Martabak Telur Ala Abang Abang

Dipos pada February 6, 2022

Martabak Telur Ala Abang Abang

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Telur Ala Abang Abang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Telur Ala Abang Abang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Telur Ala Abang Abang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Telur Ala Abang Abang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Telur Ala Abang Abang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Telur Ala Abang Abang memakai 25 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah, 22 Maret 22 Minggu 8 Golden Batik Apron Chalenge Source: @fitrisasmaya Jajanan yang bisa ditemui sore sampai malam, kalau pengennya siang ya musti nunggu sore 🀭 Yeay akhirnya bisa juga bikin martabak telur, aseli ga pernah kebayang kalo aku bisa buat jajanan ini, proud of me πŸ‘πŸ‘πŸ€­ (sekali kali ngasi apresiasi buat diri sendiri boleh lah ya ) Nyoba buat martabak manis uda lumayan lama tapi berani buat bikin martabak telur baru kali ini, karena dari beberapa resep yang dibaca sepertinya prosesnya jelimet, ternyata oh ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Yuks bikin 😘 #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Telur Ala Abang Abang:

  1. Kulit :
  2. 125 g tepung terigu protein tinggi
  3. 1/4 sdt garam
  4. 1.5 sdm minyak goreng
  5. 70 ml air (me: 60 ml)
  6. Rendaman :
  7. 400 ml minyak goreng (sampai adonan kulit terendam semuanya)
  8. Bahan Isi :
  9. 150 g daging sapi giling (me: 225 g kornet)
  10. 3 siung bawang putih cincang
  11. 1/2 buah bawang bombai cincang
  12. Sesuai selera gula (me: skip)
  13. Sesuai selera garam (sejumput)
  14. Sesuai selera kaldu bubuk (me : 1/4 sdt)
  15. 5 batang daun bawang (me: 1 batang 😬) potong potong
  16. 5 butir telur ayam
  17. 1/2-3/4 sdt kari (me: skip)
  18. Secukupnya margarin untuk menumis
  19. Acar
  20. Sesuai selera bawang merah
  21. Sesuai selera rawit
  22. 1 sdm cuka makan
  23. Secukupnya air
  24. 1 sdm gula, ses selera
  25. 1 sdt garam, ses selera

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Telur Ala Abang Abang

1
Kulit: campurkan semua bahan kulit, uleni sampai kalis, air hanya menggunakan 60 ml, adonan lebih mudah dibentuk ga sobek sobek
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 1
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 1
2
Bagi adonan menjadi 4 bagian masing masing sekitar 50-52 gram. Bulatkan lalu rendam dalam minyak goreng sampai menutupi permukaan adonan. Diamkan -+ 1 sampai 2 Jam (makin lama makin lentur)
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 2
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 2
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 2
3
Isi: panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai sampai harum, tambahkan kornet, masak sampai matang, biarkan dingin, sisihkan. Masukkan tumisan kornet ke dalam wadah, tambahkan kocokan telur, daun bawang, gula, garam, bubuk kari dan kaldu bubuk. Aduk rata
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 3
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 3
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 3
4
Setelah dua jam, ambil satu buah adonan, Gilas dengan rolling pin sampai lebar (tipis ga mudah sobek). Panaskan teflon yang telah diberi minyak, kecilkan api di kompor bentangkan kulit martabak di atas teflon, tuang secukupnya tumisan daging dan telur kocok, lipat, lalu naikkan api menjadi sedang. Goreng sampai permukaannya kecoklatan
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 4
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 4
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 4
5
Lalu balik, goreng lagi sampai kedua permukaan kecoklatan. Angkat, Tiriskan, potong potong dan sajikan dengan acar
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 5
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 5
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 5
6
Acar : potong potong bawang merah dan cuci bersih rawit. Dalam wadah tuang cuka tambahkan garam dan gula, aduk rata, koreksi rasa. Masukkan rawit dan potongan bawang merah. Siap disajikan atau didiamkan sebentar sampai bawang dan rawit layu,
Martabak Telur Ala Abang Abang - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bala bala (Bakwan Sayur Toge)

Bala bala (Bakwan Sayur Toge)

Assalamu'alaikum. Neh makanan pas banget buat teman berbuka, di tempat saya bilangnya bakwan tapi ada juga sech yang bilang bala bala. Bikinnya tipis aza ya biar terasa kriyuk2 nya😁😁😁 #TimAsin #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel

Risol Isi Sayur dan Telur

Risol Isi Sayur dan Telur

Kesukaan dirumah...tetep ya berbuka dengan gorengan.Porsinya aja yang gak sebanyak biasanya πŸ˜…πŸ˜… semenjak minyak mehong #Kopijos #KopijosRamadan #PejuangGoldenBatikApron

