Kue Cucur Gula Merah

Dipos pada February 9, 2022

Kue Cucur Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Cucur Gula Merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Cucur Gula Merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Cucur Gula Merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Cucur Gula Merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kue Cucur Gula Merah adalah 12 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Kue Cucur Gula Merah diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Cucur Gula Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Cucur Gula Merah memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pengen buat jajanan tradisional gitu, karena anak saya seneng nya model jajanan pasar. . Saya liat resep ini awalnya dari akun ig tintinrayner, tp lagi2 saya modif ya Bun.. Dan ternyata dari resep modif ini saya bisa jualan loh Bun.. 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Cucur Gula Merah:

  1. 125 gr tepung beras Rosebrand
  2. 100 gr tepung terigu
  3. 140 gr gula merah (saya suka yg warnanya gelap)
  4. 50 gr gula pasir
  5. 250 ml air
  6. 20 ml santan kara
  7. 2 lembar daun pandan
  8. 1/4 sdt garam
  9. Secukupnya vanili

Langkah-langkah untuk membuat Kue Cucur Gula Merah

1
Rebus gula merah, santan, gula pasir, air, daun pandan, garam, vanili hingga larut. Diamkan sampai hangat
2
Campurkan tepung beras, dan terigu dalam mangkuk, mixer 5 menitan
3
Istirahatkan adonan selama 30 menitan (lebih juga boleh, kdg saya sampai 2 jam kalo buat 4 resep) aduk pakai whisk. Kalau masih terasa berat / kekentalan bisa tambah air dikit. Karena kelembaban tepung beda2.
4
Panaskan minyak goreng, jangan terlalu banyak, dengan api kecil. Sampai benar2 panas ya.
Kue Cucur Gula Merah - Step 4
5
Tuang adonan 1 sendok sayur, goreng. Siram2 tengahnya pake minyak ya sampai benar2 matang. Kalau belum matang biasanya saat digoreng di bagian tengah ada adonan mentah mengalir. Jadi deh.. Rasanya endeeess, anak saya sukak banget, sekali makan bisa 4 πŸ˜„. Selamat mencoba... 😁
Kue Cucur Gula Merah - Step 5
Kue Cucur Gula Merah - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat sp tanpa telur

Donat sp tanpa telur

Walaupun tanpa telur tapi hasilnya tetap lembut banget..dan walaupun pake tepung pro rendah ttp bisa ngembang sempurna

Pastel tanpa minyak

Pastel tanpa minyak

Bismillahirrahmanirrahim, Pekan ke 12 ( 18 April 2022) #PejuangGoldenBatikApron. Bikin pastel buat ta'jil, pastelnya gak di goreng tapi di panggang. Renyah banget tapi untuk selanjutnya jika bikin lagi lebih baik jika ditambahkan telur untuk adonan kulitnya, agar renyah tapi empuk. SemangattπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ˜‚ #PejuangGoldenBatikApron

30 buah
Bakwan kimchi

Bakwan kimchi

Unik banget ya.. kimchi dibikin bakwan Bisa untuk alternatif bikin gorengan saat berbuka Cooksnap dari @EFC_639 https://cookpad.com/id/r/15968366 #CookpadCommunity_Tangerang

14 buah
25 menit
Wajik Ketan Pandan

Wajik Ketan Pandan

PGBA_week9 Mumpung masih ada beras ketan sedikit, coba bikin wajik ah tapi pake ekstrak daun pandan dan suji biar warna ijo juga aroma nya dapet. Karna lagi males ngaron segala, dibuatlah versi cepat dan ringkas. #PejuangGoldenBatikApron #wajikketan #wajikpandan #kuetradisional #masakitusaya

45-60 menit
Sambal kacang untuk cilok/siomay

Sambal kacang untuk cilok/siomay

Cocok untuk cocolan cilok atau siomay/otak" batagor. Awal bikin iseng karena mau bikin cilok tapi malah ujungnya bikin sambelnya πŸ˜‚. Ini sambelnya dulu minggu depan siomaynya ya Source yt resep wina #pejuanggoldenbatikapron #cookpadcommunity_solo

Kue Moci Isi Kurma Keju

Kue Moci Isi Kurma Keju

Bismillahirrahmanirrahim. Minggu ini ikut meramaikan event GadogadoIndonesia dengan tema"Cemilan vaforit", saya mencoba membuat kue Moci, kue yang ngangenin karena tekstur yang kenyal dan saat digigit ada isi di dalamnya, rasa tidak terlalu manis, tekstur berselimut tepung. Moci adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Kue ini dijual dan dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko kue.Β Wikipedia Di Jawa Barat kue moci terkenal dari Sukabumi, dengan isi bermacam-macam sesuai selera. Saat ini saya mencoba membuat dengan isian Kurma dan keju. #CookpadCommunity_Bogor #CookpadCommunity_Indonesia #PejuangGoldenBatikApron #Cemilan Daerah asal:Β Jepang

relatif
90 menit
Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Kebetulan ada nasi sisa semalam, bosen juga ya di buatkan nasi goreng terus nah aku bikin cemilan enak dan praktis tinggal cemplang cemplung, goreng lgsg jadi deh di makan bersama bumbu rujak. Beneran ga berenti ngemil deh πŸ˜†πŸ˜πŸ˜ #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron

Donat empuk no mixer no telur

Donat empuk no mixer no telur

Lagi pengen makan donat dan paling suka makan donat yg masih hangat terus ditaburi gula bubuk yg dingin. Simple dan enakkkk...πŸ˜‹

