Seblak Cilok

Dipos pada February 9, 2022

Seblak Cilok

Anda sedang mencari inspirasi resep Seblak Cilok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Seblak Cilok yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Seblak Cilok, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Seblak Cilok enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Seblak Cilok sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Seblak Cilok memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Seblak Cilok:

  1. Cilok
  2. 20 sdm Tepung terigu
  3. 10 sdm Tepung tapioka
  4. Daun bawang, potong-potong
  5. 2 siung Bawang putih, haluskan
  6. 3 siung Bawang merah, haluskan
  7. 1/2 sdt Garam
  8. 2 sdm Masako sapi
  9. 1 sdt Lada bubuk
  10. 100 ml Air
  11. Bumbu halus (kuah seblak)
  12. 1 x1 cm Kencur
  13. 2 siung Bawang putih
  14. 3 siung Bawang merah
  15. 8 buah Cabe rawit
  16. 4 buah Cabe merah
  17. Bumbu kuah dan tambahan
  18. 2 ruas Serai, digeprek
  19. 4 lembar Daun jeruk
  20. Garam
  21. Gula
  22. Bumbu penyedap
  23. Lada bubuk
  24. secukupnya Air
  25. Telur
  26. Sosis, dipotong, digoreng
  27. Sawi

Langkah-langkah untuk membuat Seblak Cilok

1
Buat adonan cilok. Campur semua bahan, uleni sampai rata. Bumbu dan tekstur cilok disesuaikan sesuai selera.
2
Siapkan wajan, didihkan air. Bentuk adonan cilok, bulat-bulat sesuai selera. Cemplungkan ke dalam air yang dimasak. Jika sudah mengambang bisa diangkat. Lakukan sampai adonan habis.
Seblak Cilok - Step 2
3
Haluskan semua bumbu halus. Siapkan wajan, tambahkan minyak goreng secukupnya. Masukkan bumbu halus, serai dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
4
Tambahkan air secukupnya. Tambahkan garam, gula, penyedap, lada bubuk secukupnya sesuai selera.
5
Jika sudah mendidih masukkan cilok. Tambahkan telur, diaduk-aduk. Kemudian tambahkan potongan sosis dan sawi.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak Tahu Kulit Lumpia Renyah Luar Dalam

Martabak Tahu Kulit Lumpia Renyah Luar Dalam

cerita resep ku kali ini terinspirasi dari mamah Mertua 🥰 masak martabak tahu kulit lumpia dengan rasa yg nikmat dan renyah luar dalam ,yuk coba dan rasakan .

2 - 4 org
10 - 15 menit
Basreng daun jeruk simple(camilan berbuka puasa)

Basreng daun jeruk simple(camilan berbuka puasa)

Makan basreng buatan sendiri Enak bangettt, ga serik ditenggorokan🤤😋

setengah toples
30mnt
Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

Salah satu menu gorengan praktis untuk berbuka puasa, ala martabak telur tapi menggunakan kulit lumpia. Edisi irit tapi tetap nikmat 😅😋 #pejuanggoldenbatikapron

Martabak Telur Daging Sapi

Martabak Telur Daging Sapi

Tantangan misi ke-5 Ramadan dengan clue "Yang Bikin Lapar Mata Sebelum Bedug Jangan Kabita! Apa itu? Banyak ya😁 semua maunya dimasak atau apa aja dibeli, giliran beduk tiba makannya sedikit bahkan nasi pun tidak disentuh sudah kenyang sama takjil atau gorengan🤭 untuk kali ini sy akan membuat menu asin. Menu yg menggoda utk sy buat adalah martabak telur daging sapi. Menu ini sekaligus misi dari Gowes community Jakarta ke daerah Yogyakarta. Awalnya bingung euy banyak bgd menu menarik. Pemilihan menu ini krn mudah dibuat dan bahan² sudah tersedia dirmh, sy tinggal beli kulit lumpia aja. Makin cepat proses membuatnya dg menggunakan bumbu dasar bawang yg pernah sy buat sebelumnya. Resep ini terinspirasi dari mba @ihdanas . Resep ini enak lho. Yukk dicoba teman²🙂 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #GowesBecak_KeYogya #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron #Week10

Kue Lumpur Kentang Teflon 1 Telur

Kue Lumpur Kentang Teflon 1 Telur

Assalamualaikum yeorobun aku mau bagiin resep lagi nih yuk cek resepnya jangan lupa like and recook ya #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #MasakSimple #CookpadCommunitySurabaya #PekanPosbar #Ramadhan #MenuBerbukaPuasa #Takjil #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni

