Martabak telur

Dipos pada May 4, 2022

Martabak telur

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak telur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak telur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak telur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak telur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak telur adalah 2 buah (@uk.25 x 25 cm). Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Martabak telur diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak telur memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Di rumah ibu, kalo masak kari daging besoknya pasti dimasakin martabak ini. Berhubung ku jarang masak kari, jd bumbu & topping disesuaikan yg ada di dapurku aja yg kebetulan adanya ayam rica, hehe. Bisa jg pake bumbu instan yg sudah jd ya.. Yuk dicoba😘 Btw : πŸ“ aku pake 4 lembar kulit utk 2 buah martabak (ditumpuk) πŸ“ pake teflon uk 25 x 25 cm

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak telur:

  1. 8 butir telur
  2. 1 batang daun bawang pre
  3. 4 siung bawang putih
  4. 2 sampai 4 sdm bumbu kari (aku skip, ganti bumbu rica)
  5. 3/4 sampai 1 sachet royco
  6. Secukupnya garam
  7. Sejumput gula (bole kasi manis dikit utk penyeimbang rasa & ngurangi eneg martabak)
  8. Topping isian (bebas suka suka) :
  9. 250 gr daging ayam mix kulit (dimasak dl sama bumbu rica)
  10. 3 buah sosis
  11. Kulit (4 lembar) :
  12. 200 gr terigu pro tinggi (cakra)
  13. 1 putih telur (ambil dari telurnya martabak)
  14. 1/4 sdt garam
  15. 1/4 sdt royco
  16. 3 sdm minyak
  17. 50 ml air
  18. Secukupnya minyak utk merendam
  19. Acar timun :
  20. 1 buah timun
  21. 25 buah rawit ijo
  22. Secukupnya cuka
  23. Secukupnya gula pasir
  24. Sedikit air matang

Langkah-langkah untuk membuat Martabak telur

1
Step 1 Membuat Adonan kulit : 🍊 campurkan tepung, garam, royco. Aduk rata. 🍊 masukkan telur, aduk hingga bergerindil. 🍊 masukkan minyak, aduk hingga menggumpal2. 🍊 masukkan air sedikit2. Jgn semua. Secukupnya aja sampe adonan kalis. Kalo terlanjur kasi air kebanyakan, tambah tepung sedikit2. 🍊 istirahatkan adonan 30 menit, tutupi kain bersih 🍊 bagi jadi 4 @40-50 gram 🍊 rendam dalam minyak goreng bersih sampe tenggelam, minimal 4 jam (aku rendam semaleman, bsok paginya dieksekusi).
Martabak telur - Step 1
Martabak telur - Step 1
Martabak telur - Step 1
2
Step 2 Membuat Adonan telur : 🍊 campurkan semua bahan isi (telur, bawang putih, daun bawang, bumbu kari, ayam yg sudah dimasak bersama bumbu garam, penyedap, gula). Aduk rata. Sambil dicicip ato tes goreng dikit ya..
Martabak telur - Step 2
Martabak telur - Step 2
3
Step 3 Membuat kulit martabak : 🍊 setelah 4 jam adonan kulit siap dipakai. 🍊 Gilas / pipihkan dg gerakan lempar (kqya di abang2 itu loo, jadinya tipis😁). Dsini adonannya elastis ya, jd ga gampang sobek. Tp kalo susah, ya dipipihkan biasa pake gelas / rolling pin jg bisa.
Martabak telur - Step 3
4
Step 4 Menggoreng martabak : 🍊 panaskan tflon api sdang, minyak yg ckup 🍊 taruh kulit martabak di prmukaan teflon, smpe ke pnggir sisi luar gpp utk memudahkan ngelipat nanti 🍊 tuang sebagian adonan telur, ratakan 🍊 lipat pinggiran martabak sampe membentuk kotak. Krn uk teflonku terbatas, jd sisi atas aku tumpuk sama kulit yg lain. 🍊 goreng hingga telurnya set (smbil disiram2 atasny biar matang rata,lalu balik, hingga kedua sisi kecoklatan 🍊 angkat, tiriskan dl, lalu potong potong.
Martabak telur - Step 4
Martabak telur - Step 4
Martabak telur - Step 4
5
Step 5 Membuat Acar : 🍊 campur rawit ijo & potongan timun 🍊 beri secukupnya gula, cuka makan, dan sedikit air..aduk hingga larut.
6
Selesai.. Martabak siap dinikmati😘
Martabak telur - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Sekarang membuat bakwan sangatlah praktis, hanya siapkan sayur, air dan tepung bumbu nya saja Dengan tepung bumbu @dapurkobe Memasak menjadi lebih praktis #CookpadCommunity_Jakarta

15 bj
Cilok tetelan sapi

Cilok tetelan sapi

Ini makanan yg saya suka, kalau jajan ini gak cukup sedikit🀣

4 orang
30 menit
Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Bakwan jagung enak khas ibuk. 😍 Happy cooking buibu. Semoga buibu semua sehat selalu, dan doakan ibuku selalu sehat juga yaaa.. :))

+-20 pcs
30 menit
Vietnamese spring rolls

Vietnamese spring rolls

Cara bikinnya mudah nd simpel..rasanya juga enak ..dan yg pastinya sehat πŸ˜πŸ‘

Cilok Simple

Cilok Simple

Buat bukti ke orang yang sering menghina saya gabisa apa", Alhamdulillah walau ga terlalu handal, saya ga buta" banget soal masak atau sekedar buat kue, semoga hinaan siapapun bisa jadi motivasi buat saya dan teman" semua πŸ™πŸ»πŸ™‚

4-5 orang
Telur gulung abang-abang

Telur gulung abang-abang

Jajanan paling ngangenin ini ternyata bisa juga loh kita buat sendiri di rumah bun. Rasanya pun ga kalah yummy🀩

1-2 orang
Cireng Banjur

Cireng Banjur

Bandung lagi hujan besar, pengen banget makan yang angetΒ². Dan akhirnya bikin cireng banjur ini deh simpel banget

Donat Panggang Empuk isi Ragout

Donat Panggang Empuk isi Ragout

04/10/2021.

19 bj
90 menit
Resep Cilok goreng & cilok kuah anti gagal (dalam kopong)

Resep Cilok goreng & cilok kuah anti gagal (dalam kopong)

Enak banget dimakan pas hujan hujan atau sore hari. 1 resep bisa dibuat versi kuah dan versi taburan bumbu kering. Selamat mencoba jangan lupa recook ya πŸ€—πŸ€—πŸ€—

3-4orang
30menit
Bakwan sayur renyah

Bakwan sayur renyah

Sedikit pedas bakwannya, karena si kecil mulai menyukai pedas tapi belum bisa lalap cabe, kalau gigit cabe pasti digigit sampai pangkal alhasil kepedasan.. diakalin aja cabenya ikut diulek sama bumbu.

Gorengan Udang Gimbal

Gorengan Udang Gimbal

Nginep dirumah mama udah hampir 2 Minggu, nungguin papah masuk RS, buat sarapan cek kulkas mama ada udang sedikit, kalau ditumis jadi nya dikit banget, biar jadi banyak dibikin gini aja, serius enak banget..

17 buah
Donuts endul

Donuts endul

Berhubung anak ku suka banget donuts jd aku trus blajar dari google

3 orang
beberapa menit
Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Jadi ini risol hasil dari inspirasi mama saya, yang hobi banget buat cemilan sore πŸ˜„ Selamat Mencobaaaaa 🍳

5- 6 Orang
1 Jam
Mi Kremes (cemilan simple)

Mi Kremes (cemilan simple)

Kalo ga habis, bisa disimpan ditoples 😜

30 menit
Donat

Donat

Nyobain 1/2 resep dari Soft and fluffy homemade donuts https://www.youtube.com/watch?v=PRH64zvMs0w&ab_channel=%EB%A7%88%EB%AF%B8%EC%98%A4%EB%B8%90MOMMYOVEN Tipe donat kempus ya momis...

8 donat 40g
3 jam
Donat kulit pisang

Donat kulit pisang

Di event yang Cookpad adakan banyak banget inspirasi untuk memanfaatkan bahan yang biasanya aq buang termasuk kulit pisang ini, setelah dipikir-pikir #MasakSetiapBagian itu bermanfaat juga selain mengurangi limbah , Qt juga jadi bisa lebih berkreasi di dapur bahkan setelah si donat jadi dan aq posting di sosmed banyak yang kaget, bingung koq bisa ya kulit pisang di buat donat apa gak pahit??? Terima kasih Cookpad dan teman teman sudah banyak memberikan ilmu dan inspirasi #FoodPlaceCookingLeague #DonatKulitPisang #MasakSetiapBagian

Dimsum Shumai

Dimsum Shumai

Ini versi upgrade dari resep dimsum yg pernah sy posting ya.. Perbedaannya adalah, shumai yg ini lebih kenyal...

Β±40 pcs
2 jam
Resep Donat Ayam Crispy Gurih Banget Dengan Saus Keju | Chicken Donuts

Resep Donat Ayam Crispy Gurih Banget Dengan Saus Keju | Chicken Donuts

πŸ˜ƒπŸ‘‹Hi teman uda lama juga gak buat resep, hari ini saya sharing cara membuat donat ayam crispy, resep donat ayam crispy super kriuuk, enak dan mudah. Bosan makan ayam?bingung mengolah kentang? dibuat donat aja. Resep donat kentang dan ayam yang bikin ketagihan ditambah saos sambal dan cheese garlic sauce πŸ’πŸ‘‰Jika kurang jelas bisa lihat videonya : https://youtu.be/EXy_HK6Dqo4 #donuts #donat #tastyeasy7 #resep #resepi #chicken #ayam #potato #resepsederhana #masakanrumahan #masakan #masakanrumah #masakanharian #masakansimple #olahanayam #olahankentang #gorengan #donatgoreng

14 porsi