Sambal cocolan (untuk aneka gorengan)

Dipos pada May 12, 2022

Sambal cocolan (untuk aneka gorengan)

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal cocolan (untuk aneka gorengan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Habis bebikinan bala², bagi pak hubby wajib pakai sambal cocolan, dia tuh makannya gak di cocol² gitu, tapi disiramin ke bala²nya, jadi dia ambil mangkok, bala²nya di potong² trus di siramkan sambal cocolan, ditambahin kecap manis, makannya sambil di sendokin gitu, jadi kayak makan bakso 😂😂 Asam, pedas dan manisnya bisa di sesuaikan sama selera masing² yah, karna pak hubby sukanya yg asam-pedas, jadi saya bikinnya sesuai selera dia. ❤😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal cocolan (untuk aneka gorengan):

  1. 20 biji cabe rawit
  2. 2 buah tomat
  3. 1 siung bawang putih
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 buah jeruk nipis
  6. 350 ml air (sesuaikan)
  7. 2 siung bawang merah (di iris, untuk di tumis)
  8. 1,5 sdm maizena, larutkan
  9. Secukupnya garam, gula dan kaldu bubuk
  10. Minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Sambal cocolan (untuk aneka gorengan)

1
Blender cabe, tomat, duo bawang dan air. Panaskan minyak lalu tumis bawang merah sampai wangi kemudian masukkan blenderan bumbu, tambahkan lagi sisa airnya, beri saos tomat, gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya, aduk².
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 1
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 1
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 1
2
Masak sampai mendidih dan bau langu hilang, setelah itu masukkan larutan maizena, aduk dan biarkan hingga mengental, matikan kompor.
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 2
3
Terakhir masukkan perasan air jeruk nipis, sambil di cek rasa (api kompor sudah dimatikan yah).
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 3
4
Siap disajikan dengan aneka gorengan.
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 4
Sambal cocolan (untuk aneka gorengan) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok Saus Pedas Thomas Cup

Cilok Saus Pedas Thomas Cup

Hari ini ada jadwal pertandingan semi final thomas cup Indonesia vs Denmark, biar lengkap harus ada cemilannya. Bikin yg gampang aja, cilok. Jadilah saya kasih nama Cilok Saus Pedas Thomas Cup 😆

2 Orang
20 Menit
Donat Ubi kuning

Donat Ubi kuning

26 bj
1 jam
Otak-Otak Kriuk

Otak-Otak Kriuk

Gak pake goreng setengah mateng balur langsung sreng abis dalam sekejap, Source : Ruth Destianty #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

243. Kue Gabin/ Crackers Tape

243. Kue Gabin/ Crackers Tape

#Cooksnap:NurUmmuFaris Mau sarapan tapi tidak ada yang siap santap. Di kulkas ada tape..dicari dari semalam olahan tape...nemu resep bunda : Nur Ummu Faris.....ada sisa crackers....cucok😂 Begitu bangun langsung dah ambil tape...karena gabin tidak ada ganti crackers...ternyata sarapan jadi enak. Makasih ya, bun....salam sehat.

Bakwan macaroni kornet ala Kobe🍂

Bakwan macaroni kornet ala Kobe🍂

Sore² enaknya bikin gorengan.gorengan kali ini beda dari biasanya..copas resep dari@dapurkobe makan bakwan jadi bervariasi🥰..thanks#dapurkobe😍

Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

📌 Rembang, 25 Sept 2021 Cara ampuh untuk mensiasati agar anak mau makan sayur adalah diselipin. Hehe. Terinspirasi dari resep bunda @Ria_NadaAfifah, sayurnya diselipin jadi bakwan 😄. Bumbunya saya modif mirip bakwan tempe yang saya posting sebelumnya. Cuman bedanya ini rasa telurnya masih kentara. Asli ini tuh rasa sayurnya nggak ada. Campuran udang rebon di dalamnya menambah nikmat rasanya 👍 #Rekreasi_Kalsel #CoboyDolan #CoboyDolanNangKalsel #CoboyDolan_Kalsel #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Dimsum ayam/Siomay ayam

Dimsum ayam/Siomay ayam

3 orang
1 jam
Kulit Risol Anti Sobek, dan Lembut banget 😉

Kulit Risol Anti Sobek, dan Lembut banget 😉

Kulit risol ini lembut, anti sobek dan berkualitas serta aromanya khas karena terbuat dari bahan premium seperti campuran susu, dan mentega... #kulitrisol #kulitrisolantisobek #risol

