi meletussss nya 😁😁😁 #PejuangGoldenBatikApron #kleponUbi #kreasiubikuning

920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

920. Kue Kamir / Khamir Pisang Kismis Tanpa Mikser

#Week10 Assalamualaikum sahabat dapur ... Alhamdulillah akhirnya kelar juga nulis resep ini, satu pekerjaan yang perlu ekstra energi untuk menyelesaikan proyek besar, hehehe πŸ’ͺπŸ˜„ Oiya, resep ini sebenarnya hanya modifikasi dari resep-resep saya yang sudah tayang sebelumnya. Hanya saya tambahkan kismis dalam sentuhan akhirnya. Hasilnya sudah tampak beda. Ok, selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang sedang menjalankannya, semoga Allah menjaga dan menerima puasa kita, aamiin πŸ€²πŸ’―πŸŒΉπŸ₯° (2023-075). *** #ResepdeBloom #PejuangGoldenBatikApron #EmakNusantaraKreatif #CoodpadCommunity_Malang #RamadanCamp_Misi5 #KueKamir #KueKhamir

4 porsi
60 menit
Martabak manis anti gagal

Martabak manis anti gagal

Assalamu'alaikum semuaaa Setelah sekian lama baru bisa upload lagi nih,dan di resep kali ini aku mau bikin cemilan yang simple dan pastinya enak.. Yang pengen ngemil tapi ga pengen ribet dan pengen hemat budget yuk bikin ini sekarang πŸ’¨πŸ˜‰ Wassalamu'alaikum #PejuangGoldenBatikApron #mingguke8 #ResepAnakKost #ResepAntiRibet #ResepMudahDanMurah #Cookpad_ID #Cookpad_Indonesia