Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Dipos pada May 5, 2022

Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) adalah 200 gr. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Dapur Olive Akhirnya kesampean juga bikin sambel kacang sendiri. Pedesnya sedengan. Haluskan kacangnya pake chopper speed sedang ke tinggi selama 3 menit bertahap, dan dibagi 3x prosesnya. Aroma jeruknya ada dikit, gak terlalu kuat. Jadi disesuaikan dgn selera aja. Resep pecelnya terlampir. #AR_PecelPincuk #CookpadCommunity_Tangerang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll):

  1. 125 gr kacang tanah, disangrai
  2. 3 sg bawang merah
  3. 2 sg bawang putih
  4. 5 bh cabe keriting
  5. 3 bh cabe rawit
  6. 1 cm kencur
  7. 1/2 sdt terasi, dibakar
  8. 50 gr gula merah
  9. 1 sdt garam
  10. 2 lbr daun jeruk, buang tulang daunnya & diiris2

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

1
Goreng duo bawang & cabe2an hingga layu. Haluskan bahan2 lainnya, masukkan daun jeruk & ulek sebentar. Campurkan dgn kacang yg sudah dihaluskan, aduk rata. Koreksi rasa.
2
Langkah berikut ini optional --> tumis di atas wajan k.l. 5 menit. Angkat.
3
Simpan dlm wadah tertutup di dlm kulkas. Jika ingin disajikan, seduh dgn air panas dgn perbandingan 1:1 (mis. 100 gr bumbu kacang + 100 ml air panas). Bisa diikmati sebagai bumbu utk pecel, cilok, bakwan, dll.
Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat pandan dan tips keluar ringnya

Donat pandan dan tips keluar ringnya

Baru masuk 3C sudah dapat ilmu desain canva dari mbk diarti, senengnya. Alhamdulillah. Terima kasih banyak diarti, semoga berkah dan jadi ladang pahala buat mbk diarti 🥰🥰. Karena aku suka banget hijau, sampe donat dibuat hijau juga. Aku kasih pasta pandan. Tips supaya keluar ringnya ketika digoreng : 1. Jangan sampai donat over profing, cirinya ketika donat disentuh, adonan akan balik ke posisi semula. 2. Pakai minyak goreng setinggi 1/2 bagian adonan donat. 3. Gunakan penggorengan ceper. Ini menurut versi aku ya, soalnya sering menggoreng donat pakai penggorengan jadul dan minyak yang banyak, masih juga berkali kali tidak keluar ringnya. Sumber : @diartirosianti dengan modifikasi #CookingCommunityClass_DesainCanva #Spatula3C_Diarti #SalamKompakSelalu #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Kue Lapis Tapioka

Kue Lapis Tapioka

Pedana bikin kue lapis ini, butuh kesabaran dan ketelatenan.. alhamdulillah jadi juga ya..

Kue Untir Untir Simpel Ekonomis

Kue Untir Untir Simpel Ekonomis

Kue satu ini termasuk salah satu cemilan jadul khas Sumatera Utara, ada banyak versi pembuatannya, dan saya tertarik dg resep ini yg menurut saya simpel dan ekonomis namun tetap enak dan renyah tentunya🙂 #PekanPosbar #ResepKhasSumateraUtara #CookpadCommunity_SumUt #MariMasak #MasakItuIndahDanIbadah

Risoles maknyus

Risoles maknyus

Alhamdulillah, rissoles ini sudah menjadi makanan vaforit keluarga kami, Dan sudah sering dapat order juga buat snack box

28-32 porsi
1 jam
Sempol Ayam Rumahan

Sempol Ayam Rumahan

Jajanan murah, meriah, mudah. Anak2 juga suka. Ngirit di tanggal tuwa dong. Daripada beli mending buat sendiri aja. Yuukkk...

