Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll)

Dipos pada February 1, 2022

Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Terniat bikin ini sih sudah lamaaa. Dan baru minggu kemarin sempat bikin. Saya bikin dan tulis ulang 2x resep aslinya yaa. Sengaja saya bikin tidak terlalu kental. Kalau mau lebih kental boleh kurangi takaran airnya atau masak lebih lama sampai kuah lebih mengental. Source : @Inapermana29 ....Hatur Nuhun Resepnya Teh 🙏 Berikut Link resep aslinya : https://cookpad.com/id/r/15991449 #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10 #CookpadCommunityBandung

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll):

  1. 200 gr Kacang Tahah
  2. 8 buah cabe merah kriting
  3. 5 buah cabe rawit merah
  4. 6 siung bawang putih
  5. 2 gandu gula merah, ukuran kecil
  6. 1 sdm Gula pasir
  7. 2 sdt garam (secukupnya)
  8. 1 sdt kaldu bubuk
  9. 2 sdm air asam jawa
  10. 2 lembar daun salam (tambahan saya)
  11. 500 ml air (200 ml untuk blender kacang 300 ml utk kuah)

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll)

1
Siapkan semua bahan. ✅Goreng kacang, bawang putih, cabe dan rawit sampai matang. Saya goreng terpisah kacang nya. ✅Haluskan semua bahan. Saya chopper agak sedikit kasar dg menambahkan 200ml air.
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 1
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 1
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 1
2
Masukkan bahan ke dalam wajan. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan gula pasir. Tambahkan daun salam dan 300 ml air (air boleh dikurangi jika hasilnya ingin lebih kental).
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 2
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 2
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 2
3
Masak sampai mendidih dan aduk sesekali. Setelah kuah menyusut, mengental dan mengeluarkan minyak matikan api. test rasa yaa.... Tingkat kekentalan sesuaikan dengan selera aja yaa.
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 3
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 3
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 3
4
Siap digunakan sebagai saus/sambal untuk berbagai makanan.
Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Spaghetti spring roll

Spaghetti spring roll

Anak2 suka makan yang asin2 untuk ifthar, tapi suka bingung masak apa, nah sejak ada cookpad, saya tinggal search aja di cookpad Masak jadi mudah Cooksnap dari ‎@tehitaa https://cookpad.com/id/r/14195156 #CookpadCommunity_Tangerang #TimAsin #CocomtangPost_IniTakjilku #CeritaDapurHariIni #RamadhanCamp_Misi5

Donat Pisang

Donat Pisang

• 10-04-2022 • *minggu ke-10 #PejuangGoldenBatikApron Ada pisang yang udah kematengan, dibikin bolu udah pernah, olahan lain yg memang berbahan dasar pisang juga udah pernah. Bikin yang anti mainstream aja, donat ditambahin pisang. Jadinya nanti donat ada rasa pisangnya. Keponakan saya yang masih balita yang memang suka sekali dengan donat, suka juga dengan donat pisang ini. Lebih enak kasih topping gula donat aja, kalau pakai meises menurut saya terlalu eneq. Kebetulan gak ada gula donat, jadi ya hias pakai meises aja dah supaya pas difoto, gak gundul donatnya 😅 Setelah cukup terbantu dengan penggunaan mixer, tanpa harus ngulen dengan kekuatan hulk 😂 akhirnya kalau mau membuat donat udah gak ragu2 lagi. Dulu kalau mau bikin donat yang diulen lagi itu maju mundur males 😅 Source : mba @fitrisasmaya #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Surabaya

Puree Pepaya (Snack MPASI 6 Bulan+)

Puree Pepaya (Snack MPASI 6 Bulan+)

🌻Alhamdulillah, tak terasa sudah memasuki hari ke - 5 Ramadhan. Semoga lancar sampai akhir. Amien...🤲🏻 Buat para bunda - bunda yang babynya lagi MPASI, tetap semangat ya memberikan yang terbaik buat si kecil...👶🏻 Ramadhan penuh berkah...😇 🌻Minggu Ke - 10🌻 #PejuangGoldenBatikApron

2 Porsi
30 Menit
Rose flower Cookies (Kue Semprit keju)

Rose flower Cookies (Kue Semprit keju)

 kue semprit.. merupakan kue dengan bentuk yang cantik, kue ini juga bisa dibuat menjadi beberapa varian rasa. Kue semprit cocok dijadikan hidangan atau sajian di saat hari raya lebaran. Memeriahkan semarak clover pekan ini...dengan membentuk mawar dalam kue semprit menambah campur dengan keju di dalam nya...membuat cookies ini bgt lumer dimulut..yuk cobain #RamadanCloverXMEGCheese #SemarakKukerMegCheese #KukerBarengMEGCheese #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #PejuangGoldenBatikApron #PutriChristian

Risoles rogut creamy

Risoles rogut creamy

Selalu buat risoles tp belum srek sama isi an nya. Yang ini isi an yang saya cari2 dari dulu. Ada creamy keju manis susu langsung ke resep yuk moms 😊

