Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk)

Dipos pada May 5, 2022

Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk)

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk):

  1. 250 gr kacang tanah
  2. 10 biji bawang putih
  3. 4 sdm brambang goreng
  4. 2 daun jeruk
  5. 1 daun salam kecil
  6. secukupnya Gula, garam
  7. 1 bulatan kecil gula jawa (sesuai selera)
  8. 10 cabe kriting
  9. 5 cabe setan (sesuai selera)
  10. 1100 ML air
  11. 1/2 sdm gula pasir
  12. 3 sdm kecap manis

Langkah-langkah untuk membuat Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk)

1
Goreng kacang tanah gausah banyak" minyaknya dg api kecil sambil terus diorak arik,, jadi kacangnya matang tanak dan ga gosong
Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) - Step 1
2
Goreng bawang putih dan cabenya
Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) - Step 2
3
Setelah itu haluskan kacang, cabai dan baputnya, saya pakai blender ya biar lebih cepat 😁 blender kacangnya pakai air yg tadi ya
Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) - Step 3
Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) - Step 3
4
Panaskan wajan dan kasih minyak sedikit, masukkan bumbu yg sudah halus tadi sambil di aduk",kemudian masukkan daun jeruk, salam, gula jawa, gula pasir, kecap manis dan brambang gorengnya, masak dg api kecil sampai keluar minyaknya, agak lama ya masaknya biar tanak dan lebih awet, jangan lupa koreksi rasa, kalau mau buat stok dkulkas simpan diwadah tertutup yaa
Sambal kacang serbaguna (siomay, batagor dkk) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cimol anti gagal

Cimol anti gagal

Anak anak suka sekali ngemil klau lagi lht tv,kebetulan gak ada cemilan sama sekali,ya udah bikin cimol aja, praktis dan sangat mudah

Bakwan jagung

Bakwan jagung

Karna masih ada separuh jagung dan sedikit daun bawang saya buat saja bakwan jagung... Saya tepungnya juga tidak pakai tepung bakwan.. Adanya tepung sajiku serba guna maka saya manfaatkan juga...ternyata enak πŸ˜„

2 orang
Bakwan Sayuran Selimut Tepung Panir

Bakwan Sayuran Selimut Tepung Panir

Memanfaat sisa isi, Saat membuat Tahu Isi ( Campuran tauge, wortel dan bumbu) daripada dibuang saya masak menjadi bakwan sayuran tinggal menambahkan tepung terigu. Setelah ditambah tepung terigu saya ambil tiap sendok makan dilumuri tepung panir lalu digoreng. hasilnya sangat mantaf kriuk dan beda dimulut dg bakwan biasa ... #CookpadCommunity_Bogor #CookpadIndonesua #Memanfaatkan bahan sisa #AnekaBakwan

6 biji
15 menit
Sate Cilok Talas Bersayur

Sate Cilok Talas Bersayur

Salah satu tanaman palawija kesukaan saya.. ini yang ke dua kalinya saya buat setelah saya tau bahwa talas bisa di buat cilok yang enak banget, mau panas atau dingin tetep aja si cilok ini pulen bangett.. cucok buat cemilan bocil.. salah satu cemilan sehat karena saya selipkan sayur di dalamnya.. saya buat saos kacangnya juga disangrai, ini recoment banget ya bun.. semoga bisa menjadi inspirasi.. πŸ˜‹πŸ‘ #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bogor

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Kue Sarang Semut (Bolu Karamel)

Bismillah... Assalamu'alaikum.... Alhamdulillah ksampean juga bikin kue sarang semut ini dan bisa bersarangπŸ₯° Ibu bilang pngen makan kue sarang semut....langsung deh Q bikinin wat bliau...😘πŸ₯° Bentuk tampilan, warna, aroma, dan tekstur kue sarang semut yang unik ini sangat menggoda selera setiap orang untuk mencicipinya. Warna cokelat kehitaman pada kue sarang semut berasal dari gula pasir yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Karenanya, masyarakat di berbagai daerah di Pulau Sumatera menyebut kue sarang semut ini dengan nama bika karamel. Selain itu, kue sarang semut ini juga dikenal dengan nama bolu karamel. Source : Cici Lestari fitri Andjani https://cookpad.com/id/resep/13476095-cake-caramelsarang-semut?invite_token=HxD8Y1csLgkJELNCfX6Ycxr6&shared_at=1632739033 #semangcookHokya #cookpadCommunity_semarang

Siomay Bandung (Ayam)

Siomay Bandung (Ayam)

Sudah jadi nih siomay buat sarapan pagi yg tertunda terus πŸ˜„ ayam giling sdh bbrp kali turun naik dari freezer, batal terus di eksekusi 😐, sekarang jadi deh dengan resep teh @Desriayu_Ecy yang cooksnap juga dari resep lain, ini sy pakai ayam negeri ya...tks inspirasinya semua, sekalian buat setoran #ComboNgabibita_Seupan #CookpadCommunity_Bogor #dapurtunik #PekanPosbar #serbadikukus

