Sempol Ayam

Dipos pada May 5, 2022

Sempol Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Sempol Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sempol Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sempol Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sempol Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sempol Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sempol Ayam memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

kangen jajanan abang2 di depan sekolah. bikin aja yuuu, mudah membuatnya n dijamin kiddos pasti suka. Resep source mbak @adisti astarina https://cookpad.com/id/resep/13667870-sempol-ayam-udang-beserta-resep-saos-cocolan-ala-abang-jualan?invite_token=scTr6Rfn1aXY7pdtoVCJ84iH&shared_at=1634524575

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sempol Ayam:

  1. Bahan Sempol
  2. 500 gr daging dada ayam
  3. 200 gr udang kupas (saya skip karna gak ada)
  4. 4 siung bawang putih
  5. 2 butir telur ayam (1 butir untuk bahan celupan)
  6. 1 buah wortel ukuran sedang,potong dadu kecil
  7. 2 helai daun bawang,iris tipis
  8. 250 gr tepung tapioka
  9. 1/2 sdt garam
  10. 2 sdt gula pasir
  11. 2 sdt kaldu jamur
  12. 1 sdm minyak wijen
  13. 1 sdt merica
  14. secukupnya tusuk sate
  15. secukupnya Minyak goreng
  16. Air secukupnya untuk merebus
  17. Toping
  18. secukupnya saus sambal
  19. secukupnya mayonaise (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Sempol Ayam

1
Haluskan ayam, udang dan bawang putih menggunakan choper. Lalu pindahkan dalam wadah, beri telur, wortel, daun bawang, tepung tapioka,garam,gula,merica,kaldu jamur & minyak wijen. Aduk hingga semua tercampur rata.
Sempol Ayam - Step 1
Sempol Ayam - Step 1
Sempol Ayam - Step 1
2
Didihkan air dalam panci, jangan lupa beri 1 sdm minyak goreng agar adonan tidak menempel. Lumuri tangan dengan minyak goreng. Ambil adonan secukupnya kira kira 1 sendok makan. Kepal kepal, selipkan tusuk sate. Jika sudah rapi & berbentuk lonjong segera masukkan dalam air yang mendidih.
Sempol Ayam - Step 2
Sempol Ayam - Step 2
3
Rebus sempol dengan api sedang sampai sempol mengapung (jangan lupa beri minyak sayur 1 sdm agar sempol tidak menempel satu sama lain). Lakukan hingga adonan habis. Angkat dan tiriskan.
Sempol Ayam - Step 3
Sempol Ayam - Step 3
4
Kocok lepas telur pada wadah gelas. Masukan sempol pada kocokan telur hingga merata. Lalu goreng hingga kuning kecokelatan.
Sempol Ayam - Step 4
Sempol Ayam - Step 4
Sempol Ayam - Step 4
5
Biarkan sempol agak dingin lalu beri toping saus sambal dan mayonaise. Plating dan sajikan
Sempol Ayam - Step 5
Sempol Ayam - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kulit Dimsum/Siomay

Kulit Dimsum/Siomay

Sudah lama ingin belajar buat dimsum sendiri tp masih ngga gerak² ini hehe... Sampai tiba waktunya ada #KelasYogLoSemar_Kukus baru deh bergerak Alhamdulillah dpt resep kulit siomay homemade dari mba @naluri . Untuk pemula seperti saya sih ini udah luar biasa ya hasilnya. Makasih ya mba😘

20 lembar
30 menit
Kue pancong

Kue pancong

4 orang
1 jam
Donat kepang

Donat kepang

Setoran borongan nih, hihihi. Soalnya nanti kalo udah ke tempat mama, gak bisa sering sering pegang hp. Udah mau persiapan pernikahan adikku ini. Ini resep korea mbk desi, tapi gak punya whipping cream nya ya udah aku kepang aja deh donatnya biar cakep. Ini jumlah airnya aku kurangi soalnya aku pakai telur utuh, sayang dibuang putihnya. Raginya juga dibikin biang dulu, biasa test ragi aktif soalnya ragi aku kan stok kulkas. Semoga berkenan ya mbk desi 😘🙏. Sumber : @desi_k2 dengan penyesuaian #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_Desi #GenkPeDa_Desi #ArisanCooksnap_Desi #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Cilok

