Donat Ubi Ungu

Dipos pada May 8, 2022

Donat Ubi Ungu

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Ubi Ungu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Ubi Ungu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Ubi Ungu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Ubi Ungu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Ubi Ungu adalah 11 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Ubi Ungu diperkirakan sekitar 2 jam 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Ubi Ungu memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karya krucilku Bungsuku penyuka donat Merengek minta donat, dibukain aplikasi spt biasa eh ktanya… “bukan buka itu bu…. Buka kupet aj…, maunya donat ibu” Kesempatan dh bwt cooksnap arisan #GenkPejuangDapur Stlh kelar ngulen, eeh bilang “bosen ah sm donat” apaa? Tinggal goreng masa ga jadi😢mubadzir doonk de…😩 “Masutnya bkn bosen sm donat bu… Tp bosen sm bentuk donat, gini bu….. biar ga bosen…” Trs aq cm liatin, dan dia yg bntuk2🥰 Tinggal cemplung nggorengin dh😍 Kelar goreng….. “Ibu boboan aj ya…, nnti tinggal poto” Jeng…jeng….. kelar smua tinggal poto dan ternyata pesta topping berhamburan nempel dmn2😩 Ibu hny ngelus dada, pastinya kesel tp mau marah ga bisa, muka ditekuk pun ga bisa🙄 Liat muka mungil cemong celemotan aneka topping di pipi dan seluruh bajunya dgn rambut keliwilnya,,, malah bikin ibu ngakak terbahak nak…🤣 Dan inilah hasilnya🥰 Ini kn jadi kenangan indah kelak pstinya😘 Maapkan dan makasih resepnya Teh @DianaN_17 https://cookpad.com/id/resep/13787474-donat-kentang?invite_token=LrjGHchz4Pph7QDdi6vwSPbW&shared_at=1634941511 Donat kentangnya dah diganti sama ubi ungu🙏 #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #PekanPosbar #PosbarPalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Ubi Ungu:

  1. 100 gram ubi ungu, kukus
  2. 50 ml air
  3. 2 butir kuning telur
  4. 250 gram tepung terigu protein tinggi
  5. 25 gram susu bubuk
  6. 1 sdt garam
  7. 50 gram gula pasir
  8. 3 gram ragi instant
  9. 40 gram mentega
  10. Topping
  11. Whipecream
  12. Messes
  13. Glaze

Langkah-langkah untuk membuat Donat Ubi Ungu

1
Saya mengulen menggunakan bantuan breadmaker🙏 Siapkan semua bahan. Blender ubi ungu dengan air. Masukkan ubi ungu yang sudah diblender kedalam bread maker lalu kuning telur. Masukkan terigu dan susu bubuk. Lalu garam di pojok knan atas dan gula pasir di pojok kanan bawah, lubangi ditengah untuk ragi instant. Pilih menu dough dan klik ON
Donat Ubi Ungu - Step 1
Donat Ubi Ungu - Step 1
Donat Ubi Ungu - Step 1
2
Setelah 2 menit, masukkan mentega dan biarkan mengulen selesai dengan sendirinya. Lalu angkat dari loyang dan bulatkan untuk diistirahatkan.
Donat Ubi Ungu - Step 2
Donat Ubi Ungu - Step 2
3
Hingga mengembang 2x lipat (saya 15 menit) Kemudian bagi adonan @50 gram dan istirahatkan kembali hingga mengembang 2x lipat lagi
Donat Ubi Ungu - Step 3
Donat Ubi Ungu - Step 3
Donat Ubi Ungu - Step 3
4
Panaskan sedikit minyak di teflon, saat mau cemplung ke minyak panas, dilubangi terlebih dahulu dengan bantuan spluit.
Donat Ubi Ungu - Step 4
Donat Ubi Ungu - Step 4
Donat Ubi Ungu - Step 4
5
Goreng sekali balik saja lalu angkat dan tiriskan. Beri aneka topping kesukaan
Donat Ubi Ungu - Step 5
Donat Ubi Ungu - Step 5
Donat Ubi Ungu - Step 5
6
Siap sajikan😋🥰
Donat Ubi Ungu - Step 6
Donat Ubi Ungu - Step 6
Donat Ubi Ungu - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak Mini Tahu

