Siomay Ekonomis

Dipos pada May 4, 2022

Siomay Ekonomis

Anda sedang mencari inspirasi resep Siomay Ekonomis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Siomay Ekonomis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Siomay Ekonomis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Siomay Ekonomis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay Ekonomis adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Siomay Ekonomis diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay Ekonomis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay Ekonomis memakai 16 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Iseng buat karena gabut dan bahannya ada. Selamat mencoba bun!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay Ekonomis:

  1. 250 gr ikan giling. Terserah bunda ikan apa aja
  2. 250 gr terigu (segitiga biru bun, biar gk apek)
  3. 250 gr tapioka (sagu tani bun, biar gk apek)
  4. 250 gr labusiam, rebus lalu parut
  5. 1 buah wortel
  6. 1 gelundung Kol
  7. 2 butir telur ayam
  8. 4 siung bawang putih di goreng (biar wangi bun)
  9. secukupnya Lada, garam, penyedap
  10. Bumbu kacang :
  11. 150 gr Kacang tanah goreng yg digiling
  12. 300 ml air
  13. 1 sendok larutan tepung terigu dicampur air
  14. Sambel (bumbu nya pakai sambel ala bunda ya, biar g ribet)
  15. Minyak untuk menumis
  16. secukupnya Garam, gula, penyedap

Langkah-langkah untuk membuat Siomay Ekonomis

1
Rebus kol, buang tulang kerasnya. Usahakan jgn robek ya bun. Angkat dan dinginkan
2
Parut labusiam rebus dan wortel. Campurkan dengan tapioka, terigu, telur, bawang putih goreng, garam, lada, penyedap dan ikan. Tambahkan sedikit air, Aduk sampai menyatu
3
Siomay kol : Letakkan kol di piring datar, tambahkan adonan sebanyak 1 sendok (menyesuaikan). Gulung seperti membuat dadar gulung sampai kol habis. Lalu di kukus selama 20 menit
4
Siomay original : ambil adonan 1 sendok yg sudah dilumuri minyak (sendoknya) lalu rebus di air mendidih sampai mengapung.
5
Bumbu kacang : sambal yg sudah ready digoreng kembali dan ditambahkan air. Masukkan kacang tanah giling, aduk sampai rata kemudian tambahkan gula, garam, penyedap, tes rasa.
6
Jika bumbunya susut dan kembali bertekstur kacangnya, tambahkan air lagi sampai menjadi seperti kuah.
7
Tambahkan larutan air terigu sambil terus di aduk agar tidak menggumpal, tes rasa kembali. Masak sampai bumbu kacang mengeluarkan minyak. Dan angkat

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan caisim kobe

Bakwan caisim kobe

Hay bunda semua ... Kali ini aku mau share gorengan sehat nih Di sini aku buat gorengan dari sayur sawi caisim dan tentunya sehat ya Bun Bisa juga untuk diberikan kepada anak ya moms. Dijamin suka deh. Rasanya yang gurih dan harum ditambah dengan citarasa yang menggugah selera. Jangan lupa mams semua. Selalu sedia tepung @dapurkobe. Ahlinya tepung bumbu. Ibu bijak selalu pake tepung bumbu dari @dapurkobe #tepungkobe #bakwancaisimkobe #cookpadcommunity_Semarang #GenkPejuangDapur

Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Masih pengen ikutan posbar masakan yg dikukus, saya bikin tahu isi Aci kaya yg dijual abang-abang. Kalau bikin sendiri tentunya lebih enak dan higienis ya moms.... Maaf ada sedikit tambahan di bahannya. Menyesuaikan selera keluarga. Source : @bundaollakitchen #PekanPosbar #AnekaMasakanDikukus

20 pcs
Lumpiah Basah

Lumpiah Basah

Pokoknya enak banget, dan sekarang udah nggak perlu beli lagi karena udah berhasil bikin sendiri, tentunya rasa lumpiah basah bikinan sendiri jauh lebih enak. Bisa ditambahin kwetiaw ya karena habis jadi aku skip. Yukngelumpiahsamaaku๐Ÿ˜ป

4 pcs
30 menit
Martabak mini teflon lembut

Martabak mini teflon lembut

Nyobain resep martabak mini mbk desi. Ini resep pakai resting. Dulu pernah buat tapi habis adonan jadi gak resting dulu langsung panggang. Biar tau bedanya. Menurut aku sih sama aja, enak dan lembut. Nah ini sambil menunggu bisa beberes rumah dulu sambil nemenin fathan pjj. Selesai pjj langsung panggang. Tips supaya memanggang cakep gak gosong, panaskan cetakan dengan api besar sampai cetakan benar-benar panas. Lalu kecilkan api, api paling kecil baru tuang adonan. Tataki cetakan dengan alumunium supaya cetakan tidak langsung menempel ke api kompor (aku pakai tatakan oven) Biarkan berlubang-lubang dulu adonan baru taburi gula pasir, supaya martabaknya bersarang. Semoga berkenan ya mbk desi, sehat selalu ๐Ÿ˜˜. Sumber : @desi_k2 #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_Desi #GenkPeDa_Desi #ArisanCooksnap_Desi #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

12 buah
Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Bakwan Jagung Ala Dapur Kobe

Sekarang membuat bakwan sangatlah praktis, hanya siapkan sayur, air dan tepung bumbu nya saja Dengan tepung bumbu @dapurkobe Memasak menjadi lebih praktis #CookpadCommunity_Jakarta

15 bj
Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

Selain enak dan mudah diolah, labu kuning kaya kandungan nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin C, kalium, kalsium dan aneka vitamin serta mineral lainnya. Tinggi serat pula. Resep terinspirasi dari @Yanihataka04 dan aku hanya membuat setengah resep saja. Ternyata lariiiis ๐Ÿ˜… Kapan-kapan bikin lagi deh... simpel kok. Tinggal campur-campur aduk-aduk, panggang, jadi. Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

16 pcs
Kue Rasidah

Kue Rasidah

Akhirnya kesampaian jg masak kue khas melayu Deli ini yang hanya hadir saat ada acara penting saja. Perpaduan rasa manis, gurih dengan taburan bawang merah goreng membuat kue ini terasa unik. #PekanPosbar #ResepKhasSumateraUtara #CookpadCommunity_SumUt #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Makroni sosis snack 2Th

Makroni sosis snack 2Th

mama papanya suka makroni telor abang2. jadi bikin makroni ini dengan sosis karena stok telor habis :"D

Otak-otak Gluten Free (Diet Eliminasi)

Otak-otak Gluten Free (Diet Eliminasi)

Pengen jajan enak, tapi autoimun, ga boleh jajan sembarangan dong....๐Ÿ˜‚ Alhasil buat otak2 versi sendiri dgn menghindari penyedap pasar, msg, gluten, telur, dan lainnya yg bisa memicu inflamasi

Bakwan Indomie

Bakwan Indomie

Rasanya enak + renyah, mari dicobaaa.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜‹๐Ÿ‘ pake saos sambal tambah mantul ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹ Note: bila suka bs tambah daun bawang ya ๐Ÿ˜Š #bakwanindomie #bakwanindomiegoreng

51. Cireng Nasi Cocolan Kecap Manis

51. Cireng Nasi Cocolan Kecap Manis

Efek bersih bersih rumah yang masih di renovasi, lapar melanda. Akhirnya buat resep simple saja. Kebetulan ada sisa nasi sedikit, dibuat lah cireng nasi dengan

3 orang
30 menit
Camilan kentang + udang

Camilan kentang + udang

Anak-anak suka olahan kentang dan gak terlalu suka jika udang hanya digoreng setelah lihat resep-resep di IG ada ide buat bikin camilan ini.

3 orang
1 jam
Donat Jadul (Taburan Gula Halus)

Donat Jadul (Taburan Gula Halus)

Bismillah, selamat hari minggu. Selamat berkarya๐ŸŒน #CookpadCommunity_Bogor #Donat #GulaHalus

Snack diet

Snack diet

#CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #TetepKenyangTanpaNasi Solusi kilat kala kelaperan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ, sy sbg busui yg plus sdg diet Alhmdlh terbantu kenyang nutrisi/gizi insyaallah ttep terjaga Sehat2 yakkk mentemen๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Gampang banget buatnya, anakku juga sukaaa ๐Ÿฅฐ

Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Salah satu cemilan favorit โค

1 piring
1 jam
Klenyem jawa

Klenyem jawa

paksu dari kemaren" kaya orang ngidam klenyem , kalo beli minyaknya banyak banget,akhirnya bikin sendiri ,perdana bikin klenyem ๐Ÿคญ

10 orang
30 menit
Kue Lumpur Ubi Merah

Kue Lumpur Ubi Merah

Berdasarkan sejarahnya, kue lumpur dikenalkan oleh bangsa portugis saat menjajah Indonesia, dengan Inspirasi pasteis de nata, kue khas Portugis yang terbuat dari custard, yaitu campuran susu dan kuning telur, yang kemudian dalam pembuatannya dilakukan penyesuaian bahan dengan yang tersedia di tanah air. Nama kue lumpur sendiri merujuk pada adonan kue yang lembut dan lembek, dengan topping parutan kelapa, sehingga mirip lumpur. Dari yang awalnya berbahan utama kentang, santan, terigu, telur dan gula, serta diberi hiasan kelapa muda parut, kue lumpur berkembang dan divariasikan dengan bahan bahan lain, seperti resepnya mama Era @erafani_2000 ini, menggunakan bahan ubi dan diberi topping kismis. Untuk santan di resep ini, bisa gunakan 200 ml santan instan, dan 50 ml air atau 2 bungkus santan instan 65 ml kemudian tambahkan air 120 ml Hasilnya, Enak, lembut, manisnya pun pas, sukaa ๐Ÿ˜ Source : Priska Koes #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Borneo #CooksnapKalbar