Donat Jepang Madu

Dipos pada May 4, 2022

Donat Jepang Madu

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Jepang Madu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Jepang Madu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Jepang Madu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Jepang Madu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Jepang Madu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Jepang Madu memakai 16 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum....ngedonat lagiiiiiii...jd seneng buat donat moms, dulu paling anti kalau buat donat, sedih karena white ring gak keluar. Tapi setelah tahu trik nya jadi ketagihan ngulen donat 😅. Saya tidak begitu ahli dlm membuat donat, tp saya hobby bgt maem donat, tp kalau tahu kalorinya jadi mengkeret mo maem banyak 😭. Gak apa² pokoke baru pgn buat donat 😂, nanti dibagi² aja buat habisinya. Donat kali ini pakai madu dan tepung jepang. Donat yg pakai madu itu permukanya agak ada kerutan² dikit kl habis digoreng. Mungkin ini ciri khas donat madu, saya sendiri kurang tahu 😁. Ada banyak resep donat, tp blm banyak yg saya coba, satu satu ya moms cb resepnya. Ini hasilnya tdk maksimal spt yg bunda wulan trian buat, saya kurang tahu kenapa. Di sini saya buat dr tepung kabuki buka komachi, mkn lain kali saya mau pakai komachi, kmrn cari tepung komachi di TBK habis Source : @Mmski1905 Recook : @lovekitchens24 #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Jepang Madu:

  1. 🍒 Bahan A / bahan kering :
  2. 300 gr tepung kabuki
  3. 30 gr susu bubuk
  4. 2 gr garam
  5. 4 sdm gula pasir
  6. 1 gr bread improver / boleh skip
  7. 2 gr vanilli bubuk
  8. 🍒 Bahan B / bahan basah :
  9. 1 butir telur
  10. 30 gr madu
  11. 150 ml susu cair
  12. 50 gr butter
  13. 5 gr ragi instant
  14. 🍒 Topping :
  15. 50 gr gula halus/gula donat
  16. 100 gr selai strawberry

Langkah-langkah untuk membuat Donat Jepang Madu

1
Tuang ragi dlm gelas dan tuang sedikit susu cair (ambil dr 150 ml susu cair tadi) diamkan sampai keluar gelembung tanda ragi masih aktif
2
Campur semua bahan kering dalam wadah lain, kemudian masukkan telur, madu dan ragi tadi sambil masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai kalis
3
Setelah kalis, masukkan butter dan uleni sampai kalis elastis
4
Setelah kalis elastis bagi adonan sesuai selera, tadi saya bagi @30 gr jd 15 butir dan @20 gr jadi 7 butir (nanti buat bombolini nya)
Donat Jepang Madu - Step 4
Donat Jepang Madu - Step 4
5
Rounding adonan dan lunangi tengahnya, td saya lubangi gak sampai berlubang, buat cekungan aja pakai tutup botol air mineral, diamkan adonan ±30 - 1 jam tergantung cuaca, semakin panas cuaca semakin cepat mengembang.
6
Panaskan minyak dg api kecil, lalu masukkan donat. Dalam menggoreng ini agak tricky ya, pertama kali masuk donat yg ada cekunganya masuk minyak dl, jadi donat dibalik supaya cekungan tetap bagus terbentuk. Sesaat setelah masuk minyak langsung balik adonan supaya tdk ada gelembung. Jd saya pakai teknik 3x balik. Cara menggoreng ini terserah saja ya moms, menurut keyakinan masing² 😂
7
Oh iya, pas donat mau masuk penggorengan, lubang donat tekan lagi dg tutup botol terbalik ya, spy cekungan lebar lagi, krn td pasti agak tertutup setelah adonan mengembng
8
Setelah matang, angkat donat pakai serok gorengan, dan hentak kan sekali supaya donat tetap gembul dan minyak keluar,saya dpt tips ini dr bunda novi di ig, makasih bund tips nya
9
Setelah dingin, taburi dg gula halus dan semprotkan selai strawberry, masukkan ke plastik spy donat tetep awet
Donat Jepang Madu - Step 9
Donat Jepang Madu - Step 9
Donat Jepang Madu - Step 9
10
Donat Jepang Madu - Step 10
Donat Jepang Madu - Step 10
Donat Jepang Madu - Step 10
11
Selamat mencoba 😘

