Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati

Dipos pada May 12, 2022

Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati

Anda sedang mencari inspirasi resep Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dari 2 hari yang lalu pak hubby minta di bikinin bala², tp penyakit males bini'nya lagi nongol 😂 tadi pagi minta lagi, ya udah deh bikinin aja, daripada dosa ye khaan 🤭saya bikinin bala² yg spesial, karna beda dari bala² yg biasa sering saya bikin, nyontek resep punya bunda @wawawiati1911 emang juara 👏👍👍 saya padukan dengan saos cocolan kesukaan pak hubby, dan Alhamdulillah bala²nya habiiis tak tersisa, katanya enak banget, tapi sayang hasil contekan 🙄🤨 Aish, biarin yg jelas seddappphh 😜😜😜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati:

  1. Bahan tepung :
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 50 gr tepung beras
  4. 1 sdm munjung tepung maizena
  5. 1/2 sdt baking powder
  6. Sesuai selera garam dan kaldu bubuk
  7. 1/2 sdt lada bubuk
  8. 1 sdt gula pasir (sy skip)
  9. 2 sdm margarin
  10. 250 ml air (sy 300 ml)
  11. Bahan sayuran (sesuai selera)
  12. 1/4 bagian kol ukuran kecil, iris²
  13. Segenggam tauge
  14. 1 buah wortel, kupas lalu parut kasar (resep asli, potong korek)
  15. 2 batang daun bawang, iris
  16. 1 batang seledri, iris (+saya)
  17. 3 siung bawang merah, iris
  18. 2 siung bawang putih, iris
  19. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati

1
Campur bahan tepung, kecuali air (saya ayak dulu sebelumnya, karna pakai terigu curah) lalu aduk rata pakai whisk sampai tercampur, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, adonan kental yah.
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 1
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 1
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 1
2
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 2
3
Masukkan bahan sayuran, aduk rata.
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 3
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 3
4
Panaskan minyak goreng lalu goreng adonan bala² sampai kecokelatan kedua sisinya, angkat dan tiriskan.
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 4
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 4
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 4
5
Sajikan dengan sambal cocolan
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 5
6
Nb : bala² ini teksturnya renyah di luar, dalamnya lembut tapi beda sama bala² biasanya. Takaran air bisa ditambah, tapi jangan terlalu cair. Saya hanya tambah 50 ml air dari takaran resep asli yg 250 ml. Diresep asli bunda wawa wiati tidak memasukkan bahan bamer dan baput, mungkin beliau lupa atau memang gak pake, tapi saya pakai duo bawang. Berikut saya SS resep aslinya, tapi cara membuat nya gak ke SS 😅🙏
Bala-bala (bakwan) sayur ala Wawa Wiati - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat Red Velvet

Donat Red Velvet

Donat jadi cemilan kesukaan warga rumah 😋 senengnya koleksi resep donat nambah🥰cooksnap dari mba @RuDes https://cookpad.com/id/resep/14754114-donat-red-velvet?invite_token=RZJSiAuivzfFP3BqWGdVDT3u&shared_at=1626770098 Sumber Resep : @rhinie_kitchen #CookmemberGenkPeDa_RuthDestianty #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

12 pcs
2 jam
Siomay ayam

Siomay ayam

Ngunyah yokkk 😁😁😁😁

Kue Sus Mini Simple

Kue Sus Mini Simple

Cara buatnya mudah dan ga ribet loh:b

3 Orang
1 Jam
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Buat lagi jajanan jadul yang mulai langka,,,biasanya ada di jual di supermarket2 tapi hanya polosan saja tanpa karamel dan itupun keras banget kalo di gigit 😔,,,saya makan yang seperti ini belinya di warung2 kecil,,,duluuuu bngt,,,jadi teringat jajanan ini dan pas makannya pun langsung bernostalgia momen2 masa kecil👧. Akhirnya memberanikan untuk membuatnya meskipun bayang2 bakal lama memelintirnya tapi gakapalah sudah pengen banget,,, Supaya lebih enak di gigitnya saya tambahkan susu bubuk,,airnya di ganti freshmilk dan pakai kuning telur jadi hasilnya kriuk2 empuk 😊 Sebenarnya di makan gitu aja juga sudah enak tapi ini saya tambahkan karamel supaya lebih manis kayak yang buat eeehhh🤭😝 #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #jajananjadul