24 pcs
1 30 menit
Bumbu kacang serbaguna (siomay,cilok,batagor,tahu siksa

Bumbu kacang serbaguna (siomay,cilok,batagor,tahu siksa

Minggu ini waktu nya cookies , bumbu kacang serbaguna ini resep nya dari mba Hayati @MamaBirru ,sangat terinspirasi krn punya kacang tanah yg udah lama mendem akhirnya menjadi bumbu yg serbaguna #Cookies_Hayati #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenBatikApron

Kue Temu Kunci

Kue Temu Kunci

Resep dari acil, sering gk sesuai ekspetasi klo bikin krna suka eksperimen nambah atau ngurang2i takaranπŸ˜‚ Btw, ini adonannya udh bener loh. Tp ngebentuknya aja yg masih ancurπŸ˜…. Mohon dimaklumi bundaπŸ™

Martabak kulit pangsit isi mie & sosis

Martabak kulit pangsit isi mie & sosis

Asal resep buatan sendiri,dan cemilan ini berasal dari negara india,yaitu salah satu jajanan tradisional India,dan yg paling enk nya dari martabak pangsit ini selain jadi cemilan juga bisa buat lauk lho...malah tambah endul/enk lho..mom's, kuy selamat mencobaπŸ˜‡

5 orang
25 menit
Donat Pisang

Donat Pisang

β€’ 10-04-2022 β€’ *minggu ke-10 #PejuangGoldenBatikApron Ada pisang yang udah kematengan, dibikin bolu udah pernah, olahan lain yg memang berbahan dasar pisang juga udah pernah. Bikin yang anti mainstream aja, donat ditambahin pisang. Jadinya nanti donat ada rasa pisangnya. Keponakan saya yang masih balita yang memang suka sekali dengan donat, suka juga dengan donat pisang ini. Lebih enak kasih topping gula donat aja, kalau pakai meises menurut saya terlalu eneq. Kebetulan gak ada gula donat, jadi ya hias pakai meises aja dah supaya pas difoto, gak gundul donatnya πŸ˜… Setelah cukup terbantu dengan penggunaan mixer, tanpa harus ngulen dengan kekuatan hulk πŸ˜‚ akhirnya kalau mau membuat donat udah gak ragu2 lagi. Dulu kalau mau bikin donat yang diulen lagi itu maju mundur males πŸ˜… Source : mba @fitrisasmaya #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Surabaya

Risol Mayo

Risol Mayo

Uda dari lama pengen makan risol mayo cuman kalo beli kok boros yaa. Jadinyaa trial bikin deh, Nah aku suka tipe risol mayo yg gendud2, mayo nya ada manis2 nya dan lumermer. Disini aku pakai sosis kualitas bagus ya jadi makin enaaaqq si risolnya πŸ˜‹ #PekanPosbar #IdeMasak #IdeTakjilDariMamah #CeritaDapurHariIni #RamadanCamp_Misi5 #Semangcook_AsinManis #SemangcookHokyaHokye #CookpadCommunity_Semarang

6 porsi
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Ceritanya saat selametan Adzriel (Ponakan yg ke-3) masak nasi box dan 3snack + Air mineral gelas; masak nasi dgn menggunakan 2cara: dandang dan 2Magicom (Midea & Miyako); 1XMagicom 7Cup + air bersih matang 9Cup, bgtu jg dgn dandang; jadi dandang sisa, Magicom msh utuh 1XMasak. Yg di dandang taruh Magicom dan yg di Magicom taruh kulkas, yg pulen enak dulu di maem. Nah yg di kulkas, di masak cireng nasi, di bagi 2 Bagian, takutnya pada ga suka lagi sayang-sayang bhnnya. . Ambil 1Bagian, tengah mlm bgni begadang masak Cemilan untuk sahur. . Yg lain sdh pada bobo, gpp ikhlas Krn Allah SWT πŸ˜‡πŸ€². . Buat 60 Nasi Box + 60 Snack Box, Alhamdulillah yg ga datang hanya 3orang; ada yg sakit lutut, ada yg kerja wfh, dan ada yg plng ke eyangnya. . Di maklumi semuanya, gpp. . Semoga Selametan ini membawa Keberkahan bagi Adzriel saat tumbuh kembangnya Aamiin YRA πŸ€²πŸ€²πŸ˜‡πŸ˜‡. . Rasanya kriuk mirip gender ke arah bakwan garing dan terasa nasi tsb . .

21Pcs
45menit
Jalankiti/ pastel

Jalankiti/ pastel

Ini cemilan bikin nagih alhamdulillah suami dan ank pun ketagihan Semga terinspirasi mudahh d buat jg

540) Wajik Bihun

540) Wajik Bihun

Bosan kan bihun digoreng atau direbus aja. Cari deh ide di Cookpad, tinggal ketik nama bahan yg kita mau olah saja, muncul deh aneka resep berbahan bihun 😁. Kali ini bihunnya saya jadikan wajik saja. Pakai resep dari @dapoermbakyul_90 yg simple banget. Bisa jadi menu buka puasa lho. Manis gurih, enaklah pokoknya πŸ‘πŸ˜‹. Bikinnya gak sulit kok. Saya pakai pewarna saja ya. Tapi maafkan pembagian yg tidak adil, jadinya yg lapisan putih lebih dikit πŸ˜‚. Bihunnya saya pakai bihun jagung ya tapi pakai bihun biasa juga bisa kok. Yuk, dicobain teman-teman πŸ˜‰. (08/04/2022) https://cookpad.com/id/r/5140016 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CocomtangPost_IniTakjilKu #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Tangerang #CookpadIndonesia #Minggu-10/04-10Apr22 #IdeMasak

8 cup
35 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Bismillah #RamadanCamp_Misi5 #DapuHariIni #TepungKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Solo #CirengNasiKobe #PejuangGoldenBatikApron

Bakwan Kangkung

Bakwan Kangkung

21 Februari 2022 Bosan dengan gorengan yang itu2 aja, cobain deh gorengan yg satu ini. Warnanya cantik, kriuk dan sehat serta bergizi. Wkkk pembelaan ya, sesehat apa sih makanan yg digoreng coba. Eh tapi bener lho ini bs jadi salah satu alternatif kudapan asin buat takjil. Resep aslinya si kangkung barengan ama jagung trus makannya pake kuah semacam cuko gt, aku mah pake rawit aja udah enak. Alashannn mamak mager 🀣 Inspired receipe : IG @dhilasina #dd_bakwankangkung #Posbar #Bismillah #KidsMeal #Gorengan #KudapanAsin #BakwanKangkung #MasakanRumahan #RamadanCamp_Misi5 #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron_Minggu10 #CookpadCommunity_Bandung

Cilok Gepeng Telang 1️⃣1️⃣

Cilok Gepeng Telang 1️⃣1️⃣

Mengapa cilok gepeng??? Karena takaran airnya agak over, jadilah cilok gepeng gini😊 No problem dongg..tetep bisa dinikmati, malah teksturnya lebih chewwy. Enak dilidah waktu ngunyahnya🀀🀀🀀 Niat manfaatin pewarna telangnya juga...dibikinlah cilok gini😁😁😁 Musim hujan gini maah, cocoknya yaa nyemiillll terooosssπŸ˜‚πŸ˜‚ #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Solo #IdeMasak

Kue kacang

Kue kacang

Sebelum puasa bikin kuker dulu untuk poto produk, tester dan promosi.. 😍😍 Alhamdulillah 3x lebaran bisa jual kue kering πŸ’ͺ

Avocado Smoothies (Snack MPASI >1 y.o)

Avocado Smoothies (Snack MPASI >1 y.o)

Biar nyemil buahnya nggak hanya buah. Bisa dapet kalsium dan tambahan kalori. Ini untuk anak usia di atas 1 tahun ya.

1 anak
Kue sus mudah

Kue sus mudah

Saya lihat dari youtube Lina Foody

Cilok Isi Sosis

Cilok Isi Sosis

Assalamualaikum yeorobun aku mau bagiin resep lagi nih yuk cek resepnya jangan lupa like and recook ya #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #MasakSimple #CookpadCommunitySurabaya #PekanPosbar #Ramadhan #MenuBerbukaPuasa #Takjil

3 Orang
15 Menit
Bakwan sayur

Bakwan sayur

Tekstur dari bakwan ini, renyah diluar lembut di dalam. Dsini aku banyakin sayurnya, untuk sayur sesuai selera ya! bisa pake wortel, tauge, kol, jagung dll

Tahu Isi Sayur Kresss

Tahu Isi Sayur Kresss

Gorengan favorit nih .. kalo dikampung biasanya makannya ditemenin sama petis plus irisan cabe (biasa org jatim) 😁 berhubung dirantau ya sudahlah seadanya saja .. tetep mantul πŸ‘πŸ» Resep ini hasil cari di YouTube "The Hasan Video" untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di YouTube yaa .. biasanya pake sayuran yang di tumis dulu dan membuat gorengan jadi berminyak banget .. ini pake sayuran mentah jadi rasanya lebih Kresss sayur nya segar dan tidak menyerap minyak .. lebih mantul πŸ‘πŸ» selamat mencobaaa

4-5 orang
45 menit