1 Teflon
20 Menit
Bakwan Jagung Tanpa Telur Renyah

Bakwan Jagung Tanpa Telur Renyah

Week-10 Kalo buka puasa disuruh milih...yg gurih apa yg manis...aku milih dua2nya...dua2nya harus ada...☺️ Yang gurih kali ini aku milih bakwan jagung...bahan gampang didapat, bikinnya jg gampang...dan disukai keluargaku. Ini resepku bakwan jagung versi yg kedua...resep yg ini lebih crunchy dibandingkan resepku yg pertama...tp sama2 gurih meskipun sama2 tanpa telur...adonan bisa disimpan di kulkas dlm wadah tertutup rapat (mis. tupperware) jk bikinnya pagi, sore mau buka puasa tinggal digoreng...gunakan jagung manis yg masih fresh biar rasa manis asli jagung berasa dan hasil gorengan cantik...👌 #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron

80. CIRENG ISI AYAM

80. CIRENG ISI AYAM

Saya ibu menyusui, jadi bawaanya sering lapar. Sering beli makanan, tapi gapernah merasa cukup, jadi Saya inisiatif stock makanan sendiri dengan cara curi-curi waktu saat momong si kecil.

1 orang
Siomay Mentok 10.9

Siomay Mentok 10.9

Inspirasi resep ini berasal dari sebuah tempat makan (mie kob*r) yg punya siomay dengan rasa endul bgt, jd penasaran resepnya dan ngira2 komposisinya,and taraaa here it is.. Siomay Mentok 10.9 ✨

5 orang
1 jam
Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Bismillah.. 23-03-2022. Untuk pertama kalinya bikin cireng. Padahal dari kemaren2 dulu pingin buat cemilan yg satu ni nga kesampaian. Akhirnya hari ni gol juga bikin cireng, yeeeah😂😂😂 Cemilan sehat 🥰 #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #CirengNasiKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurYusraSfa #PejuangGoldenBatikApron

Adonan bakwan stok di kulkas

Adonan bakwan stok di kulkas

Selama bulan puasa banyakin bikin stok makanan yang siap pakai.. kayak adonan bakwan ini, klo mau disajikan tinggal digoreng Semua pasti udah jago bikin bakwan 😋😋😋

7-8 orang
15 menit
Risol Isi Rougut Kentang Wortel Sosis

Risol Isi Rougut Kentang Wortel Sosis

Inget banget saat pertama bikin risol tuh awal nikah pas dirumah ortu, Qadarullah rasanya enak tapi kulitnya gagal pada sobek. Nah yg kedua kali dirumah mertua masih sama, dan sejak saat itu vakum agak lama, dan kemarin memberanikan diri bikin lagi, alhamdulillah biidznillah berhasil, dan terharu dong, 😅 agak lebay ya, maklum dulu pernah 2x gagal. Tapi ga ada yg bisa dipamerin, biasanya buatin camilan tuh buat mertua Rohimahumullah berbuka puasa, tapi kali ini buat suami aja, dan kalo beliau mah pasti bilang enak, kalo mertua mah jujur kan enak ya enak engga ya engga 🤭 Resep kulit : https://cookpad.com/id/r/16122783 Dan ini tuh tekstur kulit risolnya lembut banget meskipun cuma pakai 1 telur, dan lentur gak gampang sobek, naruhnya di tumpuk tumpuk pun gak saling nempel 😍 #Semangcook_AsinManis #Semangcookhokyahokye #Cookpadcommunity_semarang #PejuangGoldenBatikApron week 10 #RamadanCamp_Misi5

Fluffy Donut

Fluffy Donut

Tiap bikin donat biasanya aku pakai kentang. Nah tapi kemaren ini, aku nonton resep video donat yang tanpa kentang hasilnya keliatanya Oke banget. Teksturnya bisa ringan & empuk, kaya J*O punya. Akhirnya karena penasaran, aku coba bikin. Eeh kok malah ketagihan, seenak itu ternyata. Jadi deh ini kali kedua aku bikin. Source: Tasyi Athasyia (dg modifikasi) #PejuangGoldenBatikApron

Risoles

Risoles

Resep ini dpt 10pcs risoles
Banana yoghurt (healthy snack)

Banana yoghurt (healthy snack)

Bikin cemilan sehat buat bocil yg super gampil, rasa mirip es krim, anak2 pasti suka 🥰

Pastel Ayam Wortel

Pastel Ayam Wortel

Assalamu'alaikum... Bismillah bikin pastel goreng setelah entah kapan terakhir kali bikin, kayaknya udah lama banget,, dlu...tiap lebaran dirumah mbah tik, pasti bikin yg namanya pastel sayur sama pastel isi abon. bikinnya abis taraweh, bareng sama tante. Mbah tik yg bikin adonannya dan aku sama tante yg bikin pastelnya,, bikinnya ga pakai cetakan, manual dipilin adonannya.. pertama bikin setelah lama banget ga buat, rasanya agak kaku juga tangannya, ngga rapi milinnya 🙈 tapi gppa deh yg penting ketutup pastelnya 🤭😁 aku bikin utk stok frozen juga ya.. #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron #mrsferdi2022 #mrsferdigoldenbatikapron #PekanPosbar #IdeMasak #RamadanCamp #mrsferdiidetakjil