Siomay ayam

Dipos pada May 6, 2022

Siomay ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Siomay ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Siomay ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Siomay ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Siomay ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay ayam adalah 5 org. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Siomay ayam diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay ayam memakai 26 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Untuk bikin siomay yg tekstur kenyal nya pass, dan wangi dagingnya enak, kita butuh daging paha ayam fillet & kulit ayam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay ayam:

  1. BAHAN SIOMAY (Campur semua bahan jd satu dalam chopper/blender)
  2. 300 gr paha ayam fillet
  3. 150 gr Kulit Ayam (kalo bs beli yg udh digiling)
  4. 3 siung Bawang Putih
  5. 2 batang Daun Bawang, rajang/iris kecil2
  6. 1 sdm Saos Tiram
  7. 1,5 sdt Garam
  8. 1 sdt Kaldu Ayam Bubuk (saya pakai Royco)
  9. 3/4 sdt micin (saya pakai Sasa)
  10. 1 sdm full Gula Pasir
  11. 5 sdm tepung Tapioka/Sagu
  12. Kulit somay/dimsum (jika suka)
  13. BUMBU KACANG :
  14. 150 gr Kacang Tanah dgn Kulit, cuci bersih
  15. 10 Cabe Merah Kriting
  16. 4 siung Bawang Merah
  17. 2 siung Bawang Putih
  18. 2 sdm Gula Merah, iris tipis
  19. 1,5 sdt Garam (sesuai selera)
  20. 1/2 sdt micin
  21. Air asam jawa 3 sdm (sesuai selera)
  22. 75 ml Minyak sayur
  23. 300 ml Air
  24. 1-2 sdm Kecap Manis
  25. 2 lbr Daun Jeruk
  26. BAHAN TAMBAHAN LAINNYA : DAUN KOL, KENTANG, TELUR REBUS, TAHU

Langkah-langkah untuk membuat Siomay ayam

1
Semua bahan untuk siomay, campur jadi satu dan blender hingga halus. Untuk meringankan beban pisau chopper/blender nya, untuk bahan seperti kulit ayam, daging ayamnya dll harus kita chop kecil2
2
Tes rasa, caranya : ambil sedikit adonan, goreng di minyak panas secukup nya. Lakukan koreksi rasa
3
Bungkus adonan dgn kulit somay, lakukan hingga habis. Atau disajikan tanpa dibungkuas kulit jg bs.
4
Siapkan kukusan, lumuri alasnya dgn minyak sayur terlebih dahulu biar ga lengket dan, beri jarak satu dgn yg lain. Kukus kurang lebih 10 menit aja,
5
UNTUK BUMBU KACANG : Goreng kacang di api kecil beserta, cabai, bawang putih dan merah, dan daun jeruk
6
Blender semua bumbu, air, air asam jawa, beserta kacang yg telah di goreng dan minyak yg dipakai td untuk menggoreng (kecuali : Daun Jeruk dan Kecap)
7
Setelah halus, goreng kembali dgn api kecil, tambahkan daun jeruk + kecap secukupnya. Goreng hingga warna lbh gelap dan Lakukan tes rasa. Jika tekstur terlalu kental tambahkan air sesuai selera
Siomay ayam - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Jadi ini risol hasil dari inspirasi mama saya, yang hobi banget buat cemilan sore ๐Ÿ˜„ Selamat Mencobaaaaa ๐Ÿณ

5- 6 Orang
1 Jam
Kue Bugis Mandi

Kue Bugis Mandi

by Fepti Ari Ani #Resep recook from Chalista Kitchen

Risoles Jumbo

Risoles Jumbo

Source : ig @dhilasina Salad Buah Source : Justitia Aurora Diana #CookpadCommunity_Sumbar

Bakwan Kulit Buah Naga

Bakwan Kulit Buah Naga

Olahan kulit buah naga berikutnya saya mau bikin bakwan dari 1/2 buah kulit naga dan nasi goreng dari pasta buah naga. Enak banget lhoo buat sarapan pagi ini sekaligus temen ngopi, ga keliatan kayak buah naga secara ya kan ga ada rasanya berfungsi hanya sebagai pemanis pewarna makanan. Selamat mencoba Cookpaders! Salam hangat dari Peri Dapur Farhah ๐Ÿ˜๐Ÿ™ Ditunggu ya Kreasi #MasakSetiapBagian nya #PeriDapur #MasakItuSaya #CookpadIndonesia

Rangin/pancong/gandos

Rangin/pancong/gandos

Resep dari mak fridajoincoffee di IG

16 buah
Lumpia indomie

Lumpia indomie

15 pcs
30 menit
Bakwan Daun Singkong

Bakwan Daun Singkong

#TerimakasihKobe #BersamaKobe #RecookBubuhanKaltim #KulaEtamCoCoK #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #CookpadCommunity_Kalimantan.