Pastel Isi rogurt/sayuran

Pastel Isi rogurt/sayuran

Bismillah...Sekian lama pengen bgt bljr bikin kulit pastel😁akhirnya kesampaian juga di trial perdana kulit sukses.saya mau kulit pastel yg mulus & tanpa over minyak goreng di kulit pastelπŸ˜™caranya terigu sy combine (cek resep di bwh) .saat membuat larutan meizena,jika stok meizena kosong,anda bs gnti dgn terigu perbandingannya 1sdm terigu + 3sdm Air.monggo di recook

475gr
45 menit
Martabak Tahu

Martabak Tahu

Buka puasa selain takjil yang manis pengen juga bikin gorengan, martabak tahu rasanya enak. Bikin ga berhenti makan. #PejuangGoldenBatikApron

Donat kentang ekonomis untuk jualan

Donat kentang ekonomis untuk jualan

Aku sudah pke resep ini hampir 2 taun untuk jualan

3 porsi
3 jam
Fresh Vietnamese spring rolls

Fresh Vietnamese spring rolls

#PejuangGoldenBatikApron

Risol isi Ragout Ayam Sayur

Risol isi Ragout Ayam Sayur

Bismillah Jumat, 8 April 2022 "Yang bikin lapar mata, sebelum bedug jangan kabita !" Apa itu? Jawabannya: kudapan asin/manis dong ^^ Pertama kali makan risol ragout itu setelah menikah, buatan ibu mertua dan sy langsung suka πŸ’• akhirnya nanya lah resepnya ke ibu, tapi beliau jelaskan kalau selama ini buat sesuatu gak pernah ditimbang/ditakar.. jadi asli pakai "feeling" 🀭, saya yg minim ilmu perdapuran pun akhirnya mati gaya dan memilih mundur krn gak ada takaran pastinya (takut gagal) πŸ˜‚. Beberapa tahun kemudian, ketemulah si aplikasi ajaib penuh manfaat ini "COOKPAD". Mulailah menjelajah dan mencoba berbagai resep, Alhamdulillah amat sangat terbantu dengan adanya COOKPAD πŸ’•. Sampai skrng ibu mertua sy bilang "awal menikah kamu cuma tau sedikit tntng dapur, sekarang Alhamdulillah justru kamu lebih banyak tau dibanding saya". Bahagia rasanya ketika yg kita buat, dapat dinikmati oleh org lain terutama keluarga. Terima kasih COOKPAD telah menemani sampai sejauh ini, terus menebar manfaat yah. Lav πŸ’•πŸ’ Resep kulit risol punya @bundaei, makasih bunda πŸ™ Note: untuk bahan pelapis kulit risol, telur boleh diganti dengan campuran tepung terigu dan air sesuai kekentalan yg diinginkan, ini juga tentu lebih ekonomis yah ^^ #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron

20 pcs
Martabak Sosis Telur

Martabak Sosis Telur

Ini jajanan request dari suami, sebelumnya karena penasaran q beli MARSOTEL di penjaja pinggir jalan eh ternyata suami suka dan katanya gak puas makanya minta dibikinin sendiri,,, alhasil coba bikin sendiri dan ternyata gak cuma suami aja yang suka, sampai mertua juga suka,,,, seneng banget rasanya πŸ₯°

10 buah
Lumpia Basah

Lumpia Basah

Bismillaah Jajanan khas Bandung, udah lama ga beli ini, jadi bikin aja di rumah. Ini buat versi tidak pedas, jadi yang mau pedas pakai bon cabe aja, hihi.. Bahannya disesuaikan dengan yang tersedia di rumah Source : ibu @giacinta Makasih resepnya ya buπŸ˜πŸ™ Link resep asli https://cookpad.com/id/r/4451325 #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba #Minggu10

Rujak Cireng

Rujak Cireng

Bismillah, rasanya kepingin makan cireng bumbu rujak, yukkk kita coba membuatnyaπŸ™ŒπŸ½ #CookpadCommunity_Kalbar #MenuBerbukaPuasa

Martabak telur mini simple

Martabak telur mini simple

Selain hidangan yang manis saat berbuka puasa, martabak telur mini juga cocok ada di piring saat berbuka. Di ceplus sama rawit atau colek saus sambal udah nikmat banget, nah kebetulan Nemu resep dari Chanel https://youtu.be/5ZYjNt62LF4. Resep nya sangat mudah dan simple. #RamadanChamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #Week10 #Pais_BukaPuasa #CookpadComunity_Bandung

6 orang
1jam
Kue Apem Nasi #10

Kue Apem Nasi #10

Bismillah ... Minggu ke-10 Bulan Ramadhan saatnya menyiapkan takjil atau makanan berbuka yang lebih variatif selain kurma. Masih ada nasi berlebih sisa sahur, sayang nasi nya jadi dibuat Apem Nasi saja, makanan yang dikukus hemat minyak πŸ‘. Postingan ini sekaligus menjawab tantangan Misi Ramadhan Camp ke 5 dengan clue "Yang bikin lapar mata, sebelum bedug jangan kabita!". Jawabannya pastilah TAKJIL dan saya #TimManis dong 😍 Ini cooksnap kedua dari resepnya Mbak @nurikasari, kali ini saya buatnya 2x resep asli ya. #PejuangGoldenBatikApron #Apemnasi #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #TimManis