Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Dipos pada May 12, 2022

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Sarang Semut (Bolu Karamel), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) memakai 9 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Alhamdulillah ksampean juga bikin kue sarang semut ini dan bisa bersarang🥰 Ibu bilang pngen makan kue sarang semut....langsung deh Q bikinin wat bliau...😘🥰 Bentuk tampilan, warna, aroma, dan tekstur kue sarang semut yang unik ini sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. Warna cokelat kehitaman pada kue sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Source : Cici Lestari fitri Andjani https://cookpad.com/id/resep/13476095-cake-caramelsarang-semut?invite_token=HxD8Y1csLgkJELNCfX6Ycxr6&shared_at=1632739033 #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Sarang Semut (Bolu Karamel):

  1. 3 butir Telur
  2. 250 gr Gula pasir
  3. 250 ml Air panas
  4. 80 gr Tepung terigu
  5. 80 gr Tapioka
  6. 1/2 sdt Baking Powder
  7. 1/2 sdt Soda Kue
  8. 100 gr Margarin, cairkan
  9. 2 sachet SKM coklat

Langkah-langkah untuk membuat Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

1
Masak gula hingga menjadi caramel...
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 1
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 1
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 1
2
Lalu tuang air panas....aduk2... Sisihkan..biarkan suhu ruang...
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 2
3
Ayak terigu, tapioka, Baking powder dan soda kue....
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 3
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 3
4
Kocok telur dan SKM hingga tercampur rata....
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 4
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 4
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 4
5
Masukan tepung serta cairan caramel secara bergantian...
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 5
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 5
6
Terakhir masukan margarin cair....aduk hingga rata...
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 6
7
Saring adonan dan tuang kedalam loyang yang telah dioles dengan margarin... Panaskan oven di suhu 200°C selama 15 menit setelah 15 menit masukkan adonan dan turunkan suhu menjadi ➡️ 180°C.... Oven selama 30-45 menit, jika sudah mulai Bersarang kecilkan api....(jika menggunakan oven tangring)
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 7
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 7
8
Setelah dingin keluarkan dari loyang, potong2 sajikan....
Kue Sarang Semut (Bolu Karamel) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak telur daging giling

Martabak telur daging giling

Pengen beli martabak telur tapi kok masih punya kulit lumpia. Jadi bikin sendiri aja deh, lebih murah dan enak 🤤

Tahu Aci / Tahu Pletok

Tahu Aci / Tahu Pletok

Bikin lg yg versi gorengnya 😁, anak2 doyan bgt bwt cemilan snack time waktu istirahat daring mereka 🥰🥰 Source : @MomsFirza_310571 https://cookpad.com/id/resep/15282723-tahu-acitahu-pletok-392?invite_token=bJnC1WtdufaogoDKcF5hLkMi&shared_at=1630648119 #Terimakasih_TimCocomtang #Terimakasih_AtiAgusSapto #CookpadCommunity_Tangerang

Sempolan Nasi

Sempolan Nasi

Masak suka ga pas adalah wajar. Sama hal nya dengan aku nih, kadang ga pas kalo pas bikin nasi suka kelebihan takarannya 😅 sisa nasi yg masih jangan dibuang yaa kita bikin cemilan enakkk 😋 #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

30 menit
Martabak Telur Sayur (Teflon)

Martabak Telur Sayur (Teflon)

Buat yang mau buat martabak telur simple, enak, gurih, dan dijamin nagih:)

2-3 porsi
30 Menit
Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Pernah ga sih kepikiran wlu dianggap sederhana tp ink tips n trik tersendiri mengenai singkong😁😁😁😆😉? Klu beli kang gorengan pasti singkongnya mempur bagus.pdhal hasil membuktikan di lapangan kita sering kli dpti singkong krng bagus alias saat sdh di proses hasilnya ga mempur.sebetulnya dilihat mudahnya saat kita mndpti singkong kurang bgus berdampak emng ga mempur alias bisa bantet ibarat kata kerupuknya bgt ya. Saat kita kupas singkong.jika kulitnya mudah mengelupas biasanya ith tandanya singkong bgt dan mampur .sebaliknya jika kekep saat dikupasnya aga susahatau kulitnya nemepel bgt gt.biasanya hsilnya krng bagus Cusss tahap kepoin tahap selanjutnya agat singkong mempur dan bisa merekah yaakk🤗🤗🤗🤗😉😆 #MasakSetiapBagian

Pastel Frozen Tanpa Margarin

Pastel Frozen Tanpa Margarin

Cocok banget pastel ini untuk stok di kulkas...klo kepengen makan tinggal goreng ajah...

263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros 👍

263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros 👍

#CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia Source : Cicilia Yustina Salamony

17 pcs
15 menit
Donut ala krispy kr*m*

Donut ala krispy kr*m*

Source : Moucup Abaikan bentuknya ya..hahaha dicetak sm anak..yang penting rasanya yumm smpai besok pun lembut..

Seblak Cilok

Seblak Cilok

Makanan pengobat mual ketika hamil Si Bungsu bbrp tahun lalu 😘😋

2 orang
40 menit
Risoles isi Balado Hati Ayam

Risoles isi Balado Hati Ayam

Risoles isi sosis ? Mayonaise ? Daging Ayam ? Udah biasa ! Kali ini Bestie mau ngajakin Sobat Bestie nyobain Risoles isi balado hati. Hati ayam punya nutrisi baik untuk kamu yang sering punya keluhan anemia, jadi risoles isi balado hati ini bisa kamu jadiin camilan sehat dan enak yang akan semakin mantap dinikmati sore sore nih,Sob. Mari kita coba !

4-5 orang
45 menit
Donat Empuk

Donat Empuk

15 buah
Bala-Bala Kuah Sarden

Bala-Bala Kuah Sarden

Mengolah makanan sisa🥰 #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #CookpadIndonesia #Cookpad_Id #ubahSisaJadiRasa #HariPanganSedunia #PekanPosbar #PosbarPalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija

Kue soes

Kue soes

Kue ini kesukaan bangett.. dari kecill mama suka beliin anak2nya kue sus sampe punya anak pun jadi tambah suka.. dan akhirnya buat juga pakai resep mba @vitajaurina ahlinya baking di #cookpadcommunity_palembang .. minggu ini berkesempatan cooksnap resep di #wongkitocooksnap_vitajaurina terimakasih ilmunya mba vita dan direshare lagi semoga bermanfaat bagi temen2 yg mau makan kue sus sepuasnya.. 🤭🤭 Resep asli bis klik link dibawah https://cookpad.com/id/resep/9641880-kue-sus-vla-vanilla?invite_token=73h4EiNceThK68ShPijDcjrn&shared_at=1631774495 #resepwongkito

30-35 pcs
60 menit
Donat menul ekonomis satu telur (takaran sendok)

Donat menul ekonomis satu telur (takaran sendok)

Saya termasuk golongan manusia yg paling sulit menolak "donat" 😁😁

15 buah
2 jam total
670. Siomay Kubis Isi Tahu Wortel

670. Siomay Kubis Isi Tahu Wortel

Sabtu saatnya semarak, kali ini temanya aneka dimsum Kebetulan belum bebikinan selama seminggu ini karena padat acara, anak sekolah jadi sampai rumah udah tepar duluan Masak sih, tapi sesuai bahan aja di ruma Hari ini juga tepar akibat vaksin hehe Jadi skip masak-masak Kebetulan ini ada di draft Alhamdulillah nda jadi bolos semarak yeyyeye Ijin setor ya mbak Riska , semoga berkenan 😘💜 #DimsuminAja #Semarak_DimsuminAja #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #Cookpadcommunity_Balikpapan #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #DutaRecookBorneo #DutaRecookBalikpapan #KulaEtamCoCoK #Bunnabelajarmasak #resepalaBunna💜 #alaBunna💜

Puding jambu merah Snack MPASI 22 bulan

Puding jambu merah Snack MPASI 22 bulan

#pejuanggoldenaproan #sayanganak #stayathome #masakpenuhcinta #snacksehat #mpasi22bulan

Cilok Saus Pedas Thomas Cup

Cilok Saus Pedas Thomas Cup

Hari ini ada jadwal pertandingan semi final thomas cup Indonesia vs Denmark, biar lengkap harus ada cemilannya. Bikin yg gampang aja, cilok. Jadilah saya kasih nama Cilok Saus Pedas Thomas Cup 😆

2 Orang
20 Menit