Kue Masubah Khas Banjar

Dipos pada May 5, 2022

Kue Masubah Khas Banjar

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Masubah Khas Banjar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Masubah Khas Banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Masubah Khas Banjar, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Masubah Khas Banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Masubah Khas Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Masubah Khas Banjar memakai 12 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mengutip dari cerita kue Masubah dari akun cp mba nida πŸ€— Sepintas kue ini namanya mirip kue lapis maksubah dari Palembang, namun bentuknya mirip rebana, kue ini sekarang sudah mulai langka dan sangat sedikit orang yang mengenal nama kue ini. Kue Masubah khas dengan aroma rempah dan berlapis-lapis dan hanya bisa dijumpai pada saat bulan Ramadhan, pembuatannya juga tanpa oven atau kukus. Akhirnya setelah maju mundur, dan berkali-kali baca langkah, jadi juga coba buat kue Masubah khas Banjar 🀭 Terimakasih untuk sharing dan ilmunya mba @cook_ninda Untuk bahan rempah saya ganti dengan bahan rempah bubuk, tapi tetap saya sangrai ya Kue Masubah nya enak, empuk, padat dimakan hangat lebih enak kalo menurut saya, jangan lupa teh nya ya ☺️ #Rekreasi_KalSel #TemanCode_Ninda #CSDepok_KalSel #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Masubah Khas Banjar:

  1. 10 butir telur bebek
  2. 200 gr gula pasir
  3. 300 gr butter/margarin (atau bisa dimix butter+margarin)
  4. 160 gr tepung terigu protein sedang,
  5. 30 gr susu bubuk
  6. 1/2 sdt vanili bubuk
  7. 1 sdt coklat bubuk
  8. Bahan rempah:
  9. 1 batang kayu manis (Saya, 1/2 sdt kayu manis bubuk)
  10. 1 sdm adas manis (Saya, 1 sdt adas manis bubuk)
  11. 3 kuntum mawar bunga lawang (saya, 1/4 sdt bunga lawang bubuk)
  12. 5 kuntum cengkih (saya, 1/8 sdt cengkih bubuk)

Langkah-langkah untuk membuat Kue Masubah Khas Banjar

1
Buat bumbu rempah dulu, sangrai semua bahan rempah bubuk hingga wangi, kemudian ayak, sisihkan Siapakan bahan lain
Kue Masubah Khas Banjar - Step 1
Kue Masubah Khas Banjar - Step 1
2
Kocok telur gula vanili hingga kental berjejak kemudian masukan terigu dan susu bubuk mixer hingga tercampur rata matikan mixer sisihkan
Kue Masubah Khas Banjar - Step 2
Kue Masubah Khas Banjar - Step 2
Kue Masubah Khas Banjar - Step 2
3
Bagi dua adonan,satu bagian adonan tambahkan 1 sdt bubuk coklat dan 2 sdt campuran rempah halus tadi aduk rata sisihkan
Kue Masubah Khas Banjar - Step 3
Kue Masubah Khas Banjar - Step 3
Kue Masubah Khas Banjar - Step 3
4
Panaskan 1 sdm campuran butter+margarin lalu tuang satu sendok sayur adonan putih buat dadar tipis panggang hingga kedua sisinya matang angkat letakan di piring datar
Kue Masubah Khas Banjar - Step 4
Kue Masubah Khas Banjar - Step 4
Kue Masubah Khas Banjar - Step 4
5
Oles wajan dg campuran butter, tuang satu sendok sayur adonan coklat rempah lalu timpa/letakan diatas nya lempengan dadar tadi panggang hingga kering angkat ke piring
Kue Masubah Khas Banjar - Step 5
Kue Masubah Khas Banjar - Step 5
Kue Masubah Khas Banjar - Step 5
6
Ulangi lg membuat dadar coklat rempah ke dua letakan dadar yg berwarna putih di bagian bawah sehingga dadar putih letak nya di tengah/berada di antara dua lapisan coklat
Kue Masubah Khas Banjar - Step 6
Kue Masubah Khas Banjar - Step 6
Kue Masubah Khas Banjar - Step 6
7
Buat lagi dadar warna putih letakan lapisan coklat lg diatas nya lakukan berulang sehingga lapisan warna coklat ada di tengah nya lakukan seterusnya bergantian hingga adonan habis. terakhir lelehkan buter lalu letakan bagian samping kue di teflon lakukan seperti memutar roda perlahan lahan(karena kue ini bentuk nya bulat seperti rebana)
Kue Masubah Khas Banjar - Step 7
Kue Masubah Khas Banjar - Step 7
Kue Masubah Khas Banjar - Step 7
8
Potong potong kue setelah dingin sajikan bersama teh atau kopi πŸ€—
Kue Masubah Khas Banjar - Step 8
Kue Masubah Khas Banjar - Step 8
Kue Masubah Khas Banjar - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lumpia tahu versi lowcalories

Lumpia tahu versi lowcalories

hii balik lagi untuk yg lagi defisit kalori tapi mau makan lumpia cuss recook resep ini ❀️

Kue Moho Labu Kuning πŸŽƒ

Kue Moho Labu Kuning πŸŽƒ

Akhir-akhir kemarin lagi suka ngolah kue pakai labu butternut yang berbuah langsung dari kebon. Berawal cerita dulu pas di Semarang waktu tes UM mampir bentar di pasar ada beli labu kabocha terus dibikin bread sama kakak & enak ternyata. Terus ndak tau dirumah, bapak kapan nanam labunya & tiba" dah rutin berbuah sampe terakhir kemarin katanya dah mati tanamannya ): Lumayan kalo beli di superindo mehong juga Source : Dapur Halal (Indri) #Kopijos_Ngukus #CookpadCommunity_Yogyakarta

12 buah
Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Telur tuh emang diapain aja enak ya, dan dia selalu jadi bahan yg sering di stok di kulkas, saat bingung mau masak apa pasti larinya ke si telor ini 😁 Oya salah satu jajanan jaman dlu yg bahan utamanya telor ya ini, rasanya gurih, enak banget kala itu, dan bisa jajan ini aja udah seneng deh pokoknya. πŸ˜„ Sampe sampe abang abang yg tukang jualannya di tungguin setiap hari πŸ˜… #Cookpadcommunity_semarang #masaksetiapbagian

Bakwan jagung + wortel

Bakwan jagung + wortel

Temen nya pecel sayur. Minggu kemarin bikin pecel sayur sama bakwan jagung ini + peyek. Mantep deh

Donat takaran sendok tanpa telur

Donat takaran sendok tanpa telur

Iseng ceritanya mah pengen bebikinan maafkan bentuk yg tak beraturan😁

Tahu isi/ brontak

Tahu isi/ brontak

Assalamualaikum... Selamat Siang menuju sore . Cuaca mendung bikin hasrat ingin mimik lagi Dan lagi... Yuk ahh nguprek didapur lagiiiiπŸ˜‚πŸ˜‚ Demi kelancaran bersama sekeluarga #cookpadcommunity_malang

489. Martabak Manis / Terang Bulan ini Martabak dadakan πŸ˜πŸ˜πŸ˜…

489. Martabak Manis / Terang Bulan ini Martabak dadakan πŸ˜πŸ˜πŸ˜…

Pagi2 katanya ga ada makanan. Mau beli Martabak Manis tp Si abang sayur pagi klo sampe depan rumah udah jam 7. an Ya coba cari2 bahan Alhamdulillah semua ada . Nah selagi cuci baju kita bikin adonan , jd nanti Martabak matang , cuci baju juga selesai deh πŸ˜‚. Alhamdulillah walo asal jadi tp tak mengecewakan. Maksudnya sempurna bagi ku lah πŸ˜„πŸ˜„. Intip yuuk #MartabakManis Dadakan ku dijamin nyuus . #CookpadCommunity_Magelang #CookpadCommunity_JawaTengah #Martadak #MaratabkManisDadakan #Menul

3 porsi
Donuts endul

Donuts endul

Berhubung anak ku suka banget donuts jd aku trus blajar dari google

3 orang
beberapa menit
Siomay Mini Pedas daun Jeruk

Siomay Mini Pedas daun Jeruk

Biasa aku nemu dilaman sosmed, sangat mudah akhirnya aku aplikasikan dirumah tercinta

1-3 porsi
1 jam
Tahu isi saos jamur

Tahu isi saos jamur

Coba lagi resep dari IG dada.tastes. Ada modifikasi di bahannya. Untuk resep original cek langsung ke IGnya ya.

4 porsi
1 jam 30 menit
Bakwan (Tepung terigu + Tepung beras)

Bakwan (Tepung terigu + Tepung beras)

Ceritanya ngabisin tepung πŸ˜€

Kue Rangin / Pancong

Kue Rangin / Pancong

Jaman kecil dulu banyak sekali yang menjual panganan satu ini. Seiring perkembangan jaman, panganan satu ini tergantikan dengan makanan-makanan modern. Terkadang kangen juga dengan makanan ini, apalagi di perumahan saya tidak ada orang yang berjualan maka dari itu buat sendiri yukk. Source : @Citraharies59

Bakwan Jamur Daun Bawang Cocol Sambal Kecap Pedas

Bakwan Jamur Daun Bawang Cocol Sambal Kecap Pedas

Lg semangat ke hall bultang... Tp msh malas2an bikin kitchen jd ambyaaarrr....

79. Otak-Otak Sambel Mercon

79. Otak-Otak Sambel Mercon

Bikin cemilan yang cepett dan mengenyangkan sekaligus bikin lidah bergoyang .. Karena kepedesan .. hihiii Bisa jg jd lauk lhooo mams, dimakan bareng2 nasi panaass. . Duuhh ngeunah pisan πŸ™ #OtakOtak #SambelMercon #CookpadCommunity_Jakarta

15 menit
Donat 🍩

Donat 🍩

1 resep ini bisa jadi : Dough 30 gr -> 34 bijj Dough 35 gr -> 30 bijj Dough 20 gr -> 52 biji Disini saya sering bikin dough 35 gr dan 20 gr karena muat di dus donat sejuta umatπŸ˜€ #donat #komunitaspaders #cookpad_id #Cookpadcommunity #komunitaspaders #cookpadindonesia #cookpad_paders #resepdianhartari #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_surabaya

Kulit Gyoza/Dimsum/Siomay

Kulit Gyoza/Dimsum/Siomay

Halo Sobat Cookpad 😘 Beberapa lalu pas lagi browsing youtube sempat lihat masakan jepang, kok ya aku tibat-tiba jadi kangen gyoza dan bukan sushi haha. Akhirnya segera cari resep kulit gyoza dan memutuskan membuatnya. Bahan-bahannya simple sekali, cukup tepung dan air panas. Udah gitu aja. Namun memang membutuhkan waktu ya, tapi dengan hasilnya yang lentur dan ga gampang sobek, wah, aku puas 😍 Yuk coba buat kulit gyozanya. Selamat mencoba!😘 Source: Flavor of Asia #CookpadCommunity_Palembang #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id #CookpadCommunity_Sumbar

35-38 lembar