Martabak

Dipos pada February 10, 2022

Martabak

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak adalah 3 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak memakai 21 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena yg manis sudah jadi kenangan, so...kita bikin yg asin gurih aja untuk mengenang rasa yg telah ditinggal kan😃.. upss .. bukan... Tapi untuk menu takjil hari ini. Sejak kenal cookpad masak jadi semakin mudah, bahan2 yg kadang sudah hampir terabaikan atau pas2an pun sekarang bisa menjadi hidangan yg enak, cantik, sehat dan menggugah selera. Alhamdulillah.. #PejuangGoldenBatikApron Week10 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #IdeMasak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak:

  1. Bahan kulit:
  2. 125 gram tepung terigu
  3. 2 sdm minyak goreng
  4. 1/4 sdt garam
  5. ± 60 ml air
  6. Minyak untuk merendam adonan (sesuaikan)
  7. Minyak untuk menggoreng
  8. Isian:
  9. 60 gram daging(berat sudah direbus)
  10. 3 butir telur
  11. 75 gram daun kol
  12. 1 ikat daun bawang
  13. 3 sdm bumbu kari
  14. secukupnya Garam, gula dan kaldu bubuk
  15. Acar:
  16. 1 buah mentimun ukuran sedang
  17. 1 sdm cuka makan
  18. 5 sdm air matang
  19. 1 sdm gula pasir
  20. 1/4 sdt garam
  21. secukupnya Cabe rawit hijau

Langkah-langkah untuk membuat Martabak

1
Buat kulit: Campur tepung, garam dan minyak. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil di ulen sampai rata. Istirahat kan 15 menit. Setelah 15 menit bagi adonan. Saya ±60 gram dapat 3 biji. Bulat kan adonan lalu rendam dalam minyak minimal 1 jam. Saya selama 3 jam
Martabak - Step 1
Martabak - Step 1
Martabak - Step 1
2
Buat acar: Cuci timun lalu kupas. Belah dan buang bijinya. Potong dadu kecil. Larut kan 1 sdm cuka dengan 5 sdm air matang. Beri gula dan garam aduk sampai larut. Tambahkan potongan timun dan cabe rawit. Aduk rata.sisihkan. Simpan di lemari es lebih enak
Martabak - Step 2
Martabak - Step 2
Martabak - Step 2
3
Buat isian: Potong daging bentuk dadu kecil. Masak daging bersama bumbu kari sampai set, jangan lupa tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Rasa agak asin ya karena akan dicampur dengan sayuran dan telur.Sisihkan. Punya saya daging nya sudah empuk jdi memasak nya tidak lama.
Martabak - Step 3
Martabak - Step 3
Martabak - Step 3
4
Iris daun bawang dan cincang kasar daun kol. Kocok telur dengan garpu. Tambahkan daging, daun bawang dan kol aduk rata
Martabak - Step 4
Martabak - Step 4
Martabak - Step 4
5
Panas kan wajan. Beri sedikit minyak. Sambil tipis kan adonan kulit. Saya ga bisa banting 😁 jadi pipih kan dengan tangan saja. Setelah tipis bentang kan kedalam wajan, beri isian lalu lipat bagian sisi nya. Goreng dengan api kecil sampai matang lalu balik sisi sebelah nya. Setelah matang angkat dan tiriskan. potong-potong sajikan hangat dengan acar nya
Martabak - Step 5
Martabak - Step 5
Martabak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Chicken Spring Rolls

Chicken Spring Rolls

Makanan WAJIB setiap buka puasa, resep turun temurun dari nenek saya...kulitnya super garing, dengan isian daging ayam & bengkoang yang padat...rasanya gurih & renyah 😋😋

