Cireng Isi Ikan Tongkol

Dipos pada February 2, 2022

Cireng Isi Ikan Tongkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng Isi Ikan Tongkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng Isi Ikan Tongkol yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng Isi Ikan Tongkol, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng Isi Ikan Tongkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng Isi Ikan Tongkol adalah 4 - 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cireng Isi Ikan Tongkol diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Isi Ikan Tongkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Isi Ikan Tongkol memakai 14 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#PejuangGoldenBatikApron #bukanmenudiet #camilan #mingguke11 #RamadanCamp_Misi6 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Bandung #ResepNyonyaCimit Dirumah ada Pindang Ikan tongkol, dan aku bingung mau dibuat apa. Setelah melihat tepung tapioka, akhirnya aku berinisiatif untuk membuat cireng isi ikan tongkol. Ternyata hasilnya enak banget, anak-anak juga suka sekali

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Isi Ikan Tongkol:

  1. 1/4 kg Pindang Ikan tongkol
  2. 1 buah wortel
  3. 2 siung bawang putih
  4. 2 siung bawang merah
  5. Bawang bombai
  6. Daun bawang
  7. Cabai rawit
  8. 1 sdm merica
  9. Garam
  10. Kaldu ayam
  11. 250 gr tepung tapioka
  12. 100 gr tepung terigu
  13. Air
  14. Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Isi Ikan Tongkol

1
Suir kecil-kecil 1/4 kg Pindang Ikan tongkol, sisihkan
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 1
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 1
2
Kupas dan cuci bersih, wortel, bawang putih, bawang merah, bawang bombai, cabai rawit, dan daun bawang
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 2
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 2
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 2
3
Potong-potong dadu wortel dan bawang bombai, serta iris tipis daun bawang atau sesuai selera. Sisihkan
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 3
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 3
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 3
4
Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 4
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 4
5
Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng, lalu masak bumbu cabai halus hingga harum
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 5
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 5
6
Masukkan sedikit air aduk hingga mendidih, setelah itu masukkan irisan bawang bombai dan daun bawang. Aduk kembali hingga tercampur rata
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 6
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 6
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 6
7
Masukkan Suir pindang ikan tongkol dan potongan wortel, aduk sebentar lalu masukkan 1/2 sdt garam dan sejumput kaldu ayam. Aduk kembali hingga tercampur rata, setelah itu sisihkan
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 7
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 7
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 7
8
Masukkan 250gr tepung tapioka, 100 gr tepung terigu, 1/2 sdt garam, 1 sdm merica, dan 1/2 sdm kaldu bubuk. Aduk hingga rata
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 8
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 8
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 8
9
Panaskan air secukupnya, hingga air mendidih. Setelah mendidih, masukkan sedikit demi sedikit air kedalam adonan tepung, aduk hingga adonan setengah basah
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 9
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 9
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 9
10
Bila sudah setengah basah, uleni adonan menggunakan tangan hingga tercampur merata sempurna
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 10
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 10
11
Ambil sedikit adonan, lalu pipihkan menggunakan alat pemipih adonan (Roll Pin) atau bisa juga menggunakan botol bekas, lalu cetak pada cetakan cireng
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 11
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 11
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 11
12
Masukkan Pindang Ikan Tongko secukupnya pada adonan lalu satukan kedua sisi adonan, setelah itu tekan sebentar. Jangan terlalu kuat saat menekan adonan, agar adonan tercetak sempurna. Lakukan berulang hingga adonan habis
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 12
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 12
13
Siapkan minyak panas, goreng cireng dengan api sedang hingga berwarna kuning keemasan.
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 13
Cireng Isi Ikan Tongkol - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu isi bakso ayam

Tahu isi bakso ayam

#PejuangGoldenBatikApron

Tahu bulat crispy

Tahu bulat crispy

Ceritanya bikin menu lauk tahu yang simpel tapi enak... :-)

3 porsi
15 menit
Kue Koci

Kue Koci

Bismillah.... Assalamu'alaikum.... Marhaban ya romadhon....🙏 Kue koci merupakan salah satu jajanan tradisional dari beragam jajanan yang sering dijumpai. Sebutan untuk kue ini pun berbeda-beda, karena di daerah lain disebut bugis, di Jepara (Jawa Tengah) disebut poci, ada juga yang menyebutnya kue koci... Kue ini bisa juga loh wat takjil...krna rasanya yang maniisss....dengan teksturnya yg legit.....😉😉 Walopun sebenarnya Kue koci ini biasa ada low pas ada hajatan aja.... Kebetulan punya sisa unti pas bikin sunflower pao...ada stok tepung ketan juga... Nah kaaannn.....pas bangeetttt sa bkim kue koci... Daun pisang tinggal petik aja disamping rumah.... Source : Lilis_DapoerTara https://cookpad.com/id/r/15803823 #RamadanCamp_misi5 #semangcook_Asinmanis #semangcookHokyaHokye #cookpadCommunity_semarang #ceritaDapurHaariIni #pejuangGoldenBatikApron

Tahu Isi ala DCost

Tahu Isi ala DCost

Sudah lama banget gak makan di DCost, kangen tahu isinya. Entah masih ada atau gak menu tahu isi ini. Tapi setiap bikin tahu isi dengan isian udang dan jamur kuping seperti ini, aku menamakannya tahu isi DCost. Tahu Isi ini isinya terinspirasi dari tahu isinya D'Cost. Wortel, jamur kuping, daun bawang, baso, dan udang (di D'Cost isinya cumi). Enaak.. Tahunya bisa pakai tahu pong, atau tahu bandung yang digoreng dulu sampai berkulit. Yuuk cobain.... #mbantuk_lauksayur #idemasak #CookpadCommunity_Bandung