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cireng Banjur

Cireng Banjur

Bandung lagi hujan besar, pengen banget makan yang anget². Dan akhirnya bikin cireng banjur ini deh simpel banget

Cilok kuah santan

Cilok kuah santan

#TetepKenyangTanpaNasi

Kue karamel

Kue karamel

10 porsi
1 jam
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Assalamu'alaikum, selamat sore.. Happy weekend semuanya🥰 Sore sore gini dan disini pas hujan enaknya bersantai sambil ngemil yaa. Duuh pas banget kemarin dikirimin tepung bakwan kress yang lagi viral. Dikirimin banyaaak banget sama @dapurkobe 😍 Yaudah, sekarang waktu yang tepat untuk eksekusinya. Saya buat bakwan caisim ala Kobe. Simple banget dan rasanya uwenak poollll. Buibu di rumah wajib banget untuk cobain yaa. Jangan lupa, harus pakai Tepung Bakwan Kress dari @dapurkobe biar kressnya pecah di mulut. Ini dia resepnya ☺️ #DapurKobe #BakwanCaisim

Bakwan (Tepung terigu + Tepung beras)

Bakwan (Tepung terigu + Tepung beras)

Ceritanya ngabisin tepung 😀

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel karipap ini renyah sekali kulitnya, sampai berjam-jam juga masih kriuk 😋😋 Untuk isiannya , silahkan sesuai selera teman-teman ya, mau dimodif seperti apa. Isiannya juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping di meja makan. Jika untuk isian pastel, sebaiknya dimasak lebih asin karena akan disajikan bersama kulit pastel lagi. Kreasi karipap lainnya bs lihat di #karipaplingga Source: chef Devina Hermawan #karipaplingga #Karipappusing #pastelkaripap #currypuff #Cookpadcommunity_jakarta

16 pc pastel bulat
2 jam
Donat empuk tanpa ulen

Donat empuk tanpa ulen

Bismillah.. Ceritanya tuh lagi pengen bikin donat,tapi yg gak ribet pake ulen2 segala,trs nyari2 resep n nemu resepnya @yackikuka tp ada sedikit modif,alhamdulillah berhasil,plus berhasil ada white ringnya lagi.... Hihi

Resep Kue Apem Tepung beras

Resep Kue Apem Tepung beras

kue apem makanan masa kecil yang mudah buatnya dan di sukai anak anak kala itu tapi entah lah kali ini apakah anak anak ku akan suka ? 🤭

Corn dog ndeso super gampang

Corn dog ndeso super gampang

Doyan ngemil tpi gak mau ribet, jdinya bikin resep yg gampang tpi enak kayak ini, enak, awet kriuk, bisa disimpan dikulkas dan tinggal diangetin klo mau makan lagi.

5 orang
1 jam
Donat Tape Panggang

Donat Tape Panggang

Bismillah...cemilan sore tadinya buat donat tapi ada cetakan waffel yg lama tdk digunakan akhirnya dipanggang dgn cetakan waffel

12-15 pcs
1 jam
Kue soes

Kue soes

Kue ini kesukaan bangett.. dari kecill mama suka beliin anak2nya kue sus sampe punya anak pun jadi tambah suka.. dan akhirnya buat juga pakai resep mba @vitajaurina ahlinya baking di #cookpadcommunity_palembang .. minggu ini berkesempatan cooksnap resep di #wongkitocooksnap_vitajaurina terimakasih ilmunya mba vita dan direshare lagi semoga bermanfaat bagi temen2 yg mau makan kue sus sepuasnya.. 🤭🤭 Resep asli bis klik link dibawah https://cookpad.com/id/resep/9641880-kue-sus-vla-vanilla?invite_token=73h4EiNceThK68ShPijDcjrn&shared_at=1631774495 #resepwongkito

