Otak otak ikan kukus/bakar

Dipos pada May 6, 2022

Otak otak ikan kukus/bakar

Anda sedang mencari inspirasi resep Otak otak ikan kukus/bakar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Otak otak ikan kukus/bakar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Otak otak ikan kukus/bakar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Otak otak ikan kukus/bakar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Otak otak ikan kukus/bakar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Otak otak ikan kukus/bakar memakai 12 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Aku pakai ikan jenis berdaging putih dan sedikit tulang..Krn tenggiri dikotaku susah dan mahal.. soal rasa 11-12 kalau pakai tenggiri Aku lupa nama ikan yg aku pakai..nanti aku share ikannya ya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Otak otak ikan kukus/bakar:

  1. 800 gr daging ikan SDH aku blender halus
  2. 8 bh bawang merah uk sedang
  3. 6 bh bawang putih
  4. 1/2 SDH merica bubuk
  5. 3 bh daun bawang
  6. 2 butir putih telur
  7. 200 gr tepung kanji
  8. 100 ml air putih (untuk blender ikan dan bumbu hals)boleh di ski
  9. 1 Bks santan kara uk.kecil
  10. Penyedap rasa
  11. Daun pisang
  12. Penyemat/lidi/steples (untuk daun)

Langkah-langkah untuk membuat Otak otak ikan kukus/bakar

1
Blender semua ikan hingga halus..jika agak susah di blender boleh ditambah air to jgn terlalu banyak
Otak otak ikan kukus/bakar - Step 1
2
Blender bawang merah,bawang putih dan merica..jika SDH halus campurkan ke ikan dan aduk rata
3
Lalu masukkan daun bawang yg sudah diiris tipis tipis,putih telur dan penyedap rasa
4
Aduk rata lalu masukkan tepung kanji..aduk kembali sampe semua rata
5
Koreksi rasa sampai sesuai selera
6
Daun pisang yg SDH dipiting kecil.kukus daun pisang/jemur biar layu (tdk mudah sobek)
7
Bungkus adonan otak otak sebanyak 1 sendok makan lalu ratakan memanjang lipat bagian atas bawah daun pisang lalu di klip/Semat pakai lidi
8
Kukus sekitar 15-20menit.
Otak otak ikan kukus/bakar - Step 8
Otak otak ikan kukus/bakar - Step 8
9
Otak.otak SDH bisa dikonsumsi dalam keadaan sudah dikukus maupun bisa lgsg dibakar/goreng..
Otak otak ikan kukus/bakar - Step 9
Otak otak ikan kukus/bakar - Step 9
10
Adonan digoreng jg lgsg bisa tanpa dikukus terlebih dahulu

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat empuk tanpa ulen

Donat empuk tanpa ulen

Bismillah.. Ceritanya tuh lagi pengen bikin donat,tapi yg gak ribet pake ulen2 segala,trs nyari2 resep n nemu resepnya @yackikuka tp ada sedikit modif,alhamdulillah berhasil,plus berhasil ada white ringnya lagi.... Hihi

Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang

Sudah lama pingin banget bikin kue ini dan baru kesampaian, belum punya cetakan, ini pinjam mertua hehehe Mantul sekali rasanya, resep dari mbak @yulianamenjoi #ColamMatos #Matos_SedikitMinyak #Matos_MakanSehatTetapEnak #CookpadCommunity_Malang #MakananNusantara #LumpurKentang #JajananPasar #Tradisional #PekanPosbar

Kue lumpur nasi (rasa mirip kentang)

Kue lumpur nasi (rasa mirip kentang)

Walaupun pake nasi tp enak,sama anak gadis dikira lumpur kentang,hihi bisa buat alternatif kalo ada nasi sisa.. source:@dapurVY

Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

Bbrpa x sih liat tutor bikin kue satu ini di yutub, tapi mau praktek nya agak males krna kebanyakan prosesπŸ˜‚tapi aku sukaa sama ni kue, dan kebetulan ada temen yg order cemilan dan minta juga kue ini.. Hmm.. Demi Duit kemalesan mamak hilang πŸ€‘πŸ€‘ Source: YT. THV https://youtu.be/77gJo5872Go #CookpadCommunity_Jakarta #GenkpejuangDapur

Dimsum siomay ayam

Dimsum siomay ayam

Buat cemilan cocok nih buund... bikin yuuuk

Pastel isi pisang coklat

Pastel isi pisang coklat

20biji
1 jam 30 menit
Donat Gula Jadul

Donat Gula Jadul

#cloverdandelion17 #donat Hai, moms. Hari ini aku bikin donat gula jadul yang biasa mamakku bikin. Jadul karena bikinnya tidak harus mikirin ada white ringnya dan jadul karena masa fermentasi cukup satu kali aja selama 30 menit. Walau jadul tetap lembut loh, moms. Fyi, donat ini biasa mamakku bikin dadakan untuk disajikan ke tamu yang berkunjung kerumah. Dan ini bukan kategori donat yang ringan seperti donatΒ² mall yah, moms.

10 orang
1 jam
Gorengan nasi

Gorengan nasi

Memanfaatkan nasi sisa kemaren, bikin kreasi bru dbikin gorengan nasi untuk cemilan warga drumah, alhamdulillah semua pada doyan kreasi mak ny ☺ #masaksetiapbagian #semuabisajadienak

Kue cubit

Kue cubit

15menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Bener2 Gak Ada Yg Gagal Sama Produk2 KOBE Secinta Itu πŸ˜πŸ’œ Bikin Masak Cepat n Praktis Rasanya Enak Kayak Buatan Sendiri Solusi Banget Buat Anak yg Susah Makan Sayur Pake Tepung Bakwan Kress Tinggal Campur Sayur dan Air Jadi Bakwan yg Gurihnya Bener2 Kress Rasanya Mantap Gak Kaleng Kaleng πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Donat ala resep Yackikuka

Donat ala resep Yackikuka

Suami suka banget ngemil donat..karna beberapa kali dapet resep zonk terus jdi males bkin donat. Pas banget buka ig cici yackikuka lg bkin donat, dengan pedenya bkin dengan resep yg di share yackikuka.. hasilnyaaa waawww banget..berhasillll..lembutt dan ga bantet ❀️

15 potong
Cireng (Aci digoreng)

Cireng (Aci digoreng)

Assalamualaikum, Apa kabar semua? Semoga dlm lindungan Allah dan sehat" semua. Teruntuk mbak @soewandono19 semoga diberi kesabaran, sehat selalu, dan semangat untuk kedepannya. Coboy love n care u πŸ’•πŸ’• #CintaUntukBerlian #SayangCoboyUntukBerlian #CoboyPeduli #CookpadCommunity_Surabaya

Bola kentang krispy camilan MPASI 22 bulan

Bola kentang krispy camilan MPASI 22 bulan

#pejuanggoldenaproan #sayanganak #stayathome #masakpenuhcinta #camilansehat #mpasi22bulan

Curry Puff, Camilan Lezat dari Dapur Malaysia

Curry Puff, Camilan Lezat dari Dapur Malaysia

Apa yang paling disyukuri dari internet murah dan kemajuan IT? Yup, surga bagi mereka yang hobi masak/baking Karena semakin mudah mencari resep masakan, lengkap dengan cara membuatnya. Hiks, andaikan terjadi 10 tahun silam pasti saya akan bersuka ria, bereksperimen untuk anak-anak saya. Sekarang sih anak-anak udah gede dan udah pindah di luar kota. Jadi hasil masakan saya share di Instagram, blog dan cookpad, masing-masing sesuai tujuan. Blog, untuk menulis ngalor ngidul tentang masakan yang dicoba, seperti curry puff yang saya tulis di sini: https://www.maria-g-soemitro.com/2020/04/curry-puff-fatmah-bahalwan-pastel.html Sedangkan cookpad sebagai buku resep, karena sering lupa masakan yang pernah dicoba. Dengan adanya platform cookpad, resep tersimpan rapi, sehingga tinggal buka dong ya? Serta semoga bermanfaat untuk yang kebetulan mencari resep ini. Amin.

15-20 porsi
1 jam 30 menit
Cireng salju

Cireng salju

43 pcs
190. Bakwan Bayam

190. Bakwan Bayam

Source : @dapurkobe #Afifathuzahwa2021 #GenkPejuangDapur

Donat kentang lembut full topping coklat

Donat kentang lembut full topping coklat

Dapt kiriman donat dari sepupu krna enak dan lembut lalu minta diajarkan cara ny & akhir nya eksekusi dirumah berhasil πŸ˜›πŸ˜‹πŸ˜†

30 biji
2 jam