Saus cocol untuk berbagai gorengan

Saus cocol untuk berbagai gorengan

#IdeMasak #RamadanCamp_Misi5

Ciblak | Cilok Seblak ala ChillOK

Ciblak | Cilok Seblak ala ChillOK

Varian rasa baru jualan saya, udh 2 bulan saya merintis usaha namanya ChillOK Saat ini udh ada 5 varian rasa, alhamdulillah pelan2 punya penggemar tersendiri, doakan yaaa semoga lancar 🤗 Trus knp resep jualan share di Cookpad? karena buat saya berbagi resep siapa tau bisa menjadi bagian dr ilmu yg bermanfaat 🥰 lagipula resep seblak kayaknya udh umum yaa, semua juga bisa.. notes: - silakan sesuaikan level pedas sesuai selera - begitu pula pemakaian gula, garam dan penyedap, bisa skip bisa juga ditambah - cilok bisa diganti bakso - klo mau pesen DM aja di IG dapurade50 😄 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta

523.Risoles (Kulit Lumpia)

523.Risoles (Kulit Lumpia)

Minggu ke - 12 Risoles adalah kudapan favorit keluarga di rumah. Kudapan savory (gurih) lebih laris dibanding kudapan manis 🤭😀. Kali ini coba bikin Risoles tapi untuk membungkusnya saya menggunakan kulit lumpia. Dari segi tekstur kulit Risoles lebih empuk ya dibanding kulit lumpia. Cobain yuuuk.....enak lhoo😋😋 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang

24 buah
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Memang sich minyak goreng msh langkah dan sekalinya ada di jual harganya itu mahal bangat, tapi gak menutup kemungkinan untuk berhenti makan gorengan😁. Daripada beli mending buat sendiri aja. Bahannya gak ribet di tambah dgn sayuran yg bny jd sambil makan gorengan dapat jg sayuran yg sehat😁🤗 #PejuangGoldenBatikApron #PGBA 11

5 org
45 menit
Martabak Rabuk Tuna

Martabak Rabuk Tuna

Martabak simple #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron

Siomay Goreng Dos

Siomay Goreng Dos

Ga terasa tinggal beberapa hari lg kita memasuki bulan puasa. Dan pastinya kita stok makan frozen utk sahur atau berbuka puasa jadinya tinggal di panaskan atau di goreng. #RamadhanCamp_Misi4 clue nya adalah aku di simpan di frezer. Tebakan saya yaitu Siomay Dos, cemilan frozen yg cocok utk hidangan berbuka puasa. #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanCamp_Misi4 #CookpadCommunity_Sumut #Horas_SasagunFrozenFood

Bakwan Jamur Tangkos Sawit

Bakwan Jamur Tangkos Sawit

Minggu kemaren sebenernya mau posting resep ini, tapi lupaaa... untung ada wild card 😅 Jadi ceritanya aku tuh dikasih jamur tangkos sama tetangga, karena bosen sama jamur tumis, jadi nya aku bikin gorengan. Rasanya malah lebih enak dari bakwan pada umumnya loh... #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #Jamur #JamurTangkosSawit #BakwanJamur #PergedelJamur

733.Lumpia Semarang (Premium)

733.Lumpia Semarang (Premium)

Lumpia Semarang ini punya arti sendiri bagiku..😀🤭 Berbagai tahap dilampaui hingga selesai dengan durasi waktu yg lumayan lama.. Pantaslah jika 1 bh lumpia yg premium itu lumayan mahal ya....bisa sampai 5 K.. mungkin jg lebih jika ukurannya yg besar dan puas rasanya jika menyantap 1 bh.🤭 He he he tapi karena ukuran lumpia ini tdk begitu besar jadi sy menyantapnya sekali duduk 3 bh...itupun berhenti karena nyeplus cabe hijau yg puedas..😁🤣😇 Ya...Alhamdulilah puas karena rasanya yg nikmat.... Terbayarlah rasa capeknya jika hasil rasanya memuaskan dan enak banget😍👌 Jangan lupa jika bunda mau bikin.. lengkapi dengan saus tauco dan daun bawang merahnya ya....insya Allah tidak mengecewakan....semoga...Aminn 🤲 Rsp lumpia source.: Dapur Heni YT Rsp kulit source.: Wardah fajar YT *M.10_GBA'22 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi. #OlahanRebung #RamadanCamp_Misi5 Bismilah

28 bh
4 jam.
Kulit Pastel

Kulit Pastel

Isian pastel bisa diliat d resep sebelumnya ya bund..

10 porsi
1 jam
Risoles macaroni

Risoles macaroni

#PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #MingguKe-9

Kue Bawang

Kue Bawang

persiapan lebaran yuk bikin kue bawang viral buat isi toples di meja lebaran atau bisa dijadikan hamprs, bisa juga dijual #PejuangGoldenBatikApron

Risol Isi Sayur dan Telur

Risol Isi Sayur dan Telur

Kesukaan dirumah...tetep ya berbuka dengan gorengan.Porsinya aja yang gak sebanyak biasanya 😅😅 semenjak minyak mehong #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron

24 pcs
1 30 menit
381. Kue Lobak

381. Kue Lobak

Sudah lama pengen bikin kue lobak, Akhir nya kesampain juga pakai resep Amei. Terimakasih yahh @cook_2161394 . Cocok rasanya. Saya buat proporsional takarannya dengan lobak yang ada. Rasanya lembut sedikit kenyal, terasa aroma udang dan bawang putih. Umami. #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #IdeMasak