Kue Putu Mayang

Dipos pada May 7, 2022

Kue Putu Mayang

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Putu Mayang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Putu Mayang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Putu Mayang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Putu Mayang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Putu Mayang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Putu Mayang memakai 10 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kue putu Mayang ini merupakan kue tradisional banget dan jarang di jumpai...ternyta buatnya semudah itu...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Putu Mayang:

  1. 150 gr Tepung Beras
  2. 2 SDM Tepung Tapioka
  3. 1/2 sdt garam
  4. 360 ml santan encer
  5. secukupnya Pewarna makanan merah dan hijau
  6. Bahan Kuah :
  7. 120 gr Gula Merah
  8. 2 SDM Gula pasir
  9. 1/4 sdt garam
  10. 500 ml santan

Langkah-langkah untuk membuat Kue Putu Mayang

1
Siapkan wajan atau panci anti lengket... Masukan tepung beras dan garam
Kue Putu Mayang - Step 1
2
Masukan santan dan aduk hingga rata
Kue Putu Mayang - Step 2
Kue Putu Mayang - Step 2
3
Masak dengan api sedang dengan sambil di aduk hingga adonan mengental menggumpal kemudian matikan api kompor
Kue Putu Mayang - Step 3
Kue Putu Mayang - Step 3
4
Kemudian masukan tepung tapioka dan aduk hingga tercampur rata serta Kalis dan halus
Kue Putu Mayang - Step 4
Kue Putu Mayang - Step 4
Kue Putu Mayang - Step 4
5
Kemudian bagi adonan 3 bagian sama rata...
Kue Putu Mayang - Step 5
6
1 adonan di beri warana hijau... 1 adonan lagi di beri warna merah.. Dan 1 adonan lagi di biarkan putih...
Kue Putu Mayang - Step 6
Kue Putu Mayang - Step 6
Kue Putu Mayang - Step 6
7
Siapkan loyang dan olesi dengan minyak sayur... Selain itu siapkan cetakan putu mayang (sya menggunakan cetakan akar kelapa yg pilih model bentuknya bolong2 kecil)
Kue Putu Mayang - Step 7
Kue Putu Mayang - Step 7
8
Masukan adonan kedalam cetakan putu Mayang...dan tutup dengan tutup cetakannya
Kue Putu Mayang - Step 8
Kue Putu Mayang - Step 8
9
Tekan cetakan hingga adonan keluar berbentuk seperti mie dan buat melingkar...lakukan hingga semua adonan habis tercetak
Kue Putu Mayang - Step 9
Kue Putu Mayang - Step 9
Kue Putu Mayang - Step 9
10
Dan hasilnya akan seperti ini... Kemudian siapkan kukusan dan kukus selama 15 menit kue putu Mayang
Kue Putu Mayang - Step 10
Kue Putu Mayang - Step 10
Kue Putu Mayang - Step 10
11
Bahan kuah : Siapkan pnaci dan masukan semua bahan kuah dlm panci
Kue Putu Mayang - Step 11
Kue Putu Mayang - Step 11
12
Masak hingga gula larut dan mendidih...angkat...
Kue Putu Mayang - Step 12
Kue Putu Mayang - Step 12
13
Saran penyajian : Siapkan mangkok...tata kue putu Mayang dan siram dengan kuah gula merah...
Kue Putu Mayang - Step 13
Kue Putu Mayang - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kulit Pangsit/siomay/gyoza Homemade

Kulit Pangsit/siomay/gyoza Homemade

Assalamu'alaikum Setelah sehari kemarin ga ngapa2 in karena sakir kepala. Akhirnya hari ini bisa ngerjain PR Semarak Clover "dimsum" berhubung belum belanja dan masih belum bisa keluar rumah. Akhirny bikin sendiri aja kulit dimsum nya, isi bisa dipake buat pangsit/ siomay/ gyoza. #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #KopiJos

Martabak Telur Kulit Lumpia Krispi

Martabak Telur Kulit Lumpia Krispi

Martabak telur krispi pake kulit lumpia siap pakai, praktis banget dan rasanya enak kriuk krispi Source @DianaN_17 Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/14832591-martabak-telur-kulit-lumpia?invite_token=ffcZ8a2uvj2fRVwzabyf2Npf&shared_at=1635062182 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #Cookpadcommunity_bali

Kue Putu ayu

Kue Putu ayu

Uda lama beli cetakan Putu ayu tapi dari kemarin belum sempat eksekusi, maklum ciin emak emak anak Satu.. Wkwkkw

Kue Putri Keraton

Kue Putri Keraton

Kue berbahan dasar biskuit dan susu ini enak menurut saya. Bagian luarnya kering tapi bagian dalamnya lembut mirip puding. Saya cooksnap resep mbak @meldayanti. Bahan yang saya ganti susu UHT karena ternyata susu UHT sudah habis, dan saya lupa beli😰. Susu UHT saya ganti pakai santan kental instan. Hasilnya tetap ada layernya 😍. Kunci keberhasilan kue putri keraton: 1. Cara mencampur adonan kuning telur dengan adonan putih telur 2. Panggang pakai api bawah #Rekreasi_KalSel #Gelartikar_KalSel #CookpadCommunity_Bekasi

