Donat Ekonomis (metode autolisis)

Dipos pada May 7, 2022

Donat Ekonomis (metode autolisis)

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Ekonomis (metode autolisis) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Ekonomis (metode autolisis) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Ekonomis (metode autolisis), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Ekonomis (metode autolisis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Ekonomis (metode autolisis) adalah 10 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Ekonomis (metode autolisis) diperkirakan sekitar 6 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Ekonomis (metode autolisis) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Ekonomis (metode autolisis) memakai 13 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hai-hai bunda semua, kembali lagi dengan resep perdonatan. Kali ini saya akan membagikan resep donat ekonomis yang cocok buat jualan. Low budget banget, tapi tetep empuk. Metode pembuatannya no mixer ya. Kita pakai metode autolisis. Jadi diuleb sebentar saja sudah kalis elastis. Yuk simak resep dan step2nya ya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Ekonomis (metode autolisis):

  1. Bahan A:
  2. 100 gr terigu cakra
  3. 150 gr terigu segitiga
  4. 40 gr gula pasir
  5. 20 gr susu bubuk
  6. 1 kuning telur
  7. 100 ml air
  8. Bahan B:
  9. 4 gr fermipan
  10. 2 sdm air untuk melarutkan
  11. Bahan C:
  12. 37 gr margarin
  13. Sejumput garam

Langkah-langkah untuk membuat Donat Ekonomis (metode autolisis)

1
Masukkan bahan A kedalam wadah. Uleni jadi satu hingga setengah kalis. Tandanya tidak ada lagi adonan yang menempel di samping wadah
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 1
2
Tutup adonan dengan plastik wrap, atau kresek. Diamkan adonan hingga minimal 3 jam atau maksimal 6 jam di dalam kulkas.
3
Keluarkan adonan. Campurakn bahan B dan uleni hingga tercampur rata
4
Kemudian masukkan bahan C. Uleni hingga kalis elastis.
5
Kemudian istirahatkan adonan selama 10 menit. Lalu timbang adonan dan rounding. Diamkan lg selama 30 menit.
6
Ambil adonan, pipihkan, buang gasnya. Lubangi dengan jari/ tutup botol.
7
Letakkan adonan pada alas kertas minyak yang sudah di potong-potong agar nanti mudah dalam proses menggorengnya. Dan agar donatnya cantik.
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 7
8
Tutup dengan serbet bersih/plastik. Proffing selama 30-45 menit.
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 8
9
Panaskan minyak goreng (banyak ya) tunggu hingga panas. Tandanya coba masukkan tusuk sate jika sudah bergelembung artinya minyak sudah panas. Lalu set api kecil
10
Masukkan donat, goreng 1 kali balik saja ya
11
Dan ini hasilnya. Cantik dan empuk.
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 11
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 11
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 11
12
Beri topping sesuai selera. Selamat mencoba
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 12
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 12
Donat Ekonomis (metode autolisis) - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Bismillahirrahmanirrahim, ini kue jadul kesukaan. Rasanya kenyal dan legit. Namanya bermacam-macam Kue Ku atau kue Angku atau kue Tok kalau di Cirebon namanya kue Cikak. Ini cooksnap dari mbak @frida_frida & kak @Belvakitchen7, makasih saudara2ku untuk resep mantulnya. Tapi karena resepnya berbeda jadinya saya modifikasi sedikit sesuai selera keluarga. Aku tidak pakai daun pandan karena tidak ada dan untuk kacang hijau kupasnya aku ganti dengan Lentil karena disini tidak ada kacang hijau. Tapi untuk rasa keduanya bisa saling menggantikan, tidak jauh berbeda.

Kue Hunkwe

Kue Hunkwe

Kue ini tuh sering banget mama saya bikin waktu saya kecil. Mengingatkan... Simpel tapi enak dan bikin nagih. MasyaAllah #cookpadcomunity_depok #rekreasi_bali

1 loyang
20 menit
16. Siomay

16. Siomay

5 org
45menit
79. Otak-Otak Sambel Mercon

79. Otak-Otak Sambel Mercon

Bikin cemilan yang cepett dan mengenyangkan sekaligus bikin lidah bergoyang .. Karena kepedesan .. hihiii Bisa jg jd lauk lhooo mams, dimakan bareng2 nasi panaass. . Duuhh ngeunah pisan 🙏 #OtakOtak #SambelMercon #CookpadCommunity_Jakarta

