Kue Bugis Mandi

Dipos pada May 12, 2022

Kue Bugis Mandi

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Bugis Mandi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Bugis Mandi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Bugis Mandi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Bugis Mandi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Bugis Mandi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Bugis Mandi memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

by Fepti Ari Ani #Resep recook from Chalista Kitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Bugis Mandi:

  1. Unti (isi)
  2. 1/2 butir kelapa parut (setengah tua)
  3. 125 gr gula merah
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 100 ml air
  6. 1/2 sdt garam
  7. 2 lbr Daun Pandan
  8. Kulit :
  9. 250 gr tepung ketan
  10. 20 gr tepung beras
  11. 1/2 sdt garam
  12. secukupnya Air hangat
  13. Pewarna makanan merah
  14. Vla :
  15. 400 ml santan
  16. 1 sdt garam
  17. 20 gr maizena
  18. 1 sdm gula pasir
  19. Daun pandan / Vanila bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Kue Bugis Mandi

1
Step pertama (Membuat Unti) Masukan semua bahan unti kedalam panci kemudian masak dan aduk hingga agak kering
2
Step kedua (Membuat Vla) Dengan posisi kompor belum menyala,masukkan bahan vla aduk merata kemudian nyalakan kompor aduk hingga kental dan meletup-letup
3
Step Ketiga : masukkan 250 gr tepung ketan,20 gr tepung beras,1/2 sdt garam kemudian masukkan air hangat secara bertahap,pewarna merah aduk dengan spatula untuk ukuran air bisa kurang bisa lebih kemudian ulenin dengan tangan sampai kalis.
4
Kemudian siapkan kukusan,saringan dari kukusannya dilapisi daun pisang,oleskan minyak tipis2 kukus hingga 15 menit. Kemas dengan menggunakan mika yang biasa digunakan puding telor ceplok atau bisa menggunakan takir dari daun pandan/daun pisang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat ๐Ÿฉ

Donat ๐Ÿฉ

1 resep ini bisa jadi : Dough 30 gr -> 34 bijj Dough 35 gr -> 30 bijj Dough 20 gr -> 52 biji Disini saya sering bikin dough 35 gr dan 20 gr karena muat di dus donat sejuta umat๐Ÿ˜€ #donat #komunitaspaders #cookpad_id #Cookpadcommunity #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpad_paders #resepdianhartari #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_surabaya

Kue Lumpur Ubi Ungu Bersantan toping Sugar Cinnamon

Kue Lumpur Ubi Ungu Bersantan toping Sugar Cinnamon

Cooksnap untuk para admin di #GenkPejuangDapur kali ini resep dari adik cantik @avriliacahyani kue lumpur berbahan ubi ungu ini sdh cantik warna kue nya rasanya pun enak banget makan satu sudah kenyang๐Ÿ˜๐Ÿ˜ƒ #CooksnapAdmin_AvriliaCahyani #CooksnapAdminGenkPeDa #RememberGenkPeDa_AvriliaCahyani #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
60 menit
Donat Buah Naga

Donat Buah Naga

Hai haiโ€ฆ Hari ini ku bikin cemilan kesukaan anak-anak nih mana warna nya dari pure buah naga jadi bikin look nya menarik ๐Ÿ˜โ˜บ๏ธ โ€œDonat Buah Nagaโ€ Resep by : @herliani #PekanPosbar #Rekreasi_Kalsel #Semampir_Kalsel #SemangcookHokya #LihaiCooksnap_September #CookpadCommunity_Semarang

1.5 jam
SOTONG teman si tahu bulat DIJAMIN EMPUK

SOTONG teman si tahu bulat DIJAMIN EMPUK

Bismillah,temen2 lebih suka sotong atau tahu bulat atau dua duanya kayak aku๐Ÿ˜„ Kalo qonita maunya sotongnya.tahu bulatnya malah dia ngga mau padahal lagunya apal banget๐Ÿ˜ Sotong ini empuk banget.kemaren liat postingan miss koot (@nanakoot_ ) di igeh,qonit pengin banget kayanya jadi hari ini bikinin aja buat ngemil.sebelumnya aku pernah posting resep sotong tapi pake cumi asin.ini tanpa cumi asin tapi uenak.dijamin begitu diangkat langsung ludes jadi buru2 sisain buat di poto ya๐Ÿ˜ƒ #cookpadcommunity_jakarta