20 tusuk
1 jam 30 menit
Klenyem jawa

Klenyem jawa

paksu dari kemaren" kaya orang ngidam klenyem , kalo beli minyaknya banyak banget,akhirnya bikin sendiri ,perdana bikin klenyem 🤭

10 orang
30 menit
Cireng salju

Cireng salju

43 pcs
🌷Siomay aci sawi putih🌷

🌷Siomay aci sawi putih🌷

Pengen makan siomay tapi yg jual udah pada tutup.. Maklum PPKM 😅 Yaudah deh bikin sendiri aja yukss..

Tahu Isi Sayuran

Tahu Isi Sayuran

Cooksnap resepnya mbak @desi_k2 Cocok banget buat temen ngopi #CookmemberGenkPeda_Desi #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

Selain enak dan mudah diolah, labu kuning kaya kandungan nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin C, kalium, kalsium dan aneka vitamin serta mineral lainnya. Tinggi serat pula. Resep terinspirasi dari @Yanihataka04 dan aku hanya membuat setengah resep saja. Ternyata lariiiis 😅 Kapan-kapan bikin lagi deh... simpel kok. Tinggal campur-campur aduk-aduk, panggang, jadi. Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

16 pcs
Kulit risol tanpa telur (anti sobek dan lentur)

Kulit risol tanpa telur (anti sobek dan lentur)

Kebetulan dapat pesanan risol mayo, saya coba pakai resep kulit risol tanpa telur, resepnya nemu di IG, walau tanpa telur kulit nya beneran lentur dan gak gampang sobek, waktu di goreng juga gak pecah, ada sih beberapa yang pecah, mungkin karna pas ngisinya terlalu padat, tapi ini beneran rekomended, asal ikutin tipsnya, pasti berhasil.

20 lembar
Lumpia Basah

Lumpia Basah

Biasanya yg jual lumpia basah isiannya pakai bengkuang.. ini diganti lobak

3-4 Porsi
Cilor

Cilor

pertama x bikin cilor krn suami yg request,, sebelumnya cuma beli di abang2 😁

2 orang
20 menit
Donat Maizena Menul

Donat Maizena Menul

Resep asli mba @fitrisasmaya Kalau ini snack akhir bulan.. wkwkwk.. yaa karena sekali buat dapat banyak murah lagi budget nya. Yes.. at least udah hampir 5x lebih saya buat donat pakai resep ini. Mau bulat utuh enak, dilubangi enak, pakai topping gula halus enak, dikasi topping keju/meses tambah enak. Hanya saja kalau bulat utuh agak lebih lama menggorengnya, karena bagian tengah tidak terkena minyak langsung, kalau terlalu cepat diangkat bisa agak mentah 😓 (Pengalaman sendiri). Saudara dan tetangga yg kebagian tester semua bilang enak empuk banget.. lidah orang lain pasti gak bisa bohong kan 😁😁 #CookpadJawaTimur #CookpadCommunityJawaTimur #CookpadKediri #Coboy #CookpadCommunity_Surabaya #ResepUrsula #Donat #DonatMaizena

Siomay Udang Rebon

Siomay Udang Rebon

Source: Maylisha https://cookpad.com/id/resep/6710131-siomay-udang-rebon?invite_token=7LSJWGbPVwKd8Tk9fdynGS8s&shared_at=1627196774 #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_id #SerbaDiRebus #Somay #CemilanSehat

Resep cireng kentang

Resep cireng kentang

mirip perkedel cara buat nya. cuzz

4 orang
1 jam
Cimol anti gagal

Cimol anti gagal

Anak anak suka sekali ngemil klau lagi lht tv,kebetulan gak ada cemilan sama sekali,ya udah bikin cimol aja, praktis dan sangat mudah

24. Donat

24. Donat

Menurut sy resep ini paling simpel,begitu jg dg rasa donatnya, juara! Source : umikitchen88

14 bh
Cilok somay kampung ekonomis

Cilok somay kampung ekonomis

Somay ini walupun tanpa ikan rasanya lumayan enak dan ramah dikantong, hemat waktu juga, cemal-cemil sambil quality time sama keluarga

5 porsi
30 menit