15 menit
Kue Labu Enak🎃

Kue Labu Enak🎃

Sekarang musim labu! Yuk cobain resep kue labu pon ini! Sangat mudah dan enak!!! Tonton juga videonya: https://youtu.be/hc_hEMQmpeY ▷ Daruma Cooking Happy Cooking : ) #labu #kue

4 porsi
20 menit
Kue Lumpang Pelangi

Kue Lumpang Pelangi

Hari ini kita bikin Kue Lumpang, salah satu camilan tradisional yang paling gampang buatnya, cuman dicampur bahan aduk aduk rata kemudian kukus jadi deh. Ayok siapa yang doyan nich.🤣

20 Biji
30-45 menit
Bakwan Caisim / Sawi Hijau

Bakwan Caisim / Sawi Hijau

Anak-anak susah makan sayur? Kali ini ada olahan sayur enak yg akan disukai anak-anak yaitu Bakwan Caisim atau Bakwan Sawi. Bahannya cukup mudah hanya menggunakan tepung dan sayur caisim/sawi aja. Membuatnya jg cukup mudah lho.. yuk simak Bun, jangan lupa kirim foto cooksnapnya ya...🙏😘 #cookpadcommunity_Bekasi #dapoer_eva

Cireng isi ayam moza ala ala

Cireng isi ayam moza ala ala

Dengan bahan seadanya di kulkas cuzz nguplek bareng anak-anak biar mereka gak boring dirumah. Bentuk masih amburadul maklum bikin dengan bocah😃

12 pcs
45 menit
Cilok pedas

Cilok pedas

2 orang
#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

Assalamualaikum wr.wb. Seminggu sekali saya bikin donat karena anak saya begitu suka dengan donat, nah kali ini resep ini adalah hasil uji coba ketahanan donat saya. Alhamdulillah masih tetap empuk selama 3 hari dalam keadaan dimika satu per satu. Semoga bermanfaat!! Resep ini cocok untuk jualan. Happy cooking

Donat tepung ketan

Donat tepung ketan

Bismillahirrahmanirrahim... Masih ada beras ketan sisa bikin pengkang...kelamaan di simpan takut kutuan...jadi di buat tepung dulu di penggilingan...sudah jadi tepung tinggal di olah aja bikin camilan... Ya...ini...donat...baru pertama kali nyoba Alhamdulillah berhasil bulat sempurna🤭 Biasanya bikin donat dari tepung terigu... Naah...ini dari tepung ketan... Tekstur nya seperti onde" Langsung suka...buat nya mudah dan bahan nya mudah di dapat. #donattepungketan #olahantepungketan #dirumahaja #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia #resepmakwin

30 pcs
45 menit
193. Si Cireng (Nasi Cireng)

193. Si Cireng (Nasi Cireng)

Bismillah, memanfaatkan nasi sisa semalam supaya ngga mubadzir. Sekalian memenuhi tantangan Mamah diprogram #MasakSetiapBagian dalam memanfaatkan sisa makanan yg ada di rumah. Mau buat nasgor tanggung, cuma semangkok🤭🤭 Ya sudah dibuat cemilan aja, gampang buatnya dg bahan yg simple, semua pada doyan hihiihihi... Oya, cocolannya itu pake sambal kacang yah hehehhe. Enak jg koq 😁😁 #UbahSisaJadiRasa #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #MasakItuSaya #OlahanNasiSisa Source: YT. Dapur Enta

Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Pagi2 bikin tahu aci kukus, enak kayanya bwt di cemil cemil di pagi hari 🥰 Source : @astiyalestari https://cookpad.com/id/resep/15498198-tahu-aci-kukus?invite_token=XqxnLhgXL6SXKp4x7GvYmiUN&shared_at=1631928519 #CocomtangPost #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus

Cimol bojot

Cimol bojot

30 menit
Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Source : @dapurkobe Mensiasati anak yg kurang suka makan sayur👍 dengan dibuat bakwan ternyata malah syukkaaak banget😁 dibuat cemilan malah. Ngga sampe 10 mnt udah ludes🤭 Tepung bakwan kobe sangat recomanded banget deh👌🏽 Makanan biasa jadi luar biasa rasanya😋 #MasakItuSaya