Bakwan Kuah Bangka

Dipos pada February 2, 2022

Bakwan Kuah Bangka

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakwan Kuah Bangka yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakwan Kuah Bangka yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakwan Kuah Bangka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakwan Kuah Bangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakwan Kuah Bangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan Kuah Bangka memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya ikut meramaikan posbar #komunitaspders pada Rabu ini, dengan tema Takjil Non Gorengan. Wah kebetulan banget saya abis mengolah makanan berkuah yang pastinya cocok sebagai takjil. Tapi kalau dibaca dari judulnya pasti mikirnya ini gorengan yang disiram kuah kan? Eits jangan salah, ini salah satu makanan Khas Bangka Belitung. Si empunya resep, mbak @adelia_260486 memang berdomisili disana jadi original ya. Kalau dilihat dari bahannya sama seperti Tekwan ya, hanya bedanya kuah disini tidak mengandung kaldu udang dan tidak pakai printilan Tekwan juga. Tapi rasanya tetap enak. Terimakasih inspirasinya ya mbak Adel πŸ™ Yang penasaran, yuk ikutan cooksnap... Source : πŸ‘‰πŸ» @adelia_260486 https://cookpad.com/id/r/15918666 #PejuangGoldenBatikApron #GoDaInRamSay_2 #GodaPaders_2022 #GodaRamadhan #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #Rabu_13422 #MingguKe_11 #IdeMasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakwan Kuah Bangka:

  1. πŸ”– Bahan Pentol :
  2. 500 gram ikan giling (saya pakai ikan gabus)
  3. 250 ml air es
  4. Β± 300 gram tepung tapioka (saya pakai sagu tani)
  5. 1 sdm garam halus
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. πŸ”– Bahan Kuah :
  8. 5 siung bawang merah
  9. 5 siung bawang putih
  10. 1500 ml air (= 1,5 liter air)
  11. 1 sdt garam halus, asin sesuai selera
  12. 1 sdt lada bubuk
  13. πŸ”– Pelengkap :
  14. Kecap asin
  15. Kecap manis
  16. Irisan daun bawang
  17. Irisan daun seledri
  18. Sambal cabe rawit

Langkah-langkah untuk membuat Bakwan Kuah Bangka

1
Pertama kita buat pentolnya dulu. Campurkan ikan giling, garam, kaldu bubuk dan air es sambil diaduk rata. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Bakwan Kuah Bangka - Step 1
2
Panaskan air sampai mendidih. Bulat-bulatkan pentol pakai sendok makan dan cemplungkan setengah ukuran sendok makan ke dalam air mendidih tersebut sampai mengapung. Setelah mengapung angkat dan tiriskan. Lakukan sampai adonan habis. (Seperti membuat pentol tekwan ya)
Bakwan Kuah Bangka - Step 2
Bakwan Kuah Bangka - Step 2
Bakwan Kuah Bangka - Step 2
3
Kemudian buat kuahnya. Didihkan air. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Lalu tumis bumbu hingga harum, masukkan ke dalam air mendidih. Tambahkan lada, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata. Tes rasa.
Bakwan Kuah Bangka - Step 3
Bakwan Kuah Bangka - Step 3
Bakwan Kuah Bangka - Step 3
4
Setelah rasa pas, masukkan pentol secukupnya tadi ke dalam kuah. Aduk rata. Tas rasa. Matikan kompor. Tambahkan daun bawang dan daun seledri.
Bakwan Kuah Bangka - Step 4
Bakwan Kuah Bangka - Step 4
5
Sajikan dengan sambal cabe rawit.
Bakwan Kuah Bangka - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat Kentang Empuk

Donat Kentang Empuk

Asal dari resep bu guru cooking anak2 waktu praktek cooking class. πŸ₯°

Tahu Gunting / Tahu Isi / Gehu

Tahu Gunting / Tahu Isi / Gehu

Coba bikin gorengan tahu ini karena kalau bikin sendiri, isiannya bisa semena-mena banyaknya πŸ˜„ Source: blogspot Mba Diah Didi.

Kue Lapis Teratai Pandan (tepung beras)

Kue Lapis Teratai Pandan (tepung beras)

Salah satu jajanan tradisional kesukaan dd Resta. Klo beli kadang ngga cukup cuma 1 pcs πŸ₯΄πŸ₯΄. Daripada begitu..mending bikin sendiri, jd bisa makan lebih puas. Source : mb Dhian @ge_aja_simple Saya bikin setengah resep aja.. Resep asli bisa ceki di sini ya πŸ‘‡: https://cookpad.com/id/r/14336290 #pejuangGoldenBatikApron #cookpadCommunity_Solo #LapisPandan #LapistepungBeras #MasakAlaWanda #mingguke11

10 pcs
1 jam
Siomay Goreng Dos

Siomay Goreng Dos

Emang bisa bikin siomay tanpa ikan tanpa daging²an? Bisa dwoong...bikin siomay goreng dos aja, siomay ikinimis tanpa ikan... Rasanya lumayan kok, gak kalah sama siomay yang pake ikan 😊

Cireng simpel

Cireng simpel

Hujan bawaan laper terus, Ada sisa sambal ayam bakar kemaren, mending dicocol cireng aja. Waktu numpah air panas ke tepung tapioka cukup sampai tercampur rata, tidak perlu kalis, supaya ada kriuk luarnya. #PejuangGoldenBatikApron #week9 #IdeMasak

2 orang
30 menit
Kue Lumpur Pandan

Kue Lumpur Pandan

Baru kali ini nyobain yang namanya kue lumpur, karena ada pesanan akhirnya mencoba bikin sendiri...πŸ˜„πŸ˜„ Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan... Resep ini saya ambil punya mbak @Leya_pan22 Saya nyoba setengahnya dulu sebelum bikin banyak...biar tau teksturnya kaya apa... dalam resep seharusnya ada margarin, tapi saya lupa 😁 #IdeMasak #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Malang #CookpadIndonesia #Week_10

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Menjawab pertanyaan mamah cookpad tentang kuker yang tidak biasa. Terpesona dan terinspirasi dengan bentuk yg unyu di IG Ayoe_windya83. Akhirnya saat gabut bebikin ini..untung cuma bikin separuh resep... capeeekkk njelimettt euuyyyy 😭😭 Walau sudah dibantu kk Viola... mana di doi protes... πŸ‘§ : maa..kog cm bikin dikit sih... nanggung maah... mana enak ini... pantesan yaa.. klo bikin kuker versi karakter pasti hrg nya mahal.. πŸ‘© : Yeeee... kmu mah cm bantu beberapa biji... mama yg ngerjain smua nya πŸ₯΄πŸ™ƒπŸ™ƒ Pengen nya bikin bentuk πŸ¦”πŸ¦” tp ntah itu bentuk absurb... antara kaya tikus tp matanya kog melotot 🀣🀣.. mana ada yg mbleber coklatnya belang blonteng.. sesuatuuu bingittt pokok nya... Tp seru aja sih...walau ngga ikut lebaran... tp ingin bisa merasakan suasana lebaran dirmh ajah... Resep asli bisa di cek di : https://cookpad.com/id/r/16148729 #RamadanCamp_Misi7 #timloKuker_coryrahmaniah #cookpadcommunity_Solo #PejuangGoldenBatikApron #kukerlandak #masakalaWanda #mingguke12

Martabak mie

Martabak mie

Cocok banget buat yg suka gorengan saat buka puasa, Yg penting ada cocolan petis dan cabe ijo / cabe lalapnya, gk bakalan bosen dg martabak mie ini,,,,

25 bj
Telur Gulung Sosis

Telur Gulung Sosis

Jangan bosan2 untuk slalu belajar dan belajar, kali ini saya buat olahan sosis yg simple #semangcook_sahurbareng #cookpadcommunity_semarang #RamadanCamp_misi6 #PejuangGoldenBatikApron

2-3 orang
15 menit
Kue Kacang Jadul

Kue Kacang Jadul

Isi toples berikutnya #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

2 toples 500 gr
3 jam
Rose flower Cookies (Kue Semprit keju)

Rose flower Cookies (Kue Semprit keju)