Kue kepang ketan

Kue kepang ketan

Saorce;;@devinahermawan

Bakwan udang rebon

Bakwan udang rebon

Seadanya bahan dirumah.. mumpung inget klo punya udang rebon.. bikin bakwan kek nya enak bun.. makan nya di pagi hari mantep banget bun pake nasi hangat . #MasakSetiapBagian

Bakwan Bumbu Asam Manis

Bakwan Bumbu Asam Manis

Edisi kangen bandung, dulu pas sekolah ada kantin di sekolah tetangga yang menu favoritnya gorengan dipakein kuah saus tomat pake kecap, gorengannya pake bala bala/bakwan sama tahu goreng yang ukurannya aga jumbo Bikin gorengan juga dan masih ada sisanya untuk malem langsung kepikir dibuat menu yang nyemek nyemek asam pedas Menu ini asli mbak @DianaN_17 berjudul Telur Pedas Asam Manis disini jadinya judul menyesuaikan bahan ya Link resep https://cookpad.com/id/resep/15316933-telur-pedas-asam-manis?invite_token=HxS7QohPa7nr9QVinncS7mk5&shared_at=1635037238 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #Cookpadcommunity_bali #MasakSetiapBagian

Tape keju spring roll

Tape keju spring roll

Bismillah Punya sedikit tape dan keju dikulkas, bingung dibikin apa, klo cuma digoreng anak2 kurang suka, jadi tapenya kuumpetin pake kulit lumpia saja.. hehe Terinspirasi dari mba @tita_ #cookpadcomunitty_yogyakarta #selaluistimewa #kopijos #MasakSetiapBagian

10biji
Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Tgl tua pengen jajan, akhirnya nguras bahan2 yg ada di dapurπŸ’–πŸ˜€πŸ™

3orang
Day. 459 Bakwan Jagung (21 month+)

Day. 459 Bakwan Jagung (21 month+)

Gorengan favorit orang serumah. Biasanya bikin bakwan sayur. Kali ini bikin bakwan jagung. Pake tepung Kobe Bakwan Kress. Gampang dan cepat buatnya. Rasanya enak dan orang rumah acc. Source: Dapur Kobe.

Telur Gulung Sosis

Telur Gulung Sosis

Pagi menjadi momen tanya jawab menu masakan dengan suami. Ketika suami ingin olahan telur tapi waktu masak mepet, alhasil bikin telur gulung sosis dengan bahan seadanya di dapur. Pertama kali bikin, alhamdulillah suami doyan juga kalo digulung begini :D

2-3 orang
15 menit
Cireng (Aci digoreng)

Cireng (Aci digoreng)

Assalamualaikum, Apa kabar semua? Semoga dlm lindungan Allah dan sehat" semua. Teruntuk mbak @soewandono19 semoga diberi kesabaran, sehat selalu, dan semangat untuk kedepannya. Coboy love n care u πŸ’•πŸ’• #CintaUntukBerlian #SayangCoboyUntukBerlian #CoboyPeduli #CookpadCommunity_Surabaya

Cilor

Cilor

pertama x bikin cilor krn suami yg request,, sebelumnya cuma beli di abang2 😁

2 orang
20 menit
Dimsum Siomay (Udang & Ayam)

Dimsum Siomay (Udang & Ayam)

Ini kedua kalinya saya nulis resep ini karena terhapus ga sengaja...πŸ€ͺπŸ€ͺ siomay ini selalu ada di freezer saya disamping dimsum yg lainnya 😊 anak2 dan paksu suka, bikinnya juga gampang banget soalnya πŸ™‚ langsung aja ke resep yach...πŸ€—πŸ˜‰

Dadar Marie Strawberry (Snack MPASI Tinggi Kalori 1+)

Dadar Marie Strawberry (Snack MPASI Tinggi Kalori 1+)

Source: dr. Deva. Simple, tinggi kalori, anak suka

Donat kulit pisang

Donat kulit pisang

Di event yang Cookpad adakan banyak banget inspirasi untuk memanfaatkan bahan yang biasanya aq buang termasuk kulit pisang ini, setelah dipikir-pikir #MasakSetiapBagian itu bermanfaat juga selain mengurangi limbah , Qt juga jadi bisa lebih berkreasi di dapur bahkan setelah si donat jadi dan aq posting di sosmed banyak yang kaget, bingung koq bisa ya kulit pisang di buat donat apa gak pahit??? Terima kasih Cookpad dan teman teman sudah banyak memberikan ilmu dan inspirasi #FoodPlaceCookingLeague #DonatKulitPisang #MasakSetiapBagian