20 buah
30 menit
Tahu Isi Bihun Sayur

Tahu Isi Bihun Sayur

Bismillah... Gorengan favorit setelah pisgor,bakwan dan gorengan yang lainnya 🤭 Bikin dikit krn menyesuaikan stok yg ada.Untuk adonan pencelupnya tepung bumbu dan airnya di kira2 saja ya moms,konsistensinya sedang gak terlalu kental ataupun encer,airnya bisa pakai air biasa,kalau pakai air es hasilnya lebih crunchy. #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke12 #IdeMasak #IdeMasakSetiapHari

8 buah
Lumpia Isi Mie Goreng

Lumpia Isi Mie Goreng

Tim asin mana nih suaranya 😁 Nah..kali ini lumpia isi mie goreng bisa jadi salah satu kudapan untuk berbuka puasa temen². #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #Pais_BukaPuasa #CookpadCommunity_Bandung #PejuangGoldenBatikApron

Kue Jungkir Balik

Kue Jungkir Balik

Ramadhan begini jd inget kue2 dikampung halaman..ini salah satu favorit saya..manis legit lembut rasanya..bahannya sederhana,gak ribet bikinnya.

5-8 orang
1 jam
Martabak isi orak arik (ayam buncis wortel)

Martabak isi orak arik (ayam buncis wortel)

Kalo bulan Ramadan tiba,banyak sekali warung jajanan pasar(takjil)atau tenongan di pinggir jln deket rumah saya tinggal,jajanan yg disajikan beragam,dari yg asin,manis juga pedes,dari aneka goreng"an,sate"an,kue"an juga nasi bungkus siap saji,yg pasti bikin ngiler,salah satu takjil yg bikin saya ngiler adalah martabak goreng,tapi kali ini saya mau bikin sendiri,kebetulan dirumah ada isinya,masakan sisa sahur semlm,dimanfaati aj🤭 #pejuanggodenbatikapron #emaknusantarakreatif #GA_TakjilRamadan #Semarak_GATakjilRamadan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_solo #RamadanCamp_misi5

15biji
1jam
Kue kering

Kue kering

Pertama kali nemu resep ini tu seneng banget, karena 1 resep bisa jadi beberapa kue kering. Bisa jadi nastar, putri salju, coklat stik, bola coklat, kastengel, dan semprit. Aku dapet resep ini dari Youtubenya CR COOk

7 porsi
1 jam 30 menit
Bakwan Sayur (Gurih dan Renyah) Part II

Bakwan Sayur (Gurih dan Renyah) Part II

Rabu, 23-Maret-2022 Selalu ada drama dibalik pembuatannya, ceritanya mau buat bakwan Cetak. Tp blm punya cetakannya, pakelah centong yg ada pranti nyaur santen/berkuah. Baru tau kalau centong yg digunakan harus baru/tidak boleh dicampur dengan centong untuk masak sayur krn nantinya akan Lengket. Jadi saat itu aq pakai centong/irus yg ada, memang agak susah lepas. Harus dibantu dengan sutil untuk mengeluarkannya😁 Bakwan resep ini aq dapat dari YouTube dgn berbagai Modifikasi. Rasa bakwan kriuk sekali dan Garing🤤 *Tips: Jika ingin menggunakan cetakan, gunakan irus baru dan tidak boleh dicampur untuk memasak yg lain, agar tidak lengket. *Sebelum penggunaan, Rendam irus dalam Minyak Panas sekitar 10 menit. *Goreng dalam Minyak Banyak, Agar Bakwan mudah lepas. *Saat menggoreng, sicentong beri sedikit minyak lalu beri adonan dan digoyang² maka akan lepas dengan sendirinya. Selamat Mencoba🤗 #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_Id #PejuangGoldenBatikApron #HannaHani_Cookies #Week_08

Flexible
Pastel kampung

Pastel kampung

Waktu saya kecil, Mama saya selalu beli pastel ini diwarung tetangga setiap sore saat Ramadhan, rasanya khas dengan isi bihun. Sederhana tapi sangat membekas dalam ingatan.

Pastel Isi Abon

Pastel Isi Abon

Bismillahirrahmanirrahim..... 10 Ramadhan 1443 H Cemilan murah meriah tapi rasanya enak banget, cemilan favorite hubby, kalau sudah bikin ini...bakalan ndak berhenti ngunyah, tapi juga paling rajin dan paling rapi kalau bantu bikinnya 😁 makanya kalau mau bikin, saya selalu tanya hubby dulu, kalau pas beliau tidak sibuk baru bikin 😍 Kali ini resepnya saya tambahin tapioka, jadinya super renyah, ndak nyesel deh dengan rasa dan teksturnya....ini beneran loh, dengan penambahan tapioka rasanya lebih renyah di banding kalau full terigu aja..... Yuuuk di coba 💕 . . . . #MasakanBundaPashalenko #KueKering #PastelIsiAbon #PastelMini #PastelKering #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Kue Bawang

Kue Bawang

Camilan khas minang yang sering ada di saat lebaran

2 toples
2 Jam
Martabak sayur camilan berbuka

Martabak sayur camilan berbuka

Paling seneng makan martabak. Bisa habis banyak apalagi kalau dicocol dengan saus sambal.....waow....mantap....enaknyaaa...nah pas puasa lagi kebayang2 sama martabak jadi buat sendiri deh. Bisa jadi ide jualan juga yah Moms.

6 orang
30 menit
Bakwan Kuah Bangka

Bakwan Kuah Bangka

Ceritanya ikut meramaikan posbar #komunitaspders pada Rabu ini, dengan tema Takjil Non Gorengan. Wah kebetulan banget saya abis mengolah makanan berkuah yang pastinya cocok sebagai takjil. Tapi kalau dibaca dari judulnya pasti mikirnya ini gorengan yang disiram kuah kan? Eits jangan salah, ini salah satu makanan Khas Bangka Belitung. Si empunya resep, mbak @adelia_260486 memang berdomisili disana jadi original ya. Kalau dilihat dari bahannya sama seperti Tekwan ya, hanya bedanya kuah disini tidak mengandung kaldu udang dan tidak pakai printilan Tekwan juga. Tapi rasanya tetap enak. Terimakasih inspirasinya ya mbak Adel 🙏 Yang penasaran, yuk ikutan cooksnap... Source : 👉🏻 @adelia_260486 https://cookpad.com/id/r/15918666 #PejuangGoldenBatikApron #GoDaInRamSay_2 #GodaPaders_2022 #GodaRamadhan #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpadcommunity_palembang #Rabu_13422 #MingguKe_11 #IdeMasak

Pancake labu kurma snack MPASI

Pancake labu kurma snack MPASI

Ada labu belum tersentuh, saatnya buat cemilan mpasi

2 org
30 menit
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Berawal dari mager dan pengen ngemil, jadilah bakwan ini..

6 buah
20 menit
Bakwan rebon basah tanpa bawang putih

Bakwan rebon basah tanpa bawang putih

Hamil muda gak bisa nyium nyium bau bawang putih plus makannya, jadilah bakwan tanpa bawang.... Tetep maknyus kok.

1 piring
1 jam
Corndog roti tawar isi sosis

Corndog roti tawar isi sosis

Bismillah,, memberdayakan sisa roti tawar yang tinggal 3 lembar niat awal mau bikin puding eh tanggung cuma 3 lembar jadi dibikin corndog aja yang super gampil bikinnya dan cepet juga, cocok buat takjil anak berbuka puasa #GoDainRamSay_3 #GoDaPaders_2022 #GoDaRamadhan #KomunitasPaders #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Yogyakarta #PejuangGoldenBatikApron #KopiJosRamadan

Donat pisang Ambon

Donat pisang Ambon

Ada pisang Ambon yg sudah kematengan, daripada kebuang atau di buat bolu terus.. akhirnya nyobain di bikin donat deh

13 pcs
-+ 1 jam