Β kue semprit.. merupakan kue dengan bentuk yang cantik, kue ini juga bisa dibuat menjadi beberapa varian rasa. Kue semprit cocok dijadikan hidangan atau sajian di saat hari raya lebaran. Memeriahkan semarak clover pekan ini...dengan membentuk mawar dalam kue semprit menambah campur dengan keju di dalam nya...membuat cookies ini bgt lumer dimulut..yuk cobain #RamadanCloverXMEGCheese #SemarakKukerMegCheese #KukerBarengMEGCheese #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_surabaya #PejuangGoldenBatikApron #PutriChristian

#144 Pastel Isi Mie

#144 Pastel Isi Mie

Bismillah, menu takjil hari ini adalah Pastel isi mie. Simpel bikinnya dan isiannya juga ga ribet. #menuberbuka #PejuangGoldenBatikApron #puasa #pastel

Adonan bakwan stok di kulkas

Adonan bakwan stok di kulkas

Selama bulan puasa banyakin bikin stok makanan yang siap pakai.. kayak adonan bakwan ini, klo mau disajikan tinggal digoreng Semua pasti udah jago bikin bakwan πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

7-8 orang
15 menit
Martabak telur abang-abang

Martabak telur abang-abang

Source : @fitrisasmaya

KuCang (Kue Kacang)

KuCang (Kue Kacang)

Mendekati LEBARan nih gaaeess.. udh bikin cookies apa nih?? Bikin apa beli? Bikin doooongg... masa beli 🀭 Selama ada aplikasi cookpad, ga ada yang ga mungkin dibikin kaaaann.. semua bisa dan banyak pilihan. Punya stock kacang yang sudah di blend, jadiii deh bikin kucang kesukaan suamikk.. Dan ini ennaaaaakkkk bgt!!! Sumpah dah 🀭 Yuk marriii di recook zheyeennkk 😘😘

1.254 gram
120 menit
Cireng Nasi Bumbu Rujak

Cireng Nasi Bumbu Rujak

Bismillah.. 23-03-2022. Untuk pertama kalinya bikin cireng. Padahal dari kemaren2 dulu pingin buat cemilan yg satu ni nga kesampaian. Akhirnya hari ni gol juga bikin cireng, yeeeahπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Cemilan sehat πŸ₯° #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #CirengNasiKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Aceh #ResepDapurYusraSfa #PejuangGoldenBatikApron

Cireng nasi bumbu rujak

Cireng nasi bumbu rujak

Ada nasi sisa semalam, jangan dibuang atau cuma dibuat nasi goreng. Kali ini dibikin cemilan enak, gurih, dan crispy. Simpel bikinnya, cepat lagi cuma aduk trus goreng. Penasaran, yuk dicoba. Sumber : @DapurKobe #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobe #RecookSeruKobe #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia #PejuangGoldenBatikApron #GBAweek10

Bakwan Jagung Kriuk

Bakwan Jagung Kriuk

4 orang
30 menit
Cireng Nasi Bumbu Putih

Cireng Nasi Bumbu Putih

Assalamualaikum MET malam.. Bikin camilan yukk. momies semua suka bingung gak sih . Kalo nasi di magicom suka ga habis Di buat nasgor terus bosen. Akhirnya harus pilih pilih ide biar bisa jadi camilan sekeluarga Kali ini aku mau bikin cireng nasi aja. Dimana cireng kali ini aku mau bikin pake bumbu putih nih Aku punya tepung bumbu putih dari salah satu brand.udah lama ga pernah aku buat. Tapi entah kenapa aku pengen banget ngemil. Akhirnya bikin aja deh cireng nasi. Cireng adalah makananlkhas Jawa barat yang berasal dari kata Aci di goreng Karena berhubung nasi dirumah ma.sih banyak. Jadi cirengnya kita tambah nasi Biar ngemil tapi bisa kenyang ya khan. Tepung bumbu putih ini dibuat dengan butiran tepung kristal yang membuat hasil lapisan jadi lebih krispi dan lebih tebal. Selain itu membuat cireng jadi lebih krispi dan renyah loh . Enaknya tepung ini nih udah Gluten Free. Jadi rada aman ya karena tanpa bahan pe gawet dan pewarna. Oke langsung aja ke recipe #PejuangGoldenBatikApron #TepungKobe #CirengNasiKobe #MendoanGulungKobe #TelurDadarCrispyKobe #SupJagungKobe #BolaDagingSausTiramKobe #KeripikTempeKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Semarang #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis