Cireng nasi

Dipos pada February 1, 2022

Cireng nasi

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng nasi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng nasi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng nasi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng nasi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng nasi adalah 19 biji. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cireng nasi diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng nasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng nasi memakai 18 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Memanfaatkan nasi ๐Ÿš sisa. Akhirnya ubek2 dapur, siapin bahan untuk cireng. Cireng adalah makanan yang berasal dari Jawa Barat. Ini saya tambahkan nasi. Sekalian bisa untuk cemilan cepuluh di sore hari ๐Ÿ˜. Sekalian mau ikut Misi ke-5 Ramadan Camp. TIM ASIN mana suaranya? ๐Ÿ˜ Source: YT Tastemade Indonesia (dengan modifikasi) #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #IdeMasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng nasi:

  1. 1 mangkok nasi
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/2 sdt kaldu jamur
  5. 1 daun bawang
  6. 10 SDM Tepung tapioka untuk campuran
  7. 50 gram tepung tapioka untuk membalur
  8. 7 SDM Air panas
  9. Minyak untuk menggoreng
  10. Bahan kuah sambal terasi:
  11. 1 bungkus terasi udang
  12. 1 siung bawang putih
  13. 5 buah cabe merah
  14. 1/4 sdt garam
  15. 1/4 sdt kaldu jamur
  16. 1 SDM asam Jawa
  17. 1/2 sdt gula pasir
  18. 200 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Cireng nasi

1
Campurkan nasi dengan bawang putih yang sudah dihaluskan bersama garam, kaldu jamur, & daun bawang. Aduk rata & sedikit diulek.
Cireng nasi - Step 1
Cireng nasi - Step 1
2
Masukkan 7 SDM air panas. Aduk rata. Tambahkan 6 SDM tepung tapioka untuk campuran. Aduk rata.
Cireng nasi - Step 2
Cireng nasi - Step 2
Cireng nasi - Step 2
3
Ambil 1 SDM bulatkan/bentuk sesuai selera. Baluri dengan tepung tapioka.
Cireng nasi - Step 3
Cireng nasi - Step 3
4
Panaskan minyak. Goreng sampai agak sedikit kecoklatan.
Cireng nasi - Step 4
Cireng nasi - Step 4
5
Kuah sambal terasi: blender cabe rawit, bawang putih, terasi & 100 ml air.
Cireng nasi - Step 5
6
Rebus bawang putih dll yang sudah diblender. Tambahkan 100 ml air, asam Jawa, garam, kaldu jamur, & gula pasir. Aduk rata. Masak hingga mendidih.
Cireng nasi - Step 6
Cireng nasi - Step 6
7
Siap disajikan. Aku makan cirengnya siram kuah sambal terasi. HM...yummy.... Kalau aku, 1 gak cukup ๐Ÿคญ
Cireng nasi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Kacang Serbaguna (Siomay, Cilok, Batagor, Tahu Siksa)

Bumbu Kacang Serbaguna (Siomay, Cilok, Batagor, Tahu Siksa)

Jajanan Indonesia banyak yang berbumbu kacang seperti siomay, batagor, cilok, kojek, tahu siksa dsb.. Lumayan untuk stok kudapan berbuka puasa, hihihi... Resep mbak @iftitah_kurniasari dengan modifikasi. Resep Asli : https://cookpad.com/id/r/15258015 #IdeMasak #Cemilan_MamaBirru #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron #GBAPekan10

1 panci
40 menit
Donat kentang ekonomis untuk jualan

Donat kentang ekonomis untuk jualan

Aku sudah pke resep ini hampir 2 taun untuk jualan

3 porsi
3 jam
Dimsum/siomay ayam

Dimsum/siomay ayam

Sore2 waktunya nyemil buat anak2. Coba menu cemilan baru, dimsum made in tetangga. Ndak nyangka, si tengah habis 6 dan masih ingin nambah. Akhirnya ku ajak coba masak dimsum sendiri sambil belajar dan coba2 resep sana sini sambil di modif. Setelah bbrp kali mencoba resep ๐Ÿ’ช, akhirnya kami temukan rasa yang pas buat kami.๐Ÿ‘Œ Lumayan....selain hemat, anak2 bisa puas makan dimsum ๐Ÿ˜

30 porsi
1 jam
Bakwan Jagung Rebon

Bakwan Jagung Rebon

Selalu suka dengan bakwan jagung, karena bisa banget dikreasikan dengan bahan lain. Kali ini coba pakai tambahan udang rebon. Rasanya makin gurih, manis, renyah, dan enak bangeeet untuk cemilan ngeteh sore atau nemenin buka puasa. Dimakan pas masih anget-anget pakai cabe rawit ijo ๐Ÿ˜‹. Source: @xanderskitchen #ResepBakwan #PejuangGoldenBatikApron #Minggu11 #KopiJos #KopiJosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

20 pcs
Potato pop cemilan dari kentang

Potato pop cemilan dari kentang

Bismillah... Alhamdulillah enak resep dari #sitinuna

Risol mayonise

Risol mayonise

penggemar risol acungkan jempolnya..๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

20 biji
Kue Keranjang Vla Santan Endesss

Kue Keranjang Vla Santan Endesss

Dalam rangka bersihin draft. Kuy langsung aja resepnya,, semoga bermanfaat yaa gaesss ! #devidirgaa_real #devidirgaa_endesss #cookpadcommunity #cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaa2022

8 porsi
30 menit
Risoles Segitiga๐Ÿ”บ๏ธ

Risoles Segitiga๐Ÿ”บ๏ธ

Bismillah, setelah sekian lama tidak pernah aktif di cookpad, karena pindah tempat tinggal. Properti foto pun ditinggal dibogor, makanya skrg fotonya seadanya nih๐Ÿคญ selamat datang bulan ramadhan, saya sambut bulan ini dengan sukacita serta berkreasi dengan aneka kudapan untuk berbuka puasa. Happy cooking and baking!๐ŸŒน #CookpadCommunity_Kalbar #CookpadCommunity_Bogor #RisolesIsiSayur #RamadhanBerkah

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Ini salah satu cemilan fave suami saya, yang susah ditemukan kalau kami sedang di Bergen. Seminggu bisa beberapa kali bikin bakwan jagung. #PejuangGoldenBatikApron

Kue Cubit

Kue Cubit

Masih belum move on sama si kue cubit, jadi emak bikin lagi deh sekalian buat takjil, eitsss...tapi resep yang ini bahannya beda loh... dan pastinya hasilnya juga beda dong ya. Resepnya mah teteup cooksnap resep kue cubit dengan versi yang berbeda dari @mamafathan dengan resep asli dari mba @DianaN_17. Diresep ini tekstur kue cubitnya lebih padat dan rasanya juga berbeda dari sebelumnya ya. Tapi kalo kata suami & anak sih, sama enaknya, apalagi dimakannya pas masih anget anget..widiihh..aromanya aja dah manggil manggil..๐Ÿ˜๐Ÿฅฐ... Ehhh maaf, lagi puasa yakkk..si emak malah ngomongin rasa...๐Ÿคญ. Dan feeling emak nih.. resep ini cocok juga nih buat ngejawab challenge #RamadanCamp_Misi5 dari mamah cookpad yang minggu ini clue nya : "yang bikin lapar mata, sebelum beduk jangan kabita". Apalagi kalo bukan takjil ..ya khaannn๐Ÿ˜ Naah..tunggu apa lagi, hayuuk dibikin, kalo ga' punya cetakan kue cubit, pake cetakan kue lumpur kayak emak..lebih gede..lebih puas...ehhh...๐Ÿคญ #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Balikpapan #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Borneo #CookpadIndonesia

