Kue Pukis Madu

Dipos pada May 12, 2022

Kue Pukis Madu

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Pukis Madu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Pukis Madu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Pukis Madu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Pukis Madu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kue Pukis Madu adalah 32 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Kue Pukis Madu diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Pukis Madu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Pukis Madu memakai 24 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Suka banget sama kue pukis ini. Apalagi susu kental manis nya saya ganti madu 🍯 Karena adonannya sudah manis , saya gak suka pakai susu kental manis, lebih suka pakai madu asli. #kuepukis #madu #pukismadu #kuebasah #pukislembut #pukismoist

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Pukis Madu:

  1. Bahan AπŸ”½:
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 2 sdm tepung terigu
  4. 2 sdm fermipan
  5. 100 ml air hangat
  6. Bahan B πŸ”½:
  7. 100 gr gula pasir
  8. 2 butir kuning telur
  9. 1 butir telur utuh
  10. Bahan CπŸ”½:
  11. 100 gr tepung segitiga biru (protein sedang)
  12. 150 gr tepung cakra (protein tinggi)
  13. 1 sdt soda kue
  14. 1/4 sdt garam
  15. Bahan D πŸ”½:
  16. 250 ml santan
  17. 4 sdm madu
  18. Bahan EπŸ”½:
  19. 50 gr margarine
  20. Bahan lain πŸ”½:
  21. Secukupnya margarine untuk olesan
  22. Topping πŸ”½:
  23. Secukupnya keju
  24. Secukupnya chocohips

Langkah-langkah untuk membuat Kue Pukis Madu

1
Buat bahan biangnya yaitu bahan A aduk rata. Diamkan kurang lebih 20 menit. Tutup. Sisihkan. Sambil menunggu bahan biang, kita siapkan bahan lainnya. Bila sudah jadi bahan biangnya, akan seperti gambar ketiga di bawah ini.
Kue Pukis Madu - Step 1
Kue Pukis Madu - Step 1
Kue Pukis Madu - Step 1
2
Aduk rata bahan C. Sisihkan.
3
Hangatkan santan, setelah api kompor dimatikan tambahkan madu. Sisihkan bahan D.
4
Lelehkan bahan E dengan ditim. Sisihkan.
5
Mixer bahan B kurang lebih 10 menit atau sampai berwrna pucat dan kental.
Kue Pukis Madu - Step 5
6
Tambahkan sebagian bahan C lalu mixer dengan kecepatan rendah. Kemudian masukkan bahan D sebagian mixer sebentar. Lakukan bergantian sampai kedua bahan habis.
Kue Pukis Madu - Step 6
Kue Pukis Madu - Step 6
7
Masukkan bahan A, mixer rata.
Kue Pukis Madu - Step 7
8
Terakhir masukkan bahan E. Mixer rata.
Kue Pukis Madu - Step 8
Kue Pukis Madu - Step 8
9
Setelah semua adonan masuk dan tercampur rata. Diamkan kurang lebih 1 jam. Setelah 1 jam adonan terlihat mengembang. Sebelum dimasak aduk rata dulu untuk mengeluarkan udara nya.
Kue Pukis Madu - Step 9
Kue Pukis Madu - Step 9
10
Siapkan loyang pukis. Panaskan dulu dengan dialasi panggangan supaya tidak cepat gosong kuenya. Oleskan margarine ke dalam loyang. Masukkan adonan. Tutup sebentar, saat setengah matang, beri topping sesuai selera. Masak hingga matang. Setelah matang, ambil kue keluarkan dari loyang. Taruh di wadah. Sajikan.
Kue Pukis Madu - Step 10
Kue Pukis Madu - Step 10
11
Kue Pukis Madu - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pastel kentang brokoli (snack mpasi 18 months)

Pastel kentang brokoli (snack mpasi 18 months)

Jajan tipis tipis buat binar yang lagi tumbuh gigi.. Rasanya gurih lembut creamy yummy.. Lumayan cemilan gampang buat mamas dan adiknya :)

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel Karipap Pusing renyah

Pastel karipap ini renyah sekali kulitnya, sampai berjam-jam juga masih kriuk πŸ˜‹πŸ˜‹ Untuk isiannya , silahkan sesuai selera teman-teman ya, mau dimodif seperti apa. Isiannya juga bisa disajikan sebagai lauk pendamping di meja makan. Jika untuk isian pastel, sebaiknya dimasak lebih asin karena akan disajikan bersama kulit pastel lagi. Kreasi karipap lainnya bs lihat di #karipaplingga Source: chef Devina Hermawan #karipaplingga #Karipappusing #pastelkaripap #currypuff #Cookpadcommunity_jakarta