Cireng nasi

Cireng nasi

Camilan ga pake ribet ya cireng nasi ini,, tinggal cemplung cemplung wess jadi dehh.. 😉 #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #PejuangGoldenBatikApron

20 biji
35 menit
Sempol Wortel

Sempol Wortel

Cocok bun ini sebagai cemilan buka puasa. Sempolnya dipenuhi sayuran bun

20 - 23 pcs
40 mnt
Spaghetti spring roll

Spaghetti spring roll

Anak2 suka makan yang asin2 untuk ifthar, tapi suka bingung masak apa, nah sejak ada cookpad, saya tinggal search aja di cookpad Masak jadi mudah Cooksnap dari ‎@tehitaa https://cookpad.com/id/r/14195156 #CookpadCommunity_Tangerang #TimAsin #CocomtangPost_IniTakjilku #CeritaDapurHariIni #RamadhanCamp_Misi5

Kue pisang no tepung no minyak no gula

Kue pisang no tepung no minyak no gula

Meskipun sedang mengurangi carbo tapi masih bisa lho ngemil2 dan pastinya enak kok. Buat yang diet atau penderita diabet bisa ya bund konsumsi ini. Olahan kue simple bahan mudah didapat dan tetap enak ya serta yang terpenting adalah sehat. Kalo sedang diet makan kue ini ngga terlalu merasa berdosa banget makannya hehe. Ok pisang yang saya gunakan bisa ambon sebenernya pisang aapun boleh kok tapi beberapa pisang kurang mengekuarkan aroma ya.

Kue Keranjang Vla Santan Endesss

Kue Keranjang Vla Santan Endesss

Dalam rangka bersihin draft. Kuy langsung aja resepnya,, semoga bermanfaat yaa gaesss ! #devidirgaa_real #devidirgaa_endesss #cookpadcommunity #cookpadcommunity_jakartaselatan #cookpadindonesia #devidirgaa2022

8 porsi
30 menit
Martabak Telur Irit Cukup 1 Telur untuk Isian dan Kulit 😅

Martabak Telur Irit Cukup 1 Telur untuk Isian dan Kulit 😅

Buka puasa sendirian dirumah Minggu 03 April 2022. 2 hari si abang sayur libuar awal puasa. Yah nasib kalo blanja ngandelin si babang . Elah 2 2 nya libur. Alhamdulillah masih ada 1 bt Telur dan Daun Bawang. Jadilah martabak . Tp tetep yus 😆 efek perut laperrr. #CookpadCommunity_Yogyakarta #KopijosRamadhan #Selaluistimewa #PejuangGoldenBatikApron #Minggu #PakeMaskerSelalu

6 bh
Cilok Freezy Sambal Bawang

Cilok Freezy Sambal Bawang

Frozen Food? Aku suka bikin cilok atau pentol tahu. Karena menghangatkannya tanpa minyak. Hehehe #PejuangGoldenBatikApron #Week9 #RamadanCamp_Misi4

4 orang
1 jam
Corndog roti tawar isi sosis

Corndog roti tawar isi sosis

Bismillah,, memberdayakan sisa roti tawar yang tinggal 3 lembar niat awal mau bikin puding eh tanggung cuma 3 lembar jadi dibikin corndog aja yang super gampil bikinnya dan cepet juga, cocok buat takjil anak berbuka puasa #GoDainRamSay_3 #GoDaPaders_2022 #GoDaRamadhan #KomunitasPaders #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenBatikApron #KopiJosRamadan

719. Cireng Nasi Bumbu Rujak

719. Cireng Nasi Bumbu Rujak

Punya nasi yang banyak di rumah Jangan bingung yuk dibuat cireng aja Praktis buatnya dan simple Kalau ingin teksturnya lembut bisa diblender ya Punya saya ini tanpa blender #CirengNasiKobe #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Balikpapan #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Borneo #KulaEtamCoCoK #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron #Bunnabelajarmasak #resepalaBunna💜 #alaBunna💜

Kue gabin tape

Kue gabin tape

Pakai bahan yg seadanya dirumah aja

5 porsi
30menit
Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bakwan Mix Sayuran Daun Kucai

Bismillahirrahmanirrahim Belum move on dari gorengan🤭 menu berbuka hari ini dengan bakwan sayuran, si gorengan sederhana yang melegenda, bedanya hanya terletak pada kombinasi sayurannya saja. Kali ini saya gunakan wortel, baby labu siam dan daun kucai s bagai kombinasi sayurannya sedangkan tepungnya saya mix tepung terigu dengan Kobe tepung tempe, sengaja gak pake tepung bakwan karena pingin tahu gimana hasil akhirnya. Dan ternyata alhamdulillah.... Kriuk dan gurih. #PejuangGoldenBatikApron #IdeMasak #CookpadCommunity_SumUt #MasakItuIndahDanIbadah

Wajik Bihun Pandan

Wajik Bihun Pandan

Sebagai penggemar bihun, sudah lama ingin coba buat wajik bihun. Minggu ini ada posbar bareng cooksnap teman di regional Jakarta. Kali ini giliran Mba Arni, pas bener ada resep wajik bihun langsung lah di cooksnap. Hasilnya enak lho ...lembut ... Cuma karena ga sabaran, masih agak panas sudah saya potong, makanya jadi tak rapih deh... #MRT_Arni #PejuangGoldenBatikApron #CookPadCommunity_Jakarta Sumber : @cook_10136803