Gulai Ikan Kue

Dipos pada May 4, 2022

Gulai Ikan Kue

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai Ikan Kue yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Gulai Ikan Kue yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Ikan Kue, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan Kue enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gulai Ikan Kue adalah 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Gulai Ikan Kue diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gulai Ikan Kue sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Ikan Kue memakai 31 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah... Menurut Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menyebutkan ikan kuwe jika dibandingkan dengan jenis - jeni ikan lainnya memiliki keunggulan pada kandungan protein yang relatif tinggi. Selain itu, komposisi asam amino pada ikan kuwe juga terbilang sangat lengkap. Manfaat ikan kuwe bagi tubuh manusia dilihat dari kandungan gizi ikan kuwe dimana kandungan protein tinggi dan komposisi asam amino yang lengkap membuat ikan kuwe bermanfaat bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh manusia. Tidak sampai disitu, karena komposisi asam amino yang lengkap ikan kuwe dapat menstimulasi hormon serotonin dimana hormon ini bertanggung jawab dalam pengendalian stress. Jadi mengkonsumsi ikan kuwe juga bisa menjadi penangkal stres. Selain dua zat itu tadi, ikan kuwe juga kaya akan kalsium, vitamin D, serta vitamin C. Ketiga zat mikronutrien ini sangat penting bagi tubuh karena bermanfaat untuk menjaga atau mencegah kerusakan pada tulang dan gigi. http://perikananku-id.blogspot.com/2018/03/terungkap-ternyata-ikan-kuwe-memiliki.html?m=1 #ikankuwe #ikangepeng #gulaiikan #gulaiikankuwe #olahanikan #ikanbumburempah

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Kue:

  1. πŸ‹ Bahan A : πŸ‹
  2. 600 gr ikan kuwe
  3. 1/2 buah jeruk nipis
  4. 1/2 sdt garam
  5. 4 sdm kelapa parut yang sudah disangrai lalu ditumbuk
  6. ~~~~~~~~~~
  7. πŸ‹ Bahan B : πŸ‹
  8. 6-7 buah cabe merah
  9. 1 jari telunjuk kunyit
  10. 1 ibu jari jahe
  11. 7 siung bawang merah
  12. 3 siung bawang putih
  13. 1/4 sdt merica bulat, sangrai
  14. 1 sdm ketumbar, sangrai
  15. 1/2 sdt jintan, sangrai
  16. 100 ml air
  17. ~~~~~~~~~~
  18. πŸ‹ Bahan C : πŸ‹
  19. 1/2 sdt garam
  20. 10 gr gula merah
  21. 1/4 sdt kaldu bubuk
  22. 1 batang serai, potong-potong, memarkan
  23. 4 lembar daun salam
  24. 3 lembar daun jeruk
  25. 1 lembar daun pandan
  26. 200 ml santan
  27. 50 ml susu UHT
  28. 1 biji asam jawa
  29. Secukupnya air
  30. Secukupnya minyak untuk menumis
  31. ~~~~~~~~~~

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Kue

1
Bersihkan ikan kuwe, diseset, beri air jeruk nipis dan garam. Ratakan. Diamkan 30 menit. Cuci bersih ikan, lalu tiriskan. Taburkan dan ratakan kelapa parut di permukaan ikan.
Gulai Ikan Kue - Step 1
Gulai Ikan Kue - Step 1
2
Haluskan bahan B. Sisihkan.
Gulai Ikan Kue - Step 2
Gulai Ikan Kue - Step 2
3
Siapkan bahan C
Gulai Ikan Kue - Step 3
Gulai Ikan Kue - Step 3
4
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Masukkan daun jeruk, daun salam, daun pandan dan serai. Masak hingga wangi.
Gulai Ikan Kue - Step 4
5
Masukkan ikan kuwe bersama kelapa sangrai yang sudah ditumbuk. Tambahkan air sampai ikan terendam bumbu. Masukkan asam jawa, garam, gula merah, kaldu bubuk. Aduk rata. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ikan.
Gulai Ikan Kue - Step 5
Gulai Ikan Kue - Step 5
Gulai Ikan Kue - Step 5
6
Tambahkan santan dan susu UHT. Aduk rata. Masak sampai mendidih dan kuah mengental.
Gulai Ikan Kue - Step 6
Gulai Ikan Kue - Step 6
7
Setelah ikan kuwe matang dan kuah mengental, matikan api kompor. Pindahkan gulai ikan kuwe ke dalam wadah untuk dihidangkan. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.
Gulai Ikan Kue - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