5 orang
1 jam
Corndog mini

Corndog mini

Saya ambil resep dr kak @mamio_bin dan saya mix sedikit 😁 https://cookpad.com/id/pengguna/2549176?invite_token=GeKc6Fm99YcZxLsoSnp6yYKD&shared_at=1632016223

8 tusuk
1 jam 20 menit
Donat Pepaya

Donat Pepaya

Semarak Clover minggu ini dengan olahan pepaya oleh mba Indah @indah_kurniasari semoga berkenan ya mba 🙏 Donat jadi salah satu olahan yang bisa dibuat dengan tambahan pepaya. Pepaya yang digunakan juga pepaya matang ya. Donatnya nggak kalah enak dari donat biasa. Source : Ceu Rini @Rindu_Dapur #GASiPepayaGandul #Semarak_GASiPepayaGandul #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Sumbar

1 jam 20 menit
Kue nagasari

Kue nagasari

Lagi pingin bnget bikin kue tradisional ini, trs pas pula ada pisang nya, dsegerakan lah soalnya anak2 syukak...

Donat Empuk 1 profing

Donat Empuk 1 profing

DONAT EMPUK 1 PROFING Akhirnya bikin jugaa..padahal saya ga begitu suka mengolah donat karena digoreng dan ribet ditopingi 😂. Ini bikin karena si adek ngambek ketika tidak diijinkan beli donat keliling hihihi.. okelah yukk kita buat 😁 . Yaa spt biasa saya akan cari resep yang gampang, sing ga suwe prosese, bahannya minim, jadinya ga terlalu banyak dan hasilnya maksimal wekekek. Dan saya cocok dengan resep ini. Donat ini masih empuk di hari ke-2 🤩 . Resep Donat Empuk 1 profing Source : Chalistaa kitchen #opphindonat #resepdonat #resepdonatsekaliprofing #resepdonatempuk

14 porsi
Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Telur tuh emang diapain aja enak ya, dan dia selalu jadi bahan yg sering di stok di kulkas, saat bingung mau masak apa pasti larinya ke si telor ini 😁 Oya salah satu jajanan jaman dlu yg bahan utamanya telor ya ini, rasanya gurih, enak banget kala itu, dan bisa jajan ini aja udah seneng deh pokoknya. 😄 Sampe sampe abang abang yg tukang jualannya di tungguin setiap hari 😅 #Cookpadcommunity_semarang #masaksetiapbagian

Kue Sus Klasik, anti gagal pake air fryer

Kue Sus Klasik, anti gagal pake air fryer

Trik biar bikinnya berhasil ngembang sempurna dan dalamnya kopong : suhu oven harus cukup panasnya. Pake 200°C dan itu harus suhu yang ditunjukan oleh termometer ya jangan ikutin suhu yang tertera pada oven nanti bisa beda jadi gagal. Karena di rumah ada air fryer saya panggang pake ini krn udah pasti berhasil secara air fryer lebih cepat panas dan ada kipas untuk meratakan panasnya.

16-20pcs
Kue Pepe/Kue Lapis (tepung beras)

Kue Pepe/Kue Lapis (tepung beras)

Udah lamaaaaaa banget pengen bikin ini, itu tepung beras nongkrong aja di lemari, sampe lupa beli udah lama, bikin ah yuk.. Ternyata pas bikinnya perlu ekstra sabar yah, banget banget.. Hasilnya Alhamdulillah.. Enyak . . . #SetorResep #DiRumahAja #MasakOnline #MasakItuMudah #BoluPisang

432. Apel Pie Kulit Lumpia

432. Apel Pie Kulit Lumpia

Versi sederhana apple pie, dibuat dari kulit lumpia dengan isian potongan apel yang dimasak dengan gula dan kayu manis. Cocok jika ingin cemilan yang ringkas cara membuatnya. Seger dari apelnya dan kriuk kulitnya. Mengcooksnap resep account annisazuhara Resep asli di sini : https://cookpad.com/id/resep/4070457-apple-pie-kulit-lumpia?invite_token=xLtQTRbW8iigNrLdyuUvmBwn&shared_at=1631794892 #CookpadCommunity_Depok

10 potong
30 menit
16. Siomay

16. Siomay

5 org
45menit
Ampal jagung

Ampal jagung

Source : Herliani✅ Lauk simpel yg gak pernah ngebosenin & harus selalu ada dimeja makan, marii kita sarapaan 😄😄 #Rekreasi_KalSel #Semampir_KalSel #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang