Martabak Manis (Tips Bersarang)

Dipos pada May 10, 2022

Martabak Manis (Tips Bersarang)

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Manis (Tips Bersarang) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Manis (Tips Bersarang) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Manis (Tips Bersarang), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Manis (Tips Bersarang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak Manis (Tips Bersarang) adalah 2 Loyang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Manis (Tips Bersarang) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Manis (Tips Bersarang) memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum yorobun kali ini aku mau bagiin resep martabak manis +Tipsnya supaya bersarang dan tidak bantat. hasilnya lembut ,bersarang, legit dan tidak bantat. Yuk cek resepnya jangan lupa recook yaa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Manis (Tips Bersarang):

  1. Bahan 1
  2. 200 gr Tepung Terigu
  3. 50 gr Tepung Maizena
  4. 1 Butir Telur
  5. 4 Sdm Gula Pasir
  6. 1/2 Sdt Baking Powder
  7. 1/2 Sdt Vanili (bisa skip)
  8. 250 ml Air
  9. Bahan 2
  10. 3/4 Sdt Baking Soda
  11. 1/2 Sdt Pasta Pandan
  12. Topping (Sesuai selera)
  13. 1 Sachet Susu Kental Manis
  14. 2 Buah Pisang
  15. Bisa Keju, mesis, kacang, selai, ketan hitam, dll
  16. Gula Pasis Secukupnya (untuk taburan)
  17. Margarin untuk olesan

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Manis (Tips Bersarang)

1
Dalam wadah masukkan bahan 1 kecuali baking powder dan telur. Mix bahan 1 dengan air sampai tercampur rata dan kalis -+7 menit lalu masukkan telur dan baking powder aduk asal tercampur rata. *Mix bisa pakai mixer/Manual. (me mixer)
2
Setelah adonan kalis diamkan dalam wadah tertutup rapat dengan plastik/kain. Diamkan minimal 1-3 Jam (me 3 jam)
3
Setelah didiamkan buka adonan, campurkan larutan baking soda dengan 4-5 sdm air lalu masukkan ke dalam adonan aduk dan keplok2 sampai muncul banyak buih2. Bagi dua adonan dan tambahkan pasta pandan pada salah satu adonan
4
Panaskan pan/teflon dengan api sedang,(Gunakan pan/teflon yang tebal supaya matang merata dan tidak gosong). Tunggu teflon sampai benar2 panas tandanya (jika di perciki air akan langsung menyusut/hilang) baru masukkan adonan lalu ratakan sedikit di pinggiran teflon
5
Tunggu hingga muncul gelembung2nya *JANGAN TUTUP PAN/TEFLON kalau belum muncul gelembungnya. Setelah gelembungnya muncul semua taburkan sedikit gula pasir supaya gelembung2nya pecah baru tutup teflon tunggu sampai bagian atas matang, bisa kecilkan api jika terlalu panas
6
Setelah matang angkat, olesi dengan margarin selagi panas. belah menjadi 2 bagian beri topping sesuai selera, tumpuk lalu potong2. Gunakan pisau yang tajam supaya hasil potongan dan seratnya terlihat cantik
Martabak Manis (Tips Bersarang) - Step 6
Martabak Manis (Tips Bersarang) - Step 6
7
Sajikan selamat mencoba jangan lupa recook yaa. Jika masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan boleh kok tinggal komen aja di bawah ya
Martabak Manis (Tips Bersarang) - Step 7
Martabak Manis (Tips Bersarang) - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Inilah cikal bakal kue pisang yang sesungguhnya 😀 Sebab jaman dulu, sebelum segala jenis kue modern berbasis pisang bermunculan, kalau kita bilang "kue pisang", ya ini. Yang dijual di pasar jaman ortu kita dulu. Yang hanya berbahan utama tepung beras, dan harus dibungkus daun pisang, agar aroma dan warna kuenya nanti agak sedikit ada nuansa hijau tipiiiis setelah dikukus kalau pakai daun pisang tua. Jaman sekarang orang bilangnya nagasari. Tapi nagasari yang dijual di toko2 kue modern, kebanyakan bercampur dengan bahan tapioka/sagu. Bikinnya super gampang, kayak bikin pudding. Tapi ini saya buat yang kedua kali kali, sebab yang pertama rada gagal (kuenya kempot wkwk). Gampang kok gagal? Ya namanya masak ya, ada langkah kurang tepat dikit, bisa gak jadi. Jadi belajar dari kesalahan pertama, kali ini saya gulung daun pisangnya lebih 'serius' dan ngukusnya gak lama, cuma 15 menit.

12 bungkus
Bakwan pokcoy

Bakwan pokcoy

Cara enak makan sayur Anak2 yg gak doyan pokcoy, setelah coba ini, lahapp😍😍 Dan kalau bikin bakwan, saya selalu basah, susah kriuk, setelah pake tepung bakwan kres, beneran kriuk 🥳 Cooksnap dari @dapurkobe di instagram #CookpadCommunity_Tangerang

6 buah
10 menit
Kue ulang bulan oli olive

Kue ulang bulan oli olive

Kue ini dibuat utk merayakan bln ke 2 hadirnya oli dan olive ke duania tdk teras dh 2 bln aja nakal nakal kitten kitten tsb

10 org
5 jam
Sempol Ayam

Sempol Ayam

Buat cemilan anak2. Daripada mereka beli diluar ini sekalian aja dimasakkan sendiri sempol mumpung pas lagi masak nuget ayam.

Snack: Roti Goreng Gluten Free (21 month+)

Snack: Roti Goreng Gluten Free (21 month+)

Tekturnya renyah di luar dan empuk di dalam. Gunakan sendok sayur saat menuang adonan agar hasil jadinya tidak keras dan kering. Menggorengnya hingga berwarna kekuningan aja ya. Biar ga menyerap minyak dan tetap empuk dalamnya. Untuk yang suka manis, bisa ditambah lagi jumlah gulanya. Untuk rasanya, mirip roti goreng kaki lima di daerahku. Cuma ga pake wijen dan tidak terlalu mania rasanya. Alhamdulillah nak bayi doyan banget. Source: Nano ~ Nanoo.

Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Source : @dapurkobe Mensiasati anak yg kurang suka makan sayur👍 dengan dibuat bakwan ternyata malah syukkaaak banget😁 dibuat cemilan malah. Ngga sampe 10 mnt udah ludes🤭 Tepung bakwan kobe sangat recomanded banget deh👌🏽 Makanan biasa jadi luar biasa rasanya😋 #MasakItuSaya

Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Buat lagi jajanan jadul yang mulai langka,,,biasanya ada di jual di supermarket2 tapi hanya polosan saja tanpa karamel dan itupun keras banget kalo di gigit 😔,,,saya makan yang seperti ini belinya di warung2 kecil,,,duluuuu bngt,,,jadi teringat jajanan ini dan pas makannya pun langsung bernostalgia momen2 masa kecil👧. Akhirnya memberanikan untuk membuatnya meskipun bayang2 bakal lama memelintirnya tapi gakapalah sudah pengen banget,,, Supaya lebih enak di gigitnya saya tambahkan susu bubuk,,airnya di ganti freshmilk dan pakai kuning telur jadi hasilnya kriuk2 empuk 😊 Sebenarnya di makan gitu aja juga sudah enak tapi ini saya tambahkan karamel supaya lebih manis kayak yang buat eeehhh🤭😝 #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #jajananjadul

Donat 🍩

Donat 🍩

1 resep ini bisa jadi : Dough 30 gr -> 34 bijj Dough 35 gr -> 30 bijj Dough 20 gr -> 52 biji Disini saya sering bikin dough 35 gr dan 20 gr karena muat di dus donat sejuta umat😀 #donat #komunitaspaders #cookpad_id #Cookpadcommunity #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpad_paders #resepdianhartari #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_surabaya

Kue Gandos

Kue Gandos

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Alhamdulillah sa bebikin jajanan tempo doeloe....sukaaa banget dr dulu mah..... Sekrng jarang banget ada yg jual.... Solusinya ya bikin ndiri😅😅.... Tak ada cetakan gandos...pke cetakan lumpur pun jadi....yg pnting kan rasanya buunngg🤣🤣🤣 Kue Gandos ada yang menyebutnya kue rangin ataupun kue pancong. orang Surabaya menamakannya rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Bandung menyebutnya bandros, orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, dan orang Bali memberi nama daluman. Banyak banget yah sebutanya😅😅 Source : mba @desychamim #semangcookArisan_desyChamim #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

Kue Apem

Kue Apem

Kue apem yg ini tanpa tambahan tape ya bun tapi tetep menul ko 👍

Nasi Goreng Pedas Otak Otak

Nasi Goreng Pedas Otak Otak

Ahoooiii nasgor lagi doongg..😂😂 Yuk ahh kali ini langsung saja deh ke resepnya lagi sariawan males ngomong banyak²... hahah alesan padahal gag pande ngomong apa² lagi 🤣🤣 Sebenernya ini tuh kiat memanfaatkan sambal terasi sisa bebelian semalam, sayang banget ihh sambalnya kalo dibuang gitu saja, secara si pakde ngasihnya selalu super nambahin banyak².. kasian kan yaaa malah masuk tong sampah.. mending diolah jadi makanan lain, bermanfaat jg buat yg ngasih kan.. apalagi rasanya malah jadi endeus gitu di nasi goreng.. uhuuiii yukyuk cobain moms..😉 Sehat selalu buat teh @DianaN_17 Source : @DianaN_17 dg modifikasi #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #CookpadCommunity_Sumbar #MasakSetiapBagian #FoodPlaceCookingLeague #OlahanNasgorMamiFay

Kue coklat kukus sederhana

Kue coklat kukus sederhana

berawal dari anak disapih dan suka banget ngemil.. nyoba yg simpel2

4 porsi
50 menit
Snack Apel Yogurt

Snack Apel Yogurt

Super simpel tapi nikmat 😁 cuma 4 bahan

1 orang
10 menit
Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Pada postingan saya sebelumnya juga pernah membuat kue panggang, bentuk daun. Sekarang ada versi lainnya yaitu pakai kacang tanah. Rasanya mirip kue kacang tapi lebih kokoh dan sedikit keras. YouTube : desmawati kuretangin Link resep : https://youtu.be/oqnNS2p-WKI #CookpadCommnunity_Sumbar

Risoles mayo

Risoles mayo

Resep kulit risoles Mayo ini bisa juga untuk risoles sayur, ini jadi resep jualan saya.. Selamat mencoba

Dadar/Bakwan Jagung Surabaya

Dadar/Bakwan Jagung Surabaya

Bedanya apa dengan bakwan surabaya dengan bakwan jagung biasa, yang ini bumbunya dipakein cabe yg dihaluskan jadi rasanya rada pedas2 gitu 🙂 Inpirasi resep @Tehagie #CookpadCommunity_Bogor #dapurtunik #cooksnap