Siomay ala dimsum kaki lima

Dipos pada May 5, 2022

Siomay ala dimsum kaki lima

Anda sedang mencari inspirasi resep Siomay ala dimsum kaki lima yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Siomay ala dimsum kaki lima yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Siomay ala dimsum kaki lima, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Siomay ala dimsum kaki lima enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Siomay ala dimsum kaki lima adalah 30 pc. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Siomay ala dimsum kaki lima diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Siomay ala dimsum kaki lima sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Siomay ala dimsum kaki lima memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Yogyakarta, Sepetember 2021. Masih dengan tema kukus mengukus bareng teman2 #CookpadCommunity_Yogyakarta dan #kelasYoglosemar_kukus Siomay adalah salah satu kesukaan krucil. Mau itu siomay abang2 atau siomay yang diresto. Pokoke siomay mereka suka deh. Nah untuk yang kali ini saya bikin siomaynya dengan full ayam (karena menu perikanannya sudah minggu kemaren). Walau full daging ayam tanpa campuran udang tapi rasanya enak banget. Untuk pendampingnya bisa pakai bumbu kacang atau cocolan saus sederhana seperti yang saya buat. #kopijos #kopijos_ngukus #Selaluistimewa

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Siomay ala dimsum kaki lima:

  1. 450 gr daging ayam giling
  2. 2 batang daun bawang
  3. 1 saset bawang putih bubuk
  4. 1 sdt lada bubuk
  5. 1/2 saset saori saos tiram
  6. 1 butir telur
  7. 2 sdm bubuk udang (optional)
  8. 12 sendok makan tapioka/sagu
  9. Air es sedikit (utk membantu proses blender)
  10. secukupnya Gula dan garam
  11. Kulit dimsum siap pakai
  12. Wortel parut sbg hiasan

Langkah-langkah untuk membuat Siomay ala dimsum kaki lima

1
Blender atau haluskan daging gilling dengan food prosessor. Campurkan dengan saos tiram, lada bubuk, bawang putih bubuk, telur dan sebagian daun bawang (agar lebih wangi). Proses hingga adonan halus dan tercampur merata.
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 1
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 1
2
Pindahkan daging giling yang sudah halus ke wadah besar (agar mudah mengaduknya). Campurkan dengan tapioka/sagu, bubuk udang dan garam. Aduk rata. Jika adonan terlalu padat bisa ditambahkan air es sedikit demi sedikit.
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 2
3
Siapkan kulit dimsum siap pakai. Beri sedikit air+minyak, agar lebih mudah dibentuk dan lemas saat dikukus. Ambil 1 sdm adonan siomay, letakkan ditengah kulit dimsum dan tempelkan kulit pinggirnya keadonan. (Lebih mudahnya lihat pic aja yaa๐Ÿ˜…).
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 3
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 3
Siomay ala dimsum kaki lima - Step 3
4
Setelah dibentuk tata didalam kukusan yang alasnya sudah diolesi minyak. Beri parutan wortel di atas siomay agar warnanya lebih cantik. Kukus kurleb 20menit (karena ini siomaynya kecil2). Setelag matang dapat dinikmati dengan kuah saos atau sambal kacang.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Mawar Talas ๐Ÿ’œ

Kue Mawar Talas ๐Ÿ’œ

Source : @ge_aja_simple Kue mawar ini simple dan enak, mirip kue lapis atau kue talam. Kenyal, manis dan gurih. Cobain yukk.. #semangcookhokya #cookpadcommunity_semarang

Martabak Garing isi Putih Telor

Martabak Garing isi Putih Telor

Tersimpan banyak putih telor dikulkas dari sisa buat pesanan Pempek Telur Besar untuk adikku yg di Jakarta. Mau di buat cake / bolu ga yakin dg kondisi putih telurnya, yg kemungkinan udah tercampur dg tepung tapioka sewaktu proses pembuatan pempek. Ingin diolah jadi cemilan lalu teringat dg martabak garing isi kentang, yg biasanya dicampur dg telor utuh kali ini hanya menggunakan putih telur dg komposisi lebih banyak. Bila bunda mau recook bisa ganti putih telur dg telur utuh 1 - 2 butir yaaa. #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongkito

11 bh
Bakwan Caisim / Sawi Hijau

Bakwan Caisim / Sawi Hijau

Anak-anak susah makan sayur? Kali ini ada olahan sayur enak yg akan disukai anak-anak yaitu Bakwan Caisim atau Bakwan Sawi. Bahannya cukup mudah hanya menggunakan tepung dan sayur caisim/sawi aja. Membuatnya jg cukup mudah lho.. yuk simak Bun, jangan lupa kirim foto cooksnapnya ya...๐Ÿ™๐Ÿ˜˜ #cookpadcommunity_Bekasi #dapoer_eva

Kue Lumpur Ubi Merah

Kue Lumpur Ubi Merah

Berdasarkan sejarahnya, kue lumpur dikenalkan oleh bangsa portugis saat menjajah Indonesia, dengan Inspirasi pasteis de nata, kue khas Portugis yang terbuat dari custard, yaitu campuran susu dan kuning telur, yang kemudian dalam pembuatannya dilakukan penyesuaian bahan dengan yang tersedia di tanah air. Nama kue lumpur sendiri merujuk pada adonan kue yang lembut dan lembek, dengan topping parutan kelapa, sehingga mirip lumpur. Dari yang awalnya berbahan utama kentang, santan, terigu, telur dan gula, serta diberi hiasan kelapa muda parut, kue lumpur berkembang dan divariasikan dengan bahan bahan lain, seperti resepnya mama Era @erafani_2000 ini, menggunakan bahan ubi dan diberi topping kismis. Untuk santan di resep ini, bisa gunakan 200 ml santan instan, dan 50 ml air atau 2 bungkus santan instan 65 ml kemudian tambahkan air 120 ml Hasilnya, Enak, lembut, manisnya pun pas, sukaa ๐Ÿ˜ Source : Priska Koes #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Borneo #CooksnapKalbar

*Gorengan Melon*

*Gorengan Melon*

Sabtu 23-10-2021 ... Melon kulitnya dibuat teh dan daging buahnya yg 1/4 itu dibikin gorengan dicampur tepung ketan dan hasil gorengannya lembuut banget. Resep ini inspirasinya dapet dari yutub..tapi kalo resep asli kulitnya dibuat sirup dan buahnya dibuat gorengan dicampur sama tepung terigu. #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

5 pcs
Bakwan Bumbu Asam Manis

Bakwan Bumbu Asam Manis

Edisi kangen bandung, dulu pas sekolah ada kantin di sekolah tetangga yang menu favoritnya gorengan dipakein kuah saus tomat pake kecap, gorengannya pake bala bala/bakwan sama tahu goreng yang ukurannya aga jumbo Bikin gorengan juga dan masih ada sisanya untuk malem langsung kepikir dibuat menu yang nyemek nyemek asam pedas Menu ini asli mbak @DianaN_17 berjudul Telur Pedas Asam Manis disini jadinya judul menyesuaikan bahan ya Link resep https://cookpad.com/id/resep/15316933-telur-pedas-asam-manis?invite_token=HxS7QohPa7nr9QVinncS7mk5&shared_at=1635037238 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #Cookpadcommunity_bali #MasakSetiapBagian

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu isi pedes versi saya ya.. Maafkan gorengan lagi, hihihi.. *boleh di tumis dulu cabenya, tapi rasa pedesnya agak berkurang *boleh juga cabenya disiram minyak panas (seperti membuat sambal korek) untuk menghilangkan bau langu cabe

10 buah
1 jam
Bakwan Kulit Buah Naga

Bakwan Kulit Buah Naga

Olahan kulit buah naga berikutnya saya mau bikin bakwan dari 1/2 buah kulit naga dan nasi goreng dari pasta buah naga. Enak banget lhoo buat sarapan pagi ini sekaligus temen ngopi, ga keliatan kayak buah naga secara ya kan ga ada rasanya berfungsi hanya sebagai pemanis pewarna makanan. Selamat mencoba Cookpaders! Salam hangat dari Peri Dapur Farhah ๐Ÿ˜๐Ÿ™ Ditunggu ya Kreasi #MasakSetiapBagian nya #PeriDapur #MasakItuSaya #CookpadIndonesia

Bakwan Jagung Tahu

Bakwan Jagung Tahu

Punya jagung sebiji stok tahu kebetulan ada.. digabung aja begimanee.. kebetulan ada ide dr mb @myafood992017 bakwan jagung kita gabungin aja yokk.. #arisancooksnapwongkito #cookpadcommunity_palembang #resepwongkito

Donat tanpa telur

Donat tanpa telur

Cerita nya pengen banget buat donat cuma kmren enggak pernah jadi kalau pake minyak dan telur entah kenapa dk pernah jadi dan coba2 lah tanpa minyak dan telur akhir nya jadi deh pesanan pak suamiii d jamin endulita ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‚

4 orang
4 jam
Tahu aci kukus

Tahu aci kukus

Dalam rangka ikutan acara posbar serba kukusan,kali ini masak tahu aci kukus aja dech๐Ÿ˜‹Suamik karna hobi makan tahu..bahan-bahannya juga gampang dicari koq jdi lebih cepet masaknya keburu bocil cariin bundanya klo gk kelihatan sebentar aja๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€Cap cus langsung eksekusi yuuk...resep ini saya cooksnap dri @astiyalestari mksih ya mbk salam kenal๐Ÿค— #SerbaDiKukus #Timlo_Kukusan #CookpadCommunity_Solo

3 org
45 menit
Tahu berontak (tahu isi sayuran)

Tahu berontak (tahu isi sayuran)

Tahu dengan isian sayur yang sampai kapan pun tidak pernah membosankan. Biasanya kalau beli isiannya suka letoy. Tapi yang ini nih asli seger banget. Matang tapi masih kres banget sayurnya. Pokoknya nampol deh. Aku pakai resepnya mbak @didowardah. Top banget.

40 biji
Bakwan Caisim KOBE

Bakwan Caisim KOBE

Source: @dapurkobe Recook & modified: Manda Evie Kebetulan ada stok sawi caisim Bikin yang beda ahhh, biar gak bosenkaan moms ๐Ÿ’• Niatnya buat lauk makan siang Eh, malah dicemilin anakยฒ Alhasil Manda bikin 2 batch karena Yanda belum kebagian ๐Ÿ˜‚ Aselik enak moms, makan gorengan with less guilty ...hihihi Perpaduan tepung, bumbu dan rempahnya just right ๐Ÿ‘Œ Membuat bakwan Kress renyah diluar dan kenyal di dalam Coba yuks #CookpadCommunity_KalTim #CookpadCommunity_Balikpapan #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Risoles isi ragout daging cincang

Risoles isi ragout daging cincang

Soreยฒ hujan... Ada sedikit daging cincang dan kawanยฒ, cemplangcemplung jadilah risoles kesukaan anakยฒ... Prona dan prohe lengkap tersaji dalam kudapan ini... Tentu sehat+mengenyangkan... ๐Ÿฅฐ

15-20 bh
Kue Semprit Jadul

Kue Semprit Jadul

Ini nih salah satu kue kering wajib waktu lebaran. Tapiiii selalu buat kue ini di akhir2 Ramadhan karena sering habis sebelum lebaran klo dibuat di awal-awal... #Cookpadcommunity_sumut

1,5 tples sosis