Kulit Gyoza/Dimsum/Siomay

Kulit Gyoza/Dimsum/Siomay

Halo Sobat Cookpad ๐Ÿ˜˜ Beberapa lalu pas lagi browsing youtube sempat lihat masakan jepang, kok ya aku tibat-tiba jadi kangen gyoza dan bukan sushi haha. Akhirnya segera cari resep kulit gyoza dan memutuskan membuatnya. Bahan-bahannya simple sekali, cukup tepung dan air panas. Udah gitu aja. Namun memang membutuhkan waktu ya, tapi dengan hasilnya yang lentur dan ga gampang sobek, wah, aku puas ๐Ÿ˜ Yuk coba buat kulit gyozanya. Selamat mencoba!๐Ÿ˜˜ Source: Flavor of Asia #CookpadCommunity_Palembang #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #CookpadCommunity_Sumbar

35-38 lembar
(MPASI) Snack Dessert Alpukat BB Booster

(MPASI) Snack Dessert Alpukat BB Booster

Yuk coba kreasikan buah alpukat moms. Ini bisa dari usia 6 bulan ya, tapi alpukatnya di saring ya moms. Sesuaikan texture ya moms ๐Ÿ‘Œ

2 orang
Kue Hunkwe

Kue Hunkwe

Kue ini tuh sering banget mama saya bikin waktu saya kecil. Mengingatkan... Simpel tapi enak dan bikin nagih. MasyaAllah #cookpadcomunity_depok #rekreasi_bali

1 loyang
20 menit
Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur Gula Merah

Alhamdulillah...๐Ÿคฒ akhirnya bisa ikutan juga meramaikan kegiatan WAG Minggu ini setelah sekian purnama susahnya signal ditempat saya...nah kali ini bikin kue Tanpa Telur, baiklah resep kue cucur ini memang anti gagal... Kebetulan lagi pengen banget kue vavorit sepanjang masa.. yuk ah bikin ๐Ÿง‘โ€๐Ÿณ Source: @adityadamayanti #BarapiManjuhu #DiaBatanteloh #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Borneo

Kue cubit

Kue cubit

15menit
Bakwan Sayur Pedas

Bakwan Sayur Pedas

Hujan seharian, Pasti terngiang ngiang enak nya makan gorengan anget", Karena masi ada bahan, Cuss lah di bikin bakwan aja ๐Ÿคค

Sotong Teman Tahu Bulat

Sotong Teman Tahu Bulat

Njajal resep dari akun tiktok tiantikaeflisa Lumyan buat cemilan si kecil #cookpadcommunity_yogyakarta

Pastel isi pisang coklat

Pastel isi pisang coklat

20biji
1 jam 30 menit
Martabak manis pandan (teflon)

Martabak manis pandan (teflon)

Karena martabak manis salah satu camilan fav anak anak, maka saya mencari tahu gimana bikinnya kalo ndak punya cetakan. Alhamdulillah bisa pakai teflon. Sudah 2x bikin gagal, kali ini berhasil. Alhamdulillah

1 loyang
1 jam 45 menit
Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu isi pedes versi saya ya.. Maafkan gorengan lagi, hihihi.. *boleh di tumis dulu cabenya, tapi rasa pedesnya agak berkurang *boleh juga cabenya disiram minyak panas (seperti membuat sambal korek) untuk menghilangkan bau langu cabe

10 buah
1 jam
Latte with Donut โ˜•๐Ÿฉ

Latte with Donut โ˜•๐Ÿฉ

#CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

Bbrpa x sih liat tutor bikin kue satu ini di yutub, tapi mau praktek nya agak males krna kebanyakan proses๐Ÿ˜‚tapi aku sukaa sama ni kue, dan kebetulan ada temen yg order cemilan dan minta juga kue ini.. Hmm.. Demi Duit kemalesan mamak hilang ๐Ÿค‘๐Ÿค‘ Source: YT. THV https://youtu.be/77gJo5872Go #CookpadCommunity_Jakarta #GenkpejuangDapur

Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Assalamu'alaikum... Selamat sore.. Saatnya santai bersama keluarga.. Mensiasati si kecil agar suka makan sayur kali ini saya bikin bakwan Bayam Kobe .. Cara Asyik makan sayur, anak suka...semua org rumah juga suka dan doyan banget sama bakwannya.. Bahan dan cara pembuatannya pun mudah dan simple. Hanya 2 bahan saja .. kalian bisa merasakan nikmatnya sajian bakwan yang krispi dan Renyah. Tidak perlu bumbu tambahan tentunya dengan Tepung Bumbu Bakwan Kress dari @dapurkobe dan campuran Bayam yang dipotong2 sudah jadi sajian nikmat.. Yuk dicoba yukkk Simple. Praktis dan Enak...โค๏ธ #TepungKobe #KobeTepungBakwan #BakwanBayamKobe #CookpadCommunity_kalsel #CaraAsyikMakanSayur