Risol lumer

Risol lumer

Risol ini kesukaan anak-anak karena rasanya yang creamy

Tepung Serbaguna Untuk Gorengan (Homemade)

Tepung Serbaguna Untuk Gorengan (Homemade)

Bismillahirrahmanirrahim...... 11 Ramadhan 1443 H Ini salah satu resep teman saya, katanya ini resep dari seorang chef yang bekerja selama 20 tahun di restoran Chinese. Saya cobain, beneran enak sih......dan ini menjadi tepung andalan saya di rumah. Tepung ini bisa di gunakan untuk ayam, udang, ikan, cumi, tempe, tahu dan sayuran goreng tepung (bakwan). Yuuuk cobain resepnya ๐Ÿ’• . . . . #MasakanBundaPashalenko #TepungGorengan #TepungSerbaguna #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Puree Buah Naga Mix Biskuit Milna (Snack MPASI 6 Bulan+)

Puree Buah Naga Mix Biskuit Milna (Snack MPASI 6 Bulan+)

Assalamu'alaikum...๐Ÿ˜‡ Gimana kabar hari ini...๐Ÿ˜Š Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan selama bulan Ramadhan. Amien...๐Ÿคฒ๐Ÿป Tetap semangat ๐Ÿ’— ๐Ÿ’Minggu Ke - 12๐Ÿ’ #PejuangGoldenBatikApron

2 Porsi
30 Menit
Tinginys (Lazy Cookies) | Lithuanian Snack

Tinginys (Lazy Cookies) | Lithuanian Snack

Hola! Tanggal 15 Maret kemaren, Cooking Community Class belajar tentang masakan Lithuania bersama mba @vitajaurina yang sekarang tinggal di Lithuania. Salah satu resep snack yg dibagikan adalah Tinginys (baca: tingginis). Ini adalah salah satu cookies khas Lithuania yang terdiri dari mentega, kental manis, coklat bubuk dan biskuit yang dihancurkan. Bisa juga ditambahkan buah kering di dalamnya. Disini saya membuat porsi kecil/sedikit saja menyesusiksn stock yg ada di rumah. Selamat mencoba! Resep asli: https://cookpad.com/id/r/15653714 Season everything with love Gbu #seasoneverythingwithlove #cookpadCommunity_solo #CookingCommunityClass_LithuanianSnack #Spatula3C_VitaJaurina #SalamKompakSelalu Week 8 #pejuangGoldenBatikApron

2 orang
30 menit
Kulit lumpia gurih

Kulit lumpia gurih

Cemilan yang gampang di buat , cepat dan murah bahannya. Pertama buat dua tahun lalu dan sering buat jika keponakan kumpul atau ada acara kumpul makan bersama. Sebungkus kulit lumpia di pasar saya beli 12 ribu isinya banyak, lebih murah di bandingkan beli bungkusan kecil . Bisa untuk makan bareng-bareng, atau bisa di buat 3- 4 resep kue yang berbeda. Cemilan ini di buat barsamaan dengan resep cemilan keju, coklat lumer kulit lumpia. dan pisang coklat keju kulit lumpia. Dah lama bikin kue ini tapi baru sempet tulis resepnya. Source : YouTube Agus cuguy #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CeritaDapurHariIni

Bakwan Jagung Krispy

Bakwan Jagung Krispy

Ujan2 demi bocah, bikin bakwan jagung moms, walau hati pecah seribu harga minyak mihil ๐Ÿค—โค๏ธ

6 org
45 menit
Cireng simpel

Cireng simpel

Hujan bawaan laper terus, Ada sisa sambal ayam bakar kemaren, mending dicocol cireng aja. Waktu numpah air panas ke tepung tapioka cukup sampai tercampur rata, tidak perlu kalis, supaya ada kriuk luarnya. #PejuangGoldenBatikApron #week9 #IdeMasak

2 orang
30 menit