476.Bakwan Caisim Kobe

476.Bakwan Caisim Kobe

Lagi-lagi dimudahkan mengolah sayuran hijau menjadi gorengan yang simpel tapi enak πŸ˜‹πŸ˜€. Tepung bakwan hanya perlu tambah air, rasa sudah pas gurihnya. Simpel kan?? πŸ˜‹πŸ˜€ Source : @dapurkobe #tepungkobe #kobebakwankress #bakwancaisimkobe #caraasikmakansayur

~ Martabak Bihun ~

~ Martabak Bihun ~

Pengen martabak telor yang simpel dan bikin kenyang?? Kita buat martabak bihun yuuk #martabak #bihun #martabaktelor #martabakbihun #martabakgurih

24 pcs
1 jam
Bumbu Kacang untuk Siomay, Batagor, atau Cilok

Bumbu Kacang untuk Siomay, Batagor, atau Cilok

1/2 kuali besar
1 jam 30 menit
400. Kue lumpur surga pepaya

400. Kue lumpur surga pepaya

Penasaran banget dg kue lumpur satu ini,sesuai namanya,serasa lagi di surga,rasanya legit dan lembut Saya coba kombinasikan dg buah pepaya,ini sensasi lain cara menikmati buah pepaya,warna lumpurnya cantik tak perlu ditambah pasta Kue khas Banjarmasin Kalimantan selatan ini Lebih nikmat jika dinikmati saat dingin,yg suka dingin Resep asli menggunakan air pandan tp disini saya memcoba pakai pepaya,rasanya tetep nyuuss Source : @veykeu_pesta ra cookies #Timlo_Kukusan #GASiPepayaGandul #Semarak_GASipepayaGandul #TidakSekedarMemasak #CookingwithheartEatingWithlove #Wongsolomasak #CookpadCommunity_solo #pekanposbar

5cup uk 10Γ—5 po
90menit
263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros πŸ‘

263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros πŸ‘

#CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia Source : Cicilia Yustina Salamony

17 pcs
15 menit
Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

πŸ“Œ Rembang, 25 Sept 2021 Cara ampuh untuk mensiasati agar anak mau makan sayur adalah diselipin. Hehe. Terinspirasi dari resep bunda @Ria_NadaAfifah, sayurnya diselipin jadi bakwan πŸ˜„. Bumbunya saya modif mirip bakwan tempe yang saya posting sebelumnya. Cuman bedanya ini rasa telurnya masih kentara. Asli ini tuh rasa sayurnya nggak ada. Campuran udang rebon di dalamnya menambah nikmat rasanya πŸ‘ #Rekreasi_Kalsel #CoboyDolan #CoboyDolanNangKalsel #CoboyDolan_Kalsel #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Tahu Susur Jogja (Tahu Isi Sayur)

Tahu Susur Jogja (Tahu Isi Sayur)

Cooksnap ketiga sekaligus terakhir buat GA mbak @ratnadnachan. Karena memang cooksnapnya dibatasi 3 saja. Hihihi. Lihat tahu susur jadi pengen kan, β€œtombo kangen jogja pokoke”. Sebelumnya suka buat tapi nggak pernah masukin di cookpadπŸ˜‚. Anak-anak pun suka banget ini, kata si sulung β€œenak bu tahunya, tapi kurang banyakβ€πŸ€£. Sisa isiannya udah digadoin sama si tengah dan ketiga. Seneng amat lihat anak-anak doyan sayur😍. Alhamdulilah. Resep aslinya menggunakan tahu pong (tahu coklat)πŸ‘‰ https://cookpad.com/id/resep/12206867-tahu-brontak-tahu-susur-tahu-isi-sayur?invite_token=S849sVWLd2km64rH4gnRSuA9&shared_at=1633436426 Karena nggak ada di warung tadi aku pakailah tahu biasa yang kuning (seadanya yaπŸ˜‚). Karena aku ingat tetangga ibu mertua jogja jualan tahu isinya pakai tahu biasa tapi putih. Ternyata, memang tahu susur jogja itu ciri khasnya memakai tahu putih biasa. Asal penyebutan β€œTahu Susur” karena tahunya seperti pakai susur.hihihi. Susur adalah tembakau yang di selipkan di mulut nenek-nenek yang jaman dahulu suka nginang atau nyirih. #CookpadCommunity_Tangerang #GA_DapurBundaAileen

12 buah
1 jam
Tips Seputar Dapoer...agar bakwan renyah dan garing

Tips Seputar Dapoer...agar bakwan renyah dan garing

Agar bakwan yang kita goreng renyah dan garing ada beberapa tip yang harus diikuti...

Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Bismillahirrahmanirrahim Kemarin ada kelas WAG tentang perkukusan lagi.. Membahasan siomay bersama mb anggi @setiaanggri dari jogja. Aku tanya tentang beda dinsum sama siomay sebenatnya itu apa? Ternyata siomay itu bagian dr dinsum,, dinsum itu pakain minyak wijrn lebih berasa dr pada siomay, dan utk sambelnya,, dindum biasanya pksi saos sambel yg merah,, klo siomay biasanya pkai saos kacang. Kemarin langsung eksekusi siomaynya, alhamdulillah berhasil hmm.. Ndaging banget.. Dimakan lamgsung pun enak tanpa sambel , maksih mb anggi imu &resepnya salam sehat selalu utk keluarga. Aamiin ya Rabbal'alamin πŸ€²πŸ˜πŸ€— Monggo bun cap cuz.. Siomay ini bisa utk ide jualan lhoo..gk nyobain nyesel.. πŸ˜€πŸ€­ #pekanposbar #Semangcook_dikukusenak #KelasYoglosemar_kukus #semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Super Fluffy Doughnut (recomended empukny πŸ‘)

Super Fluffy Doughnut (recomended empukny πŸ‘)

Coba resep donatnya tintin rayner di ig ternyata mm mantul..empuk banget..suka sy sama hasilnya..enak pula..recomended wes... #cookpadcommunity_surabaya

Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Assalamualaikum... Selamat pagi semuanya... Akhir pekan ini masak apa nih Bunda ? Gimana kalau kita cobain resep terbaru dari Kobe ? Ya... Bakwan Caisim Kobe. Caisim atau sawi hijau selain dimasak juga enak lho dibikin bakwan. Apalagi buat anak-anak yang susah banget makan sayur, Bakwan Caisim ini adalah solusinya. Dengan menggunakan tepung bakwan Kobe, tekstur bakwan jadi renyah dan empuk. Anak-anak pasti suka... #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Siomay Bandung (Ayam)

Siomay Bandung (Ayam)

Sudah jadi nih siomay buat sarapan pagi yg tertunda terus πŸ˜„ ayam giling sdh bbrp kali turun naik dari freezer, batal terus di eksekusi 😐, sekarang jadi deh dengan resep teh @Desriayu_Ecy yang cooksnap juga dari resep lain, ini sy pakai ayam negeri ya...tks inspirasinya semua, sekalian buat setoran #ComboNgabibita_Seupan #CookpadCommunity_Bogor #dapurtunik #PekanPosbar #serbadikukus

Kue cubit

Kue cubit

15menit
Donat Kampung

Donat Kampung

Pengen nyemil tapi males bikin yang ribet. Jadii ku bikin donat versi biasa yg ditabur gula halus gitu. Bikinnya manual, pakai takaran sendok, dan tanpa kentang ya. #semangcookhokya #cookpadcommunity_semarang

1.5 jam
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Karna masih ada separuh jagung dan sedikit daun bawang saya buat saja bakwan jagung... Saya tepungnya juga tidak pakai tepung bakwan.. Adanya tepung sajiku serba guna maka saya manfaatkan juga...ternyata enak πŸ˜„

2 orang
Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Salah satu cemilan favorit ❀

1 piring
1 jam
Cireng Isi Tempe Pedas

Cireng Isi Tempe Pedas

Sudah Mulai Akhir bulan alias tanggal tua hehehe jadi saya mau coba bikin cemilan yang sederhana dengan bahan yang ada di dapur, dan maaf ya mama kl tampilan nya kurang cantik. Maklum saya masih belajar .

2 Orang
+- 1 Jam
Martabak Jablay

Martabak Jablay

Martabak ini selain gampang dibuatnya rasanya enak mantab karena tebel, puas makannya. Resep ini didapat dari channel you tube sobat dapur.

kurleb 10 pcs
kurleb 45'
Kue Kaca Mata/Mata Roda

Kue Kaca Mata/Mata Roda

Resep: @herlinwulan #posbarpalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija #Cookpadcommunity_Tangerang