Donat klepon

Dipos pada February 1, 2022

Donat klepon

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat klepon yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat klepon yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat klepon, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat klepon enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat klepon adalah ±22 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat klepon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat klepon memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah...meramaikan semarak clover minggu ini spesial GA tema aneka takjil dari mba triana @GriyaSyariKitchen saya kasih donat klepon nih mba😃semoga berkenan mba tri dan mbakmin semua...semoga kita selalu sehat dan semangat🤲 Wah enak yah buka puasa dengan yang menul²😃yuk temen² acara ngabuburit nanti sore bikin donat klepon🥰 #GA_TakjilRamadan #Semarak_GATakjilRamadan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat klepon:

  1. 400 gram tepung terigu pro tinggi
  2. 2 sdt ragi instant
  3. 50 gram gula pasir
  4. 20 gram susu bubuk
  5. 1 butir telur
  6. 50 gram margarin
  7. 1/2 sdt garam
  8. 100 ml air
  9. 1/2 sdt pasta pandan
  10. 65 ml santan instant
  11. 2 keping kecil gula jawa sisir,larutkan dengan 1 sdm air panas
  12. 1/2 butir kelapa parut,kukus 10 menit
  13. Secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Donat klepon

1
Campur rata air,pasta pandan dan santan
Donat klepon - Step 1
2
Di wadah masukan tepung terigu,ragi,gula pasir,susu dan telur.aduk rata. Tuang larutan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis ±4 menit
Donat klepon - Step 2
Donat klepon - Step 2
Donat klepon - Step 2
3
Tambahkan margarin dan garam.uleni hingga kalis elastis ±10 menit. Setelah kalis bulatkan adonan.istirahatkan adonan hingga mengembang 2x lipat.40-60 menit tergantung cuaca masing-masing.tutup wadah dengan serbet bersih atau plastik wrap
Donat klepon - Step 3
Donat klepon - Step 3
Donat klepon - Step 3
4
Setelah adonan mengembang,kempiskan adonan untuk membuang udara dalam adonan.timbang adonan 40 gram,bulatkan. Buat lubang donat dengan spuit atau tutup botol pewarna makanan.lakukan berurutan dari adonan yang pertama dibulatkan. Diamkan hingga mengembang ringan 10-20 menit
Donat klepon - Step 4
Donat klepon - Step 4
Donat klepon - Step 4
5
Plsambil menunggu donat proovfinh panaskan minyak api kecil. Untuk mengetes minyak sudah panas saya ciprati tepung bila tepung langsung hilang berati sudah panas. Goreng donat sekali balik supaya tidak menyerap minyak. Selalu perlakukan donat secara berurutan supaya tidak ada donat yang over proofing atau kurang proofing.
Donat klepon - Step 5
Donat klepon - Step 5
Donat klepon - Step 5
6
Celupkan donat di larutan gula jawa.taburi kelapa parut,sajikan
Donat klepon - Step 6
Donat klepon - Step 6
Donat klepon - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risoles isi ragout

Risoles isi ragout

Terinspirasi dari resep nya atha naufal 🥰 ada di youtube

Lumpia isi sayur mayo

Lumpia isi sayur mayo

Minggu ke10 GBA Sebenarnya ini resep yang tersimpan didrap dari pada numpuk² makin banyak ,lebih baik di posting aja😁 #Mingguke10 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi

15 buah
60 menit
Cilok kuah seuhah

Cilok kuah seuhah

Ngomong ngomong cemilan favorit, aku suka camilan yang juga mengenyangkan, hehehe. Favorit banget cilok, dikasih kuah pedas dan gurih, spesial lagi pakai telur, dikasih jeruk limo, jadi ada asem segernya, duh bikin ngilerable pokoknya. Penasaran, yuk coba ikutan buat. #MasakBarengGadoGado #MasakAsyikBareng #GadoGadoIndonesia #GadoGado_CemilanFavorit #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #PejuangGoldenBatikApron #GBAweek10

