Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll)

Dipos pada February 7, 2022

Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) adalah sekeluarga. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) memakai 16 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bumbu kacang ini cocok untuk teman makan lontong, atau gorengan bakwan (ote2), biasa kalau di Jakarta, buka puasa pakai gorengan dan lontong, bumbu kacang, pasti laris manis. O ya... Selera pedas dan manisnya bumbu kacang ini disesuaikan dengan kebiasaan/kesukaan keluarga masing2 ya... Source: Andin's kitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll):

  1. 250 gr kacang tanah, digoreng, sisihkan
  2. 250 ml air utk memblender
  3. Bumbu diblender:
  4. 4 siung bawang putih, potong2
  5. 15 bh cabe keriting, potong2
  6. 10 bh cabe rawit merah, potong2
  7. 1 sdt ketumbar bubuk
  8. Sedikit minyak sayur utk memblender
  9. Bumbu lainnya:
  10. 1 lembar daun salam
  11. 80 gr gula merah, disisir
  12. 600 ml air utk merebus bumbu
  13. 2 sdt garam
  14. 5 sdm gula pasir
  15. Secukupnya Kecap manis
  16. 1 sdm cuka kualitas bagus (dixi)

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll)

1
Kacang tanah yang sudah digoreng, dihaluskan/diblender dengan air, sisihkan - bawang putih, cabe, ketumbar, diblender dgn sedikit minyak sampai halus - tumis bumbu halus dgn sedikit minyak, masukkan daun salam
Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) - Step 1
2
Setelah harum, masukkan airnya, kemudian masukkan kacang tanah blender tadi, aduk, beri bumbu2 garam, gula merah, gula pasir, kecap manis, masak sampai mendidih. Terakhir ketika akan diangkat, beri cuka, koreksi rasa, angkat, hidangkan sebagai pelengkap makan lontong atau gorengan bakwan/ote2 Jika tidak kuat pedas, kurangi jumlah cabe atau tidak perlu pakai cabenya. Untuk Lontong/arem2
Bumbu Kacang (untuk lontong/arem2, bakwan/Ote2, dll) - Step 2

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok keju

Cilok keju

Resep Cilok yang dulu dalamnya ada isinya, tetapi cilok kali ini simpel aja dengan resep dan bahan agak berbeda. Lebih empuk dengan ukuran kecil, tanpa isi. Keju sudah terangkum didalamnya, rasa lebih gurih. Lembut di mulut dan ringan dikunyah, karena terdiri tepung tapioka dan tepung maizena pkus telur ayam. Yuk disimak... #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Kalsel

4 orang x 2 por
1 jam
Camilan enak ubi kriuk

Camilan enak ubi kriuk

Cocok utk camilan anak dan keluarga.

1-2 porsi
30 menit
Pastel kentang tutup

Pastel kentang tutup

#pejuanggoldenbatikapron

Kue ulat warna_warni

Kue ulat warna_warni

20-25 menit
Molring (cimol kering)

Molring (cimol kering)

Buat isian toples nih bun lumayan 😁dari pada beli skarang serba mahall karna harga minyak dan bahan mahall pula Happy cooking🥰

Pastel ekonomis

Pastel ekonomis

Bisa untuk jualan

5 porsi
1 jam lebih
Otak-Otak Rebon Frozen

Otak-Otak Rebon Frozen

Punya stok rebon agak banyak, bingung mau diapain, dibikin otak² enak kali yaa? Sekalian dibikin frozen buat stok cemilan saat Ramadhan #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApronMinggu10 #CeritaDapurHariIni #BandungCookpadCommunity #CookpadCommunityBandung

Martabak tahu kulit lunpia

Martabak tahu kulit lunpia

Punya telur bebek dikasih tetangga bingung mau dibuat apa. Mau buat martabak ala abang abang kok belum mahir yaudah buat martabak tahu pake kulit lunpia aja. Cocok buat camilan buka puasa

2 porsi
20 menit
#86 Tahu Walik Aci

#86 Tahu Walik Aci

Huuu...Tahuuu.... Olahan tahu lagi ini, Moms... Keinget tahu aci khas Tegal tp pengen bikin yg luarnya kriuk-kriuk... Bikin TAHU WALIK ACI aja 😉 #PejuangGoldenBatikApron #tahuaci #tahuwalik #olahantahu #gorengan

5 orang
30 menit
Kulit Lumpia Goreng

Kulit Lumpia Goreng

Punya 3 anak, masing2 dapet 1 toples kecil 😁 Mayanlah cemilan murmer.. #CookpdCommunity_Bandung

Cireng Nasi (Bumbu Rujak)

Cireng Nasi (Bumbu Rujak)

Ada sisa nasi semalam bingung mau diapain? Daripada bosen dibikin nasi goreng terus tiap pagi 😄 Yuk moms cobain bikin cireng nasi 😍 Ternyata ngga kalah enak loh sama cireng-cireng aci biasanya 🤗 Ngga alot, tetep lembut di dalam 👌 Ini nih cara baru nikmatin nasi sisa jadi cemilan istimewa 🤗🤗 #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Malang #CookpadCommunity_Surabaya

