Cireng Crispy Bumbu Rujak

Dipos pada May 10, 2022

Cireng Crispy Bumbu Rujak

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng Crispy Bumbu Rujak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng Crispy Bumbu Rujak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng Crispy Bumbu Rujak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng Crispy Bumbu Rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cireng Crispy Bumbu Rujak diperkirakan sekitar ± 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Crispy Bumbu Rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak memakai 10 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Camilan kenyal dan simple yang cocok disantap dengan bumbu rujak. Resep bumbu rujak nanti aku share link ya karena sebelumnya uda pernah buat cireng tapi pake nasi hehe.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak:

  1. 10 sdm tepung tapioka
  2. 2 sdm tepung terigu
  3. 2 siung bawang putih
  4. Secukupnya daun seledri (bisa pake daun bawang)
  5. Secukupnya garam dan kaldu bubuk
  6. Bahan baluran:
  7. 1 sdm tepung tapioka
  8. 1 sdm tepung terigu
  9. Pelengkap:
  10. Bumbu rujak

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Crispy Bumbu Rujak

1
Uleg halus bawang putih dan garam, sisihkan.
2
Masukkan kedua jenis tepung pada panci atau wajan anti lengket lalu masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan.
3
Tambahkan air, kaldu bubuk, dan potongan seledri. Aduk hingga tercampur.
4
Nyalakan kompor dengan api kecil. Aduk terus acinya hingga bertekstur seperti lem. Sisihkan dan biarkan dingin.
5
Jika sudah dingin, pulung adonan dan bentuk sesuai selera.
6
Untuk balurannya campurkan dua jenis tepung, aduk merata. (tanpa air)
7
Balurkan aci satu per satu lalu goreng dengan api kecil hingga kering, tiriskan.
8
Nikmati cireng dengan sambal rujak. Kalo bosan pake sambal rujak, pake sambal kacang juga enaqq koq hehehe..
9
Note: waktu goreng cukup sekali balik aja yaaa supaya tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Dimsum Siu Maai (Siomay) Daging Sapi

Dimsum Siu Maai (Siomay) Daging Sapi

Assalamu'alaikum Sudah hari sabtu lagiii, waktunya Semarak Clover, minggu ini temanya "Dimsum" Ide dari mb Riska @chk_14081984 , sehat sehat selalu yaa mb 🙏🙏 Dimsum (tradisional: 點心, sederhana: 点心 hanyu pinyin: dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau sarsi. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茶, hanyu pinyin: yincha). Beberapa makanan dimsum: Bakpao, Fung zau, Siomai, Dumpling, Hakau, Gyoza, Xiaolongbao (Wikipedia) Hari ini aku bikin dimsum siomay. Pake resep mb @DianaN_17 , untuk bahannya aku pake daging sapi. Source : https://cookpad.com/id/resep/15345164-dimsum-ayam-kenyal-dan-gurih?invite_token=PUEx8bURXgwDNAUQM85xpbzn&shared_at=1634989547 #DimsuminAja #Semarak_DimsuminAja #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #genkpejuangdapur #Genkpeda_Eksis #Cookmembergenkpeda_DianaNurjanah #Selaluistimewa #KopiJos

Otak-otak goreng Ikan Tenggiri #antiribet

Otak-otak goreng Ikan Tenggiri #antiribet

Awalnya beli ikan tenggiri untuk empek-empek tapi karena tiba-tiba malas melanda, ikan tenggiri dibuat jadi otak-otak goreng yang simple tinggal ditambah sambal botol untuk snack anak-anak.

12 buah
Snack balita Dimsum Ayam

Snack balita Dimsum Ayam

anaku yg sangat suka siomay. di warung cuma ada kulit pangsit goreng. harusnya pake yg dimsum ya biar kenyal dan mudah dibentuk

Kue kepang ketan

Kue kepang ketan

Saorce;;@devinahermawan

Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue pisang tampil beda..ga selamanya harus dibungkus daun..dicetak dan dibuat warna warni juga bisa...tks mba een @BerandaAqlan resepnya aku modif dikit.. Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15493560-nagasari-pisang?invite_token=W8UTurNZMZ2Q5CaxytCYRLZX&shared_at=1634906289 #Cookies_BerandaAqlan #CookpadCommunity_Tangerang #KuePisang

15 cup
1 jam
Bakwan caisim kobe

Bakwan caisim kobe

Hay bunda semua ... Kali ini aku mau share gorengan sehat nih Di sini aku buat gorengan dari sayur sawi caisim dan tentunya sehat ya Bun Bisa juga untuk diberikan kepada anak ya moms. Dijamin suka deh. Rasanya yang gurih dan harum ditambah dengan citarasa yang menggugah selera. Jangan lupa mams semua. Selalu sedia tepung @dapurkobe. Ahlinya tepung bumbu. Ibu bijak selalu pake tepung bumbu dari @dapurkobe #tepungkobe #bakwancaisimkobe #cookpadcommunity_Semarang #GenkPejuangDapur

Lumpia Basah

Lumpia Basah

Biasanya yg jual lumpia basah isiannya pakai bengkuang.. ini diganti lobak

3-4 Porsi
Bakwan Jamur Daun Bawang Cocol Sambal Kecap Pedas

Bakwan Jamur Daun Bawang Cocol Sambal Kecap Pedas

Lg semangat ke hall bultang... Tp msh malas2an bikin kitchen jd ambyaaarrr....

