Cireng bumbu rujak

Dipos pada May 12, 2022

Cireng bumbu rujak

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng bumbu rujak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng bumbu rujak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng bumbu rujak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng bumbu rujak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng bumbu rujak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng bumbu rujak memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

source:Ig @cook_5237292

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng bumbu rujak:

  1. 150 gr tepung tapioka
  2. 2 siung bawang putih, haluskan
  3. 1/2 sdt garam
  4. 1/2 sdt kaldu bubuk
  5. 1 batang daun bawang, iris halus
  6. Secukupnya Tepung tapioka untuk taburan
  7. Biang:
  8. 50 gr tepung tapioka
  9. 150 ml air
  10. Sambal rujak:
  11. 3-4 bh cabe rawit/sesuai selera (me: campur cabe merah keriting)
  12. Secukupnya gula merah
  13. Sedikit Terasi
  14. Secukupnya garam
  15. Secukupnya air asam jawa

Langkah-langkah untuk membuat Cireng bumbu rujak

1
Campur tepung tapioka, baput halus, garam, kaldu bubuk dan daun bawang, aduk rata dan sisihkan
Cireng bumbu rujak - Step 1
2
Biang: Campur Aci dan air di panci,aduk sampai Aci larut, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai kental, bening seperti lem, segera tuang Aci panas kedalam campuran Aci kering,uleni pelan pelan dengan tangan, hati hati karena masih panas,uleni dengan ujung jari saja, setelah menghangat uleni dengan tangan sampai rata dan jd menggumpal
Cireng bumbu rujak - Step 2
Cireng bumbu rujak - Step 2
3
Taburi tangan dengan tepung tapioka kemudian ambil sejumput adonan kemudian bentuk bulat pipih, lakukan sampai adonan habis agar tidak menempel satu sama lain taburi dengan tepung tapioka
Cireng bumbu rujak - Step 3
Cireng bumbu rujak - Step 3
4
Panaskan minyak goreng agak banyak, goreng sampai matang (biasanya mengembang dan mengapung diatas minyak), angkat dan tiriskan, sajikan hangat
Cireng bumbu rujak - Step 4
Cireng bumbu rujak - Step 4
5
Bumbu rujak: Haluskan semua bahan, tambahkan air asam jawa,tes rasa, sajikan
Cireng bumbu rujak - Step 5
Cireng bumbu rujak - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Putri Keraton

Kue Putri Keraton

Kue berbahan dasar biskuit dan susu ini enak menurut saya. Bagian luarnya kering tapi bagian dalamnya lembut mirip puding. Saya cooksnap resep mbak @meldayanti. Bahan yang saya ganti susu UHT karena ternyata susu UHT sudah habis, dan saya lupa beli😰. Susu UHT saya ganti pakai santan kental instan. Hasilnya tetap ada layernya 😍. Kunci keberhasilan kue putri keraton: 1. Cara mencampur adonan kuning telur dengan adonan putih telur 2. Panggang pakai api bawah #Rekreasi_KalSel #Gelartikar_KalSel #CookpadCommunity_Bekasi

30 menit
Bakwan Jagung Sosis

Bakwan Jagung Sosis

Masih ada sisa jagung di kulkas, nemu resep mba desi lgsg aj sy bkin cemilan simple dan praktis, sy tambahin sosis krn anak suka banget pake sosis. Apalagi pakai tepung bakwan kriuk dari @dapurkobe jd lebih gurih.. 😍😍 Source : @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookMemberGenkPeDa_Desi #CookpadCoomunity_Sumbar

Martabak Mini

Martabak Mini

Bismillah.... Source Bude Ati @MomsFirza_310571 Yeeaaayyy..... akhirnya bisa tayang si marmin, mamacih resepnya bude 🥰 Resep bude Ati cuzzzzz 👇 https://cookpad.com/id/resep/11681411-martabak-manis-mini-115?invite_token=BRpyUYgmiRiTvpewDHYHaPt8&shared_at=1632797764 #Terimakasih_TimCocomtang #Terimakasih_AtiAgusSapto #CookpadCommunity_Tangerang

Sambal cocolan (untuk aneka gorengan)

Sambal cocolan (untuk aneka gorengan)

Habis bebikinan bala², bagi pak hubby wajib pakai sambal cocolan, dia tuh makannya gak di cocol² gitu, tapi disiramin ke bala²nya, jadi dia ambil mangkok, bala²nya di potong² trus di siramkan sambal cocolan, ditambahin kecap manis, makannya sambil di sendokin gitu, jadi kayak makan bakso 😂😂 Asam, pedas dan manisnya bisa di sesuaikan sama selera masing² yah, karna pak hubby sukanya yg asam-pedas, jadi saya bikinnya sesuai selera dia. ❤😊

Cimol Anti Meledak

Cimol Anti Meledak

Karena lagi kepengen jajanan ini, trs gak berani beli diabang2 krn lagi pandemic, jadi aku bikin deh, emg dasar lagi rajin aja sih bund 😛

2-4 orang
1 jam
Kue Lumpang

Kue Lumpang

Kue Lumpang,, cara membuat nya mudah dan rasanya enak.

Corn dog ndeso super gampang

Corn dog ndeso super gampang

Doyan ngemil tpi gak mau ribet, jdinya bikin resep yg gampang tpi enak kayak ini, enak, awet kriuk, bisa disimpan dikulkas dan tinggal diangetin klo mau makan lagi.

5 orang
1 jam
190. Bakwan Bayam

190. Bakwan Bayam

Source : @dapurkobe #Afifathuzahwa2021 #GenkPejuangDapur

Cilok mercon

Cilok mercon

2 orang
30 menit
212. Kue Apem Ubi Ungu

212. Kue Apem Ubi Ungu

Minggu ini ada Olahan dari Palawija yang selama ini kita anggap pilihan yang kedua setelah padi contoh salah satunya adalah Ubi yang merupakan makanan pegganti selain nasi rasanya manis dan mengenyangkan cocok buat yang lagi diet 😁 ayoo ahh dicoba bikinnya 🤗 Sumber : Cita rasa atjeh https://cookpad.com/id/resep/14565687-apem-labu-kuning-merekah?invite_token=2YbKhUw4NQHaycGCgw6pGPZB&shared_at=1635060633 #JABODETABEK_OLAHANPALAWIJA #COOKPADCOMMUNITY_BEKASI

Cilok tahu kuah pedas

Cilok tahu kuah pedas

Sore ini kaya perlu penyemangat, jadi bikin lah cilok tahu kuah ini 😁 level pedas menyesuaikan yaaaaaaa 😉

Kue Awug

Kue Awug

By @meigaCandinegara

Cireng Salju Bumbu Rujak

Cireng Salju Bumbu Rujak

Dulu awal2 pengantin baru, suka banget beli ginian. Selalu stok dikulkas. Alhamdulillah sekarang bisa bikin sendiri. ❤️❤️❤️🥰 Source: @mrs_ferdi , ❤️❤️❤️ #KopijosArisan_Ega #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Kue Bawang Spesial

Kue Bawang Spesial

Anak2 kalau hobbi ngemil mom harus kreatif, serba bisa,nah kalau semua mesti jajan ... alamat bakal boros...jadi mom harus smart ... mensiasati berbagai peluang... termasuk bisa jadi peluang usaha..ya gak mom...gak tau awal kue bawang dari mana...yang jelas...enak aja buat cemilan.. walaupun berbagai macam cemilan disekitar kita banyak...

banyak
1jam 30 menit
Martabak mini teflon lembut

Martabak mini teflon lembut

Nyobain resep martabak mini mbk desi. Ini resep pakai resting. Dulu pernah buat tapi habis adonan jadi gak resting dulu langsung panggang. Biar tau bedanya. Menurut aku sih sama aja, enak dan lembut. Nah ini sambil menunggu bisa beberes rumah dulu sambil nemenin fathan pjj. Selesai pjj langsung panggang. Tips supaya memanggang cakep gak gosong, panaskan cetakan dengan api besar sampai cetakan benar-benar panas. Lalu kecilkan api, api paling kecil baru tuang adonan. Tataki cetakan dengan alumunium supaya cetakan tidak langsung menempel ke api kompor (aku pakai tatakan oven) Biarkan berlubang-lubang dulu adonan baru taburi gula pasir, supaya martabaknya bersarang. Semoga berkenan ya mbk desi, sehat selalu 😘. Sumber : @desi_k2 #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_Desi #GenkPeDa_Desi #ArisanCooksnap_Desi #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

12 buah
Cilok kanji

Cilok kanji

4 orang
30 menit
Donat Panggang

Donat Panggang

17/09/2021

15pcs
Tahu isi saos jamur

Tahu isi saos jamur

Coba lagi resep dari IG dada.tastes. Ada modifikasi di bahannya. Untuk resep original cek langsung ke IGnya ya.

4 porsi
1 jam 30 menit
85. Donat Empuk tanpa Ulen

85. Donat Empuk tanpa Ulen

Di bintaro sedang sering turun hujan, kalau dingin2 perut kayanya nggak ada kenyangnya, lihat resep donat berseliweran d cookpad akhirnya pengen juga buat donat. Nyobain resepnya bu @Pawon_WinnaCoboy alhamdulillah beneran empuk menul menul, nggak perlu ulen sampai kalis 😁 mantull. Kuy, cobain juga 😊

10 buah
Snack diet

Snack diet

#CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #TetepKenyangTanpaNasi Solusi kilat kala kelaperan😂😂😂😂😂🤣🤣🤣🤣, sy sbg busui yg plus sdg diet Alhmdlh terbantu kenyang nutrisi/gizi insyaallah ttep terjaga Sehat2 yakkk mentemen🙏🙏🙏🤗🤗🤗🤗