30-35 pcs
60 menit
Martabak telur

Martabak telur

Di rumah ibu, kalo masak kari daging besoknya pasti dimasakin martabak ini. Berhubung ku jarang masak kari, jd bumbu & topping disesuaikan yg ada di dapurku aja yg kebetulan adanya ayam rica, hehe. Bisa jg pake bumbu instan yg sudah jd ya.. Yuk dicoba😘 Btw : 🍓 aku pake 4 lembar kulit utk 2 buah martabak (ditumpuk) 🍓 pake teflon uk 25 x 25 cm

2 buah (@uk.25 x 25 cm)
1 jam
Telur Gulung Isi Sayur

Telur Gulung Isi Sayur

Salah satu menu pilihan untuk sarapan simpel kami, terutama saat harus buru-buru karena kesiangan 😁

Cireng Salju Sambal Rujak

Cireng Salju Sambal Rujak

Ini tipe cireng yang kenyal lembut di dalam, crispy di luar. Cirengnya tebal. *kalau mau lebih lembut di dalam, perbanyak air di bahan biang. *Kalau mau tambah crisy, simpan di kulkas dalam wadah tertutup, goreng di api sedang.

15 buah
30 menit
Snack Mpasi : Stick Sarang Ubi

Snack Mpasi : Stick Sarang Ubi

Namainnya ngasal ya bund.. hhi. Bisa untuk camilan keluarga juga..rasanya enak dan bikinnya mudah :)

1 porsi
45 menit
Siomay ala dimsum kaki lima

Siomay ala dimsum kaki lima

Yogyakarta, Sepetember 2021. Masih dengan tema kukus mengukus bareng teman2 #CookpadCommunity_Yogyakarta dan #kelasYoglosemar_kukus Siomay adalah salah satu kesukaan krucil. Mau itu siomay abang2 atau siomay yang diresto. Pokoke siomay mereka suka deh. Nah untuk yang kali ini saya bikin siomaynya dengan full ayam (karena menu perikanannya sudah minggu kemaren). Walau full daging ayam tanpa campuran udang tapi rasanya enak banget. Untuk pendampingnya bisa pakai bumbu kacang atau cocolan saus sederhana seperti yang saya buat. #kopijos #kopijos_ngukus #Selaluistimewa

30 pc
1 jam
Bakwan Sayur Garing

Bakwan Sayur Garing

Bakwan garing versi umek @elles_cooking setelah beberapa hari yg lalu Beladas bareng #CookpadCommunity_Palembang materinya tulis menulis caption hehe Tapi emang, nulis caption di resep 11/12 susahnya dengan masak resep itu sendiri 🤣 #WongKitoCooksnap_EllySuryani #Bakwan

Cimol anti gagal

Cimol anti gagal

Anak anak suka sekali ngemil klau lagi lht tv,kebetulan gak ada cemilan sama sekali,ya udah bikin cimol aja, praktis dan sangat mudah

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Kue Soes yang punya nama kerennya Choux Pastry ini jadi kesukaan saya sejak kecil. Seneng sama teksturnya, tentunya manis & lumer di mulut. Akhir2 ini sempat lihat postingan kue Soes bentuk bunga. Cantiiikk.. langsung beli cetakannya di Market Place & penasaran bikin. Resep kulit soes saya kutip dari Buku resep yg pertama kali saya beli ketika baru lulus kuliah. Kreatif Pastry dari Sedap Sekejap. Menurut saya resep2nya oke banget buat pemula seperti saya. Untuk filling bisa pakai Vla atau pakai Diplomat Creme (lihat resep di CP @dingditskitchen ya)

30 pcs