Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis)

Dipos pada May 5, 2022

Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis)

Anda sedang mencari inspirasi resep Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) adalah 15 tusuk. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis):

  1. 9 sdm tepung tapioka
  2. 5 sdm tapung terigu
  3. 2 gelas air
  4. Bumbu:
  5. 2 buah cabai rawit/cabai bubuk (sesuaikan dengan selera)
  6. 1 siung bawang putih
  7. secukupnya Garam
  8. Secukupnya royko/penyedap (opsional)
  9. Bahan pelapis
  10. 4 sdm tepung roti (saya pakai yang halus)
  11. Secukupnya garam (bisa di ganti pakai bubuk rasa jika ada)
  12. Bahan isi: Abon sapi
  13. Sedikit minyak/mentega untuk memasak adonan
  14. Tusuk bambu

Langkah-langkah untuk membuat Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis)

1
Sangrai tepung roti dan beri sedikit garam (bisa diganti bubuk rasa, ex: balado, jagung bakar dll. jika ada)
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 1
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 1
2
Sangrai hingga tepung lebih renyah dan berwarna lebih gelap menggunakan api kecil. Setelah itu letakkan tepung roti pada piring.
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 2
3
Adonan cilung: haluskan bumbu kemudian campurkan dengan tepung tapioka, tepung terigu, air dan garam. Bisa ditambah bubuk atau abon cabe, sesuai selera aja yaa.. Tujuannya agara adonannya lebih pedas.
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 3
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 3
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 3
4
Panaskan teflon (saya pakai ukuran sedang). Beri sedikit minyak/mentega. Setelah panas, dadar adonan cilung.
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 4
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 4
5
Taburi dengan abon sapi di atasnya. Tunggu hingga adonan matang. Kemudian gulung menggunakan tusuk bambu. Setelah itu baluri dengan tepung roti.
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 5
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 5
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 5
6
Cilung tepung roti isi abon siap disajikan. Nikmati bersama saus atau dengan bubuk rasa agar lebih enak dan gurihh.
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 6
Cilung/Papeda Gulung Tepung Roti Isi Abon (Pedas Manis) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

Bakwan Bayam Wortel Jamur Tiram

πŸ“Œ Rembang, 25 Sept 2021 Cara ampuh untuk mensiasati agar anak mau makan sayur adalah diselipin. Hehe. Terinspirasi dari resep bunda @Ria_NadaAfifah, sayurnya diselipin jadi bakwan πŸ˜„. Bumbunya saya modif mirip bakwan tempe yang saya posting sebelumnya. Cuman bedanya ini rasa telurnya masih kentara. Asli ini tuh rasa sayurnya nggak ada. Campuran udang rebon di dalamnya menambah nikmat rasanya πŸ‘ #Rekreasi_Kalsel #CoboyDolan #CoboyDolanNangKalsel #CoboyDolan_Kalsel #CoboyWani #Coboy_Cooksnap #CookpadCommunity_Surabaya

Donat Labu Kuning

Donat Labu Kuning

Puji Tuhan setelah seminggu absen akibat hectic tes CPNS akhirnya minggu ini sudah bisa meramaikan lagi timeline #Posbar 😁. Tema posbar minggu ini adalah serba palawija. Kebetulan ada labu kuning yang udah seminggu lebih nginep di kulkas (ternyata awet juga πŸ˜…). Asli saya juga masih bingung ini masuk palawija apa ngga. Tapi setelah sedikit gugling ya saya mantabin aja kalau semua jenis labu itu palawija 🀣. Untuk donat ini saya pakai resep dr Mb Fitri Sasmaya, percobaan pertama masih belum mulus bentukannya karena saya lupa g nabur tepung ke baking paper πŸ₯², jadi agak susah nglepas pas mau digoreng. Tapi overall rasanya pas krn g terlalu manis jadi pas sekali kalau mau ditambah topping. Source: @fitrisasmaya https://cookpad.com/id/resep/5326573-donat-labu-kuning-lembut?invite_token=Er19RFbBQmmCU2jjAaosDNSY&shared_at=1634475191 #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #MasakSetiapBagian

10 buah
Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

by Nur Faizah #Resep recook from Lis Achmady from Youtube

309. Bakwan Caisim Kobe

309. Bakwan Caisim Kobe

Sabtu, 23 Oktober 2021 Nah, berhubung anak-anak dirumah agak susah disuruh makan sayur, kali ini saya mau buat bakwan dari sayur Caisim atau sawi hijau. Resepnya dari @dapurkobe πŸ€— Tepung yang saya gunakan adalah Tepung Bakwan Kress dari @dapurkobe Hasil bakwannya tuh renyah diluar lembut didalam. Dan sudah tentu sangat praktis dan mudah membuatnya. Oh iya. Ternyata orang rumah suka loh bakwan caisim Kobe... Enak kata mereka. Alhamdulillah gorengannya laris manis. πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ Oia. Saya disini buat 3 resep sekaligus ya... Namun saya tetap mencatatnya satu resep saja. Agar lebih mudah. 😊 #tepungkobe #bakwancaisimkobe #KulaEtamCoCoK #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #CookpadCommunity_Id #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Paser #CookpadCommunity_Longikis #Cookpad #DapurMarinBorneo #resepmarin309 #marinbakwan #homemadeisbetter #MasakItuSaya #MasakanRumahan #MasakanSederhana #MasakApaHariIni #IdeMasak #ResepMasakan #ResepRumahan #BelajarMasak #CookingWithHeartEatingWithLove