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Alhamdulillah ksampean juga bikin kue sarang semut ini dan bisa bersarang🥰 Ibu bilang pngen makan kue sarang semut....langsung deh Q bikinin wat bliau...😘🥰 Bentuk tampilan, warna, aroma, dan tekstur kue sarang semut yang unik ini sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. Warna cokelat kehitaman pada kue sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Source : Cici Lestari fitri Andjani https://cookpad.com/id/resep/13476095-cake-caramelsarang-semut?invite_token=HxD8Y1csLgkJELNCfX6Ycxr6&shared_at=1632739033 #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

Kue Putri Keraton khas Banjarmasin

Kue Putri Keraton khas Banjarmasin

Pekan ini #CookpadCommunity_Bandung, kedatangan tamu mba @Wien_LaZha dari #CookpadCommunity_KalSel. Ternyata ada banyak jenis makanan khas Kalimantan Selatan yang baru saya tau. #RekreasiKalsel kali ini, saya coba cooksnap #Pencok_KaKalsel ala mba @minienora.

Donat takaran sendok tanpa telur

Donat takaran sendok tanpa telur

Iseng ceritanya mah pengen bebikinan maafkan bentuk yg tak beraturan😁

Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Lagi pingin banget cobain bikin bakwan sayur dari @dapurkobe . Bikinnya gampang, cuma pakai 2 bahan aja dan rasanya pun enaaakkkk hihi resep ini bs jadi inspirasi untuk moms yg anak2nya susah makan sayuran, di jamin nagih! Oh iya, selain enak…Tepung bakwan kress kobe terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet lho, cihuy gak tuuuuh? #tepungkobe #bakwancaisimkobe #dapurkobe @dapurkobe

(MPASI) Snack Dessert Alpukat BB Booster

(MPASI) Snack Dessert Alpukat BB Booster

Yuk coba kreasikan buah alpukat moms. Ini bisa dari usia 6 bulan ya, tapi alpukatnya di saring ya moms. Sesuaikan texture ya moms 👌

2 orang
Sempolan Nasi

Sempolan Nasi

Masak suka ga pas adalah wajar. Sama hal nya dengan aku nih, kadang ga pas kalo pas bikin nasi suka kelebihan takarannya 😅 sisa nasi yg masih jangan dibuang yaa kita bikin cemilan enakkk 😋 #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

30 menit
Tumis Ayam Kari Untuk isian Roti Baso/pastel/kari puff

Tumis Ayam Kari Untuk isian Roti Baso/pastel/kari puff

Bikin isian utk pastel buat besok Biasanya aku bikin pastel utk frozen jadi sewaktu²pingin tinggal goreng #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

1 porsi
20 menit
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Buat lagi jajanan jadul yang mulai langka,,,biasanya ada di jual di supermarket2 tapi hanya polosan saja tanpa karamel dan itupun keras banget kalo di gigit 😔,,,saya makan yang seperti ini belinya di warung2 kecil,,,duluuuu bngt,,,jadi teringat jajanan ini dan pas makannya pun langsung bernostalgia momen2 masa kecil👧. Akhirnya memberanikan untuk membuatnya meskipun bayang2 bakal lama memelintirnya tapi gakapalah sudah pengen banget,,, Supaya lebih enak di gigitnya saya tambahkan susu bubuk,,airnya di ganti freshmilk dan pakai kuning telur jadi hasilnya kriuk2 empuk 😊 Sebenarnya di makan gitu aja juga sudah enak tapi ini saya tambahkan karamel supaya lebih manis kayak yang buat eeehhh🤭😝 #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #jajananjadul

Bakwan Sayuran Selimut Tepung Panir

Bakwan Sayuran Selimut Tepung Panir

Memanfaat sisa isi, Saat membuat Tahu Isi ( Campuran tauge, wortel dan bumbu) daripada dibuang saya masak menjadi bakwan sayuran tinggal menambahkan tepung terigu. Setelah ditambah tepung terigu saya ambil tiap sendok makan dilumuri tepung panir lalu digoreng. hasilnya sangat mantaf kriuk dan beda dimulut dg bakwan biasa ... #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesua #Memanfaatkan bahan sisa #AnekaBakwan

6 biji
15 menit
Bakwan Jagung Sasa Instan 🌽

Bakwan Jagung Sasa Instan 🌽

Pokoknya masak praktis ☑️

4 orang
30 menit
Kue Talam Abon

Kue Talam Abon

Tidak hanya bercita rasa manis, kue talam pun bisa dibuat dalam versi gurih. Biasanya diberi taburan ebi, terinspirasi oleh resepnya mbak @meldayanti aku coba talam dengan taburan abon. Lebih praktis, pakai abon beli jadi tentu saja 😀 dan enaak... Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

Martabak Manis Mini

Martabak Manis Mini

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah.. sudah hampir sebulan off tulis resep, baru sempat lagi yaa.. Kali ini bikin martabak manis mini buat cemilan bocah yang baru pada recovery habis demam, nemu resep yang cocok untuk di trial di dapur.. Terima kasih @ucieeka untuk inspirasi resepnya.. Yuuk Cobain..

14 pcs
1 jam 30 menit