Red Velvet Donut

Red Velvet Donut

Source:ellenka yt.ramadan ya Ramadan melengkapi misi ke 5 dari mamah cookpad di Ramadan camp.saya bikin yang manis manis kaya mamah cookpad🥰saya bikin donut panggang ya tapi saya pake cetakan chiffon mini karena ga punya cetakan donat🤭Alhamdulillah berbuka dengan yang manis dulu membuat hari hari semakin manis eeeaaaa...😅semangat semangat 💪🥰 yuk ini resep yang saya pakai #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #Pais_BukaPuasa #Cookpadcommunity_Bandung #cookpadindonesia #donut #Redvelvetdonut #anekadonut

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Menjawab pertanyaan mamah cookpad tentang kuker yang tidak biasa. Terpesona dan terinspirasi dengan bentuk yg unyu di IG Ayoe_windya83. Akhirnya saat gabut bebikin ini..untung cuma bikin separuh resep... capeeekkk njelimettt euuyyyy 😭😭 Walau sudah dibantu kk Viola... mana di doi protes... 👧 : maa..kog cm bikin dikit sih... nanggung maah... mana enak ini... pantesan yaa.. klo bikin kuker versi karakter pasti hrg nya mahal.. 👩 : Yeeee... kmu mah cm bantu beberapa biji... mama yg ngerjain smua nya 🥴🙃🙃 Pengen nya bikin bentuk 🦔🦔 tp ntah itu bentuk absurb... antara kaya tikus tp matanya kog melotot 🤣🤣.. mana ada yg mbleber coklatnya belang blonteng.. sesuatuuu bingittt pokok nya... Tp seru aja sih...walau ngga ikut lebaran... tp ingin bisa merasakan suasana lebaran dirmh ajah... Resep asli bisa di cek di : https://cookpad.com/id/r/16148729 #RamadanCamp_Misi7 #timloKuker_coryrahmaniah #cookpadcommunity_Solo #PejuangGoldenBatikApron #kukerlandak #masakalaWanda #mingguke12

Isian lumpia

Isian lumpia

Biasanya aku bikin isian kulit lumpia itu dibuat kaya martabak tapi karna keseringan jadi bosen dan cari cari isian lain di YouTube danketemu resep ini. Happy cooking 🥰

Bala² Sayuran (Bakwan)

Bala² Sayuran (Bakwan)

Bismillah.. Ikut meramaikan GoDa Paders in Ramadhan. Tema kali ini Menu Meal Preparation di bulan Ramadhan. . Aku bikin bala² sayuran simpel saja, bisa dijadikan stok untuk sahur sekalian, simpan dikulkas bawah saja, nanti sahur tinggal goreng ..😋👍 . #GoDaInRamSay_1 #GodaPaders_2022 #GodaRamadhan #komunitaspaders #cookpadindonesia #liyanifyhomemade

Lumpia Telur Mayo

Lumpia Telur Mayo

Assalamualaikum,, Haiii mommy² kesayanganku👋 hari ini aku buat kreasi gorengan yang enak banget di makan pas buka puasa,, bisa dijadiin stok di kulkas juga😉,, yuk langsung aja kita buat, selamat mencoba dan jangan lupa kirim recooknya ya hehehe🥰🥰 #IdeMasak

30 pcs lumpia
35 menit
Fluffy Donut

Fluffy Donut

Tiap bikin donat biasanya aku pakai kentang. Nah tapi kemaren ini, aku nonton resep video donat yang tanpa kentang hasilnya keliatanya Oke banget. Teksturnya bisa ringan & empuk, kaya J*O punya. Akhirnya karena penasaran, aku coba bikin. Eeh kok malah ketagihan, seenak itu ternyata. Jadi deh ini kali kedua aku bikin. Source: Tasyi Athasyia (dg modifikasi) #PejuangGoldenBatikApron

Avocado Smoothies (Snack MPASI >1 y.o)

Avocado Smoothies (Snack MPASI >1 y.o)

Biar nyemil buahnya nggak hanya buah. Bisa dapet kalsium dan tambahan kalori. Ini untuk anak usia di atas 1 tahun ya.

1 anak
Donat Kentang Dengan Kentang Bubuk

Donat Kentang Dengan Kentang Bubuk

Ceritanya lagi main kerumah mama, kebetulan liat ada Kentang Bubuk dilemari dapur. Jadilah nguprek2 dapur dengan ilmu seadanya, alhamdulillah jadinya empuk bangett. Tahan 2-3 hari jg masih lembut, asal disimpan di wadah kedap udara/yg penting ketutup rapat yaa. Jadi yang mau makan donat kentang tapi gak mau ribet kukus kentang, boleh banget nih dicoba. Yuk lahh dicoba ☺☺

Sotong Temannya Tahu Bulat (Dijamin Empuk)

Sotong Temannya Tahu Bulat (Dijamin Empuk)

"Ramadhan hadir untuk merangkulmu dalam keberkahan. Nikmatilah Ramadhan selagi masih memiliki kesempatan" -Self Reminder- Source: @olive1994 #CamilanIhda #KopijosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah