Cilok Bumbu Kacang Tanah

Dipos pada May 8, 2022

Cilok Bumbu Kacang Tanah

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilok Bumbu Kacang Tanah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cilok Bumbu Kacang Tanah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilok Bumbu Kacang Tanah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilok Bumbu Kacang Tanah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang Tanah adalah Rame-rame. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilok Bumbu Kacang Tanah diperkirakan sekitar 40menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilok Bumbu Kacang Tanah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilok Bumbu Kacang Tanah memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahannya Ada Semua Cuzzz ke Dapur Basah ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ชโ˜บ๏ธโ˜บ๏ธโ˜บ๏ธ.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilok Bumbu Kacang Tanah:

  1. Bahan Adonan Cilok :
  2. 1 Kg Terigu Protein Sedang merk BogaSari
  3. 1,25 Kg Tepung Sagu merk pak tani gunung
  4. 1 sdm Garam merk refina
  5. 4 sachet Penyedap rasa ayam merk masako
  6. 1 Sachet Bawang Putih Bubuk
  7. Secukupnya Air Panas Dispenser untuk Adonan sampai kemel diuleni
  8. Bumbu Halus Bumbu Kacang :
  9. 0,5 Kg Kacang Tanah Kulit
  10. 20 siung Bawang Merah Brebes
  11. 20 siung Bawang Putih Biasa
  12. 30 buah Rawit Merah
  13. 10 buah Cabe Merah Kriting
  14. 2 ruas jempol Laos, dicuci dan di iris tipis
  15. 1 sdt Garam merk refina
  16. 1 sdt Pasir merk gulaku
  17. 8 sdm Kecap Manis merk ABC
  18. 6 sdm Minyak Goreng merk Fortune
  19. Secukupnya Air Bersih Matang (Selera Kentalnya)

Langkah-langkah untuk membuat Cilok Bumbu Kacang Tanah

1
Tepung Terigu + Garam + Penyedap di aduk dahulu hingga rata tercampur.. Kemudian siram dgn air panas 3x siram dan 3x uleni hingga halus teksturnya dan kemel dgn gunakan centong kayu u/ kira2 masuk sagu. Setelah rata tercampur + cicipi, kemudian tambahkan sagunya 4x tuang + 4x uleni, hingga tercampur Kalis di tangan.
2
Kemudian jari-jari di celup tepung sagu sedikit untuk memulung/membentuk bulatan kecil-kecil Krn nnti akan gendut besar.. Hingga selesai semua adonan. Sisihkan dahulu. Masak air mendidih, kemudian masukkan cilok mentah hingga mengapung semua... Angkat + tiriskan lalu taruh baskom berisi air matang normal lalu tiriskan. ((Jika sdah 2X merebus harap ganti air lagi, jk sudah putih susu dan berbusa)).
3
Pilih salah satu ๐Ÿ‘‡: 1.) Rendam sambil di elus-elus di baskom air normal jika ingin ((di konsumsi hari yg sama.. agar licinnya hilang)). 2.) Rendam di baskom air dingin es jika ingin ((awet selama 1minggu untk taruh di wadah tertutup di suhu ruang)). Selesai adonan cilok... Lanjut buat bumbu kacang tanahnya ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘Œ.
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 3
4
Kacang Tanah di goreng garing hingga kecoklatan tua sambil di aduk2 didlm minyak goreng, lalu tiriskan. Haluskan dgn Cup dry and mill (Philips) hingga selesai semua.. Kedua : haluskan Laos, Rawit Merah, Cabe Kriting Merah, Bawang Merah Brebes, Bawang Putih Biasa, garam, gula. Ketiga : panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus..
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 4
5
Lalu tambahkan air bersih matang dikit dahulu, baru kacang halus dikit dahulu, lalu aduk-aduk hingga rata tercampur.. Lalu tambahkan air bersih matang dikit lagi, kacang halus dikit lagi, aduk-aduk hingga rata tercampur... Terus di aduk-aduk hingga rata, sampai seperti SELAI, nanti otomatis akan banyak dapat minyak dari kacang tsb..maksudnya muncul hingga banjir minyak tandanya sukses โ˜บ๏ธโ˜บ๏ธ๐Ÿคฒ๐Ÿคฒ๐Ÿ‘๐Ÿ‘.. Lalu di cicipi rasanya, baru matikan api deh...selesai.
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 5
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 5
6
Bebas yaaahh, kalau kami langsung di campur keduanya, jadi rata... Sajikan...
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 6
Cilok Bumbu Kacang Tanah - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat Pandan (Tanpa Telur)

Donat Pandan (Tanpa Telur)

Lagi hujan pengen bikin cemilan, nguprek dapur ada tepung dan bahan lainnya cuma ga ada telur. Oke meskipun telur ga ada saya tetap bikin donat kesukaan, meskipun tanpa telur donat nya empuk dan enak dengan aroma pandan yang menggoda ๐Ÿ˜‹ #CookpadCommunitySampit #CoopadCommunity_Kalteng

Kueku Labu kuning/kue tok๐Ÿ’

Kueku Labu kuning/kue tok๐Ÿ’

Cemilan siang ini,bikin kue tok,memanfaatkan sisa labu kukus kemarin sore,dari pada mubazir dimake over aja๐Ÿฅฐ..dpt resep dari sodara kaยฒ' ipar yg memang jago banget dalam dunia perkue basahan๐Ÿ˜ #SerbaKukusan #PekanPosbar #CookpadCommunity_Depok

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Pada postingan saya sebelumnya juga pernah membuat kue panggang, bentuk daun. Sekarang ada versi lainnya yaitu pakai kacang tanah. Rasanya mirip kue kacang tapi lebih kokoh dan sedikit keras. YouTube : desmawati kuretangin Link resep : https://youtu.be/oqnNS2p-WKI #CookpadCommnunity_Sumbar

๐ŸŒทSiomay aci sawi putih๐ŸŒท

๐ŸŒทSiomay aci sawi putih๐ŸŒท

Pengen makan siomay tapi yg jual udah pada tutup.. Maklum PPKM ๐Ÿ˜… Yaudah deh bikin sendiri aja yukss..

Kue Awug

Kue Awug

By @meigaCandinegara

Cilok Simple

Cilok Simple

Buat bukti ke orang yang sering menghina saya gabisa apa", Alhamdulillah walau ga terlalu handal, saya ga buta" banget soal masak atau sekedar buat kue, semoga hinaan siapapun bisa jadi motivasi buat saya dan teman" semua ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™‚

4-5 orang
Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Bismillah.. Selamat sore moms.. ujan ga..disini mulai mendung2 manjah.. Weekend+ mendung enaknya ngemil bareng keluarga ya moms.. Kebetulan anak2 minta bikin gorengan aja yang simple dan kesukaan.. tapi.. Pas uprek kulkas ternyata stok sayuran tinggal cesim doang, maklum baru besok jadwalnya belanja sayur mingguan.. Dipikir2 belom pernah nii coba bikin bakwan pake cesim, trs kenapa ga dicoba.. Eh ternyata dimakan anget2 enak loh, palagi cuma 2bahan aja ini, pake Tepung Bakwan Kress dari @DapurKobe yang bikin ga males kalo mau bikin gorengan sendiri.. Cocolin aja pake sambel kesukaan.. Ini moms resepnya.. #BakwanKobe #BakwanCaisimKobe

Bakwan bayam

Bakwan bayam

Bakwan tercepat dan tersimple yg pernah saya buat...

Lumpia Sosis Keju Lumer

Lumpia Sosis Keju Lumer

Kali ini resep cemilan gampang dan enak, anak-anak pasti suka, ajak juga bikinnya supaya mereka bisa happy-happy bebikinan ๐Ÿ˜ƒ selamat mencoba dan semoha bermanfaat! Saya nggak pakai takaran ya, terus terang lupa berapa banyak jadinya, hehe. Sesuaikan aja dengan keinginan ๐Ÿ˜ #CookpadCommunity_Bandung

+- 20 porsi
30 menit
Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Cooksnap dari resep Mbak @tatta_manyund . Tadinya bertanya-tanya bagaimana rasanya pakai Kayumanis. Ternyata oke lah. Thanks resepnya Mbak Tataku ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ’–๐Ÿ’•๐Ÿ’–๐Ÿ’•. Modif dikit ya, Mbak takarannya sama aku tambahin merica. Semoga berkenan ๐Ÿ˜˜๐Ÿ™๐Ÿ™ !! #CooksnapTataKirana #Semarak_CooksnapTataKirana #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #EmakNusantaraKreatif #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KalSel

Pastel isi pisang coklat

Pastel isi pisang coklat

20biji
1 jam 30 menit
Siomay udang ayam

Siomay udang ayam

Sering lihat siomay /dimsum yang pada di jual kalau udah lihat itu kepikiran buat bikin sendiri aja bahan kulit pangsit udah dibeli tapi ga sempat terus buat ngebikon intinya maju mundur. Nah beberapa hari lalu baca di wag ada kelas masakan yang di kukus salah satunya siomay ini girangnya hati ini karena kesampaian juga buat bikin siomay kukus setelah ikut kelasnya yang diadain yoglosemar _kukus dan bisa ikutan posbar cooksnap resep dari mb @setiaanggri . Dan ini first time aku bikin siomay alhamdulillah rasanya enaakkk #KelasYoglosemar_kukus #posbarregionalsolo

Kue Labu Enak๐ŸŽƒ

Kue Labu Enak๐ŸŽƒ

Sekarang musim labu! Yuk cobain resep kue labu pon ini! Sangat mudah dan enak!!! Tonton juga videonya: https://youtu.be/hc_hEMQmpeY โ–ท Daruma Cooking Happy Cooking : ) #labu #kue

4 porsi
20 menit
Kue nagasari

Kue nagasari

Lagi pingin bnget bikin kue tradisional ini, trs pas pula ada pisang nya, dsegerakan lah soalnya anak2 syukak...

Strawberry Cheese Cake in Jar Snack MPASI 1+

Strawberry Cheese Cake in Jar Snack MPASI 1+

Seger banget disajikan dingin-dingiiin๐Ÿ˜ bisa buat snack anak tumgi jugaa dicoba bikin yuk gampang kok

Siomay a la Dimsum

Siomay a la Dimsum

Siomay yg satu ini, siapa tak kenal... Salah satu chinese food yg terkenal hingga ke Indonesia adalah dimsum. Dimsum banyak sekali jenisnya, termasuk siomay. Modelnya berbeda dgn siomay Bandung ya teman2. Kalau siomay Bandung disertai kentang, tahu, kol dan bumbu kacang, kalau siomay model ini biasanya disajikan dgn saus sambal. Kemarin di #KelasYoglosemar_kukus ada materi tentang siomay ini yg dibawakan oleh mbak @setiaanggri . Resep aslinya menggunakan kombinasi daging ayam dan udang. Karena saya ga makan udang dan ga ada ayam giling, saya pakai ikan tenggiri sbg gantinya. Hasilnya tetep enakkk dan teksturnya saya suka ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Walau bentuknya blm rapi, tapi kalo teman2 ada yg mau coba, cuss ya ini resep aslinya : https://cookpad.com/id/resep/15483788-siomay-ayam-udang?invite_token=bwV1qbcBGX1ok4GzkxfN4ksA&shared_at=1632009929 #PekanPosbar #SerbaDikukus #CookpadCommunity_Semarang #Semangcook_dikukusenak #SemangcookHokya

10-12 buah
Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Pagi2 bikin tahu aci kukus, enak kayanya bwt di cemil cemil di pagi hari ๐Ÿฅฐ Source : @astiyalestari https://cookpad.com/id/resep/15498198-tahu-aci-kukus?invite_token=XqxnLhgXL6SXKp4x7GvYmiUN&shared_at=1631928519 #CocomtangPost #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus

Sempol Ayam Wortel/ Sempolan (Snack MPASI)

Sempol Ayam Wortel/ Sempolan (Snack MPASI)

Bisa untuk snack anak2 ya bun ๐Ÿค—

Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Weekend gini enaknya bikin cemilan yuk. Ini bakwan bukan sembarang bakwan, ini bakwan Caisim Kobe @dapurkobe . Cocok banget untuk temen santai bareng keluarga, apalagi kalau anaknya susah makan sayur, bisa banget nih, pasti si kecil doyan ya, kriuk dan menyehatkan. Cuma dikit kok bahannya. Tepungnya pakai tepung bakwan Kress dari @dapurkobe ya, karena selain simpel tanpa campuran tepung lain, juga kriuk nya awet banget ๐Ÿ˜. Cobain yuk. #dapurkobe #bakwancaisimkobe #tepungkobe #cookpadcommunity_tangerang #Zahara

6pcs
15menit
Martabak telur

Martabak telur

Di rumah ibu, kalo masak kari daging besoknya pasti dimasakin martabak ini. Berhubung ku jarang masak kari, jd bumbu & topping disesuaikan yg ada di dapurku aja yg kebetulan adanya ayam rica, hehe. Bisa jg pake bumbu instan yg sudah jd ya.. Yuk dicoba๐Ÿ˜˜ Btw : ๐Ÿ“ aku pake 4 lembar kulit utk 2 buah martabak (ditumpuk) ๐Ÿ“ pake teflon uk 25 x 25 cm

2 buah (@uk.25 x 25 cm)
1 jam