Martabak Mini Tahu

Punya kulit pangsit yang masih ada, cus lah buat martabak mini tahu

2 orang
30 menit
Dimsum siomay ayam

Dimsum siomay ayam

Buat cemilan cocok nih buund... bikin yuuuk

Donat Gula Palem

Donat Gula Palem

Untuk donat klasik ini saya lebih suka pake gula palem ketimbang gula putih halus. Meskipun memang lebih susah nempel di donatnya yaa.. Masih bs dicocol2 lah 😁

Risoles mayo

Risoles mayo

Resep kulit risoles Mayo ini bisa juga untuk risoles sayur, ini jadi resep jualan saya.. Selamat mencoba

Nona manis ubi ungu (isian kue tampah)

Nona manis ubi ungu (isian kue tampah)

Assalamu'alaikum, Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu lagi,kali ini nona manis ubi ungu untuk isian kue tampah,ini enak banget legit dan ada perpaduan gurih dari vla santan, cara menghias tampah bisa dilihat di channel youtube Bunda Kiana Khansa ya..

17-18 buah
Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel karipap ini renyah sekali kulitnya, sampai berjam-jam juga masih kriuk 😋😋 Untuk isiannya , silahkan sesuai selera teman-teman ya, mau dimodif seperti apa. Isiannya juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping di meja makan. Jika untuk isian pastel, sebaiknya dimasak lebih asin karena akan disajikan bersama kulit pastel lagi. Kreasi karipap lainnya bs lihat di #karipaplingga Source: chef Devina Hermawan #karipaplingga #Karipappusing #pastelkaripap #currypuff #Cookpadcommunity_jakarta

16 pc pastel bulat
2 jam
Pastel kentang brokoli (snack mpasi 18 months)

Pastel kentang brokoli (snack mpasi 18 months)

Jajan tipis tipis buat binar yang lagi tumbuh gigi.. Rasanya gurih lembut creamy yummy.. Lumayan cemilan gampang buat mamas dan adiknya :)

Sempol Mie Instan (Indomie)

Sempol Mie Instan (Indomie)

Simpel bikinnya, gampang dan praktis banget.. cocok buat cemilan ala anak kost maupun di tanggal tua, hehehe.. murah meriah. Anak² ku di rumah pun pada doyan, di cocol pakai saus tomat 😍😍😍 resep asli pakai Supermi, tapi saya pakai Indomie, karena di rumah adanya itu.. heheh.. tapi sama² enak kok.. Source: @ardhaniluvnabva #CookpadCommunity_Depok

Kue Jaring Laba-laba Matcha

Kue Jaring Laba-laba Matcha

Bismillah ... Rabu, 22 September 2021 Goyang dapur bareng Komunitas Paders hari ini temanya Baking Olahan Matcha. Ide dari Mak Hana @IzzaHan yang naik tayang. Maaak temanya syusyah tauuuk 😂 udah keliling2 warung di kampung gak Nemu juga si matcha. Untung adekku tadi ke supermarket di kota, gak jadi bolos deh aku 😂😂 Aku baru kali ini loh nyobain si matcha ini, ternyata enak yak (jangan bilang katro yaa 😂) makasih temanya Mak Hana 😘 Source : Kiki Fhatria #GoDa_Matchaciih #GoDa_Paders #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #CookpadIndonesia

Donat Kentang Palm Sugar

Donat Kentang Palm Sugar

Waktunya jatah ngedonat buat stok cemilan krucil... Kali ini pake taburan palm sugar.. Endulllita Recipe : Murniasari Sarifudin #cookpadcommunity_Tangerang

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

Assalamualaikum wr.wb. Seminggu sekali saya bikin donat karena anak saya begitu suka dengan donat, nah kali ini resep ini adalah hasil uji coba ketahanan donat saya. Alhamdulillah masih tetap empuk selama 3 hari dalam keadaan dimika satu per satu. Semoga bermanfaat!! Resep ini cocok untuk jualan. Happy cooking