30 menit
Cilok Kuah

Cilok Kuah

Ini cilok kuah/bakso cilok yaa 😃 Enak banget rasanya bikinnya juga gampang #FoodplaceCookingLeague #MasakSetiapBagian

~ Martabak Bihun ~

~ Martabak Bihun ~

Pengen martabak telor yang simpel dan bikin kenyang?? Kita buat martabak bihun yuuk #martabak #bihun #martabaktelor #martabakbihun #martabakgurih

24 pcs
1 jam
Otak-otak bbq

Otak-otak bbq

#TetepKenyangTanpaNasi

Bakwan jagung daging cincang

Bakwan jagung daging cincang

Ada stok daging... akhirny campur2 m jagung.. #bakwanjagungdagingcincang #pejuangdapur #dapurmami

4 orang
30 menit
Cilok Tempe Meyah Oyen

Cilok Tempe Meyah Oyen

Ada stok tempe buat cemilan anak. Tapi lagi ga mau goreng² dulu. Dibuat cilok warna warni aja kali ya.. #Pekanposbar #SerbaDirebus

4 porsi
1 jam
Bakwan pokcoy

Bakwan pokcoy

Cara enak makan sayur Anak2 yg gak doyan pokcoy, setelah coba ini, lahapp😍😍 Dan kalau bikin bakwan, saya selalu basah, susah kriuk, setelah pake tepung bakwan kres, beneran kriuk 🥳 Cooksnap dari @dapurkobe di instagram #CookpadCommunity_Tangerang

6 buah
10 menit
Siomay ayam

Siomay ayam

Untuk bikin siomay yg tekstur kenyal nya pass, dan wangi dagingnya enak, kita butuh daging paha ayam fillet & kulit ayam.

5 org
1 jam 30 menit
Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Karena lagi kepengen jajanan ini, trs gak berani beli diabang2 krn lagi pandemic, jadi aku bikin deh, emg dasar lagi rajin aja sih bund 😛

2-4 orang
1 jam
Risoles Isi Kentang Wortel

Risoles Isi Kentang Wortel

Yuhuuuu gorengan paporit aku nih, aapun isiannya tetep suka deh sama camilan satu ini 😋 Kali ini nyobain resepnya uni @Ayu_MamaAura yg kala itu bikin story WA jualin ini sampe ncessan akunya. Daann ternyata alhamdulillah cocok dilidahku, ada sedikit modifikasi tambahan dan takaran bahan ya un, sehat selalu uni Ayu dan keluarga yaaa..🤗😘 Source : @Ayu_MamaAura dg modifikasi #GenkPejuangDapur #CookMemberGenkPeda_AyuMamaAura #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanSayurMamiFay

Martabak mini isi tahu dan sayur

Martabak mini isi tahu dan sayur

Sampai lupa upload foto... Saking enaknya nikmati martabak mini... Apalagi dimakan saat anget anget.... Mantuuull bund...

Seblak cilok ala anisa

Seblak cilok ala anisa

Bener2 menggunakan bahan dan bumbu seadanya tapi rasa nya bikin nagih loh bun😍 #MasakSetiapBagian #PejuangMasak

Bakwan Daun Singkong

Bakwan Daun Singkong

#TerimakasihKobe #BersamaKobe #RecookBubuhanKaltim #KulaEtamCoCoK #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #CookpadCommunity_Kalimantan.

🌼Bakwan Bihun

🌼Bakwan Bihun

Bismillah…. Lagi cari cemilan buat anak-anak, akhirnya nemu resep dari IG makanan.uenak . Resep aslinya bakwan bihun ini dicocol dengan saus kacang , tapi saya skip . Bakwan bihun ini sangat pas dinikmati dalam keadaan hangat , Karena bihunnya crunchy banget . #bakwanbihun #cemilangorengan #Masakanrumahan

Relatif
10-15 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Sumber: @dapuramai Bismillah.... Buat Cireng dengan memanfaatkan nasi sisa kemaren yg masih bagus. Biasanya nasi sisa kalau nggak digoreng ya lewat gitu aja. Padahal banyak sekali olahan berbahan nasi yang bikin wow......seperti pempek, cireng atau bahkan lumpur misalnya dan masih banyak lagi. Dan... ini adalah pertama kalinya saya bikin Cireng (ketinggalan banget sih hihihi...😁) Padahal bikinnya mudah, bahannya murah, gampang dan enak lagi.... Begitu mateng ee..langsung ludes 🤭😋😋 #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_blitar

Donat Ubi Ungu

Donat Ubi Ungu

Suka banget bikin Donat, karena bahan²nya mudah dan kalau raginya aktif itu udah pasti mengembang menul². Apalagi kalau yg masih polosan (sudah goreng belum dikasih topping) bisa disimpan di kulkas atau disuhu ruang didalam lemari lauk dengan wadah tertutup masih bagus dan besoknya dikukus.

15 pcs
2 jam