Bakwan Bayam Kress

Bakwan Bayam Kress

. 15/09/2021 . Source: Mama Fathan . GoDa minggu ini ngecooksnap dedauan hehe Cari2 resep paling praktisss... ketemu resepnya mama fathan nihhh.... πŸ˜„ Enak dan praktis banget ini... asli kress...kress.. gurih... cara lain menikmati daun... daunnya digoreng bareng tepung bakwan😍 Trims resepnya ya mama fathanπŸ™πŸ»πŸ€—πŸ˜ . Happy cooking and happy tummy everyone😍😍😍 . #GoDaSnap_GetDaun #GoDa_cooksnap #komunitaspaders #cookpadIndonesia

Kue ulang tahun takaran sendok

Kue ulang tahun takaran sendok

Halo teman2 semoga sehat selalu ya.. kali ini saya mau berbagi resep kue ulang tahun dengan menggunakan Bolu kukus takaran sendok, mudah sekali diperuntukan bagi pemula2 yg ingin buat kue tapi tidak tahu tahap2 takaran dan ada sedikit tips2. Sebenarnya lebih enak buat sendiri kue ultah ketimbang beli hehe (pastinya) karena lebih aman di kantong. Oke let's see ya resepnya

Piscok Kulit Lumpia

Piscok Kulit Lumpia

Dapat oleh" pisang dari saudara, karna banyak bgt jadi sebagian diolah

Martabak Jablay

Martabak Jablay

Martabak ini selain gampang dibuatnya rasanya enak mantab karena tebel, puas makannya. Resep ini didapat dari channel you tube sobat dapur.

kurleb 10 pcs
kurleb 45'
Martabak telur kornet kulit lumpia

Martabak telur kornet kulit lumpia

Daripada bengong neh...sore2 hujan mending buat cemilan sore....cuzzz cek kulkas donk....ada telur ama stock daun bawang banyak neh ..hmmm kulit lumpia oh ternyata ada....yuk..ahh buat....

CHAI THAU KUE (KUE LOBAK EBI)

CHAI THAU KUE (KUE LOBAK EBI)

Karena suami pecinta kue lobak,iseng2 lah bikin sendiri daripada selalu beli dan belum tentu cocok dilidah!!

-+4-5 orang
-+ 1- 1,5 jam an
Keju aroma cemilan sehat

Keju aroma cemilan sehat

Anak2 suka banget ngemil sore,, dikulkas ada bahan simple , keju sama lumpia aja

2 porsi
10 menit
Bakwan Masak Kecap (bakwan gongso)

Bakwan Masak Kecap (bakwan gongso)

Merhaba Hujan hujan gini paling enak ngeteh sambil makan gorengan kan ya... Oh ya Kali ini aku mau kasih tips memanfaatkan gorengan yg sisa nih Biasanya aku suka mengolahnya kembali. Iya bener Aku mengolah bakwan menjadi makanan lagi. Biasanya bisa buat lauk atau bahkan di camilin. Jadi ga akan bosan. Aku pernah mencoba 2 jenis gorengan. Yg pertama mendoan. Tapi menurutku kurang masuk sih. Dan pas aku coba bakwan Eh enak juga di ginii. Coba yuk #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Semarang

Cireng bumbu rujak

Cireng bumbu rujak

source:Ig @cook_5237292

Misro

Misro

"Phaladwija" berasal dari bahasa sansekerta yang secara harfiah bermakna "tanaman kedua". Dibanding padi yang menjadi primadona bahan pangan Nusantara, palawija menjadi tanaman hasil panen kedua di lahan padi, melalui sistem rotasi tanaman. Bukan hanya sekedar sebagai pengisi kekosongan lahan, tapi palawija juga mampu memutus siklus hama tikus di lahan pertanian dan menghemat air dimusim kering (mamah cookpad). Beberapa jenis palawija a.l jagung, sukun, ubi, kentang, singkong & talas bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang menggugah selera. Di Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober ini, mamah CP mengajak anakΒ²nya membuat olahan palawija. Saya buat misro, camilan olahan singkong parut yang diberi isian gula merah lalu digoreng. Misro kependekan dari 'amis dijero' (manis didalam), merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki rasa manis gurih dengan bentuk bulat pipih. Yuk dicoba resepnya, moms . #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bekasi

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Source : @dapurkobe Hmm yummy paling suka makanan yang kriuk kriuk gitu, disamping anak anak suka, suami juga ikut cobain dan bilang enak + kriuk banget (baru pertama cobain) Tentunya donk pake Kobe tepung Bakwan Kress jangan salah pilih πŸ₯°πŸ₯° #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Siomay ayam

Siomay ayam

Untuk bikin siomay yg tekstur kenyal nya pass, dan wangi dagingnya enak, kita butuh daging paha ayam fillet & kulit ayam.

5 org
1 jam 30 menit
Snack Apel Yogurt

Snack Apel Yogurt

Super simpel tapi nikmat 😁 cuma 4 bahan

1 orang
10 menit
Donat

Donat

Gatau saya mau kasih judul apa hahaha Tapi donat ini dalemnya lembut banget, menul-menul juga. Pembuatannya gak pakai mixer apalagi harus di ulenin lama. Tapi waktu masaknya jadi agak lebih lama

3 porsi