315. Kue Lumpur Kentang topping kurma

315. Kue Lumpur Kentang topping kurma

Bismillaah,,, alhamdulillah msih bisa ikut meramaikan event kali ini.. nyobain pake resep @BundaMelvySofia bunda onlinekuhh💕💕💕 *dg penyesuaian.. krna lagi ga punya topping kismis, keju jg lagi abis, adanya kurma, aku ganti dg kurma dipotong kecil2 mirip kismis.. rasanya jd tambah manis,, hasilnya jd 7 pcs lumpur kentang, dg cetakan teflon diameter 27,5cm tinggi 3cm.. ~markicob_mari kita coba~ #Jabodetabek_olahanpalawija #CookpadCommunity_Bekasi

7 buah kue
30-45menit
Loukoumades aka Donat Yunani enak

Loukoumades aka Donat Yunani enak

Keluargaku tuh paling suka ngemil, apa saja makanan yang dibikin habis tak bersisa 😁, hal sederhana yang selalu bisa bikin bahagia ya bunda ketika makanan yang kita bikin selalu meninggalkan wadahnya saja 😍 Saya penasaran banget sama donat yang satu ini, dengan berbekal cari² resep di aplikasi ini langsung bikin deh 😊 Resep ini recook dari mb @meldayanti ❤

6 porsi
1 jam
Kue Sagon

Kue Sagon

Dulu sering ngeliat ibu mertua bikin kue sagon kalau ada acara hajatan. Beliau dulu pakai cetakan yang buat kue pukis itu. Tapi karena punyaku udah lumayan lama nggak kepake agak males ngeluarin dan ngebersihinnya. Sedangkan cetakan martabak mini ini beberapa hari lalu dipakai jadi masih ready dan bersih. Kenapa dulu nggak tanya resepnya yaa, hehee.. Nah, ini dalam rangka menyelamatkan kelapa dan tepung ketan yang sudah agak lama terbuka, coba-coba aja resepnya. #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

7 bh
30 menit
Pastel

Pastel

15 pcs
1 jam
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Ini dia Bakwan Next Level, sawi hijau ternyata enak dibuat menjadi bakwan ga kalah sama sayur yang lain. Apalagi buatnya menggunakan tepung bakwan kress dari @dapurkobe tidak perlu menakar tepung dan bumbu lagi, tinggal beri air langsung dicampur sayur tinggal goreng. Simple dan praktis, cocok juga buat cemilan anak-anak yang tidak doyan dengan sayur. Dengan dibikin cemilan begini anak-anak pasti suka #tepungkobe #bakwancaisimkobe

Cireng isi ayam moza ala ala

Cireng isi ayam moza ala ala

Dengan bahan seadanya di kulkas cuzz nguplek bareng anak-anak biar mereka gak boring dirumah. Bentuk masih amburadul maklum bikin dengan bocah😃

12 pcs
45 menit
Misro / Gendolo / Klenyem

Misro / Gendolo / Klenyem

Di Bandung disebut Misro, kependekan dari 'amis di jero' yang artinya manis di dalam. Pasangannya Combro, kependekan dari 'oncom di jero'. Kalau di kampungku di Magelang dia disebut Gendolo, yaitu singkong parut campur kelapa, digoreng dengan diisi gula merah. Pasangannya yang bercita rasa gurih disebut Bakwan Telo, semacam combro tapi tanpa isi. Yang manis maupun yang asin dua-duanya enak. Cara membuatnya pun cukup mudah. Yuuk cobain... #posbarPalawija #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

Bakwan sayur renyah

Bakwan sayur renyah

Sedikit pedas bakwannya, karena si kecil mulai menyukai pedas tapi belum bisa lalap cabe, kalau gigit cabe pasti digigit sampai pangkal alhasil kepedasan.. diakalin aja cabenya ikut diulek sama bumbu.