Cilok Freezy Sambal Bawang

Dipos pada February 10, 2022

Cilok Freezy Sambal Bawang

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok Freezy Sambal Bawang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cilok Freezy Sambal Bawang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilok Freezy Sambal Bawang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok Freezy Sambal Bawang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilok Freezy Sambal Bawang adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilok Freezy Sambal Bawang diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Freezy Sambal Bawang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Freezy Sambal Bawang memakai 11 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Frozen Food? Aku suka bikin cilok atau pentol tahu. Karena menghangatkannya tanpa minyak. Hehehe #PejuangGoldenBatikApron #Week9 #RamadanCamp_Misi4

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Freezy Sambal Bawang:

  1. Bahan Cilok
  2. 300 gram tepung tapioka
  3. 200 gram tepung terigu
  4. 1 sdm garam
  5. 1 sdt merica
  6. 1 batang daun bawang
  7. 1 siung bawang putih geprek
  8. 350 ml air mendidih
  9. Bahan Sambal
  10. 3 siung bawang putih
  11. 15 cabai rawit

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Freezy Sambal Bawang

1
Didihkan air bersama bawang putih geprek.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 1
2
Sambil menunggu air mendidih, campur adonan kering dan aduk hingga rata.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 2
3
Jika air sudah mendidih, masukkan sambil terus diaduk dengan centong atau spatula.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 3
4
Uleni terus, jika sudah hangat lanjutkan uleni menggunakan tangan.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 4
5
Sambil menunggu air mendidih, bentuk bulat² adonan dan lakukan hingga habis. Jangan terlalu besar khawatir dalamnya kurang matang.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 5
6
Didihkan air. Api kecil saja.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 6
7
Masukkan cilok mentah ke dalam air mendidih, masukkan bertahap ya. Tanpa minyak. Jika sudah matang bisa ditiriskan hingga suhu ruang lalu masukkan plastik atau wadah kedap udara, masukkan freezer
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 7
8
Kita siapkan bahan sambal untuk teman makan cilok ya.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 8
9
Uleg halus.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 9
10
Jika sudah halus, tumis basah (tumis dengan minyak agak banyak, ya). Tapi jangan kebanyakan. Kalau untuk sambal ini kira² 2-3 sdm. Sambil diaduk² agar bawahnya tidak gosong, ya. Jika sudah berubah warna, tambahkan gula merah dan garam. Bolak balik gulmernya, jika sudah lembek, tekan.
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 10
11
Cilok sambal bawang ready.........
Cilok Freezy Sambal Bawang - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Batagor ala abang2

Batagor ala abang2

Buat buka puasa memang enak diawali dengan yang manis2 dan gorengan. Nah menu gorengan kali ini saya buat batagor yg ekonomis ala abang2 aja. Seru yaaa..... Meskipun bahannya sederhana tp suasana jadi beda. Dan juga ini mumpung ada sisa bumbu gado2 yang saya masak kemarin. Batagor ini teksturnya tidak alot, krn tepung tapiokanya tidak terlalu banyak #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #IdeMasakHariIni #Mgke12

Bakwan Mie

Bakwan Mie

Source : Niung Niung Selain berbuka dengan yang manis, yg asin pun g boleh ketinggalan donk apalagi yg namanya gorengan, meski minyak lg mahal tp penganan yg satu ini wajib hadir menemani berbuka puasa. Kriuk kres kresnya menyemarakkan saat berbuka, seperti bakwan mie resep mba wiwik @niungniung ini, enak & komplit sayurannya 😋😋. Saya tambahkan daun kelor sebagai pengganti daun bawang, penasaran? Yuk intip resepnya 😉..berikut link resep aslinya 👇 https://cookpad.com/id/r/15751815 #IdeMasak #IdeTakjikDariMamah #Semangcook_AsinManis #SemangcookHokyaHokye #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Semarang

Cireng Renyah

Cireng Renyah

Renyah di luar, kenyal di dalam, nih! Coba beberapa resep, tapi ini yang paling awet renyahnya, dan ga menyerap minyak. Enak deh! coba bikin yuk! #IdeMasak

10 cireng ukuran sedang
30 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Punya nasi sisa..? Jangan dibuang ya moms.. bisa dimakan loh. Selain bikin nasi goreng kita coba buaat lagi yang lain yuuk. Ini #IdeMasak ku hari ini.. nasinyaa kita buat Cemilan aja.. dibuaat Cireng Nasi.. terus dicocolin sambal rujaak.. dududu serius enaak moms.. buatnyaa juga mudah loh cuma beberapa bahan. Yuks intip resepnyaa Source : @dapurkobe #PejuangGoldenBatikApron #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Malang #CirengNasiKobe

30 menit
Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Ada sisa nasi tidak jadi masalah karena bisa diolah jadi camilan yg enak dan pasti disukai anak anak. Bikinnyapun mudah banget. Yoook cusss bikin 😀 Source : Dapur Kobe #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenBatikApron

12. Lumpia Indomie

12. Lumpia Indomie

#PejuangGoldenBatikApron

Martabak lumpia isi tahu daging

Martabak lumpia isi tahu daging

Suamiku doyan banget sama semua olahan tahu putih, setiap buka puasa mesti ada gorengan dan dia request dibikinin martabak tahu katanya, biar lebih enak aku tambahin daging giling sapi 100 gram hihi 😋

5 orang
1 jam
11. Bumbu kacang siomay ala @devinahermawan (dengan modifikasi)

11. Bumbu kacang siomay ala @devinahermawan (dengan modifikasi)

#PejuangGoldenBatikApron Resep asli bisa dilihat di youtube devina hermawan. Saya buat resep sesuai selera dan ketersediaan bahan di rumah 😁

Kue Kering Mawar Legendaris

Kue Kering Mawar Legendaris

Kue kering Legenda ini adalah bagian sejarah sajian di setiap meja di hari yang fitri dari generasi ke generasi. Yuk kita bernostalgia kembali walau hari yang fitri ini. #120422 #PejuangGoldenBatikApron

#86 Tahu Walik Aci

#86 Tahu Walik Aci

Huuu...Tahuuu.... Olahan tahu lagi ini, Moms... Keinget tahu aci khas Tegal tp pengen bikin yg luarnya kriuk-kriuk... Bikin TAHU WALIK ACI aja 😉 #PejuangGoldenBatikApron #tahuaci #tahuwalik #olahantahu #gorengan

5 orang
30 menit
Jajanan: Lumpia Tahu Sosis Praktis

Jajanan: Lumpia Tahu Sosis Praktis

Berawal dari keisengan buat lumpia tapi isi tahu dan sosis ternyata lumayan juga. Alhamdulillah suami juga suka. Apalagi buatnya mudah dan praktis. Cocok juga untuk takjil buka puasa lho~ Selamat mencoba juga ya bund :) #PejuangGoldenBatikApron

3-5 orang
20 menit
Martabak manis anti gagal

Martabak manis anti gagal

Assalamu'alaikum semuaaa Setelah sekian lama baru bisa upload lagi nih,dan di resep kali ini aku mau bikin cemilan yang simple dan pastinya enak.. Yang pengen ngemil tapi ga pengen ribet dan pengen hemat budget yuk bikin ini sekarang 💨😉 Wassalamu'alaikum #PejuangGoldenBatikApron #mingguke8 #ResepAnakKost #ResepAntiRibet #ResepMudahDanMurah #Cookpad_ID #Cookpad_Indonesia

Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu

Kue lembut manis dan disukai semua anggota keluarga Bikin banyak untuk acara selamatan 1 tahun kepergian ibunda mertua Memanfaatkan sisa santan dari bumbu memasak daging ayam Jadilah bikin kue ini biar tidak mubadzir 😊

24 porsi
1 jam
Risoles rogut creamy

Risoles rogut creamy

Selalu buat risoles tp belum srek sama isi an nya. Yang ini isi an yang saya cari2 dari dulu. Ada creamy keju manis susu langsung ke resep yuk moms 😊

Kue Moci Isi Kurma Keju

Kue Moci Isi Kurma Keju

Bismillahirrahmanirrahim. Minggu ini ikut meramaikan event GadogadoIndonesia dengan tema"Cemilan vaforit", saya mencoba membuat kue Moci, kue yang ngangenin karena tekstur yang kenyal dan saat digigit ada isi di dalamnya, rasa tidak terlalu manis, tekstur berselimut tepung. Moci adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Kue ini dijual dan dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko kue. Wikipedia Di Jawa Barat kue moci terkenal dari Sukabumi, dengan isi bermacam-macam sesuai selera. Saat ini saya mencoba membuat dengan isian Kurma dan keju. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #Cemilan Daerah asal: Jepang

relatif
90 menit
Cireng nasi

Cireng nasi

Nasi di bikin cireng enak bangeeet lohh simak yaa #PejuangGoldenBatikApron #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_kalsel