Pastel Isi Bihun

Pastel Isi Bihun

Beberapa waktu lalu aku bikin pastel isian kentang wortel...hasil cooksnap resep mbak Vita yang cantik @vitajaurina . Hari ini beda isian aja.. Sama sama enak, sekedar buat variasi biar ga bosen. Kulit pastelnya dah paling mantap krn ga mudah robek alias lentur. Apalg setelah digoreng garingnya dapat tapi tidak keras... Dalam membuat isian pastel lebih baik kebanyakan daripada kurang ya.. Jd bahan bahan bisa dikira kira sendiri juga. #CokpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia

Kue Talam Jagung Pandan

Kue Talam Jagung Pandan

Resep: IG veronicadhani Masih dgn olahan palawija nih. Kali ini buat Kue Talam Jagung Pandan mumpung punya jagung frozen. #Jabodetabek_OlahanPalawija #cookpadcommunity_tangerang #posbarpalawija

Pastel tutup

Pastel tutup

Makan pastel dengan cara berbeda😋

Martabak Red Velvet Oreo Cheese Ekonomis 15 menit jadi

Martabak Red Velvet Oreo Cheese Ekonomis 15 menit jadi

Si bungsu lagi bisulan mom, jadi bingung mau kasi apa utk snack nya. Eehh ketemu donk resep yg no telur. Plus simple cepet soalnya gak nungguin adonan gitu, langsung dimasak mom. Kali ini saya buat martabak versi ekonomis ala2 Red Velvet Oreo Cheese mom.. tapi kata anak dan misua pas makan tetep uenakk donk.. #CookpadJawaTimur #CookpadCommunityJawaTimur #CookpadKediri #Coboy #CookpadCommunity_Surabaya #ResepUrsula #Martabak #Terbul #RedVelvet #Oreo

Kue Cubit Santan

Kue Cubit Santan

Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4 cm) dan biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Jajanan favorit saya ini sih 🤭 jaman sekolah pasti jajan ini Kali ini saya mencoba membuat sendiri pakai resepnya mba @rence dengan sedikit saya modifikasi, yaitu saya pakai santan. Rasanya enak banget 😍 teksturnya pun lembuuuutt Source resep : https://cookpad.com/id/resep/12795367-kue-cubit?invite_token=t5SX5Je7qDZQEvnNR82Md8CQ&shared_at=1631934131 #CocomtangPost #CookpadTangerang_Tangerang #RENCE_OTW250

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

Dari dulu gorengan yg paling disuka itu lumpia. Tapi lumpia yg enak itu ada di jember kota. Jauh dari rumah. Dulu pas kuliah sering banget beli. Bikin sendiri dulu sering, tapi bukan pake kulit lumpia, pakenya kulit risoles, jadi kurang kriuk. Pas ini tadi beli kulit lumpia langsung deh bikin lumpia yg banyak. Source: @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi

18 buah
Sanggar Tiwadak atau Gorengan Cempedak

Sanggar Tiwadak atau Gorengan Cempedak

Bismillah Hujan-hujan enaknya makan gorengan. Kebetulan masih Minggu buah musiman. Si Cempedak setelah kulitnya habis sekarang mengolah isinya.. 😋 sanggar adalah sebutan orang Banjar untuk gorengan jadi mau isinya nangka, pisang, ubi, singkong semuanya sanggar. #berbagisaturesepsetiaphari #sanggarcempedak #cempedakgorengtepung #masaksetiapbagian

3 orang
40 menit
Bakwan Bayam

Bakwan Bayam

Bener kata mba ayu, ini solusi anak yang ga suka bayam dan ternyata enak bayam dibikin bakwan😋 Source: @Ayu_MamaAura @dapurkobe #CookMemberGenkPeda_AyuMamaAura #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Jakarta

Cilok Bumbu Kacang Tanah

Cilok Bumbu Kacang Tanah

Bahannya Ada Semua Cuzzz ke Dapur Basah 💪💪💪☺️☺️☺️.

Rame-rame
40menit
*Gorengan Melon*

*Gorengan Melon*

Sabtu 23-10-2021 ... Melon kulitnya dibuat teh dan daging buahnya yg 1/4 itu dibikin gorengan dicampur tepung ketan dan hasil gorengannya lembuut banget. Resep ini inspirasinya dapet dari yutub..tapi kalo resep asli kulitnya dibuat sirup dan buahnya dibuat gorengan dicampur sama tepung terigu. #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

5 pcs
#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

Assalamualaikum wr.wb. Seminggu sekali saya bikin donat karena anak saya begitu suka dengan donat, nah kali ini resep ini adalah hasil uji coba ketahanan donat saya. Alhamdulillah masih tetap empuk selama 3 hari dalam keadaan dimika satu per satu. Semoga bermanfaat!! Resep ini cocok untuk jualan. Happy cooking