Kue Kaca Mata/Mata Roda

Dipos pada May 4, 2022

Kue Kaca Mata/Mata Roda

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Kaca Mata/Mata Roda yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Kaca Mata/Mata Roda yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Kaca Mata/Mata Roda, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Kaca Mata/Mata Roda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Kaca Mata/Mata Roda sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Kaca Mata/Mata Roda memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep: @herlinwulan #posbarpalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija #Cookpadcommunity_Tangerang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Kaca Mata/Mata Roda:

  1. 400 gr singkong, berat setelah dikupas, parut
  2. 125 gr kelapa parut (lebih enak yg agak muda)
  3. 125 gr gula pasir
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/4 sdt vanila essens
  6. Secukupnya pisang (saya pakai pisang raja)
  7. Sesuai selera pewarna makanan (sy: merah dan hijau)
  8. Bahan balutan:
  9. 150 gr kelapa parut
  10. 1/4 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kue Kaca Mata/Mata Roda

1
Campur kelapa parut, singkong, gula pasir, garam, gula dalam wadah, aduk sampai rata.
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 1
2
Bagi adonan jadi 2 bagian dan beri pewarna makanan, aduk rata.
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 2
3
Kupas pisang, biarkan utuh. Ambil selembar daun pisang, tuang adonan beda warna berdampingan, lalu letakkan pisang ditengahnya, gulung/ bungkus seperti lontong/arem-arem dan semat kedua ujungnya (bisa jg dilipat ujung2nya jika tdk punya tusuk gigi).
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 3
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 3
4
Kukus dengan api sedang selama 30 menit, angkat dan dinginkan.
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 4
5
Kukus bahan baluran selama 10 menit.
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 5
6
Saat sudah dingin, potong2 kue dan gulingkan ke kelapa parut yang dikukus. Sajikan
Kue Kaca Mata/Mata Roda - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risoles Segitiga Isi Rogout Sayur

Risoles Segitiga Isi Rogout Sayur

Lagi males banget sarapan apapun. Tiba2 pengen risol. Tapi dadakan gini males beli keluar. Pas liat persediaan bahan, semuanya lengkap. Ada sisa isian arem-arem. Nah untuk isian rogut, tinggal ditambah tepung maizena dicampur air atau bisa juga tepung bakwan instan dicampurkan ke dalam adonan bahan isian ini, lalu dimasak terus sampai kental #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Donat pandan dan tips keluar ringnya

Donat pandan dan tips keluar ringnya

Baru masuk 3C sudah dapat ilmu desain canva dari mbk diarti, senengnya. Alhamdulillah. Terima kasih banyak diarti, semoga berkah dan jadi ladang pahala buat mbk diarti ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ. Karena aku suka banget hijau, sampe donat dibuat hijau juga. Aku kasih pasta pandan. Tips supaya keluar ringnya ketika digoreng : 1. Jangan sampai donat over profing, cirinya ketika donat disentuh, adonan akan balik ke posisi semula. 2. Pakai minyak goreng setinggi 1/2 bagian adonan donat. 3. Gunakan penggorengan ceper. Ini menurut versi aku ya, soalnya sering menggoreng donat pakai penggorengan jadul dan minyak yang banyak, masih juga berkali kali tidak keluar ringnya. Sumber : @diartirosianti dengan modifikasi #CookingCommunityClass_DesainCanva #Spatula3C_Diarti #SalamKompakSelalu #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Cireng Isi Mie

Cireng Isi Mie

by Utari Agustini

Donat Sukun

Donat Sukun

Di depan rumah lagi panen Sukun. Biasanya tinggal di kukus lalu diberi tepung dan digoreng. Sukun ini kalau matang dan lembek teksturnya seperti Durian. Berhubung bosan dengan olahan Sukun yang itu itu saja, jadilah dibentuk donat. Bentuknya saja yg seperti donat, rasanya ya tetap Sukun ๐Ÿ˜

10 buah
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Resep#TitisariLesanpura #Cookies_TitisariLesanpura #CookpadCommunity_Tangerang Buat cemilan guuammmpilnya super dah๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜„ kesukaan anak2 plus gaak pake lammmaaa ... Cuzz kepoin yuk๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿคญ๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰

Misro | Klenyem | Jemblem

Misro | Klenyem | Jemblem

Bismillah,meramaikan posbar olahan palawija se-Jabodetabek aku bikin olahan singkong yang manis-manis gurih empuk๐Ÿ˜ƒ beda daerah beda pula namanya๐Ÿ˜ kalo orang sunda bilang ini misro (amis dijero ato manis di dalam) kalo wong jowo bilang ini klenyem/jemblem๐Ÿ˜ Jemblem ini cocok untuk sarapan atau ngemil di sore hari.untuk resepnya aku cooksnap resepnya mba @fitrisasmaya langsung bikin 2x karena pasukan banyak๐Ÿ˜„ yang aku tulis ini resep aslinya mba fitsas ya temen-temen๐Ÿฅฐ #JABODETABEK_OlahanPalawija #cookpadcimmunity_jakarta

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Source : @dapurkobe Hmm yummy paling suka makanan yang kriuk kriuk gitu, disamping anak anak suka, suami juga ikut cobain dan bilang enak + kriuk banget (baru pertama cobain) Tentunya donk pake Kobe tepung Bakwan Kress jangan salah pilih ๐Ÿฅฐ๐Ÿฅฐ #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Pada postingan saya sebelumnya juga pernah membuat kue panggang, bentuk daun. Sekarang ada versi lainnya yaitu pakai kacang tanah. Rasanya mirip kue kacang tapi lebih kokoh dan sedikit keras. YouTube : desmawati kuretangin Link resep : https://youtu.be/oqnNS2p-WKI #CookpadCommnunity_Sumbar

193. Si Cireng (Nasi Cireng)

193. Si Cireng (Nasi Cireng)

Bismillah, memanfaatkan nasi sisa semalam supaya ngga mubadzir. Sekalian memenuhi tantangan Mamah diprogram #MasakSetiapBagian dalam memanfaatkan sisa makanan yg ada di rumah. Mau buat nasgor tanggung, cuma semangkok๐Ÿคญ๐Ÿคญ Ya sudah dibuat cemilan aja, gampang buatnya dg bahan yg simple, semua pada doyan hihiihihi... Oya, cocolannya itu pake sambal kacang yah hehehhe. Enak jg koq ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #UbahSisaJadiRasa #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #MasakItuSaya #OlahanNasiSisa Source: YT. Dapur Enta

Siomay ala dimsum kaki lima

Siomay ala dimsum kaki lima

Yogyakarta, Sepetember 2021. Masih dengan tema kukus mengukus bareng teman2 #CookpadCommunity_Yogyakarta dan #kelasYoglosemar_kukus Siomay adalah salah satu kesukaan krucil. Mau itu siomay abang2 atau siomay yang diresto. Pokoke siomay mereka suka deh. Nah untuk yang kali ini saya bikin siomaynya dengan full ayam (karena menu perikanannya sudah minggu kemaren). Walau full daging ayam tanpa campuran udang tapi rasanya enak banget. Untuk pendampingnya bisa pakai bumbu kacang atau cocolan saus sederhana seperti yang saya buat. #kopijos #kopijos_ngukus #Selaluistimewa

30 pc
1 jam
Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel karipap ini renyah sekali kulitnya, sampai berjam-jam juga masih kriuk ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Untuk isiannya , silahkan sesuai selera teman-teman ya, mau dimodif seperti apa. Isiannya juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping di meja makan. Jika untuk isian pastel, sebaiknya dimasak lebih asin karena akan disajikan bersama kulit pastel lagi. Kreasi karipap lainnya bs lihat di #karipaplingga Source: chef Devina Hermawan #karipaplingga #Karipappusing #pastelkaripap #currypuff #Cookpadcommunity_jakarta

16 pc pastel bulat
2 jam
Corndog mini

Corndog mini

Saya ambil resep dr kak @mamio_bin dan saya mix sedikit ๐Ÿ˜ https://cookpad.com/id/pengguna/2549176?invite_token=GeKc6Fm99YcZxLsoSnp6yYKD&shared_at=1632016223

8 tusuk
1 jam 20 menit
Tepung Jadi Camilan Seenak Ini | Kue Tiram Renyah

Tepung Jadi Camilan Seenak Ini | Kue Tiram Renyah

Source: ูˆุตูุงุช ู…ูŠุณูˆู† ุงู„ุฌุฒุงุฆุฑูŠุฉ | Recooked and modified by THV Bikin ini dijamin nyesel banget, kenapa gak dari dulu ekseskusi resepnya ๐Ÿ˜…. Bahan-bahannya mudah didapat dan ekonomis. Tapi hasilnya mewah dengan rasa kriuk berlapis-lapis yang bener-bener bikin gak bosan. Sekilas rasanya itu mirip Turkish Baklava ya, mirip banget malah, cuma ini minus kacang Pistachio sih. So, kalau mau enak lagi, selain ditabur Wijen dan Almond slices, silahkan ditabur juga dengan kacang Pistachio ya. Kelezatan kue ini menurut saya sangat tergantung dengan toppingnya, jadi pastikan simple syrup dibuat dengan sepenuh hati, agar rasa dan wanginya maksimal. Berikut ini resepnya, selamat mencoba. TY

67 s.d 72 pcs
Bakwan Kulit Buah Naga

Bakwan Kulit Buah Naga

Olahan kulit buah naga berikutnya saya mau bikin bakwan dari 1/2 buah kulit naga dan nasi goreng dari pasta buah naga. Enak banget lhoo buat sarapan pagi ini sekaligus temen ngopi, ga keliatan kayak buah naga secara ya kan ga ada rasanya berfungsi hanya sebagai pemanis pewarna makanan. Selamat mencoba Cookpaders! Salam hangat dari Peri Dapur Farhah ๐Ÿ˜๐Ÿ™ Ditunggu ya Kreasi #MasakSetiapBagian nya #PeriDapur #MasakItuSaya #CookpadIndonesia

Donat Ekonomis (metode autolisis)

Donat Ekonomis (metode autolisis)

Hai-hai bunda semua, kembali lagi dengan resep perdonatan. Kali ini saya akan membagikan resep donat ekonomis yang cocok buat jualan. Low budget banget, tapi tetep empuk. Metode pembuatannya no mixer ya. Kita pakai metode autolisis. Jadi diuleb sebentar saja sudah kalis elastis. Yuk simak resep dan step2nya ya..

10 pcs
6 jam
Donat autolysis

Donat autolysis

Awalnya mau bikin roti tawar tapi berubah pikiran akhirnya digoreng jadi deh donat.. Tapi klo mau dibikin roti dgn resep ini bisa juga..

5 porsi
3 jam
Gulai Ikan Kue

Gulai Ikan Kue

Bismillaah... Menurut Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menyebutkan ikan kuwe jika dibandingkan dengan jenis - jeni ikan lainnya memiliki keunggulan pada kandungan protein yang relatif tinggi. Selain itu, komposisi asam amino pada ikan kuwe juga terbilang sangat lengkap. Manfaat ikan kuwe bagi tubuh manusia dilihat dari kandungan gizi ikan kuwe dimana kandungan protein tinggi dan komposisi asam amino yang lengkap membuat ikan kuwe bermanfaat bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh manusia. Tidak sampai disitu, karena komposisi asam amino yang lengkap ikan kuwe dapat menstimulasi hormon serotonin dimana hormon ini bertanggung jawab dalam pengendalian stress. Jadi mengkonsumsi ikan kuwe juga bisa menjadi penangkal stres. Selain dua zat itu tadi, ikan kuwe juga kaya akan kalsium, vitamin D, serta vitamin C. Ketiga zat mikronutrien ini sangat penting bagi tubuh karena bermanfaat untuk menjaga atau mencegah kerusakan pada tulang dan gigi. http://perikananku-id.blogspot.com/2018/03/terungkap-ternyata-ikan-kuwe-memiliki.html?m=1 #ikankuwe #ikangepeng #gulaiikan #gulaiikankuwe #olahanikan #ikanbumburempah

5 orang
60 menit