Donat Ubi

Dipos pada May 4, 2022

Donat Ubi

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Ubi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Ubi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Ubi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Ubi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Ubi adalah 18 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Ubi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Ubi memakai 10 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaah.. Salah satu jenis palawija yaitu ubi bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Sebetulnya masih banyak yaa jenis palawija lain diantaranya : kentang, jagung, wortel, singkong, kacang tanah, kacang hijau dll.. Dibikin donat karena ini cemilan yg disukai dua bocah di rumah😍 Source : @mamak_nosez05 #PekanPosbar #Pais_NgolahPalawija #PosbarPalawija #FoodPlaceCookingLeague #CookpadCommunity_Bandung #Cocomba

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Ubi:

  1. 250 gr terigu cakra
  2. 130 gr ubi yg sudah dikukus
  3. 30 gr gula halus
  4. 50 ml SKM
  5. 1,5 sdt fermipan
  6. 100 ml air dingin kulkas
  7. 40 gr margarin
  8. Sejumput garam
  9. Minyak untuk menggoreng
  10. secukupnya Taburan : gula donat

Langkah-langkah untuk membuat Donat Ubi

1
Campurkan air dingin dan SKM, sisihkan. Blender ubi dan 1 kuning telur dan sebagian campuran susu yg tadi. Fungsinya memudahkan ubi halus.
Donat Ubi - Step 1
2
Di wadah besar, siapkan terigu, gula halus, sisa kuning telur, ragi, sisa susu, adonan ubi,dan garam, aduk dengan spatula, lalu mixer selama 12 menit sampai adonan kalis elastis. Diamkan selama 15 menit. Setelah didiamkan kempiskan adonan, uleni sebentar.
Donat Ubi - Step 2
Donat Ubi - Step 2
3
Timbang adonan besarnya sesuai selera (me: 30 gr). Bulatkan di atas silikon mat. Lakukan sampai habis. Diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2x lipat.
Donat Ubi - Step 3
Donat Ubi - Step 3
4
Lubangi dengan jari lalu goreng sampai kuning keemasan, cukup dibalik sekali agar tidak menyerap minyak.
Donat Ubi - Step 4
5
Donat siap disantap dengan taburan gula donat. Hasilnya mengembang..😍
Donat Ubi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Sharing di #KelasYogLoSemar_Kukus itu luar biasa sekali, banyak teman, banyak saudara, dan juga tambah banyak Ilmu pastinya. Resep siomaynya mudah, dan cepat habis dimakan sama pasukan haha (saking enaknya). Beberapa waktu terakhir memang suka jajan dimsum dijualannya teman, dan terfikir untuk bisa buat sendiri (maksudnya mah biar hemat gitu) 🤭. Alhamdulillah banget bisa ikut meramaikan #KelasYogLoSemar_Kukus dan ketemu resepnya mba @setiaanggri yang mudah untuk diduplikat he..he.. makasih resepnya mba 😘 . Ini saya pakai kulit dimsum buatan sendiri mba, soalnya kalo beli kulit pangsit di pasar adanya yg untuk pangsit goreng dan tebal banget kulitnya. Hasilnya Alhamdulillah puas 👌 #KelasYogLoSemar_Kukus #Timlo_Kukusan #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo

4-6 orang
30 menit
Cilok bumbu kacang

Cilok bumbu kacang

Lgi pengen ngemil di dapur cuma ade tepung terigu dan tepung tapioka / kanji

3 orang
1 jam
Kue Talam Ubi Ungu

Kue Talam Ubi Ungu

Enak gurih2 ternyata jadi pada suka😋 Sumber Resep : @iraninara Cooksnap dari Teh @DianaN_17 https://cookpad.com/id/resep/14693841-kue-talam-ubi-ungu?invite_token=XjAfk2UFdyt1nRjbGjS4Vh43&shared_at=1634986926 #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #RememberGenkPeDa_IraniNara #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia #PekanPosbar #PosbarPalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija

16 pcs
22 menit
Martabak Mie Telur Bebek

Martabak Mie Telur Bebek

2 orang
30 menit
Siomay abang abang

Siomay abang abang

Source : Lizna Ananda

Bakwan sayur udang rebon

Bakwan sayur udang rebon

Gorengan pasti disukai oleh semua orang ya. Walaupun begitu sebaiknya jangan berlebihan mengkonsumsinya. Kali ini saya mencoba membuat bakwan sayur ditambah dengan udang rebon. Rasanya enak, apalagi dimakan hangat dengan ceplusan cabe rawit

Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Karena lagi kepengen jajanan ini, trs gak berani beli diabang2 krn lagi pandemic, jadi aku bikin deh, emg dasar lagi rajin aja sih bund 😛

2-4 orang
1 jam
85. Donat Empuk tanpa Ulen

85. Donat Empuk tanpa Ulen

Di bintaro sedang sering turun hujan, kalau dingin2 perut kayanya nggak ada kenyangnya, lihat resep donat berseliweran d cookpad akhirnya pengen juga buat donat. Nyobain resepnya bu @Pawon_WinnaCoboy alhamdulillah beneran empuk menul menul, nggak perlu ulen sampai kalis 😁 mantull. Kuy, cobain juga 😊

10 buah
Donat Pumpkin Lembut Menul

Donat Pumpkin Lembut Menul

Sedang musim labuh kuning/Pumpkin/Waluh,coba bikin cemilan donat yuk! Lembut dan menul sekali hasilnya, dari anak-anak hingga dewasa suka semua 😊 #Donatpumpki Lembutmenul #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bogor

12 pc
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Masih edisi masak ngga pakai ribet dengan tepung kobe @dapurkobe Hari ini nyobain tepung bakwannya hasilnya beneran kress...

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Kadang cemilan itu dibuat dadakan tanpa persiapan, sesempatnya aja makanya aku sok ngide buat cemilan alakadarnya ini yg penting masuk kemulut bayi🤣

1porsi
10-15menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Bener2 Gak Ada Yg Gagal Sama Produk2 KOBE Secinta Itu 😍💜 Bikin Masak Cepat n Praktis Rasanya Enak Kayak Buatan Sendiri Solusi Banget Buat Anak yg Susah Makan Sayur Pake Tepung Bakwan Kress Tinggal Campur Sayur dan Air Jadi Bakwan yg Gurihnya Bener2 Kress Rasanya Mantap Gak Kaleng Kaleng 👍👍👍👍👍👍

Martabak Gulung Greentea Jasuke

Martabak Gulung Greentea Jasuke

Salah satu olahan jagung kesukaan anak2 selain bakwan jagung ya jadi jasuke. Kali ini mau coba buat yg agak beda, lagi pengen makan martabak, pas ada jagung jadilah coba dibuat martabak gulung greentea Jasuke. Martabak Gulung Greentea Jasuke ini enak sekali, perpaduan greentea, jagung, dan keju sangat pas banget dilidah. Gak berasa habis 2 potong langsung 😅😋. Kalau gda greentea pakai pasta pandan juga enak. Source : Katalog resep @sahabatkulinerinterflour Rebake : @dapoerliandra #cookpadcommunity_tangerang #jabodetabek_olahanpalawija

Bakwan jagung

Bakwan jagung

Karna masih ada separuh jagung dan sedikit daun bawang saya buat saja bakwan jagung... Saya tepungnya juga tidak pakai tepung bakwan.. Adanya tepung sajiku serba guna maka saya manfaatkan juga...ternyata enak 😄

2 orang
Bakwan sayur renyah

Bakwan sayur renyah

Sedikit pedas bakwannya, karena si kecil mulai menyukai pedas tapi belum bisa lalap cabe, kalau gigit cabe pasti digigit sampai pangkal alhasil kepedasan.. diakalin aja cabenya ikut diulek sama bumbu.

Tahu Aci Mercon

Tahu Aci Mercon

Nikmat banget dimakan pas hujan2, mau di cemil atau sebagai lauk juga enak. Di makan bareng nasi putih bikin ketagihan (*^^*) Ini udah kesekian kali saya bikin, tapi ga sempat terus nulis resep, kali ini nulis resep nya tapi foto step by step nya ga sempat ambil 🙏 #CookpadCommunitySampit #CookpadCommunity_Kalteng