Martabak Bihun Madura

Dipos pada February 8, 2022

Martabak Bihun Madura

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Bihun Madura yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Bihun Madura yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Bihun Madura, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Bihun Madura enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Bihun Madura sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Bihun Madura memakai 24 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Martabak Bihun Madura di Jawa Timur dapat ditemukan di Surabaya. Para penjualnya banyak orang-orang Madura yang merantau. Maka disebutlah martabak Madura. Di daerah asalnya sendiri martabak ini populer sebagai makanan pembuka (takjil) pada bulan Ramadan. Namanya martabak bihun Madura, akan tetapi lebih populer dijualnya di Surabaya. Sehingga sering disebut juga Martabak Bihun khas Surabaya. Kulit martabak di resep ini awet garingnya setelah digoreng meskipun sudah dingin. Buat yang penasaran dgn gorengan satu ini boleh dicoba buat menu takjil, biar ada variasi.... πŸ₯°Minggu ke 10 Golden Batik Apron (4 - 10 April 2022)😍 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #IdeMasak Source: @neetha_rahma

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Bihun Madura:

  1. Bahan Kulit:
  2. 250 gr terigu
  3. 1 sdm margarin (blue band)
  4. 1 Sdm minyak goreng
  5. 1/4 sdt garam
  6. Secukupnya Air
  7. Secukupnya Minyak untuk merendam
  8. Bahan Isian:
  9. 2 keping bihun (mis: bihun jagung), rendam/rebus hingga lunak
  10. 2 btg wortel, iris korek (atau serut)
  11. 3 lembar kol, iris
  12. 1 btg daun bawang, rajang halus
  13. 1 btg seledri, cincang
  14. 2 btr telur, kocok lepas
  15. 4 siung bawang putih
  16. 6 siung bawang merah
  17. 1 Sdt Saos Tiram
  18. 1/4 sdt kaldu bubuk
  19. Secukupnya garam
  20. 1/2 sdt gula
  21. 1/4 sdt merica bubuk
  22. Bahan Pelengkap:
  23. Sambal petis
  24. Cabe rawit hijau

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Bihun Madura

1
Campur tepung, garam dan margarin, aduk aduk hingga rata. Tuang air sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan tidak menempel diwadah.
Martabak Bihun Madura - Step 1
Martabak Bihun Madura - Step 1
2
Tambahkan 1 sdm minyak goreng dan uleni kembali hingga kalis dan bisa dibulatkan.
Martabak Bihun Madura - Step 2
Martabak Bihun Madura - Step 2
3
Bagi adonan menjadi bulatan kecil seukuran @20 gram atau @25 gram. Rendam dalam minyak selama minimal 30 menit.
Martabak Bihun Madura - Step 3
Martabak Bihun Madura - Step 3
Martabak Bihun Madura - Step 3
4
Sambil menunggu kulit, kita siapkan bahan utama dari isian martabak ini.
Martabak Bihun Madura - Step 4
5
Tumis bawang merah & bawang putih hingga harum. Masukkan telur, lalu orak-arik.
Martabak Bihun Madura - Step 5
Martabak Bihun Madura - Step 5
6
Masukan wortel dan kol, masak hingga layu. Bumbui dgn secukupnya garam, lada bubuk, kaldu jamur bubuk, saos tiram dan gula pasir. Aduk aduk hingga bumbu tercampur merata.
Martabak Bihun Madura - Step 6
Martabak Bihun Madura - Step 6
7
Tambahkan bihun, daun bawang & seledri. Aduk & masak hingga matang. Tes rasa jika perlu. Angkat dan sisihkan.
Martabak Bihun Madura - Step 7
Martabak Bihun Madura - Step 7
8
Ambil rendaman adonan. Pipihkan adonan setipis mgkin tapi jgn sampai robek, lalu beri isian secukupnya. Pipihkan dgn cara tekan tekan lembut permukaan adonan dgn telapak atau jari jari tangan.
Martabak Bihun Madura - Step 8
Martabak Bihun Madura - Step 8
Martabak Bihun Madura - Step 8
9
Lalu lipat berbentuk segitiga (nampak spt foto).
Martabak Bihun Madura - Step 9
Martabak Bihun Madura - Step 9
Martabak Bihun Madura - Step 9
10
Lakukan hingga habis.
Martabak Bihun Madura - Step 10
11
Goreng martabak dg minyak sedikit & api cenderung kecil hingga warna kulitnya kecoklatan. Balik sekali saja agar tdk banyak menyerap minyak. Angkat dan tiriskan..
Martabak Bihun Madura - Step 11
Martabak Bihun Madura - Step 11
Martabak Bihun Madura - Step 11
12
Martabak siap disajikan bersama dg sambal petis & rawit ijo.πŸ˜πŸ˜‹
Martabak Bihun Madura - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Assalamualaikum Cookpaders Ada nasi sisa dirumah, dibikin ini nih, buat cemilan tadi sore , di cocol sama sambal rujak , ternyata enak juga ya πŸ‘πŸ˜πŸ˜˜ #Pejuanggoldenbatikapron #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang

Donat tanpa telur, susu, ga perlu di mixer, cuma 1x proofing. Ekonomis. Bisa untuk jualan

Donat tanpa telur, susu, ga perlu di mixer, cuma 1x proofing. Ekonomis. Bisa untuk jualan

Saya lihat dari youtube Vinastar. Selamat mencoba juga ya teman2.

Cireng Nasi Bumbu Kacang

Cireng Nasi Bumbu Kacang

#CirengNasiKobe #DapurKobeXClover #CloverRecookSeruKobe #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia #PejuangGoldebBatikApron

Bakwan sayur

Bakwan sayur

Bismillah.... Celoteh anak-anak,belum afdol berbuka puasa tanpa gorengan katanya, akhirnya bikin dadakan,untung ada stok bahanΒ²..cuuss kita eksekusi #GorenganBundaKeyla #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #KopijosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta

Bakwan panggang dengan tepung singkong

Bakwan panggang dengan tepung singkong

Yuk #masaktanpaminyak Saya membuat bakwan sayur panggang. Saya menggunakan tepung bakwan gluten free. Saya tambahkan parutan wortel, daun bawang sedikit irisan sosis , telur dan air. Kemudian saya panggang dengan cetakan kue lumpur. Rasanya tetap enak dan lembut. Resep ini ga ribet , ga perlu ngulek bumbu, karena tepung bakwannya sudah mengandung rempah dan bumbu. Bisa buat takjil ataupun pendamping lauk di meja makan. Semoga menginspirasi untuk #idemasak hari ini ya..

10pc
30 menit
Cireng Nasi Kobe

Cireng Nasi Kobe

Cireng Nasi ini bisa jadi alternatif bagi ibu2 yang mempunyai nasi sisa untuk dibuat cemilan selain dibuat untuk nasi goreng. Ditambah dgn saus kacangnya yang bikin nagiiih πŸ‘πŸ‘πŸ’–πŸ’– #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobe #RecookSeruKobe #CookpadCommunity_Sumbar

1 piring
20 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Bismillahirrahmanirrahim Masih semangat uprek perdapuran, masih semangat jg puasanya dong....πŸ™‚ Menunya masih seputaran gorengan, entahlah... padahal harga minyak goreng makin menjulang tapi blm juga bisa move on dari si Krenyes Krenyes ini. Menu kali ini bisa jg dijadikan menu takjil lho... (Takjil berat ceritanya πŸ˜„) tapi tak apa karena memang para pasukan sukanya makanan yg gurih nan kriuk, apalagi bila disajikan hangat hangat, sdh makan 3 cireng pun msh kurangπŸ€­πŸ˜„ Yuk kita bikin, Bunda... Source: @DapurKobe #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #Horas_MiGomakTakjilRamadan #CookpadCommunity_SumUt #CeritaDapurHariIni #TepungKobe #CirengNasiKobe #kobetepungbumbuputih #DapurKobe #RecookSeruKobe #IdeMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Cilok 3 Bahan + Bumbu Kacang

Cilok 3 Bahan + Bumbu Kacang

Minta belikan cilok suami lagi malas keluar, yaudah bikin sendiri aja, Alhamdulillah enak dan dapat nya banyak dong bikin nya simpel ga pake ribet 🀭, cocok nih untuk kudapan sehabis tarawih πŸ˜…. Alhamdulillah sudah 2 tahun ini saya ikut bergabung bersama Cookpad, aktivitas dapur jadi lebih menyenangkan, mencari resep sesuai dengan bahan yang di punya juga bisa 😍, suami dan keluarga juga jadi senang saya berasa lebih jago di dapur πŸ₯°. Menyenangkan juga bisa menyimpan resep dan berbagi resep bersama komunitas. Kelak jika saya tiada suami dan anak bisa buka Cookpad untuk mencari resep yang sudah pernah saya buat untuk mereka πŸ₯Ί. Wah ko jadi cerita melow ya πŸ˜‚ #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi5 #IdeMasak #CeritaDapurHariIni #TimAsin #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Sampit

Kue Semprit Gluten Free

Kue Semprit Gluten Free

Anak pertama ku punya alergi berat dingin dan debu, jadi mau coba diet gluten free. Kue semprit ini dibuat atas request dia dan ku coba ganti terigu dengan tepung mocaf. Alhamdulillah rasanya enak dan tidak berbeda dengan kue semprit berbahan dasar terigu. 😊

1 Toples 500g
Kue kering bawang

Kue kering bawang

Mau bikin makanan buat lebaran, yg gurih2 tapi ga digoreng, jadilah kue kering asin ini 🀭

Telur Gulung

Telur Gulung

Sesuai namanya! jajajan sd viral dijamannya yang kini lagi viral lagi karena banyak mamak yg pingin ini jajan kembali lagi, boleh banget buat asupan gizi setelah shalat tarawih 😁 #PejuangGoldenBatikApron

2orang
15menit
Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

Penasaran buat kulit risol yang ga robek gitu, coba beberapa kali pasti setiap buat ada aja yang gagal. Nah pas lagi scroll salah satu aplikasi ada resep martabak telur mini dengan nama akun @ayaaditya_ , akhirnya penasaran dan langsung di eksekusi deh. Ternyata resep nya sesuai keinginan dan untuk kulitnya anti gagal dari awal sampai akhir.

Kue Sagun Bakar

Kue Sagun Bakar

Kue Sagun Bakar Tepung Ketan Kalau mau pakai tepung tapioka ada juga ya Jawaban dari Misi Ramadan Camp Minggu ini adalah Kue Kering #Maminang_KueKering #CookpadCommunity_Sumbar #PejuangGoldenBatikApron #RamadanCamp_Misi7 #CeritaDapurHariIni YouTube desmawati kuretangin Link video https://youtu.be/UVpreL3SS3g

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Hedgehog Cookies a.k.a Kue Kering Landak

Menjawab pertanyaan mamah cookpad tentang kuker yang tidak biasa. Terpesona dan terinspirasi dengan bentuk yg unyu di IG Ayoe_windya83. Akhirnya saat gabut bebikin ini..untung cuma bikin separuh resep... capeeekkk njelimettt euuyyyy 😭😭 Walau sudah dibantu kk Viola... mana di doi protes... πŸ‘§ : maa..kog cm bikin dikit sih... nanggung maah... mana enak ini... pantesan yaa.. klo bikin kuker versi karakter pasti hrg nya mahal.. πŸ‘© : Yeeee... kmu mah cm bantu beberapa biji... mama yg ngerjain smua nya πŸ₯΄πŸ™ƒπŸ™ƒ Pengen nya bikin bentuk πŸ¦”πŸ¦” tp ntah itu bentuk absurb... antara kaya tikus tp matanya kog melotot 🀣🀣.. mana ada yg mbleber coklatnya belang blonteng.. sesuatuuu bingittt pokok nya... Tp seru aja sih...walau ngga ikut lebaran... tp ingin bisa merasakan suasana lebaran dirmh ajah... Resep asli bisa di cek di : https://cookpad.com/id/r/16148729 #RamadanCamp_Misi7 #timloKuker_coryrahmaniah #cookpadcommunity_Solo #PejuangGoldenBatikApron #kukerlandak #masakalaWanda #mingguke12

Bakwan Jagung Pedas

Bakwan Jagung Pedas

Temen berbuka yg pas yaitu gorengan! Bikin sendiri lebih higienis ya. #PekanPosbar #CeritaDapurHariIni #Semangcook_AsinManis #SemangcookHokyaHokye #CookpadCommunity_Semarang

115. Martabak Lenggang Cokelat

115. Martabak Lenggang Cokelat

Assalamu'alaikum.. Kali ini aku mau bikin Martabak Lenggang Cokelat yang super duper simpel, cocok banget untuk temen ngeteh, ngopi ataupun untuk menu ta'jil berbuka puasa (bagi yang melaksanakan)☺️. Jika ingin membuat dengan porsi sedikit, tinggal dikurangi dari resep bahan di resep iniπŸ˜‡. Langsung aja yaa intip bahan dan cara membuatnyaπŸ‘‡. GBA minggu ke-11🌸 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Bandung #Cookpad_ID #CookpadIndonesia #tosikachannel #serbamanis #martabaklenggangcokelat

32 pcs
30 menit
Kue tumprit

Kue tumprit

Lebaran

Cireng Nasi Leftover Resep Praktis

Cireng Nasi Leftover Resep Praktis

Resep yang bisa jadi solusi bagi para buk ibu ketika menghadapi situasi penting, ada sisa nasi semalam tang tanggung buat diolah jadi menu lain, atau bosan dengan resep bubur dst, boleh ini dicoba ya Resepnya praktis dan gampang banget dibuatnya dengan menggunakan Kobe Tepung Bumbu Putih yang kini sudah banyak ditemukan di mini market" Yuk langsung ke resep, lesgooooo . . #TepungKobe #CirengNasiKobe #DapurKobe #RecookSeruKobe #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Bali #PejuangGoldenBatikApron