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Alhamdulillah ksampean juga bikin kue sarang semut ini dan bisa bersarang๐Ÿฅฐ Ibu bilang pngen makan kue sarang semut....langsung deh Q bikinin wat bliau...๐Ÿ˜˜๐Ÿฅฐ Bentuk tampilan, warna, aroma, dan tekstur kue sarang semut yang unik ini sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. Warna cokelat kehitaman pada kue sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Source : Cici Lestari fitri Andjani https://cookpad.com/id/resep/13476095-cake-caramelsarang-semut?invite_token=HxD8Y1csLgkJELNCfX6Ycxr6&shared_at=1632739033 #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

368.Donat Crunchy isi Abon empuk banget (roti goreng abon)

368.Donat Crunchy isi Abon empuk banget (roti goreng abon)

Donat atau roti goreng ini empuk banget (ada tambahan kentang yg dikukus) bagian dalamnya luarnya crunchy kres kres meskipun tanpa ulen cukup aduk2 campur diamkan dan 1 resep bisa jadi 13-15 adonan dg ukuran yg gemoy banget cucok banget buat isian Snack box ini ... Isian boleh divariasi dg rogut, coklat mises, selai atau Mozarella Sekalian buat tugas PR MBOIs diCoboy SBY pilihan roti kentang ini pas banget.,. Maaf ya foto langkahnya gak komplit ada beberapa langkah yg lupa gk kejepret smoga jelas ya kalau ada yg krg jelas silahkan komen ya.. 17/10/21 #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi #MasakSetiapBagian

Cireng Bumbu Rujak

Cireng Bumbu Rujak

Camilan murmer tapi selalu habis bila membuat ini. Biasa membuatnya bila ada nasi sisa semalam. Dari pada dibuang sayang, diolah kembali menjadi camilan enak. Syaratnya satu, sambalnya mesti mantap. Biasanya saya menemani cireng dengan sambal kacang. Kali ini dengan sambal rujak. Enak juga, percayalah. Kalau tidak percaya silahkan buat, hahaa... Sekalian setor cooksnap buat Mbak Rence yang tengah mengadakan Give Away (GA) di komunitas Cocomtang. Saya ikut meramaikan saja ya, Mbak, tim mepet dan paling simple olahannya.๐Ÿคญ Tambah berkah rezekinya ya, Mbak, aamiin... *19-9-21 Source: @rence https://cookpad.com/id/resep/13268281-cireng-bumbu-rujak?invite_token=DgeXB58tWTEkU5Sp36wq4RX4&shared_at=1632030279 #rence_otewe250 #CookpadCommunity_Tangerang #CookoadIndonesia

Martabak telur

Martabak telur

Di rumah ibu, kalo masak kari daging besoknya pasti dimasakin martabak ini. Berhubung ku jarang masak kari, jd bumbu & topping disesuaikan yg ada di dapurku aja yg kebetulan adanya ayam rica, hehe. Bisa jg pake bumbu instan yg sudah jd ya.. Yuk dicoba๐Ÿ˜˜ Btw : ๐Ÿ“ aku pake 4 lembar kulit utk 2 buah martabak (ditumpuk) ๐Ÿ“ pake teflon uk 25 x 25 cm

2 buah (@uk.25 x 25 cm)
1 jam
Bakwan Batang caisim

Bakwan Batang caisim

Bismillah.. Ceritanya ini punya batang sisa caisim yg kemarin daunnya dipake buat bikin nasi hijau. Alhamdulillah laris manis seperti biasa, anak2 ga tau kl ini ada campuran batang caisimnya ๐Ÿคญ๐Ÿ˜Š. #MasakSetiapBagian #MasihDiRumahAja #keepsafehealthyandhappy #dapoernyamimi #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_id #CookpadCommunity_Bekasi

Kue Bugis Ubi Ungu

Kue Bugis Ubi Ungu

Nah satu lagi bikin kreasi ala kue tradisional. Kebetulan kemarin dikasih tetangga ubi ungu manis manis banget. Sayangnya cuma 3 biji ๐Ÿ˜‚. Kue Bugis ini mirip kue pare. biasanya ngga pale vla. Tapi Aku buat aja via Makin gurih gitu๐Ÿค—. Ngga pake vla udah oke sebenernya.. sesuaikan selera aja ya.. enak banget ini Masya Allah.. Bikin cemilan untuk teman ngeteh sore2. Sekalian setoran posbar dalam rangka memperingati Anniversary kampung Cocok. Semoga semakin Jaya,maju dan berkembang, solid selalu dan semakin menginspirasi ๐Ÿค—๐Ÿค— "Happy Anniversary Cookpad Community Kaltim"๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ๐Ÿฅณ #PesanCoCoK #CoCoK_1stAnniversary #KulaEtamCoCok #CookpadCommunity_Kaltim

Tahu isi/ brontak

Tahu isi/ brontak

Assalamualaikum... Selamat Siang menuju sore . Cuaca mendung bikin hasrat ingin mimik lagi Dan lagi... Yuk ahh nguprek didapur lagiiii๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Demi kelancaran bersama sekeluarga #cookpadcommunity_malang

Klenyem jawa

Klenyem jawa

paksu dari kemaren" kaya orang ngidam klenyem , kalo beli minyaknya banyak banget,akhirnya bikin sendiri ,perdana bikin klenyem ๐Ÿคญ

10 orang
30 menit