Cilok

2 orang
30menit
Bakwan Sayur Pedas

Bakwan Sayur Pedas

Hujan seharian, Pasti terngiang ngiang enak nya makan gorengan anget", Karena masi ada bahan, Cuss lah di bikin bakwan aja 🤤

Lumpia isi sayur + telur

Lumpia isi sayur + telur

Banyak
Tergantung
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Inilah cikal bakal kue pisang yang sesungguhnya 😀 Sebab jaman dulu, sebelum segala jenis kue modern berbasis pisang bermunculan, kalau kita bilang "kue pisang", ya ini. Yang dijual di pasar jaman ortu kita dulu. Yang hanya berbahan utama tepung beras, dan harus dibungkus daun pisang, agar aroma dan warna kuenya nanti agak sedikit ada nuansa hijau tipiiiis setelah dikukus kalau pakai daun pisang tua. Jaman sekarang orang bilangnya nagasari. Tapi nagasari yang dijual di toko2 kue modern, kebanyakan bercampur dengan bahan tapioka/sagu. Bikinnya super gampang, kayak bikin pudding. Tapi ini saya buat yang kedua kali kali, sebab yang pertama rada gagal (kuenya kempot wkwk). Gampang kok gagal? Ya namanya masak ya, ada langkah kurang tepat dikit, bisa gak jadi. Jadi belajar dari kesalahan pertama, kali ini saya gulung daun pisangnya lebih 'serius' dan ngukusnya gak lama, cuma 15 menit.

12 bungkus
Kue cubit

Kue cubit

15menit
Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

bakwan identik dengan wortel, kol dan toge naaah kali ini buat yang beda yuuuk bakwan isinya caisim atau sawi hijau, yang biasanya dipinggirkan kalo makan mie ayam atau mie goreng, hihi ternyataaa setelah dicampur dengan Kobe Tepung Bakwan Kress jadi ga terasa caisimnya dan anakku jadi mau makan sayuran, yeaay buatnya pun praktis dan simple yuk yuk yuk dicoba Bakwan Caisim nya, bunda Source : @dapurkobe #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

Siapa yang baby nya lagi GTM? atau siapa yang baby nya lagi tumgi? merapat yuk bu🤗 Kali ini ibun share resep snack mpasi yang mengeyangkan & bisa banget meredakan ngilu tumgi baby😍 Bonusnya es krim ini tinggi kalori loh karbo, prohe, lemak semua ada disini. Jangan ragu buat recook ya bun, dijamin baby pasti suka❤️ Selamat mencoba & semoga bermanfaat🥰🙏🏻 #resepMpasiSena #snackmpasi #snackmpasitinggikalori #bbbooster #tinggikalori #eskrimmpasi #icepop #icecream

3-4 ice pop
Donat tanpa telur

Donat tanpa telur

Cerita nya pengen banget buat donat cuma kmren enggak pernah jadi kalau pake minyak dan telur entah kenapa dk pernah jadi dan coba2 lah tanpa minyak dan telur akhir nya jadi deh pesanan pak suamiii d jamin endulita 😊😂

4 orang
4 jam
Donat Kukus

Donat Kukus

Alhamdulillah.... Uji coba pertama bebikin donat kukus berhasil. Bentuknya donat banget, rasanya mirip bakpao tapi beda. Enak dan yang pasti lebih berasa "sehat" karena donat ini berada di luar zona gorengan 😂😂. Saya pakai resep dasar andalan untuk membuat roti manis, tanpa telur. Untuk donat ini tepung terigunya saya campur antara tepung terigu protein tinggi dan tepung protein sedang. Teksturnya pas menurut saya, empuk, berserat dan kokoh. Yuk dicoba... #Semangcook_dikukusEnak #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Bakwan Jagung ala Jawa

Bakwan Jagung ala Jawa

Bedanya bakwan biasa sama bakwan jagung ala Jawa ini adalah.. kalau bakwan jagung ala Jawa, jagungnya itu dihaluskan terlebih dahulu dan penambahan bumbu seperti kencur dan terasi di bumbu halusnya, tapi.. banyak versinya sih, ada yang pakai temu kunci. Tapi kalau si Mbah dulu pas masak yaa begini resepnya. Orang² biasa nyebutnya pelas/dadar gulung/gorengan jagung 🤭😁. duuhh.. jadi kangen si Mbah yang ada di kampung (Blora, Jawa Tengah) kalau makan ini tuh.. kangen mudik 🥺🥺🥺. Btw.. ini cabainya cuman pakai 1 biji doang biar anak² ikutan makan juga. #CookpadCommunity_Depok

Resep Cilok goreng & cilok kuah anti gagal (dalam kopong)

Resep Cilok goreng & cilok kuah anti gagal (dalam kopong)

Enak banget dimakan pas hujan hujan atau sore hari. 1 resep bisa dibuat versi kuah dan versi taburan bumbu kering. Selamat mencoba jangan lupa recook ya 🤗🤗🤗

3-4orang
30menit
Loukoumades aka Donat Yunani enak

Loukoumades aka Donat Yunani enak

Keluargaku tuh paling suka ngemil, apa saja makanan yang dibikin habis tak bersisa 😁, hal sederhana yang selalu bisa bikin bahagia ya bunda ketika makanan yang kita bikin selalu meninggalkan wadahnya saja 😍 Saya penasaran banget sama donat yang satu ini, dengan berbekal cari² resep di aplikasi ini langsung bikin deh 😊 Resep ini recook dari mb @meldayanti ❤

6 porsi
1 jam
368.Donat Crunchy isi Abon empuk banget (roti goreng abon)

368.Donat Crunchy isi Abon empuk banget (roti goreng abon)

Donat atau roti goreng ini empuk banget (ada tambahan kentang yg dikukus) bagian dalamnya luarnya crunchy kres kres meskipun tanpa ulen cukup aduk2 campur diamkan dan 1 resep bisa jadi 13-15 adonan dg ukuran yg gemoy banget cucok banget buat isian Snack box ini ... Isian boleh divariasi dg rogut, coklat mises, selai atau Mozarella Sekalian buat tugas PR MBOIs diCoboy SBY pilihan roti kentang ini pas banget.,. Maaf ya foto langkahnya gak komplit ada beberapa langkah yg lupa gk kejepret smoga jelas ya kalau ada yg krg jelas silahkan komen ya.. 17/10/21 #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi #MasakSetiapBagian

Donat Menul metode Autolysis

Donat Menul metode Autolysis

Bismillah.. 5.10.21 Aq tuh dr kemaren pngen bgt bikin rerotian.. mulai dr roti sobek sampe roti manis..donat dll..yg pokoknya pake ragi di profing gtu.. tp ya masih gagal Mulu.. Akhirnya aq mencoba memberanikan diri pake metode Autolysis ini.. emang sih lamaaaa bgt.. tp hasilnya mendekati yg aq harapkan kok😄☺️ seneng gitu loh rasanya.. tp blm puas sih.. karena aq masih perlu belajar lagi.. Sumber CR Cook

9 porsi
8jam
Redvelvet cheese tart (snack for 1year+)

Redvelvet cheese tart (snack for 1year+)

Nemu redvelvet oreo di supermarket mau coba buatin snack untuk baby hafiy. Dan tenyata anak nya suka bgt ini.. yeaaaay!

2 orang
1 jam 30 menit
Donut ala krispy kr*m*

Donut ala krispy kr*m*

Source : Moucup Abaikan bentuknya ya..hahaha dicetak sm anak..yang penting rasanya yumm smpai besok pun lembut..