1 porsi
Bakwan Sayur Crispy Gluten Free (No Oil) 👩‍🍳

Bakwan Sayur Crispy Gluten Free (No Oil) 👩‍🍳

05.04.22....Kali ini masak menu sehat persiapan untuk takjilnya ya moms. Bakwan sayur crispynya pake tepung bumbu probiotik serbaguna gluten free yang rasa seaweed😋huum...kebayang rasanya sudah menggugah selera. Tepung serbaguna GF japanese cruncy seaweed ini sangat praktis y moms, karena sudah lengkap dengan bumbu2 rempahnya, jadi moms tinggal menambahkan sayur sesuai selera dan air secukupnya. Masaknya pun no oil y moms, di sini saya coba panggang dengan cetakan martabak mini kemudian di air fryer biar makin cruncy😍jadi ga ada minyak goreng pun bisa tetap makan bakwan y crispy y moms, plus uda pasti jauh lebih sehat dan penuh nutrisi donk👍Alhamdulillah anak2pun tetap doyan dan langsung lahap makannya💖🤲Yuuk moms cobain buat👩‍🍳 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost_IniTakjilKu #PekanPosbar #IdeMasak #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron

15 bakwan
30 menit
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Jajanan atau gorengannya semua umat ini sih.. rasanya yang enak,gurih, bisa jadi temen nongkrong 😂😂 Ini saya bikinnya agak banyakan ya Bun soalnya buat takjil. #PejuangGoldenBatikApron #Minggu11

Kue Semprit

Kue Semprit

Assalamualaikum. Lebaran sebentar lagi siap2 dong bikin kuker😊😊bikin satu adonan 2 jenis asekkk kan. Biar praktis aza itu ceritaku hari ini mana cerita kalian😁😁 #RamadanCamp_Misi7 #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel

Cilok sambal rebon

Cilok sambal rebon

#pejuanggoldenbatikapron Cilok sambal rebon Enak simpel

4 orang
30 menit
PGBA10 Lumpia isi bihun

PGBA10 Lumpia isi bihun

#PejuangGoldenBatikApron Ramadhan di bulan April 2022 Walaupun harga minyak goreng lagi mahal, tetep yaa yg namanya gorengan adalah makanan fav kala berbuka di bulan ramadhan. Kayak ada yg hilang kalau gak makan gorengan akutuh 🤭 Cuzz lah kita goreng lumpia buat snack berbuka.

4 orang
Tahu Walik Aci

Tahu Walik Aci

Takjilku? Selain yg manis2, pasti ngga jauh2 dari gorengan sih,,bikinnya cepet dan yang pasti semua anggota keluarga suka Source: @anchenkeenan #CocomtangPost_IniTakjilku #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #IdeMasak #CeritaDapurHariIni

20 buah
86. Lumpia isi bihun ayam

86. Lumpia isi bihun ayam

Enaknya makan gorengan pas lagi hujan 🤤 #PejuangGoldenBatikApron

2-3 orang
+- 20 menit
Cireng banyur

Cireng banyur

#RamadanCamp_Misi5

Seblak otak-otak baso

Seblak otak-otak baso

Gagal ikutan golden batik apron gara2 hp nyemplung ke akuarium.. 😢 Tahun depan ya mudah2an bisa ikut lagi.. 💪💪💪

1 porsi
30 menit
Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

Terinspirasi dari youtube Dapur Riri sy recook & hasilnya sesuai espektasi... Manis gurihnya santan terasa lumer dimulut. Kuenya tetap lembut walaupun disimpan di lemari es. Jangan merubah takaran yaa bunda...biar hasilnya enak, lembut & gurih....😊☺️

20 buah
20 menit
Bakwan Jepang Kakiage

Bakwan Jepang Kakiage

Bakwan spesial ada sosisnya buuunnnd

5 orang
1 jam
Kue Sagun Bakar

Kue Sagun Bakar

Kue Sagun Bakar Tepung Ketan Kalau mau pakai tepung tapioka ada juga ya Jawaban dari Misi Ramadan Camp Minggu ini adalah Kue Kering #Maminang_KueKering #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi7 #CeritaDapurHariIni YouTube desmawati kuretangin Link video https://youtu.be/UVpreL3SS3g