Lumpia Semarang

Dipos pada May 6, 2022

Lumpia Semarang

Anda sedang mencari inspirasi resep Lumpia Semarang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lumpia Semarang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lumpia Semarang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lumpia Semarang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lumpia Semarang adalah 18 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lumpia Semarang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lumpia Semarang memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari dulu gorengan yg paling disuka itu lumpia. Tapi lumpia yg enak itu ada di jember kota. Jauh dari rumah. Dulu pas kuliah sering banget beli. Bikin sendiri dulu sering, tapi bukan pake kulit lumpia, pakenya kulit risoles, jadi kurang kriuk. Pas ini tadi beli kulit lumpia langsung deh bikin lumpia yg banyak. Source: @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lumpia Semarang:

  1. 18 lembar kulit lumpia
  2. 3 buah wortel ukuran sedang, potong korek api
  3. 250 gr tauge (aslinya rebung/bengkuang)
  4. 200 gr ayam fillet, cincang kasar
  5. 2 batang daun bawang (aslinya 1), iris halus
  6. Secukupnya minyak goreng
  7. Bumbu Isian:
  8. 5 siung bawang putih, cincang halus (aslinya 3)
  9. 1/2 siung bawang bombay, cincang halus
  10. 1 sdt lada bubuk
  11. 1 sdm kecap manis
  12. 1 sdm saos tiram
  13. Secukupnya gula
  14. Secukupnya garam
  15. Bahan Saus:
  16. 1 keping kecil gula merah
  17. 100 ml air
  18. 1 siung bawang putih, cincang halus
  19. 1 sdm air asam jawa
  20. 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air

Langkah-langkah untuk membuat Lumpia Semarang

1
Untuk isiannya, panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi.
Lumpia Semarang - Step 1
2
Masukkan ayam, tumis hingga berubah warna.
Lumpia Semarang - Step 2
Lumpia Semarang - Step 2
3
Tambahkan wortel, masak hingga wortel agak empuk. Jika terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air.
Lumpia Semarang - Step 3
4
Masukkan tauge dan daun bawang. Aduk rata. Bumbui dengan kecap manis, saos tiram, lada bubuk, gula dan garam. Aduk rata dan koreksi rasa. Sisihkan.
Lumpia Semarang - Step 4
Lumpia Semarang - Step 4
Lumpia Semarang - Step 4
5
Tunggu hingga isiannya agak dingin. Sembari nunggu, buat saosnya. Larutkan gula merah dan air. Tambahkan bawang putih cincang dan air asam jawa. Tunggu hingga mendidih. Masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental. Sisihkan.
Lumpia Semarang - Step 5
Lumpia Semarang - Step 5
Lumpia Semarang - Step 5
6
Ambil selembar kulit lumpia. Beri 1 sdm isian. Kemudian lipat. Bisa direkatkan dengan putih telur atau air. Lakukan sampai habis.
Lumpia Semarang - Step 6
Lumpia Semarang - Step 6
7
Panaskan minyak goreng. Goreng lumpia sampai kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cocolan saos.
Lumpia Semarang - Step 7
Lumpia Semarang - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan caisim kobe

Bakwan caisim kobe

Hay bunda semua ... Kali ini aku mau share gorengan sehat nih Di sini aku buat gorengan dari sayur sawi caisim dan tentunya sehat ya Bun Bisa juga untuk diberikan kepada anak ya moms. Dijamin suka deh. Rasanya yang gurih dan harum ditambah dengan citarasa yang menggugah selera. Jangan lupa mams semua. Selalu sedia tepung @dapurkobe. Ahlinya tepung bumbu. Ibu bijak selalu pake tepung bumbu dari @dapurkobe #tepungkobe #bakwancaisimkobe #cookpadcommunity_Semarang #GenkPejuangDapur

Snack balita Dimsum Ayam

Snack balita Dimsum Ayam

anaku yg sangat suka siomay. di warung cuma ada kulit pangsit goreng. harusnya pake yg dimsum ya biar kenyal dan mudah dibentuk

Kue untir -untir khas sumatra utara

Kue untir -untir khas sumatra utara

Dapat undangan posbar,mari kita ikut berperan untuk memeriahkan nya.... #resepkhassumatrautara #cookpad community_sumatrautara #Resepkhassumatrautara #cookpadcommunity_sumut

1 porsi
30 menit
Telur gulung sosis

Telur gulung sosis

Assalamu'alaikum.. Pertama kali buat telur gulung sosis Alhamdulillah langsung berhasil... #tips nya ketika menggulung dadar telur nya masih setengah matang belum kering betul dan jika diberi isian isiannya jangan terlalu banyak atau jangan terlalu besar potongannya agar mudah ketika menggulung nya.. Harusnya ditambahi daun bawang dan wortel tapi karena gak punya akhirnya aku skip hehe.. Terimakasih bunda Nur Ummu Faris @farisfaris8654 atas resepnya.. Link resep: https://cookpad.com/id/resep/15287466-telur-gulung-sosis-gyeran-mari?invite_token=NcxAqEzEwmLiqCXvJi6pPsC5&shared_at=1634279355