16 pc pastel bulat
2 jam
Donat panggang

Donat panggang

Selasa, 5 Oktober 2021/#524 Source recipe : @ikha_thea1 Pingin nyoba resep donat nya Teh Ika dari cocomba, tap saya bikin versi tidak digoreng... Karena stok minyak goreng lagi sedikit. Dan hasilnya meski dipanggang tetap empuk juga.. Seratnya lembut krn adonannya kalis elastis saat diulen. Tentu lebih ringan bobotnya krn tdk digoreng, jd tdk menyerap minyak. Cocok buat yg sdg mengurangi konsumsi minyak. Saran : Susu bubuknya jangan diskip, selain berpengaruh membuat rasa lebih enak, memberi efek kecoklatan pada donat jadi lebih cakep penampakannya setelah dipanggang. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek

16 buah
30 menit
Bakwan Sayur Bayam ala kobe

Bakwan Sayur Bayam ala kobe

Masak enak.. Masak simple.. Ya dikobein aja... Ga pake ribet, cepet pula.. Nah ini salah satu solusi bagi keluarga yg ga begitu suka sayur. Dibikin bakwan pasti buat ketagihan.. @dapurkobe memang selalu kreatif dalam membikin sajian.. Yuk mari dicoba

244. SIOMAY BANDUNG IKAN TENGGIRI komplit

244. SIOMAY BANDUNG IKAN TENGGIRI komplit

Olahan ikan tenggiri, kita bikin menu bergizi karena kandungan protein omeganya, kali ini diolah jadi siomay ala Bandung. Saya bikin menu komplit alias lengkap ada sayuran juga; pare, kentang, telur, tahu. Biasanya suka ditambahkan daun kol gulung yang ikut dikukus...kali ini anak anak minta gak pake kol, parenya juga hanya kesukaan mamak ajah..., sedap betul dipadukan dengan bumbu kacang. Sangat mengenyangkan dan sehat , tanpa minyak karena semua dikukus. Cooksnap dari mbak Anggraini @rence dan modifikasi dari beberapa resep dengan penyesuaian. Source : Mbak Angraini @rence #PekanPizza #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #GA_rence

Banyak
1 jam
Puding Pisang Roti (Snack Tinggi Kalori)

Puding Pisang Roti (Snack Tinggi Kalori)

Lagi nerapin feeding rules buat anak gadis jadi 2 hari sekali stok snack tinggi kalori. Pake bahan yg ada aja di rumah, semua dimasukin biar komplit πŸ˜‚

15 menit
Kue ku/kue tok

Kue ku/kue tok

Pengen makan kue ini jd nya bikin sendiri aja mumpung ada bahanΒ² nyaπŸ˜€πŸ˜€

1 keluarga
30 menit
Donat tanpa ulen

Donat tanpa ulen

Babang minta donat ummi malas ngulen dan kalo autolisis mesti lama . Akhirnya cari-cari resep donat tanpa ulen ketemu deh punya @fitrisasmaya donatnya lembut menul dua hari masih empuk tapi di simpan di wadah tertutup ya padahal saya hanya pakai tepung curah di warung yukk intip resepnya

2 jam
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Inilah cikal bakal kue pisang yang sesungguhnya πŸ˜€ Sebab jaman dulu, sebelum segala jenis kue modern berbasis pisang bermunculan, kalau kita bilang "kue pisang", ya ini. Yang dijual di pasar jaman ortu kita dulu. Yang hanya berbahan utama tepung beras, dan harus dibungkus daun pisang, agar aroma dan warna kuenya nanti agak sedikit ada nuansa hijau tipiiiis setelah dikukus kalau pakai daun pisang tua. Jaman sekarang orang bilangnya nagasari. Tapi nagasari yang dijual di toko2 kue modern, kebanyakan bercampur dengan bahan tapioka/sagu. Bikinnya super gampang, kayak bikin pudding. Tapi ini saya buat yang kedua kali kali, sebab yang pertama rada gagal (kuenya kempot wkwk). Gampang kok gagal? Ya namanya masak ya, ada langkah kurang tepat dikit, bisa gak jadi. Jadi belajar dari kesalahan pertama, kali ini saya gulung daun pisangnya lebih 'serius' dan ngukusnya gak lama, cuma 15 menit.

12 bungkus
Lemet Singkong Isi Pisang (Kue Mata Roda)

Lemet Singkong Isi Pisang (Kue Mata Roda)

16/09/2021 (425)......sejak kecil suka bgt ma jajanan ini dan sampe skrg sy gk pernah tau nama asli jajanan ini,pdhal sejak sy kecil mama sy sering buat dan bungsu sholgan sy juga suka lemet ini,sejak kls 3 SD bungsu sholgan sy paling seneng klo sy bikin lemet ini,pasti bungsu sy yg minta dia yg memarut kelapa dan singkongnya,spt hari ini bungsu sy yg memarut singkongnya 😍😘. Cocok bgt deh pas kmrn siang sy bikin kue mata roda ini,malamnya dpt surcin dr mamah utk bikin makanan dgn cara di kukus,langsung aja resep ini sy upload #PekanPosbar #AnekaMasakanDikukus #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia

Snack MpASI booster BB tinggi kalori

Snack MpASI booster BB tinggi kalori

Resep inj bisa dipakau dari usia 6+ . Untuk penggunaan gula cuma optional karna anak saya sudah 16 m, Kalau gak pakai masih tetap enak karna manis dari labu

1-2 porsi
Martabak tahu

Martabak tahu

Martabak tahu request pak suami tercinta. Tahu itu makanan favoritnya. Tiba2 pulang bawa tahu. Pas juga di rumah ada kulit lumpia. Langsung ekseskusi deh.

45 menit
Kue Lapis tepung beras

Kue Lapis tepung beras

Hai mom... Kali ini miecell bikin kue lapis kesukaan si cella... Resep ini hasil miecell recook dari canel YouTube dapur nanas..

24 potong
Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Bismillah.. Selamat sore moms.. ujan ga..disini mulai mendung2 manjah.. Weekend+ mendung enaknya ngemil bareng keluarga ya moms.. Kebetulan anak2 minta bikin gorengan aja yang simple dan kesukaan.. tapi.. Pas uprek kulkas ternyata stok sayuran tinggal cesim doang, maklum baru besok jadwalnya belanja sayur mingguan.. Dipikir2 belom pernah nii coba bikin bakwan pake cesim, trs kenapa ga dicoba.. Eh ternyata dimakan anget2 enak loh, palagi cuma 2bahan aja ini, pake Tepung Bakwan Kress dari @DapurKobe yang bikin ga males kalo mau bikin gorengan sendiri.. Cocolin aja pake sambel kesukaan.. Ini moms resepnya.. #BakwanKobe #BakwanCaisimKobe

Terang bulan abang2 SD/kue manja

Terang bulan abang2 SD/kue manja

Bismillah... Source: @fikaevi Kemarin scroll2 cookpad nemu terbul ala abang2 d SD, yg diinget dulu kalo beli "ini gmn sih buatnya kok bisa enak" enak versi anak SD ya πŸ˜„ emang dari kecil udah mulai suka perdapuran sih..

Bakwan pokcoy

Bakwan pokcoy

Cara enak makan sayur Anak2 yg gak doyan pokcoy, setelah coba ini, lahapp😍😍 Dan kalau bikin bakwan, saya selalu basah, susah kriuk, setelah pake tepung bakwan kres, beneran kriuk πŸ₯³ Cooksnap dari @dapurkobe di instagram #CookpadCommunity_Tangerang

6 buah
10 menit
Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Kalo sama siomay nggak ada yg nolak deh. Pas udah selesai buat mau pocan, eh adek nungguin disebelah sambil diketawain. Katanya kurang kerjaan. Karna pas ngebentangin kertas karton buat alas susah banget. Ke gulung terus. Suruh megangin juga nggak mau. Aku suruh pergi juga nggak mau. Katanya nunggu siomaynya selesai di foto πŸ˜„. Padahal dikukusan itu ya ada, tapi kenapa selalu nunggu yg udah selesai di foto πŸ˜…. Nah, adek kan ndak suka sama udang. Siomay ini kan pake udang. Aku biarin aja dia makan dulu sepuasnya. Pas udah hampir habis tuh dipiring, aku bilang kalo ada udangnya. Diluar dugaan jawabannya enak kok, udangnya ndak berasa. Ya ampunn, malah nambah lagi jadinya,.πŸ˜‚. Tapi kalo bebikinan terus pada suka dan habis dimakan itu seneng banget rasanya. Kalo resepnya mbak desi cuma pake kentang sama adonan siomaynya aja. Ini aku tambahin sama tahu dan juga kol, biar jadi banyak. Karna ayamnya juga tinggal 200 gr, aku pake aja segitu. Enak kok, berasa juga dagingnya. Source: @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi

Telur Gulung Isi Sayur

Telur Gulung Isi Sayur

Salah satu menu pilihan untuk sarapan simpel kami, terutama saat harus buru-buru karena kesiangan 😁

Martabak Manis (Tips Bersarang)

Martabak Manis (Tips Bersarang)

Assalamualaikum yorobun kali ini aku mau bagiin resep martabak manis +Tipsnya supaya bersarang dan tidak bantat. hasilnya lembut ,bersarang, legit dan tidak bantat. Yuk cek resepnya jangan lupa recook yaa

2 Loyang