Tahu Walik Aci

Tahu Walik Aci

Camilan simple, murih dan tentunya juga gurih 🀣 Source : @lolitavegga #semangcookarisan_LolitaVega #semangcookhokya #cookpadcommunity_Semarang

24 pcs
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Resep#TitisariLesanpura #Cookies_TitisariLesanpura #CookpadCommunity_Tangerang Buat cemilan guuammmpilnya super dahπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜„ kesukaan anak2 plus gaak pake lammmaaa ... Cuzz kepoin yukπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€­πŸ˜‰πŸ˜‰

Bakwan jagung ketumbar pedas krenyes 🌽

Bakwan jagung ketumbar pedas krenyes 🌽

buat aku bakwan jagung ini🌽🌽🌽 harum rempah krn ketumbar dan kencurnya ditambah ada pedes2nya udah gitu krenyess.. garing diluar lembut di dalem jadi enak banget utk temen nasi atau sebagai cemilan #olahanjagung #menukarbohidrat #cookpadcommunity_Bekasi

Donat Waffle

Donat Waffle

Mau buat croffle sebenarnya,,tapi kok tetiba sayaa mager yaa ngadon croisantnya. Kepikir buat doffle aja deeh,, eeh hasilnya gk kalah enak sm croffle

10pcs
+/- 1,5jam
Bakwan Sayur Renyah

Bakwan Sayur Renyah

Gorengan pasti jadi cemilan favorit di rumah. Meski lagi diet, sesekali tetap pengin makan bakwan 😁 Kalau bikin di rumah, bisa pakai minyak yg lebih aman. Mengurangi rasa bersalah kan jadinya, meskipun kalorinya ya tetap tinggi πŸ˜…πŸ˜… Saya selalu menambahkan jamur kalau bikin bakwan. Kali ini pakai jamur kancing krn lagi banyak stoknya di kulkas. Bikin rasanya makin gurih menurut saya. Bakwan ini pas banget renyahnya. Resepnya dari amih Qiby. Karena pakai margarin, jadi lebih wangi gurih. Yakin ini sih ngga bisa berhenti makannya 🀣🀣

Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Sekarang membuat bakwan sangatlah praktis, hanya siapkan sayur, air dan tepung bumbu nya saja Dengan tepung bumbu @dapurkobe Memasak menjadi lebih praktis #CookpadCommunity_Jakarta

15 bj
Donat Topping Cream Mocca Meses

Donat Topping Cream Mocca Meses

Kali ini requestnya paksu, minta dibuatin donat pake buttercream mocca dan messes,, alhasil Setelah searcing2 dpt si ressep ini... Duuhh matapppp Recipe : Tasyi Athasyia #cookpadcommunity_Tangerang

Kue Putri Keraton khas Banjarmasin

Kue Putri Keraton khas Banjarmasin

Pekan ini #CookpadCommunity_Bandung, kedatangan tamu mba @Wien_LaZha dari #CookpadCommunity_KalSel. Ternyata ada banyak jenis makanan khas Kalimantan Selatan yang baru saya tau. #RekreasiKalsel kali ini, saya coba cooksnap #Pencok_KaKalsel ala mba @minienora.

Cangkaruk pedas manis/Aron gula asem(cemilan)

Cangkaruk pedas manis/Aron gula asem(cemilan)

Sisa nasi seringkali dibuang, daripada dibuang mending dibuat cemilan cangkaruk apalagi pedes bisa cepat ludes, dulu sering makan ini ditempat uwa dan belom tau asalnya dari apa, setelah tau gak berani makan cangkaruk diluar selain bikin dirumah sendiri hehe. Tapi kalo kalian pengen buat ini sengaja, alias dari nasi yang masih bagus bukan sisa kemaren ya gpp lebih bagus.

rame-rame
sebentar
Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Cooksnap dari resep Mbak @tatta_manyund . Tadinya bertanya-tanya bagaimana rasanya pakai Kayumanis. Ternyata oke lah. Thanks resepnya Mbak Tataku πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜πŸ˜πŸ’–πŸ’•πŸ’–πŸ’•. Modif dikit ya, Mbak takarannya sama aku tambahin merica. Semoga berkenan πŸ˜˜πŸ™πŸ™ !! #CooksnapTataKirana #Semarak_CooksnapTataKirana #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #EmakNusantaraKreatif #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KalSel

Kue Bolu

Kue Bolu

Resep bolu tradisional turun temurun dari Eyang. Tanpa oven.

8 orang
1 jam
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Assalamu'alaikum Bikin cemilan pagi sebelum sarapan, berat dikit gpp yaa mom, ga tiap hari ini, buat obat kangen lama ga ngemil gorengan. Aku bikim garing bakwannya anak2 suka bakwan yg di goreng garing, pdhal kl aku sendiri suka bakwan yg ga terleli kering, tp demi anak2 ikuti aja deh, mamak kan semua bisa masuk..😁😁, masih pake resep mb @desi_k2 , sehat sehat yaa mb πŸ™πŸ™ Source : https://cookpad.com/id/resep/15165544-bakwan-sayur?invite_token=NMhe6dx6yxXvMb2XMbpFkWK5&shared_at=1634188632 #CookmemberGenkpeda_Desi #Genkpeda_Eksis #Genkpenjuangdapur #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #KopiJos

12 buah